Pasar Sport 250cc dual silinder smakin Keras!, ini mungkin yang bisa dilakukan Yamaha!

pertamina lubricants fix (1) (1)

haka jaya (1)

Ini merupakan lanjutan dari artikel sebelum-nya disini.

Hanya Ninja 250 4 silinder dan R25 3 silinder yang mampu membungkam CBR 250rr!!

Kondisi market full fairing 250cc

Dari gambar diatas, bisa kita simpulkan, CBR memiliki Value yang lebih dari kedua kompetitornya, R25 akan sangat sulit bersaing, karena seperti kita ketahui, Umur R25 masihlah seumur jagung, tidak mungkin melakukan mayor change, yang bisa dilakukan paling banter ya pengaplikasian Shok USD, dan juga perubahan desain Minor Change.

Untuk mampu mengalahkan CBR 250rr, Mengalahkan ya, bukan cuma sekedar bertahan ataupun mengimbangi!! jalan yang bisa dilakukan Yamaha adalah dengan strategi Sandwitch, dengan mengeluarkan Produk baru Mungkin R25 3 silinder, ataupun 4 silinder!!

Versi racing dengan full aksesoris racing bisa jadi pilihan paling masuk akal untuk meningkatkan penjualan

Versi racing dengan full aksesoris racing bisa jadi pilihan paling masuk akal untuk meningkatkan penjualan

Hal ini juga sebagai antisipasi akan kehadiran Ninja 4 silinder, walaupun hanya sebatas Isu, tapi Yamaha harus paranoid disini gak boleh terlena, (kalo terlena ya bisa seperti nokia ataupun Yahoo) yang tergilas persaingan, apalagi isu-nya bukan hanya dihembuskan dari tanah air, tapi juga dari Jepang langsung lewat majalah Young machine!

insight banner promo fix

Coba bayangkan, saat Honda dengan CBR-nya, dan Ninja dengan 4 silindernya sementara Yamaha hanya punya R25! secara imagepun akan runtuh, karena Yamaha lah yang paling kencang membranding dirinya dengan image kencang, motogp, hi-tech dan semakin di depan, apalagi ini produk flagship, yang bertujuan juga untuk mengangkat penjualan motor cc kecilnya, seperti vixion, R25, Xabre bahkan Nmax!!

Kondisi market sport fairing ke depannya

Jika Kawasaki dan Yamaha “jadi mengeluarkan gacoan-nya” maka kondisi market 250cc akan seperti diatas, hal ini justru menguntungkan bagi yamaha karena bisa bertarung lewat dua arah, lewat harga, dan juga lewat Value, apalagi Yamaha ikut masuk mengembangkan 4 silinder seperti kawasaki!! jadi semakin di depan deh!

Tapi tentu saja perkiraan madev diatas mesti dilakukan riset yang mendalam, bagaimana cost-nya, potensi market-nya, mata-mata mesti disebarkan ke jantung kawasaki, benarkah Ninja akan updated 4 silinder, atau masih dalam tahap riset, kapan timeline rilis-nya!! dan marketing sangat-lah dinamis, dulu bilang dua silinder gak penting, satu silinder lebih pas, saat ini dua silinder lebih menjadi pilihan!! itulah strategi bisnis! bisa jadi kedepannya 4 silinder menjadi motor sejuta umat…

CBR 250r memang merusak market... fanboy fanatik merk Yamaha ataupun Kawasaki yang mampu beli motor di segment ini dipastikan akan tergoda imannya!

CBR 250r memang merusak market… fanboy fanatik merk Yamaha ataupun Kawasaki yang mampu beli motor di segment ini dipastikan akan tergoda imannya!

Jika Yamaha memutuskan memaksimalkan R25 saja (dan seperti-nya memang begitu) maka mesti digali lagi semua potensi R25, target market yang dituju mesti dipetakan lagi, Desainnya harus lebih garang, dan fokus terhadap performa/racing, karna jika bermain fitur tentu akan memakan cost yang besar, dan waktu yang cukup panjang… Penambahan Fitur seperti USD, tentu akan memperkuat kesan racing!

model Yamaha R25

Yamaha mesti memikirkan solusi jangka pendek, jangka panjang, dan berbagai macam planing kedepannya!

Apalagi fokus Yamaha di tahun ini adalah premium Matic, seperti Nmax, dan calon matic 250-nya!! di pasar yang belum ada pesaing-nya ini ada lebih baik-nya Yamaha fokus, sambil terus mengamati pergerakan kompetitor, dan penjualan CBR 250r.

Monggo share komentarnya.

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , . Bookmark the permalink.

52 Responses to Pasar Sport 250cc dual silinder smakin Keras!, ini mungkin yang bisa dilakukan Yamaha!

  1. Mas Muslim says:

    Blog madev makin banyak iklan 8 juta ne…😂

    Spyshot Yamaha XMAX 250 Dan XMAX 400

    Like

  2. mbah_anom says:

    akumah nyimak aja om :3
    cuman mampu kredit mio :3 ikikiki

    Like

  3. ardiantoyugo says:

    3 silinder lebih asik koyone… Kawasaki 4 sama 2 silinder, yamaha 3 sama 2 silinder… Nah honda kan ketinggalan lagi cuman punya 2 silinder… Wkwkwk…

    Kenyamanan Supra GTR 150 diluar dugaan:http://wp.me/p7LBn5-1U9

    Like

    • Coss says:

      Nah… Ai setuju, lakukan strategi senwic.. Opsinya pake 3silinder az, mesin MT09 diperkecil az 🙂 lbh hemat wkt & biaya riset drpd bikin mesin baru…

      Like

  4. putra says:

    Okelah kalo begitu. Cuman yang jadi pertanyaan saya moge itu di hitung hanya dari besarnya cc tok apa juga tentang jumlah silinder mas??? nah kalo masalah jumlah silinder juga jadi syarat moge berarti 3 atau 4 silinder 250cc jadi mini moge dong. Artinya harga melambung pajak juga gede. Yang mau beli keder dah..

    Like

  5. bejo says:

    ada yang pernah tau slogan ini ” only paranoid can survive ” ?

    Liked by 1 person

  6. warungasep says:

    tenaaanggg, seperti para FBY bilang nanti keluar Yamaha Ninja 250cc 4 silinder, modyar koe CBR250RRRRRR wjwjwjwj

    Yamaha YZF-R1 Kembali Juara Suzuka 8 Hours 2016… Pembalap Indonesia, Dimas Ekky ke-8

    Like

  7. subaru says:

    Sapa suru bikin motor yang tampangnya engga yamaha banget

    Like

  8. Bregas says:

    Kalo ibarat bola,yamaha yang kegocek sama Honda. Tadinya Yamaha mau gocek ke segmen premium matic,eh di gocek balik sport nya sama ancang2 premium matic juga. Kecepatan dan campur tangan prinsipal makin berasa,siapa yang cepat membaca dan memutuskan yang menang. Honda jepang nampaknya approval untuk cbr250rr agak “gila”,diluar kebiasaan,rombak total plus bbrpa langkah didepan dengan cepat. Udah ga meremehkan selera dan daya serap indonesia dan paling penting berani jilat ludah sendiri supaya maju (case 1 silinder dulu)

    Like

  9. denipury says:

    R 25 3 silinder , ninja 4 silinder , nanti cbr250 bisa 5 silinder balasnya:D

    Biker Pemberani , balikin Bis ke Jalurnya

    Like

  10. blade_in says:

    Kesalahan fatal Yamaha dengan R25 adalah mengeluarkan motor di bawah ekspektasi konsumen. Motor konsep R25 yg berdesain ciamik dirusak dengan real desain yg ternyata biasa2 saja, dengan fitur yg jg biasa2 saja, tapi dibandrol dg harga yg luar biasa…. Sekarang kena batunya dia ….

    Like

  11. HERZ says:

    Yamaha biasanya santai banget, kalo yamaha kurang dominan menguasai pasar!
    paling R25 nambah upside down d/ desain facelift tak terlalu signifikan dari model sekarang.
    R25+MT25 produk gagal menurut ane!. Kelemahan paling besar Yamaha disisi desain produk!

    Mesin R25, dah bersaing, yang perlu upgrade desain motornya itu! WOW nya itu loh!
    Urusan performa, handling, ergonomi ane pilih karakter Yamaha!

    Gagal bertahan, biasanya ya bikin produk d/ segment berbeda/ baru lagi!, gampang kan!
    Tapi moga bukan itu solusi dari yamaha!, ayo dong LAWAN!

    Like

  12. Gungun gunarto says:

    Masih budegkah merek Y dg keinginan konsumen fanatiknya??😁😁ha

    Like

  13. Mangku Bumi says:

    Apa iya honda segarang yg di gambar.
    Hump menurut ane enggak. Buktinya cbr 150r. Culun abiz.menurut ane sih. Dn menurut ane R25 udh sporti.sangar tapi ada beberapa sektor yg mesti dijamah dan di pertegas. Pribadi sy sih kalo untuk motor sport sy pilih yamaha dan untuk kelas motor kecil saya pilih honda itu perbandingannya. Sooo Ayo yamaha jgn tanggung2 untuk berinovasi. Semua memang di ukur dgn uang. Tp jgn lupa kalo uang ngak pernah bohong. Harga mahal dikit ngak jd masalah yg penting barangnya bagus.hehe

    Like

  14. Kang Udin says:

    Tunggu dan saksikan saja 😉

    Like

  15. ah sudahlah.. says:

    kta juragan( kmren bava diblognya)YIMM dgn r25nya gk perlu risau..krna pnjualan didlm negeri gk sbrapa…mereka sudah “KABUR” dan tersenyum ke penjualan yg diexport krna lbih laris..

    Like

  16. niceguy says:

    Yamaha R25 dgn mesin 3 silinder? Sepertinya bukan impian kosong, secara mesin triple mereka yg saat ini digunakan di MT09 sudah terbukti kehandalannya. Sanggup bersaing dgn Triumph yg sdh lebih dulu merajai mesin triple. Masalahnya cuma satu, mau nggak mereka bikin triple 250cc?

    Like

  17. Motor Batangan says:

    Duh saya mah malah teralihkan oleh celana gemes yang jadi cover page artikel ini.. :3

    Like

  18. fandiartz says:

    Itu solusi long term…
    Solusi short term, seperti biasa…
    Pasrah dan BC lebih giat lagi…

    Like

  19. Djarot says:

    sebenarny selera org Indo itu gampang,body bagus mesin kenceng harga rada mahal dari Kompetitor gk masalah,IMHO

    Like

  20. DNFmagz says:

    Sementara cat dan pernisnya di naikkan lg kualitasnya 😀 lebih baik lg jika visor depan yg kecil itu diperbesar

    Like

  21. wawan says:

    kalo menurut bang madev ninja RR Sama Suzuki gsx,keren Mana???trus kalo Dijual harga anjlok Mana?nva aku Baru 1Tahun pakai Aku jual rugi 8jt ,,,takut beli motor yg harga jual hancur

    Like

    • mariodevan says:

      Mtor baru memang gtu g cuma NVA….. krn skg kan cepet skali pabrikan kluarin mtor baru…

      Kalo g mau harga jual kmbali anjlok jauh, bisa lirik motor 2nd aja…. 250cc skg juga anjlok harganya bisa cek aja…

      Like

  22. wawan says:

    kalo jadi bang madev,ninja rr seken sama gsx baru pilih mana,,?
    ninja 250 karbu 2nd pengin sih cuma masih berat di kantong,sama TB jauh dari kata pantas heheeh,

    Like

  23. wawan says:

    tapi kata kawanku ninja rr sama fu,gak jauh tu borosny,,,niat beli sport sih buat speed sama nongkrong aja,,,n** gak mantap larinya,,,enak ninja kan buat lari bang ?makasih atas rekomd

    Like

  24. wawan says:

    kalo oli samping sih biasa,,gk terlalu kaget,soalny masih sering pakai satria ru ,, suara garing itu lo yg susah move on hehehe

    Like

  25. wawan says:

    hhhahh benarkah kalo gsx lebih baik???kalah fitur sih iya,,tapi kalo secara gengsi remaja,mungkin ninin lebih unggul

    Like

Coment gratis :D