April 2016 distribusi CB150r naik 90%!!vixion merosot cukup tajam!

Setelah menunggu sejak 2012 akhirnya Honda lewat CB150r-nya mampu menumbangkan sang raja Yamaha vixion, Motor sport honda secara total mampu naik 50,4% dari 20.499 unit pada maret 2016 menjadi 30.835 unit pada april 2016, kenaikan ini didukung oleh melonjaknya distribusi CB150r yang hampir 100%, Permintaan All New CB150R StreetFire melambung 90% dari 8.653 unit pada Maret 2016 menjadi 16.493 unit pada April 2016. Menjadikan jajaran motor sport Honda memimpin pasar motor sport nasional dengan pangsa pasar 57,6%.

PhotoGrid_1456718767980

Yamaha sendiri hanya mampu mendistribusikan sebanyak 21.939 unit, dan vixion terjerembab dengan hanya mampu terdistribusi 6 ribuan unit saja!

Perbandingan penjualan vixion vs cb150r by warungasep

Penjualan Vixion CB150R
Januari 2016 13.340 unit 5.076 unit
Februari 2016 21.139 unit 10.148 unit
Maret 2016 8.213 unit 8.653 unit
April 2016 6.200 unit 16.493 unit
Total : 48.892 unit 40.370 unit

Tapi secara total Yamaha masih cukup perkasa, Yamaha dari januari sampe April ini sudah terjual 107.079 unit Sport dan Honda terjual 88.570 unit

Baca juga ulasan madev disini https://mariodevan.com/2016/05/02/kenapa-ada-pabrikan-yang-sangat-budeg/

Terlihat dari data distribusi, Yamaha semakin turun dari bulan ke bulan dan honda sebaliknya selalu naik dari bulan ke bulan!

hal ini tentu menjadi red alert bagi Yamaha, dan sayangnya madev sudah koar-koar soal hal ini dari tahun lalu, bahwa sohc superior itu perlu perubahan yang besar! apalagi all new CB hadir dengan tampilan yang sangat fresh, membuat vixion terlihat “jadul” walau tidak sedikit isu miring yang menyerang New CB ini seperti tangki yang mudah kemasukan air, mesin klotok-klotok, dan lain-lain, tapi yang seperti madev sering bilang, konsumen Indonesia itu sangat mudah memaafkan sesuatu yang dianggap “hambatan kecil” selama pabrikan bertanggung jawab dengan memberikan layanan aftersales yang baik!

pertarungan memang masih panjang, tapi melihat trend-nya tampaknya tahun ini Honda memang bisa mengambil alih kelas sport dari Yamaha! apalagi info terakhir yang madev dapatkan pengganti vixion masih akan hadir tahun depan… duh…

monggo komentarnya friends, akankah vixion berhasil fight back?

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor and tagged , , . Bookmark the permalink.

60 Responses to April 2016 distribusi CB150r naik 90%!!vixion merosot cukup tajam!

  1. Putra says:

    Waduh…

    Like

  2. viki says:

    gaswat nih, bakal banyak yg di phk

    Like

  3. deko says:

    Kl bodynya CB150R & CBR150 yg super tipis, apakah bisa di maafkan, masa motor harga 30 jt an body super tipis om.

    Like

  4. eiscell says:

    Wws telat 3bulan.. :v

    percuma menyesal kemudian :v

    Like

  5. aha says:

    udah mulai bosyen syepertinyah..

    Like

  6. sugimasihada says:

    karena adanya peralihan fby jadi fbh juga yo lek…. #eeh

    *kabuur

    Like

  7. bdt says:

    karen aymh itu menghargai konsumennya, makanya yg diganti body doang,

    tapi kalu ngomongin kompetitor, ngak inovasi, cuma ganti baju doang

    Like

  8. BikerPKY says:

    Semoga dengan penurunan distribusi motor yamaha, yimm akan gerak cepat merefresh produknya terutama model semprott.. Belajar lah dari ahm, yimm.. XAbre motorku

    Like

  9. ndesoedisi says:

    anu… konsumen pada pindah ke Nmax 😆

    Like

  10. Bregas says:

    Udah lama ga komen bro karena sibuk…
    menarik artikelnya…

    Ini seperti case Suzuki dengan Satria nya yang keukeuh ga mau ganti mesin hanya baju saja bertahun2 (kurang lebih sama mungkin 1 dekade). Muncul Satria fu fi emang superior secara spek,tapi secara jualan beda2 tipis sama Sonic karena launching yang lebih dulu beberapa bulan. Jika tarik korelasi kesini,maka Vixion aga susah fight back ketika launching facelift nya setahun berselang facelift CB meskipun mungkin spek mesin dan tampilan ok punya (disini AHM pandai menservis konsumennya di after sales,secara mindset konsumen selangkah maju),dan ga mungkin dengan gaya Yamaha yang banyak street spyshot lebih mudah Honda menebak fitu yang nempel di next facelift dan mungkin juga sudah dibaca bahkan dipersiapkan Honda semisal USD.
    Kalo Suzuki backbone nya cuma 1(Satria),Yamaha 2 yang belum di facelift (Vixion&R15,karena Byson&Xabre secara angka belum signifikan).
    Ada data ga mengenai titik fight back Honda terhadap Yamaha di skutik? Disaat Beat mengalahkan jualan Mio untuk pertama kali dan penetrasi nya seperti apa. Mungkin terulang di case ini.
    Sama mungkin bisa dibahas,kenapa updatean Vixion harus berganti embel2? NVL (Lightning) ke NVA (Advance),aga membingungkan secara mindset mungkin kecuali ketika benar2 beda. Sebenarnya mungkin cukup penambahan new atau all new agar brand image nya ga bias dengan penambahan kata2 tsb.
    Peran Xabre sekarang2 ini diposisikan sebagai apa? Produk bemper saja atau menambah angka? Kenapa untuk fitur USD yang notabene baru dan perlu trial market malah dipakai di brand baru,kenapa ga dipakaikan ke Vixion? Sehingga embel2 Advance lebih berasa. Ini masih belum liat data si xabre laku brp dan brp % dari total sport yamaha

    thank bro,sorry kepanjangan haha…

    Salam

    Liked by 1 person

    • mariodevan says:

      Duh pertanyaannya banyak hahaha….

      Titik figh back honda wktu honda mulai masif bkin lomba irit buat beat dan pamer fitur, lalu bilang mio jadul…

      Pertarungan lama yang melelahkan, dan yamaha hanya membalas dngan rebranding Mio suka-suka…

      Embel2 vixion nvl, kayak mio suka-suka dlu, hanya rebranding yg bsa nahan sebentar

      Xabre… Segmentny sangat sempit…. Kayak xride di matic, laku sih tpi market sizenya g sebesar vixion, bukan lawan cb… Kecuali mesin cb, yg ada malah mengkanibal vixion dan R15

      Like

  11. yellowduck says:

    habis sdh masanya sport yimm.
    tugas berat sport ahm itu cm menumbangkan vixion, kl itu sdh berhasil maka runtuhlah benteng sport yimm. ane ga yakin bsk2 all new vixion mampu fight kembali, soalnya ahm yg skrg terlalu perkasa buat d lawan.

    Like

  12. endik says:

    Kapok penjualan anjlok,habisnya para petinggi YIMM budeg bnget sich…
    Mudah2n honda bisa menguasai market share sampai 90%

    Like

    • mariodevan says:

      Duh jangan terlalu mendominasi g baik hahaaha

      Like

    • rockyban says:

      mau mendominasi?kalo uda terdominasi, masyarakat kaya kebo dicucok idungnya…yg kenceng cm honda, yang irit cm honda, yang murah cm honda, yang elegan cm honda, yang sporty pasti honda…kalo pemasaran dan penjualan terbaik memang honda (secara keseluruhan) produk produk kompetitor bisa jd bagus (jika head to head dengan model sejenis) tp gara gara sudah terlalu masuk brandingnya. Yaaa masyarakat jadi tutup mata. Terbelakang secara pengetahuan otomotif khususnya di sepeda motor, hanya segelintir pihak yang mau “menjelajah lebih dalam”. Tapi itu nanti, kalo benar benar terbukti. saya sih seneng lihat jatuh bangun pabrikan lain.. asal jangan jatuh doang harus ada bangunnya. seru lho.. kaya orang berantem di crows zero..

      Like

  13. viki says:

    duit yg harusnya buat iklan, gelar acara komunitas , dll habis buat bayarin rossi , sungguh sia-sia,

    saran saya buat yamaha , jangan dengerin fby tp dengerin konsumen, ngahahahahaha

    Like

  14. aldy says:

    Yamaha terlalu lamban merespon apa emang budeg ya. Seharusnya NVA itu udh wktnya All new terutama di sektor mesin karena konsumen sudah jenuh apalagi honda skrg udh All-out. mgkn jg udh nyiapin lg update step buat lawan vixion yg fightback… dlu kelebihan nvl dibanding cb karena banyak ban gede aksel nendang irit dapet kenceng lumayan. desain kece skrg begitu dibenturin semuanya desain msh bgus ahm ban lbh gde aksel lbh nendang lbh irit pula hrganya beda dikit disini jelas pilihan konsumen akan kmn. yang jelas memang klan vixion memang sudah wktnya upgrade. kalo kelamaan image komptitor makin kuat dan makin susah di tumbangkan.seperti beat dan mio. semoga saja tidak. biar ttp ada persaingan dan inovasi.

    Liked by 1 person

  15. aganwidodo says:

    Saran ane, dengerin konsumen, jangan cuma dengerin pansboi. Dah gitu aja…

    Like

  16. bejo says:

    baru fight model aja sudah pusing …ingat bukan soal model aja …masih ada paket2 strategi fincoy hehehe

    Like

  17. ah sudahlah.. says:

    biar jdi bahan evaluasi buat yamaha indonesia…
    supaya lbih mndengar konsumen..
    oia om ..
    curhat nih..ternyata adminya yamaha motor indonesia di fb sensi bnget lho..
    masa ane dibanned gegara komen…
    kan ada judul : mio z lbih stabil dgan ban lebar.
    trus ane komen : berarti mio yg dulu gak stabil min..???
    eh..tdi ane masuk fb.. udah gk bisa komen…
    😂😂😂

    Like

  18. Saheng says:

    Wah nasi udah jadi bubur ! Udahlah YIM gak usah ngotot. Tarik nafas panjang, biarkan lewat di trek lurus itu. Masih ada tikungan buat nyalip. Entah kapan. Atau malahan garis finish motor bensin telah dekat. Mending banting stir ke motor listrik aja ! Ato kami ga pilih Yamaha ga pilih Honda dan motor Jepun lainnya yang budeg dengan motor bensinnya, tapi pilih Gesits yang sudah tumbuh di tanah air kami srndiri. Revolution has begun ! Electricity is real blue core energy. No smoke at all. Future is electricity.

    Liked by 1 person

  19. yonyon says:

    efek rencana facelift R15

    Like

  20. Jamal says:

    emang kampret tuh motor ( NCB ) …keren banget yg item nya …..kampreeetttt kampretttt

    Like

  21. fandi says:

    salut buat artikel ini dan komentar dari BREGAS. Betul-betul blog yang mendidik pembaca mengenai produk otomotif. Terima kasih. Saya juga membaca juga dua blog yang mungkin paling populer. Tapi komentarnya ya ampun kayak orang mau perang dan saling melecehkan.

    Like

  22. Ari says:

    Sering lihat yang SE Black raptor , yg biasa malah jarang lihat
    di sebelah NMP naek 6000 katanya . tp CB nya malah gada datanya :’v

    Like

  23. Horeee says:

    Semakin hari semakin baca blog ini koq artikel2nya makin mendidik dab bermutu.

    Gw jadi curiga nih, jgn2 yg punya blog agen ato kaki tangan bro Komeny yg Uhuuyýyy…..

    Like

Coment gratis :D