Special Sales Force Team Honda Sport ancaman besar bagi Yamaha!!

Agak mengagetkan juga membaca strategi marketing yang ditampilkan oleh TMCblog soal akan adanya team sales force khusus, untuk mensukseskan perang besar di segment sport, antara sang juara bertahan Yamaha melawan penantang lama Honda. awal permulaannya adalah mempersiapkan launching All new CB150r

Hal ini seakan dejavu pada 7 tahun lalu muncul di kalangan internal garpu tala untuk membuat team, ide dan konsep seperti ini, sayang tidak teralisasi dan konsep ini ditolak, curiga jangan-jangan orang yang sama yang ramu strategi Honda ini, hihihihihi, yang sering baca-baca blog ini sama blog mindgenesis si komeng bisa tebak-tebak siapakah beliau, komentator aktif juga hehehe

Fuerzas_Especiales_Michoacán

Oke back to topik, Team khusus ini layaknya di kemiliteran memiliki fungsi dan maksud tujuan yang sama.

Dimana setiap personel memiliki kemampuan diatas rata-rata prajurit reguler, dipilih dari berbagai divisi yang sudah teruji, dan memiliki pengalaman tempur tinggi, memiliki kemampuan fisik prima, tembakan sangat akurat, survival dimedan perang, pandai intelijen, pertempuran tangan kosong, mampu menerobos ke belakang garis depan musuh, mahir menggunakan berbagai senjata dan ranpur, dan melakukan misi-misi khusus dan rahasia untuk mendukung strategi perang yang besar!!biasanya dikirim pertama kali ke medan tempur, menghancurkan objek vital musuh, dan mengkill tokoh-tokoh penting musuh.

Dalam suatu pertempuran faktor Man behind Gun, sangat berpengaruh, Honda cukup pandai menjaga SDM-SDM berprestasinya, untuk tetap tumbuh dan berkembang, serta memberikan reward dan salary yang cukup mengiurkan.

Melihat pergerakan HOnda, tentu Yamaha tidak boleh tinggal diam, Special force tidak bisa dilawan dengan Pasukan reguler biasa, apalagi pasukan reguler yang alutsista-nya sudah tua dan usang, serta pasukanya sudah down secara mental karena habis menderita kekalahan besar, dan logistik tersendat sehingga kelaparan!!

Yamaha perlu memperkuat intelijennya, susupi blueprint pergerakan special force yang dibentuk, lalu segera bangun kekuatan untuk menghadang (inipun kalo intelijen Y cukup ciamik), madev yakin Honda akan banyak bermain di creative marketing dan tidak lagi bergerak ke konvensional strategi, hal ini bisa dilihat dari teaser-teaser yang dibocorkan bertahap, dan mulai diberikan-nya edukasi mendalam soal enggine baru CB150r lewat bloger-bloger dimana pembaca blog lebih paham soal hal-hal baru dan berbau teknis.

hal-hal seperti product knowladge yang didalamnya berisi mengenai Rancang bangun desain ruang bakar, ukuran piston, kelebihan karakter Square piston, sudut klep yang sempit sehingga membuat ruang bakar atas piston menjadi lebih kecil dan membuat kompresi tinggi bisa lebih mudah diperoleh dengan model piston ber-dome yang hampir Rata.

Hal-hal tersebut diumbar secara nyata lewat blog-blog besar, sehingga menimbulkan efek euforia yang begitu besar.

Selain itu kekuatan Yamaha Vixion di Viral word of mouth (cerita dari mulut kemulut) yang cukup kuat lewat komunitasnya yang besar, akan menjadi target utama team special force Honda ini, mereka akan masuk menyusupi dengan halus, apalagi modal besar yang luar biasa dari produk yang disiapkan tentu akan dengan mudah menjadi bahan pertimbangan konsumen untuk berpindah kelain merk.

karena sudah terlalu panjang kita lanjutkan di ruang komentar saja, yuk diskusi, akankah Yamaha mampu menahan pergerakan pasukan khusus elit ini?? monggo share komentarnya friends.

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , . Bookmark the permalink.

61 Responses to Special Sales Force Team Honda Sport ancaman besar bagi Yamaha!!

  1. niceguy says:

    Namanya bisnis pasti juga perlu strategi, mungkin ahm coba membongkar pertahanan yamaha dari sisi lain. Sepanjang tidak terjadi pembodohan masif terstruktur, saya kira hal ini patut mendapat acungan jempol (kalau berhasil).

    Like

  2. blade-in says:

    Tetep, lebih ampuh fanboys yg nyerbu blog2 otomotif…..

    Like

    • mariodevan says:

      berapa banyak sih yang masih membaca komentator dan menganggap hal itu suatu kebenaran???
      sma sperti baca perang dunia maya saat pilpress hehehehe

      Like

    • bdt says:

      om terlalu tendesius terhadap dedemit fbh,
      peran serta mereka tidak significant terhadap penjualan motor,

      BC itu ndak terlalu mempan buat konsumen lawas,

      kecuali konsumen baru, ato anak abg, yg msh cari jati diri

      yg plg berperan adalah leasing serta sales sbg uujng tombak pabriken, terutama u/ kelas mayoritas

      Like

  3. Supra Senyaman Sedan says:

    konsumen umum mana mau tau tancang bangun mesin, ukuran piston, dohc dll…..pokoknya liat iklan di TV, modelnya keren, sambil baca-baca blog yg isinya FBH, ya langsung tercuci otaknya…., peran besar itu di blogger dan komentator, tinggal sering-2 aja pasang gambar vixion kecelakaan, opini pembaca digiring dan tergiring untuk tidak menyukai produk tersebut…itulah kekuatan propaganda media massa.

    Like

  4. bdt says:

    simple aja,

    sesuai konsep om jaos,

    bahwa kelas middle 150 sport ke atas adalah konsumen cerdas,

    dimana konsumen cerdas itu sedikit

    bukan konsumen yg mudah dibodohi spt konsumen matic dan bebek,

    maka perlu team marketing yg kuat secara teknik maupun mental,

    maka dibentuklah swat, yg dilatih secara semi militer,

    dan u/ kelas konsumen moge, jelas yg diturunken adalah langsung perwiranya

    spt penuturan si mbah :
    http://indobikermags.com/2015/07/28/sekarang-saya-sadar-honda-menjadi-besar-karena-mereka-santun-bigbike/,

    jadi jelas ada 3 kelas team,

    team bawah, kelas low ( prajurit )= bebek dan matic

    team middle ( para letnan/kapten) =kelas sport 150 cc

    team atas ( para perwira ) : kelas moge

    lengkap dah team marketingnya

    Like

  5. bdt says:

    komentator smart ngak bisa bendung

    team dedemit fbh grs keras yg katanya bod0h-bodoh dan setiap hari makan nasi naking,

    terlihat dari MS matic ymh yg terus tergerus turun sejak thn 2011

    padahal mereka itu sekelompok org-org pinter ,

    gimana mau hadapi team SWAT FBH ?

    Like

  6. niceguy says:

    Perkiraan saya akan semakin gencar honda melakukan brain wash bahwa mesin dohc lebih unggul daripada sohc. Entah lewat media apa pun pasti akan semakin gencar iklannya.
    Inilah yang disebut sebagai pembodohan, karena setiap jenis mesin punya keunggulan/kekurangan masing2. Tidak ada yang mutlak sebagai mesin terbaik. Kenapa ada dohc sohc, ada mesin rotary, mesin diesel, bahkan mesin jet sampai roket diciptakan oleh engineer tentu dengan tujuan penggunaan yang berbeda.

    Like

  7. Ting Ting says:

    Blogger dan komentator itu punya pengaruh besar terhadap user biasa loh….bukan user smart (masa mau beli motor musti minimal sarjana), saya dulu pengen byson, gara-2 baca komentator yang bilang byson lemot, disalip supra, gak jadi….walau pada kenyataannya gak pernah liat supra nyalip byson, trus akhir2 ini yang lagi marak komen negatif terhadap vixion, yang shocknya rompal, banyak blog yang beritain walau isinya dari sumber yang sama…..seperti arisan berantai jadinya….., semacam penggiringan opini mendekati peluncuran CB150R..

    BTW itu tim swat, moron and idiot….

    Like

    • bdt says:

      msh mending om, dah gede di BC

      si cb 150 gen awal blm lahir aja msh di dkandungan dah di BC,

      dah dibilang rangka buatan tukang pinggir jalan, gampang protol,

      sama aja

      Like

  8. bdt says:

    AHM belajar dari kondisi thn 2010,

    dimana AHM hampir sempoyongan tersungkur KO

    dan itu jadikan pelajaran agar tdk sampai terulang,

    dan differensial team marketing ini mungkin sbg stragtegi terencana mempertahankan kerajaan

    Like

  9. bdt says:

    yang ramu strategi Honda ini, hihihihihi, yang sering baca-baca blog ini sama blog mindgenesis si komeng bisa tebak-tebak siapakah beliau, komentator aktif juga hehehe

    kayanya om SAS

    Like

  10. bdt says:

    ahm thn ini mulai serius siap gedor benteng pertahanan terakhir yhm ina,

    apakah kali ini berhasil?????????

    veteran perang jilid 1 pun dah pada turun gunung u/ menahan serangan pasukan baru

    team SWAT ,

    siapa yg menang yach??????

    kemungkinan sih thn ini msh 50-50

    Like

  11. O=O says:

    Sepertinya mulai menghangat neh suhunya…., cb ikutan rembug ah….

    Dari ulasan team market H yg lg marak dibincangkan, mnurut asumsi saya it gak se-wah yg dikira ( kayak team SWAT militer ) tapi lebih pada merunutkan sesuai dengan jobdesk masing2 divisi agar kinerja dan pencapaian dapat terukur dengan baik sehingga akan mudah untuk evaluasi dan perbaikan dimasa mendatang

    nah balik ke strategy produk
    Utk hal yg satu ini H telah sekian kali gagal dgn strategynya di kategory sport dan penasaran akan sport Y yg msih idem ayem disinggasana, nah dri snilah H mencoba rilis produk yg mirip akan ergonomi, efisiensi, keawetan dan karakter dari mesin yg dihasilkan pabrikan spanyol ( minarelli ) sehingga tercipta DOHC square utk produknya yg sudah jelas akan H2H secara produk yang diharapkan dapat menggeser trend yang sudah lama terbentuk, dari performance & style ke perfection & hitech

    Utk strategy Y sendiri, setelah H rilis produk nicenya akan berusaha tetep pada filosofi yang telah tertancap tajam dengan menghadirkan sesuatu yang baru layaknya OVI ke NVL/ bisa dikatakan update ataupun new market sehingga pergeseran trend akan tetap dijalurnya

    Like

    • bdt says:

      benar, emang bukan spt team swat militer,

      tapi prisnip militernya yg dipake,

      karena yg dihadapi konsumen energik yg msh cari jati diri

      mereka ditraining dgn matang dari sisi technikal, mental yg kuat, ngak gampang menyerah, punya kompetrnsi beda dgn sales biasa

      agar bisa menyampaiken produk dgn tepat dan bener,

      bisa menyampeken kelebihan dgn bener, tdk BC

      jadi kesannya elegan, sehingga bisa masuk ke midset konsumen,

      sehingga image kompetitor yg dah menancap kuat, bisa dikikis sedikit demi sedikit

      Like

  12. bdt says:

    dgn hadirnya sonic 150, mau ngak mau suzuki ngak bisa andelin fu lagi,

    pastii dah siapin sport fairing, baik 150/250 cc,

    otomatis, kerja ahm bisa terbantu oleh suzuki,

    karena fans sport suzuki juga fanatik, yg sementara ini selingkuh ke ymh,

    jadi mungkin sonic lahir u/ memancing suzuki buat sport fairing/naked 150 cc,

    sehingga secara tidak langsung ahm terbantu

    Like

  13. Daru says:

    Sebenernya yg paling bahaya dari honda tu komunitasnya
    Sebut sja dari yg jadul macam cb ampe yg trbaru cbr pasti ada di kota besar
    Satu sisi ini bisa di maksimalkan maka produk dpt dgn mudah di trima
    Macam fu tnpa iklan dll tetep laris manis karena aspek lingkungan sekitar lebih mengena ktimbang iklan ato tebar sponsor ato jdi bike of the year bla bla

    Like

  14. Nobita says:

    mat sore….

    sepertinya rame…!! 😛

    Like

  15. RF says:

    Harus di respon.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual di Google play Gan
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling

    Like

  16. Pingback: R&D pusat Jepang akan habis-habisan pengembangan Sport CC kecil untuk pasar Asean!! | mario devan Blog's

  17. Jadi inget tahun 2007 lampau, pertama kali bergabung dgn Yamaha. Saat itu kondisi penjualan Yamaha cukup baik. Akan tetapi dibalik itu ada hal yg cukup menarik perhatian saya. Saya cermati konsumen membeli yamaha karena kekuatan faktor product valuenya, bukan karena sales powernya yang memiliki kemampuan menjual.

    So 3 hal saya ajukan saat itu. Pertama up grade sales mentality. Kedua membentuk Sales Special Force. Ketiga membentuk Telemarketing Division. Hanya hal pertama saja yang ditanggapi oleh Direksi, itupun cuma setengah setengah . Hal ke2 dan ke3 jadi bahan tertawaan.

    Tahun 2015 Honda start applying. Will see lah. How powerfull of these idea can work to gain competitive advantage?

    Liked by 1 person

  18. SAS says:

    Seandainya Yamaha yg jalankan di tahun 2007 lampau, setelah tahun 2012 ms akan bertahan atau bakan naik. Jauh berbeda dgn kenyataan hari ini. Bandel bandel sih direksi Y.

    Liked by 1 person

  19. Sebenarnya banyak yg kurang paham “special force” dalam aplikasinya di sales team khusus. Jadinya setengah setengah dalam aplikasi team sales super yg cuma diamggap sebagai team sales yang advance product knowledge, excellence selling skill, hi motivated dan super loyal.

    Special force tidak pernah konfrontasi langsung apabila tidak terpaksa. Pahami itu dahulu.

    Like

  20. Fungsi utama special force adalah menghancurkan sasaran strategic yang hi value bagi lawan. Masuk jauh ke dalam wilayah musuh. Melakukan penanaman doktrinasi paham baru yg merugikan musuh dan merusak musuh dari dalam pada saatnya. Mencari informasi hi asset musuh. Melakukan sabotase dst dst.

    Misalnya masuk ke dalam komunitas komunitas lawan. Menanamkan image. Merubah presepsi. Dan menanamkan kebencian pada brand komunitas yg sekarang. Lalu dilanjutkan dgn aksi bedol deso 1 komunitas. Bayangkan tingkat kerusakannya. Note penting disini adalah no bc. Harus bisa multi value compare technique.

    Atau masuk ke jajaran sales dealer lawan. Lemahkan metal dari dalam. Rusak motivasi dan buat tidak puas dgn sistem salarynya. Buat benci terhadap brand tempat mereka bekerja. Akhirnya tawarkan jual do ke other brand. Nah loh…siapa yang “pelihara” sales. Siapa yang bayar. Siapa yang dapet order dan penjualan.

    Atau masuk menyusup ke pusat…wah ini lebih parah lagi….wk k k k… gak usah dijelasin dech.

    Like

  21. Pingback: Pasukan Spesial sales Force Honda memiliki daya rusak melebihi perkiraan!! | mario devan Blog's

  22. Pingback: Analisis pasar MotorSport!Vixion masih Raja, secara total Honda akan unggul!! | mario devan Blog's

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s