Menelaah Press release Yamaha dan Honda, luar… biasa!!

Persaingan pasar sport semakin memanas, kiriman press release dari dua pabrikan, Yamaha dan Honda, yang bisa friends baca dari blog-blog sahabat, menunjukkan bagaimana strategi mereka yang sama-sama menunjukkan kehebatan di segment sport masing-masing, berdasarkan data AISI, data distribusi dari pabrikan ke dealer masing-masing!.

Yamaha mengklaim masih jadi jawara Sport, dengan Yamaha Vixion sebagai tulang punggunya, dari 39.742 unit sport yamaha. V-Ixion didistribusikan sebanyak 34.070 unit… Luar biasa nie vixion! sementara kompetitor terdekatnya CB 150r hanya terdistribusi 14.048 unit, agak berbahaya juga karena 80% lebih tumpuannya ada pada Yamaha Vixion!!

Yamaha Vixion Advanced

tapi ya itu tadi semua ini hanya angka distribusi, bisa saja dari sekian banyak distribusi itu tertumpuk di dealer, tapi pabrikan berusaha tetap menjaga suply agar terlihat masih unggul telak secara market share!! Image harus tetap dijaga sob, apapun bayarannya!

Nah beralih ke press release Honda, ternyata sama-sama menyimpan kejanggalan, Sonic dimasukkan ke segment Sport, dan angkanya lumayan ada di angka 7000 unit, tidak heran tajuk press release-nya, sport honda meningkat 70%, angka yang cukup ajaib, mengingat pasar secara nasional sedang turun, ya karena sonic lah penyebab-nya, sedangkan Yamaha tidak punya motor disegment ini tentu akan langsung berdampak di market share!!

sport atau bebek??

sport atau bebek??

bagi Yamaha sih tidak menguntungkan, disaat berusaha mempertahankan market share motor sport, Honda memasukkan tambahan segment dan amunisi baru berupa Honda sonic yang dikategorikan sebagai segment light sport!! modar tenan!!!

tapi kita harus melihat dari kacamata netral, alasan Honda memasukkan sonic ke segment sport adalah karena sonic memiliki ciri-ciri menyerupai motor sport, penggunaan shock depan, kopling, sampai mesin 150cc-nya, yang berbeda tentu desain rangka-nya, selain itu Asosiasi industri sepeda motor indonesia (AISI) setuju memasukkan sonic ke segment sport!! wedalah…. tambah suram!

situasi tidak menguntungkan memang ada pada Yamaha, apalagi mereka tidak punya model Ayago, dan juga model low sport seperti verza, yang bisa menambah pundi-pundi market share dari segment yang lain…

kedepannya total penjualan segment sport tentu tidak akan jadi acuan lagi, ternodai kehadiran sonic!!

tapi hanya akan bermain di sebatas siapakah raja motor sport!! dan Vixion mungkin masih akan cukup lama menjadi raja di segment ini, tinggal Yamaha mengembangkan dan mencari segment baru, seperti sport touring mungkin #ups

nah semakin menarik melihat persaingan antara kedua pabrikan ini, pencitraan level dewa dikeluarkan masing-masing pabrikan, untuk menggaet konsumen, kita sebagai konsumen ya selalu melihat saja dalam kacamata positif kompetisi ketat ini, bahwa itu semua tentunya menguntungkan konsumen, toh ini juga tidak akan lama, 10 tahun lagi paska angkutan massal yang sedang digalakkan selesai, mereka mungkin harus pulang ke negara-nya masing-masing…. jadi buat apa jadi fanboi berpikiran sempit dan fanatik buta….??? ngoahahahahaha….jlub!!zlub!!

 

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

57 Responses to Menelaah Press release Yamaha dan Honda, luar… biasa!!

  1. nduk says:

    Juossss

    Like

    • Numpang lewat says:

      nah semakin menarik melihat persaingan antara kedua pabrikan ini, pencitraan level dewa dikeluarkan masing-masing pabrikan, untuk menggaet konsumen, kita sebagai konsumen ya selalu melihat saja dalam kacamata positif kompetisi ketat ini, bahwa itu semua tentunya menguntungkan konsumen, toh ini juga tidak akan lama, 10 tahun lagi paska angkutan massal yang sedang digalakkan selesai, mereka mungkin harus pulang ke negara-nya masing-masing….

      hehehehe bagian ini ane stuju banget om madev… masalahnya pemerintah mau apa kagak? serius apa kagak? taruhannya cukup banyak lho… ribuan bahkan puluhan ribu karyawan terkena PHK hanya dari pabrikan2 tersebut, belom lagi hilangnya ‘supply’ kepada oknum2 tertentu (posisi penting pastinya)..hehehehehehe

      Like

  2. java36 says:

    Next jupe 125 masukin sport aja mbah

    Like

  3. warungasep says:

    hahahaha mumpung para fans boy sedang memuja dewa mereka disitulah dollar mengalir, ehhhh

    Hasil Lengkap IRRC 2015 Seri 5 di Sentul… Yamaha Jadi Juara Nasional, Honda Kemana???

    Like

  4. cadoxs says:

    Dealer luber ga kuat nampung stok,2 bulan lagi tahun ini abis siap siap pesta diskon

    Like

  5. bdt says:

    toh ini juga tidak akan lama, 10 tahun lagi paska angkutan massal yang sedang digalakkan selesai, mereka mungkin harus pulang ke negara-nya masing-masing…

    ini yg mana om?
    selama harga angkutan massal msh mahal,, yach motor msh prioritas

    Like

  6. mansarPost says:

    buat konsumen, awas jangan terkecoh sama persentase kenaikan (naik 800%, 1000% dll..),, lihat angka riilnya.. jangan sampe 10 unit jadi 80 unit itu jauh terkesan lebih baik ketimbang 1000 unit yang naik jadi 2000 unit di segmen yang sama..

    Like

    • dtx says:

      sejak kapan konsumen peduli dengan prosentase kenaikan jualan motor …dan juga market share …nope …..ga tau yah apa gua salah apa engga….gua kalo beli motor ngak pernah lihat motor yang gua beli ini motor laku atau engga …kecuali buat dagang

      Like

    • dtx says:

      press realese growth , market share dll …hanya mind games , war cry / penyemangat /menjatuhkan semangat bagi para pasukan atpm yang bersaing di bisnis ini

      Like

      • mansarPost says:

        Lha justru itu ane bilang jangan sampe terkecoh..
        Kalo ngeliat jumlah penjualan sebetulnya penting nggak penting.. Kalo ane ngeliatnya, jika penjualannya banyak, keberadaan komunitasnya juga banyak, pengaruhnya nanti ke kesediaan spare part n harga jual kembali..

        Like

  7. andhi_125 says:

    politisasi..eeh, otomotifisasi..halah…ngomong opo siy iki 😆

    Like

  8. subaru says:

    kategori sport yang super rancu hahahaha….. kalo ane liat sport dari model framenya ajah

    Like

  9. ardiantoyugo says:

    Itu pasti idenya tim swat… Wkwkwkwk…

    Windows 10 Mobile Masih Mundur: http://wp.me/p1eQhG-1p8

    Like

  10. RF says:

    MT15 harus segera di luncurkan.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor matic di Google play Gan
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.appliction.servisberkalamotormatic

    Like

  11. bdt says:

    emang bayarannya apaan aja sich om??

    Like

  12. bdt says:

    ini warung msh aman, selain warung om eno

    Like

  13. saleskec@p says:

    Klo saya heran sama Press releasenya Yamaha, hampir semua distribusi motor yamaha tiap bulan naik dibanding bulan sebelumnya, tapi koq di data AISI njomplang banget dibanding dibanding sama Honda, apa sebagian didistribuskan ke laut buat rumpon ikan ya…?

    Like

  14. Mind Genesis says:

    Dari jamannya Nova Sonic, CS – 1, sampai Sonic 150. Honda masih konsisten memasukkan segment product ini ke dalam catergory sport.

    Rasanya bukan strategi buat claim pencapaian market share di sport category

    Like

  15. Fandy says:

    Saya ngikuti perkembangan otomotif terutama roda 2 mulai tahun 90an….waktu itu saya pernah baca di majalah motor plus *entah waktu itu masih putih apa nggak” wkwkwk …perbedaan motor bebek dan sport salah satunya adalah penempatan tulang rangka tengah…dibawah berarti bebek/ayago, diatas/mengapit mesin di kategorikan sport..nggak peduli mesinnya lemot apa nggak!! lah sekarang… tulang rangka tengah di bawah kok masuk sport…?? aneh aja sih….
    ada nggak yg bisa ngasih pencerahan…???

    Like

  16. bner kata madev, sbnernya udah cape juga tiap hari naek motor. andai ada transportasi masal yang murah, aman, nyaman. tapi berhubung blum ada apa boleh buat

    Like

  17. fby says:

    Menurut naluri fansboy fanatik kyk gw Cuma blog ini yang paling netral sejagat raya. ekekekekek

    Like

  18. Weleh says:

    Kalimat terakhir setuju deh,jlub

    Like

  19. neutral says:

    “10 tahun lagi paska angkutan massal yang sedang digalakkan selesai, mereka mungkin harus pulang ke negara-nya masing-masing….”

    sumpah om, gue gemeteran baca kalimat ini..

    Liked by 1 person

  20. sonic says:

    Pres rilis luar biasa ???
    Biasa aja aka biasa bgt
    Konsumen pda umumnya gapeduli g pngen tau juga sih,
    Taunya yg lg hapning di lapangan lngsung
    Contoh mo dibritain menang kejurnas ini itu r25 jrang bgt kliatan ngaspal di jalan
    Biar kata beritanya kualitas dunia, sering nongol di acara moto gp bla bla tetep jarang kliatan ni motor
    Pres rilis dll cum selingan di dunia maya buat fansboy pastinya buat bhan bkaran g ngaruh ke dua nyata
    Mo jaga image grujuk suplay motor juga ada batasnya klo dah g laku ntar juga turun ato malah zero
    Contohnya scorpio biar kata ni motor lum disuntik mati tpi di aisi g nongol batang stangnya
    Jdi yg g kuat seleksi alam mau g mau juga bakal tereliminasi dgn sendirinya

    Like

    • mariodevan says:

      ada namanya perilaku konsumen, atau biasa juga disebut psikologi persuasif….

      nah untuk memperbesar kecenderungan pembelian tanpa disadari konsumen, pabrikan bisanya melakukan pencitraan2 smacam itu… slah stunya dengan release press… dan itu akan ditangkap oleh otak qta tnpa qta sadari…

      hanya sja itu cuma slah satu variable, tdk serta merta langsung berpengaruh pada penjualan, kalo marketingny bgus tpi harga gak masuk akal, value product kurang dibanding kompetitor, image kalah dengan kompetitor atau demand pasar memang sudah kurang, ya gak laku juga tuh motor….

      product itu sendiri menjadi daya jual paling tinggi, apalagi kompetitor jg melakukan trik-trik yang sama…. value product lah yang nantinya akan menjadi penentuan konsumen….

      Like

  21. eiscell says:

    apa angkutan massal diindonesia .. wacana dan mimpi ahh butuh ganti presiden 5 x lagi baru bisa dibangun tuh transportasi massal #pesimis dah

    http://injeksirodadua.blogspot.com/2015/10/review-pcmo-rima-xp-buat-turing.html

    Like

    • mariodevan says:

      nie da mulai dibangun tuh disurabaya…. frontage ahmad yani, jalur lingkar barat yng dilengkapi jalan khusus angkutan massal…. sya tau bnyak krn termasuk kontraktor yang terlibat….

      jangan pesimis donk hehehe

      Like

  22. dalban says:

    ane fans supra…kpan y supra kluarin farian baru yg lbih irit n bandel mesinya…gk prlu kenceng asal nyaman udah ckup

    Like

  23. SmartInnovation says:

    Baca ini

    Protected: Seru…bocoran langkah rahasia Yamaha (very classified)

    Ngeri…
    Mestinya om devan bisa bantu kupas dari sisi jatim.

    Like

  24. lifeboy says:

    Perasaan blog iki mbiyen biasa wae,Lha koq saiki joss nemen isine..

    Like

Coment gratis :D