Tembakan Meriam pertama Honda untuk Vixion!!

Beberapa saat lalu suasana blogsphere sempat heboh karena data aisi segment sport. bagaimana Sport Honda berhasil melampaui Yamaha yang sudah cukup lama berkuasa.

Hal ini dikarenakan CB 150r yang distribusi-nya “sengaja” diledakan sehingga mencapai 27.050 naik nyaris dua kali lipat dari bulan sebelum-nya yang hanya mencapai 14.048 unit.

touring CB 150r dan big bike honda

Hal ini berkebalikan dengan pabrikan Yamaha, yang pada bulan Oktober 2015 vixion hanya mendistribusikan sebanyak 18.309 unit, sementara pada bulan sebelumnya September mampu mendistribusikan sebanyak 34.070 unit, madev sempat mengkritisi langkah Yamaha ini karena terlalu riskan gerojok pasar yang sedang lesu apalagi di akhir tahun, tapi malah jadi sasaran tembak para FBY, dikata-katain FBH, cuma bisa ngakak! yang ngatain apa gak tau ya, sebelum tuh fanboi karbit tau dunia maya, madev uda punya motor yamaha dan juga honda wkwkwk, oke back to topic!!

Analisis pasar sport 150cc

Nah dari data diatas saja sudah sangat jelas bahwa ada permainan data, masih ingat kan kalo data aisi itu hanya data distribusi dari pabrikan ke dealer-dealer, dan hal ini memang sudah disiapkan oleh team marketing Honda, pada bulan September nyaris semua dealer inden CB 150r, deman yang tinggi diawal-awal launching, dan cukup banyak-nya event yang masif, dimanfaatkan Honda untuk mengumpulkan prospek, mereka tahu bahwa pada akhir-akhir tahun Yamaha akan menjaga stok motor-motor-nya sehingga mulai mengurangi distribusi sampai pertengahan desember, agar tidak menggangu cashflow dealer.

Yamaha Vixion Advanced

Honda sangat cerdik dengan memainkan stok, pada bulan oktober melihat demand yang tinggi!inden pada bulan september ditahan dan akhirnya digerojok pada bulan Oktober, dan akhirnya duarrr!!!! Honda berhasil melampaui Yamaha!! blog-blog langsung heboh, media-media angkat isu ini, dan berhasil menjadi viral di social media!!! dan pak Masykur-pun sepertinya salah ngomong sampe nyalahin asep akibat penjualannya yang turun… #ngakak wkwkwkwk

Dari prediksi madev sih pertarungan sesungguhnya akan terjadi di awal 2016, tapi ini tentu menjadi warning awal buat Yamaha, bahwa Honda sangat-sangat serius dan punya planing matang, sedangkan Yamaha hmm… ya gitu deh hehehe.

Monggo share komentarnya friends.

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

49 Responses to Tembakan Meriam pertama Honda untuk Vixion!!

  1. babe_umar says:

    klo YIMM nunggu MT15 brojol dan nahan sales ampe akhir tahun … ape gak jadi sumbu mesiu buat AHM “ngaku-aku” leading MS Sport yah

    Like

    • mariodevan says:

      yang penting sekarang itu Dealer sehat, cashflow lancar, dealer bisa dapat untung,sales gak dipecat…

      masalah market share nomor sekian, percuma maksain market share tapi dealer sakit karena nahan stok banyak…

      Like

      • chibiyabi says:

        gue udah komen di blog ningrat pas bulan september yg lagi ngebahas penjualan NCB yang kalah Vs NVA, mempertanyakan knp kok tumben tumbenan honda bisa kejadian inden mengular NCB di beberapa daerah (kena modolterasi), malah kejadian bener kan emg ditahan tahan biar demand naik.

        Sampe yg namanya MT15 nongol kyknya paternnya bakal sama NCB tetep diatas. yang bahaya itu klo sampe vixion kegerus ma MT15, dan NCB stabil..nama besar vixion tenggelam, siap siap mio jilid 2

        Like

  2. Pingback: Sonic melempem, pasar masih wait and see?? | mario devan Blog's

  3. java36 says:

    Stok njeblug, akhir taun diskon gede2an

    Like

  4. c-daenk says:

    Ane sih kaget om madev…masa iya NCB terjual sebanyak itu???ane kasi info om madev di salah satu dealer honda di jln raya cilincing jakut stok NCB buanyakkkkk bangetttt dr beberapa minggu lalu sampai skrg….di parkir jejer di depan dealer terpapar sinar matahari tiap hari dan berdebu dan stoknya saya liat masih menumpuk aja tuh padahal motor ini semenjak launcing baru 2 x berpapasan…..bagaimana tuh om madev?????hehehhehe

    Like

  5. kurher says:

    yup pertarungan sesungguhnya ya tahun depan

    Like

  6. aganwidodo says:

    Yg jelas ini warning keras bagi yimm. Semoga petinggi yama cepat tanggap, gak asik juga kalo semua segmen dikuasai ahm.

    Like

  7. eiscell says:

    ya mungkin karena asep knalpot 8rb rpm …
    motorku juga ngebul di rpm tinggi ieuyyy

    Like

  8. seanomedic says:

    mungkin gara2 asap pabrik AHM yg produksi 24jamx365…kasihan dealer2 sampe daerah jualan sampe jam 9 malam…geheheheke

    Like

  9. RF says:

    Semakin seru saja persaingan kelas sport Yamaha dan Honda
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor matic Gan
    http://en.knicket.com/android/servis-motor-matic/w9446

    Like

  10. quikverdy says:

    Dealer jg kan beli motor dr pabrik…jd wajar kalo distribusi pabrik ke dealer jd perhitunganx….

    Like

  11. novario says:

    meskipun AN CB150R adalah ngganteng…
    But ai lap you,,,Garputala

    crypton_new vega r_njmx 135
    *kalo gini uda masuk FBY ngga kang madev?wkwkwk

    Like

  12. vaisal says:

    stla flashback, Bener jg ya komen FBH pengen 250 cc mimpi 2 silinder DOHC.

    Like

  13. vaisal says:

    “Honda sangat cerdik dengan memainkan stok, pada bulan oktober melihat demand yang tinggi!inden pada bulan september ditahan dan akhirnya digerojok pada bulan Oktober, dan akhirnya duarrr!!!! Honda berhasil melampaui Yamaha!! blog-blog langsung heboh, media-media angkat isu ini, dan berhasil menjadi viral di social media!!! dan pak Masykur-pun sepertinya salah ngomong sampe nyalahin asep akibat penjualannya yang turun… #ngakak wkwkwkwk”

    maksud inden disini inden ke dealer atau inden ke konsumen, kan om madev sering bilang klo data AISI itu MS cm dari pabrik ke dealer-dealer? klo cm inden ke dealer knp om madev jd heboh, pdhl dah paham klo data dari AISI itu cm MS dr pabrik ke dealer.

    pendapat sy Honda bukan memainkan stok, tetapi memang stok dari pabrik pd bulan september belum sebanyak dibulan oktober, mungkin krn NCB 150 itu produk yang baru launching bulan Agustus, jadi distribusi ke dealer-dealer dibulan september lebih sedikit dibanding bulan oktober
    mohon dikoreksi

    Like

    • mariodevan says:

      bukan masalah indennya yang heboh, tapi masalah permainan hondanya yang cerdik….
      coba bayangkan efek dari kemenangan honda ini, walaupun cuma menang sebulan tpi hebohnya sampe kemana2…. smua blog mengangkat tema ini, dan image sport honda pun meningkat drastis….

      itu pointnya!

      Like

  14. jake says:

    ini sih warning aja buat yimm, setelah mt15 brojol…rombak total vixion….
    secara kasat mata nva sama nvl hampir sama persis…kalo gak cepat tanggap berati yimm sama aja dengan kasus mio dulu, yg terlalu terlena sama market share…

    Like

  15. subaru says:

    Feeling gw masih budeg… Ncb itu menurut gw emang ditahan dan diledakkan sekarang biar langsung melejit. Mereka mah ga peduli stok numpuk yang penting data aisi melonjak. Bahaya paling laten tetep verza bukan cb. Diam2 stabil karena fungsi sebagai kuda beban. Kalo yamaha masih konsen di menengah ke atas petanda makin nyungsep. Ga usah sombong lah bilang sport yamaha ngincer segment atas.

    Like

  16. yellowduck says:

    MT15 ga bakal bantu banyak, terbukti dari data TPT YIMM cuma pasang target produksi 4rb-an unit perbulan. musuh berat AHM di segmen sport ya cuma vixion, jika vixion tumbang habislah YIMM.

    Like

  17. rico says:

    berarti vixion selama ini aisi cuma data pabrik kedealer juga donk om bukan total penjualan juga hmmmm….saya rasa g bgtu untuk dsegala hal new cb150 memang unggul mutlak dari nva, malah nva ane jarang lihat..lebih banyak newcb terlintas nva ntuh spakbor yg dipotong/pendek kan??bnr” jarang terlihat,, saya rasa yamaha memang harus cepat berbenah…..performa nva kalah telak, sohc masa kalah irit sama dohc om ban lebih lebar dan berat lage…new cb150 emang briliant om…

    Like

    • mariodevan says:

      yup betul bgt….

      karena itu prtarungan sesungguhnya ditahun depan… kalo memang cb unggul akan kliaatan aisinya stabil beberapa bulan ke depan, dealer kan g mngkin nahan stok lama2….

      begitu juga dengan yamaha, lama2 apakah bisa stabil atau tambah nyungsep….

      setuju ini warning buat yamaha, sya udah sring nulis soal itu, tapi para sales sangat g trima hehehe

      Like

  18. Jamal says:

    Yap btul…Vixion buntu pendek emang jarang keliatan…banyakan yg buntut panjang

    Like

  19. vs says:

    Susah juga ya ilmu marketing. Dulu waktu mio ambruk apakah sama dengan ini kasusnya? Bagi saya mio tunduk sama beat karna dilihat dr sisi manapun beat jelas menang telak dr sisi manapun sehingga meskipun generasi beat yg sekarang jelek masih saja jadi penguasa. Nah apakah vixion senasib dgn mio? Kalah mutlak dr sisi manapun? Bila iya mio jilid 2 jls tinggal tunggu waktu. Tp bagi sy dr sisi desain seharusnya vixion masih lbh baik dr ncb, hanya tinggal performa yg perlu sedikit polesan (sama2 overstroke)

    Like

    • vs says:

      Sehingga cb lebih irit bbm sekarang, juga torsi yg lbh baik meskipun karakter high rpmnya hilang masih bisa ditutup oleh nama besar dohc.
      Bg sy cukup perbaiki performa mesin sohc overstroke vixy, mgkn dgn aplikasi vva dan penambahan jumlah transmisi. 1 lg mgkn, perbaiki juga performa mesin byson sehingga bisa membantu vixy tetap berjaya.

      Like

  20. aku says:

    Semoga yamaha ga sampe bangkrut… klo bangkrut… ntar ga punya pilihan lain klo mau beli motor… biarlah meraka pd kejar2an biar model2 baru trus bertambah banyak… biar makin bervariasi. Jgn sampe kejadian ky suzuki,bajaj,tvs makin lama makin ngilang…

    Like

  21. touringrider says:

    blarrr…. siap2 meriam berikutnya..

    Like

  22. Ghery says:

    AISI selalu menyajikan data penjualan (Barang yang sudah laku). Salah besar kalo dibilang distribusi ke dealer.

    Like

Coment gratis :D