DOHC engine penyebab utama CBR 150 jungkalkan R15!

Melihat data distribusi motor sport, hal yang madev takutkan sepertinya mulai terjadi, Sport Honda secara menyakinkan mulai menggerogoti share Yamaha, terlihat Yamaha Vixion yang terus menurun distribusinya dari 40 ribu/bulan tahun lalu, kini dibulan april kemarin sisa 13 ribu-an, Dealer sudah tidak mampu lagi menanggung penumpukan Stok, pemotongan produksi menjadi cara terbijak agar dealer mampu terus bernafas.

kalo dilihat dari tahun 2012 Honda terus improve kenaikan dari hanya 15% sekarang sudah mencapai 30% share sport, sedangkan Yamaha anteng diangka 45% tidak bergerak!!

Yang menarik adalah di segment sport fairing, dimana Yamaha R15 bertarung dengan CBR 150 lokal, R15 hanya mampu terdistribusi 2000an unit, sedangkan CBR bisa menembus 6000 unit (sumber warungasep)

R15 yang awalnya diharapkan bisa menjadi tandem yang baik bagi Yamaha Vixion, dan mampu melejitkan penjualan sport Yamaha, sepertinya kurang bertaji! sebenarnya apa yang terjadi dengan Yamaha R15??

Product Mapping Sport Yamaha vs Honda

Menurut madev tidak lain adalah karena CBR 150 yang dilokalkan! CBR 150 sukses menjadi stoping power R15, Sport Yamaha fairing ini hadir sangat terlambat, sehingga waktu brojol langsung dalam beberapa bulan CBR 150 dilokalkan dan dijual dengan harga lebih murah sedikit dari R15! padahal secara desain harusny Yamaha R15 bisa berbicara banyak, desain seperti R6, dan jangan lupa swing arm banana alumunian, menjadi daya tarik yang tidak bisa ditawar, motor 250cc yang lainnya pun harus-nya malu terhadap R15.

Tapi ada satu yang membuat R15 ini letoy dihadapan CBR150, apa itu??

Yup mesin DOHC, di segment fairing speed mesin akan menjadi isu utama, penggunaan Mesin DOHC pada sport Fairing menjadi isu yang sangat penting, seakan menjawab kebutuhan biker sport fairing akan RPM tinggi, apalagi mesin DOHC sangat mudah di tune untuk keperluan balap! ditambah campaign HOnda yang masive di mesin DOHC-nya sangat tepat, saat R15 baru muncul dan mencari pasar, CBR tinggal mengisi pasar yang ada.

Event yang masive di segment sport menjadi salah satu pendongkrak penjualan sport honda

Event yang masive di segment sport menjadi salah satu pendongkrak penjualan sport honda

walau ada yang bilang sudah macet mau balapan dimana?? pemikiran yang terlalu naif, ini motor sport fairing bro!! mau macet, gak ada jalan, sport fairing itu ya harus kencang hehehehe!

Selain itu Kedigdayaan team Honda Racing di balapan motogGP dua musim lalu, dimanfaatkan secara apik oleh AHM lewat pemberian fairing motogp, hal ini tentu mampu mendongkrak performa penjualan, sampe sekarang dibeberapa daerah untuk CBR livery MotoGP, masih inden!! sedangkan Yamaha R15? baru tahun ini mendapatkan penyegaran LIvery MotoGP  oalah… kemana aja sih??

R15 livery motogp Monster

R15 livery motogp Monster

Lagi-lagi strategi yang terlambat! Lambatnya Strategi (harusnya R15 hadir di medio 2011 saat pertama kali hadir di india dengan desain baru!!hanya saja Yamaha budeg waktu itu) membuat R15 kehilangan momentum, apalagi ditambah isu DOHC engine, membuat R15 letoy, kalo di VIxion masih bisa berdebat soal SOHC, yang lebih cocok dipakai harian, tapi di R15  segment sport fairing,  mau berdebat soal SOHC vs DOHC?? satu-satunya kekuatan R15 adalah desainnya, tapi sampai kapan R15 mampu bertahan!?? apalagi promosi Yamaha sekarang tiarap, tidak ada lagi kegiatan event yang mampu mengangkat image sport Yamaha!

masih mau bilang kalo SOHC masih menang kenapa harus ganti DOHC?? kejadian Mio disalib beat secara tiba-tiba, bisa terulang, bahkan lebih cepat dari yang diprediksi, tahun ini?? itu mungkin saja terjadi!!

cute SPG Yamaha R15

cute SPG Yamaha R15

Monggo share komentarnya friends.

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , . Bookmark the permalink.

75 Responses to DOHC engine penyebab utama CBR 150 jungkalkan R15!

  1. herswin says:

    Bisaa jadi dan dijalan mmg lbh sering liat cbr150 lokal dibanding r15 om. Khususnya samarinda

    Like

  2. bescorpio says:

    setuju

    Liked by 1 person

  3. pik says:

    sangat setuju mas bro. coba aja seandainya r15 itu dengan mesin dohc end desainya ky r 125 ane yakin tuh cbr ga bakalan ngalahin r15 dalam hal penjualan dan ane jg ga bakalan beli n max.

    Liked by 1 person

  4. kudo78dk says:

    Kalau di vixion pake sohc its oke…. Ini motor komuter n cruser… Tp full fairing sohc?? Its a joke… Anda bener sekali Mbess…. Kekuatan desain r15 memang luar biasa… Tp sampai kapan?
    http://78deka.com/2015/05/16/komentar-gigi-dalligna-menguatkan-opini-kalau-marquez-membalap-dengan-bantuan-asimo/

    Liked by 1 person

  5. java36 says:

    Seandainya r15 dateng dari 2008an hmmm pasti dulu gak make versi naked nya

    Like

  6. achmad says:

    Pemikiran yang sangat cerdas,
    Sekarang kalau mau menang harus customers oriented bukan products oriented. Kalau YIMM tutup telinga sangat terbuka bakal disalip lagi oleh AHM, bukti jelas sudah ada seperti kasus mio atau kasus pabrikan lain yaitu suzuki yang seakan2 tidak peduli dengam konsumennya. Percuma juga menjual produk A kalau konsumen maunya B. Kedepannya kalau benar new CB150R menjual desain yg lebih ciamik drpada NVL dijamin ambrol tuh tahta motor sport 150cc. Sekarang kalau jual desain aja gak laku. Konsumen ingin lebih dari itu!!

    Liked by 1 person

  7. thedeadbone says:

    nama CBR masih terlalu kuat dimari drpd YZF R series dikelas 150 fairing…
    tp untuk dimari nama ninja bisa ngalahin CBR dikelas 250cc
    jadi e R series cuman tanggung” dikelas 150 n 250 tp untuk kaum berduit lebih yg maenan moge R series bisalah imbangin clan ninja or CBR

    tggu gebrakan R15 lg d cos juga masih ada senjata DOHC (may be yes may be no) n untuk CBR kira” senjata buat hadepin kalo R15 DOHC ap ya?

    seru nih kelas firing 150cc (kelas dimana mesin diutamakan disini)

    Like

    • mariodevan says:

      sip… jualan CBR nantinya sepertiny desainny…
      CBR 150 desainny bagaikan miniatur CBR 250 sampe CBR 1000rr …. sdngkan R series memiliki pendekatannya yg sedikit berbeda2 dari satu varian ke varian lain tidak ada kesamaan yg sma persis sperti klan CBR….

      Like

  8. cakteguh says:

    kalo menurut saya bukan masalah mesin gan yg DOHC tapi karena stok produksinya R15 yang kurang, soalnya kemarin saya tanya di sebuah dialer di kota saya kalo mau beli R15 harus inden dulu katanya

    Like

    • mariodevan says:

      stok produksi yamaha sport bisa 40rbu unit sebulan aisi 2014, vixion per april 13rbu, r15 cuma 2000, msak problemnya kapasitas produksi???

      yg masuk akal sih, kenapa ditempat bro inden,.distribusinya g merata, karna ditempat sya mulai overstok!

      Like

  9. sison says:

    salah 1 kekurangan r15 selain kalah dalam embel” dohc menurut ane ergonomi.nungging iya namun gak memeluk tangki.keren??oh shit.ane pakai nvl shock dpan turunin mentok aja masih kerasa pegel..sebebarnya ms yamaha 150cc tinggal.menunggu tahun,sport fairing dah dkuasai honda.naked 150cc new cb150 begitu menjanjikan.padahl nvl selama ini cuma jualan tampang.kalau cb150 tampang sama” keren tp mesin udah dohc.konsumen pasti pilih dohc..kalau yamah mash terlalu PD ama kelamaan ngeluarin DOHC niscaya mio jilid 2.yamaha jg hrus tau ngrebut ms dr honda jga bukan perkara mudah..

    Liked by 1 person

  10. Tifarpus says:

    Tenang aja, masih ada nvl sang raja smprott. Ngoahaha…
    Ntar kalo nvl kesalip, baru deh bergerak bikin mesin deohase 150sese. Yg mana sudah sangat terlambat untuk fight back. C’mon yamaha, belajarlah dari masa lalu. Mio, vega, jupz, kini r15, semua sudah tewas oleh honda, apa ymh gak pernah belajar dari pengalaman itu?

    Liked by 1 person

  11. Arionn Adi says:

    desain lampu depan r15 kalah dibanding cbr, soal mesin sohc old vixion sebenarnya bila dipakai di r15 masih kuat melawan isu image dohc cbr,mesin berkode 3c1 terkenal tangguh ,coba yamaha kembali memakai mesin type ini dan memperbaiki desain r15 khusunya lampu depan lebih apik lagi peluang r15 pasti lebih besar.tambahan mesin r15 dan mesin cbr sama -sama memakai 4 klep bedanya pada bore x stroke jadi rpm mesin r15 bisa saja sama dengan cbr bila bore dan strokenya disamakan toh klepnya juga 4 kan ,bila ini diberlakukan pada r15 isu dohc jadi semakin lemah karna isu dinding diasil cylinder mesin berkode 3c1 terkenal sangat tangguh.

    Liked by 1 person

  12. anang says:

    R15 kalah di mesin dan proporsi body,harusnya buat next R15 mesin DOHC kalo bisa 155cc+body belakang ga terlalu nungging(bikin kaya R6 uda keren)+fairing dan headlamp kecilin kalo bisa bikin ngumpet+tangki gedein dan kunci di tangki+shock depan bikin segede byson uda keren maksimal tuh

    Liked by 1 person

  13. ichwanaja says:

    R15? liat orang yang bonceng r15 aja kasihan.ga enak blas diliat,jadi ikutang pegel. desain buntutnya jg kaya kapal.

    Liked by 1 person

  14. fBH pengen 250 cc mimpi 2 silinder DOHC tapi AHM cuma mentok 150 cc says:

    Hahahahaha

    Ya bisa iya bisa juga kaga bro,
    wong pecinta Honda kaga ada pilihan 250 cc, cuma mentok 150 cc lokal CBR downgrade mogelook, mau kaga mau cuma itu pilihannya.
    Sewaktu R15 lokal brojol itu CBR150 CBU langsung diskon 12 juta tapi tetap kaga laku, laa kenapa motor CBR150 lokal yang downgrade malah laku???
    Itu mah akal-akalan AHM aja sebar distribusi sebanyak-banyaknya ke diler biar dibilang bisa jungkalin tahta sport 150 cc, krn bertahun-tahun segala cara dilakukan tetap gagal total ngekill Vixion yang cuma SOHC letoy.
    Stok numpuk broo sampai pusing diler Honda ngejual. Hahahahaha

    Colek fBH yang suka mempermasalahkan data AISI merek sebelah 😀

    Like

  15. fBH pengen 250 cc mimpi 2 silinder DOHC tapi AHM cuma mentok 150 cc says:

    Jajaran sport lokal YIMM
    – R25 250 cc 2 silinder DOHC
    – MT25 250 cc 2 silinder DOHC
    – Scorpio Z 225 cc 1 silinder SOHC
    – R15 150 cc 1 silinder SOHC
    – NVL 150 cc 1 silinder SOHC
    – Byson 150 cc 1 silinder SOHC

    Jajaran sport lokal AHM cuma mentok 150 cc
    – CBR 150 lokal 150 cc 1 silinder DOHC
    – CB150SF 150 cc 1 silinder DOHC
    – Verza 150 cc 1 silinder SOHC

    Honda Tiger 200 cc kaga jelas, NMP disuntik mati setelah downgrade jadi Verza. Dan semua jajaran sport 150 cc belum ada yang bisa ngekill Vixion 150 cc SOHC, berbagai cara dilakukan jajaran sport 150 cc AHM tapi tetap gagal ngekil Vixion yang dulu katanya cukup 3 bulan tewas sama CB150SF DOHC. #fakta

    salam mentok 150 cc buat fBH hahahahaha

    Like

  16. fBH pengen 250 cc mimpi 2 silinder DOHC tapi AHM cuma mentok 150 cc says:

    Hahahahaha

    kayak kaga tau mindset fanatik Honda aja, yang ada diotaknya cuma Honda paling irit, makanya AHM cocok jualan skutik tipu-tipu irit BBM

    salam DP murah 3 bulan ditarik leasing buat fBH hahahahaha

    Like

  17. fBH pengen 250 cc mimpi 2 silinder DOHC tapi AHM cuma mentok 150 cc says:

    Hahahahaha

    motor CBR150 downgrade lagaknya mau kuasai sport.
    AHM kaga bisa bikin 250 cc lokal apalagi 2 silinder DOHC, cuma mentok 150 cc maka fBH berjamaah cium ketek Kawasakit hahahahaha, fBH kaga ada perbandingan 250 cc punya sembahannya tapi kaga malu nge BC motor 250 cc sebelah.

    Salam tipu data distribusi CBR downgrade, colek fBH munapikun yang suka mempermasalahkan data AISI merek sebelah. 😀

    Like

    • mariodevan says:

      Pingin lihat muka ente kalo lihat data Polreg (police registration) trus lihat share Sport…
      masih berani muncul gak ya?? hihihihihihihi

      Like

      • fBH pengen 250 cc mimpi 2 silinder DOHC tapi AHM cuma mentok 150 cc says:

        Hahahahaha

        mana data polregnya vroh??? Nanti tak kasih unjuk muka duaku hahahaha jossss

        Like

    • Montie says:

      Ga usah ribut2 dah bro, liat faktanya aja laahh CBR tetep laris dipasaran ketimbang R15….
      Lagian ini kan yg lagi di bahas cbr 150 vs R15
      Terima kenyataan aja bro…

      Like

  18. tomcat says:

    saatnya muka jebag r15 direvisi ,fake tmfang r125 buntut turunin 10cm,mesin udah saatnya dohc,bntar lg nvl kloningan ahm nongol djamin nvl ori bakal kejet2..hrusnya nvl rombak total bodi mt125 mesin dohc..wasfdalah yimm…kalo jatoh susah bangkit lagi! ane ga rela kalo smw segmen dikuasai ahm djamin kembali k jmn batu,gd froduk baru yg ada cm gonta gnti strifing ..fabrikan lain ogah2an krn yakin ga bs u/ skdar bersaing sm ahm…

    Like

  19. ucing says:

    bukan masalah dohc tp dp 1jt honda cbr udah dpt !

    Like

  20. viki says:

    fby emosi , biasane bc cuma di tmc dan iwb sekarang sudah sampai sini

    Like

  21. 99 says:

    YMRID yamaha asean kan baru jadi.tahun depan yimm nelorin sport entry level,R125 lokal,xmax,ayago,matic vva dan peslip R15.kalo NVA tahun ini keok sama CB peslip,maka vixion bakal major change.kita tunggu gebrakan YMRID tahun depan.habis lebaran bakal banyak isu2 motor baru yimm buat tahun depan.sekarang YMRID udah punya planing2 buat tahun depan.komen2 dari blog otomotif indonesia sedang di pantau YMRID.so wait n see next year.bro madev yg bocorin mulu nih secret nya timun.
    #bocoran dari YMRID

    Like

  22. 99 says:

    tahun ini yimm fokus di sektor mesin metic dengan bluecore nya,beda sama ymjet fi.ban geol,suara tikus,ban kecil dan gas gak konstan sekarang pakai bluecore udah hilang penyakit di matic yamaha.kualitas global yimm pasti bagus.tahun 2017 yimm punya plant baru lagi di karawang u/global product n lokal.pabrik YPMI di karawang khusus bikin sparepart moge2 yamaha di eropa dan benua amrik dan juga part2 mesin toyota,karena toyota(TMIIN) nyimpen saham di yamaha

    Like

    • mariodevan says:

      ban kecil dan geol msh ada tuh di Mio M3, smoga faceliftny sgera dibenahi…. yg soul GT bluecore memang sudah hilang pnyakitnya itu

      Like

    • mariodevan says:

      syang promo bluecorenya bias… kurang menggigit… dan mlah kecampur dng R series…

      Like

    • Numpang lewat says:

      Wow….bro 99 ni kayaknya bukan orang biasa neh… bocorannya sepertinya mantep banget klo emang bener2 terjadi… siplah… persaingan terus berlanjut brrti… ojo ngapusi yo… tak bookmark jenenge sampeyan ki….hehehehehehehe

      Liked by 1 person

  23. maculmania says:

    Setuju banged om, memang value point-nya di kelas ini memang enjin DOHC, nggak lain dan nggak bukan, sebagai pembaca awam saya memandang simple : Motorsport—>Mesin Advance,
    non mesin seperti body, Rangka DeltaBox dan Banana swing Arm, YAmaha sudah unggul dibanding CBR series, cuma mindset SOHC aja yang bikin nyungsep….coba DOHC..wow…saya rasa nggak bakal CBR lenggang kangkung sendirian….karena sudah dari sononya klan YZF itu identik dengan motor mbalap….mesti gerak cepat karena Suzuki pasti pengen cepet nyemplung juga…

    Liked by 1 person

    • Numpang lewat says:

      Hmmm….gimana ya… klo menurut saya faktor dohc ada tp gak dominan… dilihat seringnya beredar cbr ini dijam2 berangkat dan pulang kerja, brrti mayoritas daily use atw all day use… klo sudah begitu kenyamanan, irit paling utama dan itulah poin kekalahan R15… soal dohc atw sohc, hanya sebagian kecil yang bener2 merasakan kelebihannya dohc atw kekurangan sohc…imho…

      Liked by 1 person

  24. muklis says:

    Bener ntoh ang. Pilih wondha waek…

    Like

  25. wong goblok says:

    yang jelas honda no. 1 di dunia…..gak usah banyak comen

    Like

  26. ekil says:

    gak nungging cbr lokal .tu fakta buat bonceng cewek dadanya gak bisa nmpel di punggung

    Like

  27. ekil says:

    sekarang sama2 lepas spakbor belakang nungging mana brow.

    Like

  28. kalo ane liat bukan cm enjin sih.. CBR itu ngangkat “namanya” gampang, yang kedua desain (terutama lampu dual keen sm knalpot), yg ke3 buatan lokal (harga murah)… sisanya promosi dll

    Like

  29. ricky says:

    ane pernah ngobrol dengan customer yamaha,beliau bilang mau beli R15 tpi gk jadi karna trlalu nungging apalagi di usia yg sdh 40 an n akhirnya beliau beli NVL ! beliau berandai,seandainya R15 tdk trlalu nungging & mesin sudah DOHC bsa dipastikan beliau beli R15 ! # sdh trlalu cinta yamaha mungkin,pdhl kalo beliau nengok kn ada CBR k45.

    mnurut ane segmen sport tdk hanya utk kaula muda tpi utk bapak2 berjiwa muda agar R15 bsa dinikmati smua orng.
    -Design modern,mesin DOHC,nyaman utk brkendara. mnurut ane cukup itu aja R15 bsa melebihi pnjualan CBR k45 yg skrng.

    Like

  30. Pak RT says:

    Ane cuma punya motor supra x 125 buat ngurusin usaha ane n motor vario buat dipake bini nganter anak ke sekolah.. ane udah jual ninja 250 ane karena ane rasa kurang bermanfaat… naik fortuner sama istri n kedua anak ane saat liburan lebih menyenangkan drpda sendirian naik motor sport ngebut2 an… pendapat pribadi aja ini

    Like

  31. wibie says:

    Yg aku sesalkan dari r 15 dari segi fairing aja.. cobak bentuk dan model fairingnya di bikin seperti R 25..huhhh pasti top.. jadi kita ada pilihan mau yg 150 atau 250.. jujur saya fanatik sama yamaha… tp setelah R 15 hadir saya langsung goyah.. ahirnya lari ke CBR thailand..(saya kecewa berat dgn r15)

    Like

  32. jojon says:

    Iya bro memang yamaha kenapa ndak mengadopsi mesin DOHC ya?

    Like

  33. ciu says:

    Ane rasa, biarpun r15 ganti doch sekalipun gak ngaruh buat cbr, cz klo menurut ane r15 klo di liat2 bentuknya aneh terlalu maksa, jatuhnya seperti motor modifan.

    Like

  34. mt says:

    Kalo cbr sy gk prnh temui spakbor blakang di lepas .apa gk nungging sih

    Like

  35. sakrem says:

    memang sih klah d jalanan…untuk perkara mesin..tp semua tergantung dr biker.x dgan gember kyak gmna motor.x d jalan.wong bukti.nya fu yang udah pake doch aja berlutut d depan mx king waktu d tasik malaya kmaren…..tp pasar jual kembali.nya yamaha masih mendominasi untuk d klas 150 cc itu aj sih….thanks…

    Like

  36. Smart says:

    Fbh banget ini dibayar berapa mas ??

    Like

  37. hijra says:

    Sampai saat ini sih cbr lokal memang paling bnyak ane lihat,, apalagi livery repsol dan yg merah,, weh weh weh

    Like

Coment gratis :D