Acara HBD Honda, punya daya dahsyat lebih dari yang terlihat!

Acara HBD (honda biker day) komunitas Honda di pantai Teleng Pacitan, menjadi trending topik selama bebarapa hari! hampir semua blogger membicara-kannya, ditambah daya Viral offline komunitas yang masif, serta broadcast bertubi-tubi, membuat acara ini lebih dahsyat dari yang dibayangkan!

Komunitas adalah pengguna brand yang loyal-nya bisa dibilang berlipat-lipat dari konsumen biasa, mereka bisa menjadi evangelist bagi brand, mengabarkan beribu kebaikan produk, tapi sebalik-nya mereka menyadari ada kelemahan produk hanya saja memaklumi kelemahan itu!

terbilang brand-brand yang sangat sukses dewasa ini tidak terlepas dari komunitas/konsumen loyal-nya, Apple yang terkenal dengan fanboi-nya yang spartan, mampu membuat Apple menjadi perusahaan dengan nilai paling tinggi di dunia! satu lagi perusahaan smartphone yang melompat di nomor 4 dunia Xiaomi, pernahkah kita melihat mereka beriklan di pusat-pusat perbelanjaan?menghabiskan milyaran dengan beriklan di televisi, atau setidak-nya beriklan secara online?? Yup Xiaomi, menjalankan strategi promosi-nya secara viral, memanfaatkan kekuatan komunitas-nya, dan tumbuh besar bersama komunitas-nya.

AHM_1

Nah kembali ke Acara HBD Honda, selain 20ribu jiwa konsumen loyal yang datang yang akan membawa crita viral ke orang lain, Honda juga mengemas acara itu dengan mengundang Media online maupun media offline, dan spesial-nya cukup banyak mengundang Blogger, selain bloger besar macam IWB dan TMC, komunitas-komunitas bloger didaerahpun diundang cukup banyak lebih dari 20 orang (madev juga diundang cuma berhalangan datang karena sakit jadi-nya gak ikut datang) bayangkan masif-nya penyebaran informasi soal acara ini! karena kita semua tahu informasi lewat blogger mampu terjadi lebih cepat, luas, viral dan masif.

banyak masyarakat luas yang akan tertanam mindset bahwa Honda mempedulikan konsumen loyal-nya jadi tidak perlu ragu beli motor honda, Honda itu keren, acara-nya keren, motor-nya keren, dan sebagai-nya.

Sebalik-nya kompetitor terdekat-nya justru seperti-nya minim acara, dan walaupun ada undangan hanya mengundang blogger yang dikenal luas sebagai “karyawan” mereka, ini tentu tidak akan ada guna-nya karena konsumen semakin cerdas, dan hanya menganggap seperti membaca informasi biasa tanpa efek lain-nya.

Yamaha perlu memperbaiki komunikasi mereka, seperti era sebelum-nya yang dekat dengan blogger, bisa dipahami sih beda pemimpin beda kebijakan!

Monggo share komentarnya friends!?

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor and tagged , . Bookmark the permalink.

22 Responses to Acara HBD Honda, punya daya dahsyat lebih dari yang terlihat!

  1. semut orange says:

    wah mantap honda,tanda tanda semua segmen mw di kuasai

    Like

  2. Beh obrolan semalam ada yang nyangkut juga di sini. Wkwkwkwk

    Like

  3. Aladin says:

    kalau gak salah, semenjak pak eko prabowo hengkang dari yamaha, strategi marketing Yamaha jadi beda ya…

    pernah ane baca di mana gitu, pengganti beliau lebih memilih strategi marketing yang langsung ke konsumen (pameran di mall-mall , sekolah ,dlsb) dibanding marketing melalui media online..

    bener tidak bro madev? 😀

    Like

    • mariodevan says:

      bener banget…. yang sekarang gayanya lebih hardselling… strategi jualan.. bikin event kecil…kecil langsung ke target market buat jualan..dan berbagai macam promo.. gak heran smakin njungkel market sharenya wkwkwk, itu mah tugasnya skala dealer bukan pabrikan…

      Like

  4. Verza Surabaya says:

    Even HBD ini puncak dari ratusan event yang digelar Honda di berbagai daerah, ini yang sebenarnya membuat melekatkan mindset masyarakat kepada brand, bukan sekedar berpromosi.

    https://verzasurabaya.wordpress.com/2015/11/23/anggota-versus-dikubur-di-teleng-ria-gokil-abiss/

    Liked by 1 person

  5. niceguy says:

    Pelan tapi pasti, back to dark age again… suka tidak suka, inilah pilihan mayoritas konsumen di negeri ini. How about you?

    Like

  6. dake says:

    inilah kelebihan honda secara marketing lek, sering buat acara bareng komunitas…
    sebenarnya kalo yamaha mau, optimalkan tuh acara jamnas yrfi kemarin, tapi sayang yg bergerak disini cuman komunitas nya sendiri, yimm sepertinya separuh hati di acara kemarin.

    Like

  7. Amamoto says:

    Buahahaha blogger karyawan, definisi baru tuhh

    Like

  8. supra 2002 ku awet rajet says:

    stau eikh honda itu paling pelit kalo urusan ngebiayain club, beda sama merk sebelah yg rajin banget nyuruh2 bikin klub. tiap udah jual 20 motor pst nyuruh bikin klub lagi. cuma ya itu dia, animo akan honda masih kuat biarpun pelit juga. kl eikh pribadi sih masih ngarep honda bs kembali kayak dulu, motor ga usah keren2 amatlah, tp khas dan beda dari yg lain. skarang kayak yg bingung mo jualan apa. dibilang nyaman jg ya gitu deh ajaaa..

    Like

  9. Pingback: Blogger Karyawan Yamaha, Opo Maneh Iki Cak Madev? | roda dua blog

  10. ipanase says:

    pengennya low budget hi impact lek.
    jadi yamaha cuma undang karyawan-nya yang jadi blogger yak, wah sopo ki
    #nyimak

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s