Motor Dual Purpose Honda, akan bermesin OHV SOHC!!??

Halo friends masih hangat nie, mengenai Honda yang akan masuk ke segment sport dual purpose 150cc, akan berhadapan langsung dengan KLX, info terbaru-nya mengenai mesin yang akan diusung, selain info awal bahwa Honda akan memakai mesin SOHC untuk mengejar harga jual yang rendah tapi ada juga info terbaru bahwa mesin SOHC Honda ini cukup spesial.

CRF 250, desain-ny bisa jadi kiblat motor dual purpose HOnda

CRF 250, desain-ny bisa jadi kiblat motor dual purpose HOnda

Karena bertipe OHV, atau tidak memakai rantai kamprat (chain chamsaft),dan arsitektur-nya seperti mesin GL

Nah apa itu mesin OHV, berikut penjelasan singkat dari rekan blogger Ompuns

Mesin OHV ini termasuk mesin yang memakai pushroad sebagai ganti kamprat.

mesin4 tak itu kan buka tutup klepnya dithutuk (dipukul) pake temlar. nah, templar itu sendiri bergerak biasanya karena di tontok oleh chamsaft yg digerakkan pakai gear+rantai dari as kruk. Nahhh…. kalo pushrod, rantai chamsaft itu sendiri diganti pake stik besi. Jadi semacam tongkat yg menonjok temlar.

camshaft pushroad

 

Nah perhatikan gambar diatas, mesin pushroad seperti gambar yang kiri sedangkan mesin yang menggunakan kamprat seperti mesin disebelah kanan, rantai kamprat digantikan semacam stik batang disebelah kiri, nah gimana sudah paham?klo belum search aja video-nya di youtube wkwkwkwk.

Oke madev langsung masuk ke kelebihannya, kenapa Honda kemungkinan mau memakai mesin bertipe ini?? pertama karena karakter mesin ini sendiri, mesin pushroad/OHV lebih mudah perawatan, lebih kuat dan cocok dipakai sebagai motor beban, buat naik-naik ke gunung enak coy, dan tentu saja lebih murah biaya produksi hehehe.

tapi diantara kelebihannya tentu ada kekurangan-nya, motor OHV seperti ini, tidak bisa dipakai di putaran RPM yang tinggi, gak cocok dipake balapan liar sama para alay, karena peruntukannya memang berbeda.

Tapi melihat bahwa mesin ini akan ditemplokin untuk calon motor dual purpose Honda tentu akan sangat cocok, sapa tau Honda juga meriset sehingga mesin baru ini juga bisa nampol torsi-nya sampe RPM tinggi, Who Know??

Memang lebih masuk akal jika Honda memakai mesin Verza untuk sport terbaru-nya, lha wong tinggal nyomot, ganti baju, gak perlu pusing riset, beres….. tapi sapa tau Honda juga punya planing ke depan, mengembangkan mesin seperti ini untuk motor dual purpose, trail, bahkan mungkin untuk motor gerobak roda tiga! heehehe.

gimana menurut friends??monggo share komentarnya ya

baca juga artikel madev lainnya ya friends.

 

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

40 Responses to Motor Dual Purpose Honda, akan bermesin OHV SOHC!!??

  1. kudo78dk says:

    bukannya ohv lbh dulu dr timing chain?

    Like

  2. gasspoll says:

    pake mesin cg jadul donk bro

    Like

  3. fifauzi says:

    OHV seperti mesin parut kelapa..
    bakal dibully fby neh wkwkwk

    Like

  4. Paijo Rider says:

    balik lagi ke jaman Honda CG, padahal dulu CG itu gak laku karena getaran tinggi dan suara kasar di rpm tinggi.

    Like

  5. seanomedic says:

    tehnologi mesin genset, sampan, alkon, parut, multi purpose dong ya…?

    Like

  6. Jadi kayak Benelli Python 200 sama VIAR gerobak. Wkwkwkwk

    Like

  7. orang awam says:

    yamaha udah punya mesin pompa air, honda bakal nyusul dgn mesin kompresor tukang tambal ban. menarik nih, 2 kubu fanboy makin seru bakar-bakarannya

    Like

  8. anonimus says:

    Kalo mau murah ya pake mesin verza. Tapi kalo honda pengen sesuatu yg unik, sohc pake pushrod kayaknya menjanjikan. Maaf oot nih, emangnya sohc pushrod maksimalnya di rpm berapa?

    Like

  9. supra 2002 ku awet rajet says:

    OHV tu yg dipakai di CS1 ya?

    Like

  10. Tommy Haryadi says:

    Setau saya tipe mesinnya Honda yg menggunakan teknologi OHV itu ya Honda seri CG, kl GL itu kan sdh menggunakan teknologi SOHC (pake rantai kamprat)

    Like

  11. Tommy Haryadi says:

    Mendingan pakai mesin Verza 150cc aja.

    Like

  12. kuroz says:

    saya malah belum nemu motor enduro modern pake ohv. desain ohc lebih kuat dan sama2 minim perawatan. push rod ohv rentan bengkok di kondisi ekstrem. jadine sekarang cm dipake di mesin berdaya rendah (mesin genset) ato motor cruiser.

    Like

  13. Pingback: Ini Dia Prediksi Motor Baru Honda di 2016!didominasi sport!! | mario devan Blog's

  14. Pingback: Motor-motor terbaru 2016, yang akan launching! | mario devan Blog's

Coment gratis :D