Orang Indonesia memiliki tinggi rata-rata terpendek di Asean!

Waktu madev buka facebook, dan mau updated status sperti kebiasaan anak2 ABG jaman sekarang :p ada gambar menarik yang diupload dari teman Madev miss Lily.

image

Nah gambar itu adalah berupa infografik tinggi rata-rata orang di Asean, plus 3 negara pembanding yaitu Belanda sebagai pemilik tinggi rata-rata didunia, amerika, dan Jepang di asia.

Nah yang bikin nyesek ternyata Indonesia dibandingkan negara-negara asean lainnya memiliki tinggi rata-rata yang paling rendah, bahkan dibandingkan negara miskin macam kamboja.

Untuk kawasan asia tenggara singapore memiliki tinggi rata-rata paling tinggi, selengkapnya liat gambar.

Nah kenapa kok bisa seperti itu??selain faktor DNA, sepertinya ada dua hal penting yang membuat tinggi rata-rata orang dewasa di indonesia sangat rendah.

Yang pertama faktor gizi, semua orang tentu tahu, asupan gizi yang memadai mampu membuat pertumbuhan anak-anak bisa baik, gizinya pun gak melulu jajan dan susu yang cenderung membuat tumbuh kesamping bukan ke atas. tapi juga sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin dan mineral.

Yang kedua faktor kebiasaan, orang indonesia paling doyan melekan(begadang), hal ini dapat dilihat semakin menjamurnya warkop, dan tempat nongkrong 24 jam. mngkin inilah salah satu faktor, krn qta tentu sudah mengetahui bahwa sel-sel tubuh qta diperbaiki saat qta tdur lelap dimalam hari, bukan siang hari ya, dan juga habit merokok, gak usah dijelasin deh, dibungkus rokok aja da ditulis rokok bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Mungkin ada yang mau nambahin friends?kalo madev sih aman, tinggi 174cm diatas tinggi rata-rata orang asean hahaha, berapa tinggimu?

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 5362963A (BBM), 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Path : mario devan | Instagram : mariodevan | Line : mario_devan
This entry was posted in Suka-suka. Bookmark the permalink.

42 Responses to Orang Indonesia memiliki tinggi rata-rata terpendek di Asean!

  1. AbuFaishal says:

    Kata bapak sy yg sempat ikut perang melawan penjajah, dulu orang Jepang jg pendek2; tp setelah makmur jd ky sekarang, tinggi2.

    Like

  2. warungasep says:

    Waduh warungasep buka 24jam loh,wah jadi faktor ini yg buat tinggi saya jad 167cm yo,pendek bingit,hehehe :D
    http://warungasep.wordpress.com/2014/05/03/jika-honda-k45-aka-cbr150-kayak-gini-mimpi/

    Like

  3. 170 kang :D kalah tinggi aku…

    Like

  4. Bro Ndes 94 says:

    Ane 173 cm 73 kg om :v

    Like

  5. touringrider says:

    Wah kita tingginya sama mas devan.. :p

    Like

  6. Bintang Jati says:

    aku berapa ya.. gak pernah ngukur cuman perkiraan aja..
    http://bintangjati.com/2014/05/03/new-vario-fi-di-bilang-cupu/

    Like

  7. ane cuma 163 cm, berat 47 kg :D santai wae #akurapopo

    Like

  8. susi says:

    anak indonesia susah tinggi karena yang miskin kurang gizi, sedangkan yang mampu diasuh pembantu dengan pola makan asal kenyang.

    Like

  9. konceptnoir says:

    itu survei emang bener, cuman……

    -itu survei tahun 1997
    -sampelnya diambil dari orang-orang 50 tahun keatas

    silakan cek :
    http://en.wikipedia.org/wiki/Template:Average_height_around_the_world

    saya ragu jika orang-orang Indonesia dengan usia produktif (20-45 tahun) hanya sampai 158cm.
    makanya cek dulu, soalnya rata-rata tinggi orang Indonesia engga mungkin sependek itu

    Like

  10. rosa says:

    itu mungkin perhitungan jumlah sampel nya lebih besar dari negara lain mengingat negara kita penduduknya banyak sehingga tinggi bervariasi. tinggi rata-rata orang indonesia sama seperti negara thailand kok :)

    Like

  11. Tary says:

    Saya saya!! ngacung jari..saya kelas 1 smp..umur 12 tahun..kayaknya umur saya dibawah rata2 mbak2 sama mas mas ini ya?

    Like

  12. Kalo mau tumbuh tinggi, jangan sia2in masa muda kita sebelum umur paling gak 20 tahun. Mungkin sekarang belum sadar, tapi jangan sampe menyesal di kemudian hari,sob. Di umur2 pertumbuhan seperti itu banyakin olahraga yang menunjang pertumbuhan (volly, basket, sepeda, lari, dll), makan makanan yg banyak mengandung kalsium dan protein (Susu, bayam, dll), dan juga jangan sering bergadang. Minimal tidur 8 jam sehari. Tinggi gw cuman 178 cm sih. Bagi yang merasa kurang tinggi dan masih dibawah paling gak umur 20 tahun, kalian masih ada waktu buat nambah tinggi, kalo udah di atas umur segitu, syukurin aja apa yg lo dapetin, sob. Hidup bukan cuman mengenai tinggi badan. Yang penting itu kualitas diri. Belum tentu yg tinggi hidup bahagia kan? Untuk yg masih berobsesi juga, ayo kita bentuk generasi2 Indonesia yang selanjutnya menjadi generasi2 yang bertubuh tinggi dan berkepribadian yang berkualitas. Hidup Indonesia! Merdeka!

    Like

  13. noel says:

    Umur 14 thn dan tinggi badan saya 172 cm

    Like

  14. Isham says:

    hahahaha , waktu bikin SIM tinggi saya 183 … ehh pas kemaren ngukur buat ngelamar kerjaan cuma 178 .. anehh …

    Like

  15. kayaknya faktor dna paling berpengaruh, kadang ada orang yg hidupnya kekurangan dan makanannya ga bergizi amat, tapi bisa tumbuh tinggi.

    Like

  16. garda says:

    pertama kli ngukur cman 171cm, ke-2 klinya sya ukur naik 175, trus trakhir klinya d ukur trun jd 172cm. pendex bnget.

    Like

  17. Kisaragi Springfield says:

    Data mengenai rata-rata tinggi badan orang Indonesia yang di atas bohong besar, sebab sampel populasi yang dipakai hanya terdiri dari kelompok usia 50 tahun ke atas. Data tersebut juga sudah basi (1997) dan itupun self-reported (tidak diukur secara akurat). Para peneliti mungkin belum mengetahui adanya orang tertinggi di Indonesia yang tingginya mencapai 200 cm lebih
    Jika sampel yang digunakan terdiri dari penduduk usia 17 tahun ke atas, diukur secara akurat, dan dibuat pada jangka waktu tahun 2013-2015, maka rata-rata tinggi badan orang Indonesia akan naik.
    Sekian saran dari saya. Semoga kualitas pangan, lingkungan, dan kesehatan anak bangsa lebih baik supaya bisa tumbuh lebih tinggi meraih cita-cita. Terima kasih.

    Satu kalimat bagi mereka yang mengejek pendeknya tubuh kita:
    FUCK YOU! WE WILL BE MUCH TALLER THAN WHAT YOU THINK!

    Penulis artikel adalah laki-laki berusia 15 tahun, tinggi 165 cm, dengan berat 70 kg.

    Like

  18. mungkin karena Indonesia terlalu banyak ada sinar matahari yah? (Ini komenku agak aneh ya) Tapi coba pikir, dulu jaman purba, manusia masih tinggal di goa2 semua makhluk hidup tumbuhnya meraksasa karena kurang mendapat sinar matahari(dikarenakan sinar matahari masih susah menembus permukaan bumi), yah contoh sederhananya pada percobaan biji kecambah yg ditaruh di tempat gelap dan terkenar sinar matahari, tentunya yg kena sinar matahari yg tumbuh lebih pendek. Mungkin karena hal ini juga orang yg tinggal di negara 4 musim lebih tinggi daripada orang yg tinggal di daerah tropis.. Maaf yah kalo rada absurd
    Tinggiku saat ini 162 cm pengennya sih bisa sampe 168 cm

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s