tips merawat Mobil diakhir pekan!

Di akhir pekan ini, setelah sibuk beraktifitas rasanya perlu kita memanjakan Boil kita, perawatan ini selain bikin kondisi kendaraan lebih bersih, juga sangat berguna untuk menjaga performa, serta kejadian-kejadian yang rewel dijalan bisa terdeteksi secara dini, nah berikut ini friends tips-tips yang bisa madev kumpulkan dari beberapa sumber, yang bisa dilakukan sendiri untuk merawat tunggangan kesayangan.

bergaya naik mobil inova

yang punya ganteng, mobilnya harus digantengin juga hihihi

Yuk disimak, satu persatu, yang Madev kumpulkan dari berbagai sumber

  1. Cek Kondisi Ban dan Tekanan angin, Ban merupakan piranti yang sangat penting, yang sering kita anggap sepele, padahal daya cengkeram ban merupakan salah satu faktor penting dalam berkendara, ban juga jika tekanann angin kurang bisa membuat boros bahan bakar, Cek Kondisi ban, perhatikan tapaknya, apakah ada gejala habis samping? jika iya, posisi ban bisa ditukar dan saling silang, tapak tengah juga bisa di cek apakah sudah gundul atau masih layak jalan, untuk tekanan angin isilah sesuai petunjuk pabrikan biasanya tertulis di piliar B, jika anda membawa muatan full kapasitas, ada baiknya tekanann angin ditambah dari batas normal.
  2. Cuci Mobil/cek body, Mencuci Mobi diakhir pekan, memiliki fungsi ganda, pasca bekerja seminggu penuh yang mungkin kurang bergerak secara fisik, mencuci mobil bisa dijadikan gerak badan sedikit diakhir pekan wkwkwk, selain itu mobil juga bisa lebih bersih, gebetan pun akan memiliki persepsi yang baik, mobilnya aja bersih, apalagi yang punya pasti bersih, walaupun sebenarnya bawa mobil aja gebetan da kesengsem, walaupun mobil rental wkwkwk, oh ya saat mencuci juga kita bias lebih memperhatikan body mobil kita, madev sering baru menyadari goresan-goresan waktu mencuci kendaraan, yang sebelumnya tidak terlihat.

    wet car

    gambar dari mbah google

  3. Cek lampu-lampu, Yup pengecekann lampu bisa dilakukan diakhir pekan, cek semua fungsi lampu, lampu utama, Sein, lampu parkir, sampe lampu di dalam kabin, saat ada problem bisa langsung diganti jadi tidak membahayakan saat kita berkendara.
  4. Cek Aki, Cek kondisi aki juga bisa dilakukan di liburan akhir pekan, ada bagusnya sih
    bisa dicek teganggannya menggunakan votmeter, tapi kalo gak punya ya bisa dikira-kira saja, saat kita starter jika masih mulus, berarti tidak ada masalah, bagi yang masih menggunakan air aki, cek levelnya, bisa dengan menggunakan senter dari belakang aki, dan sedikit menggoyang aki biar terlihat jelas, jika kurang dari indikator levelnya, harus langsung diisi.    Aki Yuasa Pafecta
  5. Cek air Radiator. Radiator sebagai pendingin mesin memiliki fungsi yang sangat penting, pemeriksaan air radiator wajib dilakukan sebelum berkendara, pastikan tidak ada kebocoran, dan cek level indikator, jika kurang tambahkan, untuk air radiator, madev sarankan sih yang memang khusus untuk air radiator/coolant, bukan air keran biasa, karena coolant biasanya tidak mengandung material metal, yang bisa mengendap dan merusak radiator, selain itu warnanya yang tidak jernih, membuat coolant mampu lebih mudah terdeteksi jika ada kebocoran.
  6. Cek Oli mesin, Oli mesin wajib diganti setiap 5-10ribu km, tapi pengecekan rutin wajib dilakukan, untuk melihat apakah ada ganguan pada ruang mesin, cabut stick oli, lap dengan kain, lalu masukkan kembali, serta perhatikan apakah masih dalam keadaan normal batasnya, jika kurang segera tambahkan, lalu bawa ke bengkel terdekat karena kemungkinan ada kebocoran dibagian mesin.
  7. Cairan Wiper, cairan pembersih kaca ini tampaknya sepele, tapi jangan dilupan, wiper bisa diisi air biasa, ataupun diisi dengan cairan wiper khusus yang banyak dijual, terserah friends saja dan sesuaikan dengan kondisi dompet, hehehe
  8. Cek Ban serep serta toolkitnya, mesti hanya cadangan tapi disaat dibutuhkan ban serep harus siap sedia, cek tekanan anginnya, lalu lihat juga kondisi fisiknya, peralatan tolkitnya juga harus siap, perhatikan apakah alat-alat tersebut berada ditempatnya, waktu menulis ini madev jadi ingat kalo kunci pembuka ban serep ketinggalan dikantor nie hahahahaha

Oke friends demikian beberapa tips dan ritual diakhir pekan, yang bisa kita lakukan sendiri untuk merawat mobil kita, monggo yang mau nambahkan, share komentarnya.

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Roda 4 and tagged , . Bookmark the permalink.

14 Responses to tips merawat Mobil diakhir pekan!

  1. Rudy SouL says:

    lum punya mobil

    Setelah lebih dari 2 tahun,akhirnya Yamaha punya sport fairing 250cc. – http://wp.me/p208su-20c

    Like

  2. macantua says:

    nice tips bro…

    Like

  3. ochimkediri says:

    yang terakhir cek isi dompet dulu,cukup ga buat jalan2 di akhir pekan,wehehehheeee

    Like

  4. RPMspeed says:

    Ctrl + D dulu ah coz belum punya mobil 😀


    Review Performa,Harga,Daya Tahan Oli Shell AX7
    http://rpmsuper.wordpress.com/2014/05/11/review-oli-shell-advance-ax7/

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s