Persaingan sangat ketat! harus-nya jangan pernah biarkan produk kita dibully!!

Heboh mengenai Spedometer M-slaz dari thailand yang sudah berembun, padahal produk ini relative baru, masih hitungan hari dilaunching, dan akhir-nya berita heboh seperti ini di angkat oleh blog-blog, dan muncullah komentar-komentar negatif mengenai kualitas produk. memang kalo kita secara objektive melihat bahwa sebuah produk, pastilah tidak ada yang sempurna, bahkan mungkin kasus ini bisa dipicu karena kesalahan pemilik,dan 1-2 kasus pasti terjadi, tapi pabrikan tentu memiliki tanggung jawab, dan control agar tidak terjadi cacat produk dan konsumen rata-rata tidak mau tahu!

speedometer-m-slaz-berembun

APalagi dengan persaingan yang sangat ketat, keburukan sekecil apapun bisa menjadi senjata serangan dari kompetitor, isu-isu seperti kualitas yang buruk yang jika dibiarkan saja, akan berpengaruh terhadap image brand itu sendiri, sebagai contoh Yamaha Mio, Image boros dan velg mudah peyang, merusak image keseluruhan Mio, yang sampai sekarang sudah memasuki generasi ketiga, sangat sulit bangkit, dan mampu bersaing dengan kompetitor-nya.

sisa-sisa kedigdayaannya di masa lalu, seperti tidak berbekas!

baca selengkap-nya mengenai kasus yamaha Mio disini

https://mariodevan.com/2015/12/08/mio-m3-kurang-bertaji-haruskah-muncul-m4-sebagai-penantang-beat-diskusi/

Seperti ada kata pepatah, “nila setitik rusak susu sebelanga” karena hal kecil, maka secara keseluruhan menjadi rusak.

ditambah dengan semakin deras-nya era informasi, pabrikan dituntut mampu memberikan suatu produk yang sempurna, hal yang nyaris mustahil, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan #halah…

lalu apa yang harus dilakukan?? pabrikan harus bersikap open minded (terbuka), jangan bersikap defense seperti yang biasa ditunjukkan para sales-nya… lakukan investigasi dan secara terbuka jujur dan menunjukkan niat tulus untuk memperbaiki-nya, bisa dengan recall, adanya itikad baik tentu akan menimbulkan viral positif!!dan menunjukkan bahwa pabrikan selalu peduli terhadap customer-nya.

Monggo share komentar-nya, gimana pembaca setia melihat kasus ini??

 

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , . Bookmark the permalink.

35 Responses to Persaingan sangat ketat! harus-nya jangan pernah biarkan produk kita dibully!!

  1. nduk says:

    Ingat m slaz ingat gnr

    Like

  2. primordialgrafis says:

    Abis vixion lightning dan r-15 yg ngebul setelah km 8000an.. Dan ngebulnya keliatan di rpm 8000an juga.. Ada lagi m-slaz ngembun speedometernya.. Ayolah berbenah vrooh.. Org cb150r klotok2 dan arm patah aja lgsg recall produk, setelah generasi baru keluar.. Jeng jeng… Semua masukan konsumen diwujudkan.. Dan alhasil? Segmentasi pasar motor sport langsung terebut.. So be a wise ajalah,jgn defense dan acuh tak acuh.. Konsumen tau dimana mereka akan menghabiskan uangnya.. Okee vrooh yamaha.. Keep sukses yooww..

    Like

    • mariodevan says:

      yup… jangan defense…. dan harusnya berbenah.. apalagi ditambah komentator fanatiknya yg bela mati2an….. malah merusak citra sperti cancer

      Like

    • bdt says:

      fb yamaha ngak pernah akui itu, kalupun aku itu cuma 1/1000, jadi dianggap bukan masalah.

      mereka deklarasikan mesin mereka perfeck.

      image mesin vixion perfect dah kuat, dan konsumen ndak peduli dgn issue ngebul, karena dianggap cuma BC dari Fb kompetitor.

      dan ymh manfaatken itu

      Like

  3. John_Hendy says:

    Sbg fby aku marah

    Like

  4. jake says:

    kalo di indonesia semua produk perfect lek…kalo ada cacat produk pasti di update rakitan berikutnya, buat yg suda beli yaa apes aja dah…itu aja kalo atpm gak budek denger produknya cacat….*lirik velg geol nya mio series

    Like

  5. Praja says:

    Maaf oot, bingung dgn strategi YIMM memasarkan MT15. Harusnya mendengarkan kemauan konsumen, yaitu vixion yg lebih advance dr segi desain ataupun mesin. Cash cow kan harusnya dapat perhatian lebih, ini malah memperberat sektor produksi dan pemasaran dgn varian yang “masih” abu2 dari marketnya sendiri. Bukan meremehkan, YIMM boleh jd pusat produksi untuk cc dbwh 300 cc di dunia, cuma untuk pasar lokal mereka tidak diberi kebebasan menyesuaikan produk sesuai selera lokal. Yang budeg level atasnya…. atau memang sengaja ingin Yamaha semakin lemah. Maaf cuma nubi, cmiiw

    Like

    • mariodevan says:

      maunya sperti itu, tpi ada beberapa force major, sperti riset mesin yg kurang berhasil….

      oh ya masalah budget juga berpengaruh, jdi wktu membuat suatu mtor diusahakan mampu dijual di market global, minim asean….. kalo laku y untung misal Nmax…..

      Like

      • viki says:

        sepertinya budget habis buat bayari rossi n motogp…..rossi gajinya tertinggi di motogp

        Like

      • Praja says:

        Yamaha sepertinya kehilangan esensi taglinenya sendiri “semakin di depan” yaitu visi produk yang melampaui jamannya layaknya awal kemunculan vixion. Sebuah Visi dalam suatu organisasi dapat dicapai melalui misi2 yang di rencanakan dilaksanakan dgn tepat. Sepertinya dana RnD disedot kearah hal2 yg kurang tepat, sehingga perubahan yang sangat diperlukan untuk produk cashcow sepertinya lamban dan stuck. Ganti manajemen sampai maksimalkan dana buat RnD dan promosi, dan beware musuh dalam selimut. Cmiiw

        Like

  6. ricky says:

    Ane yakin pihak YIMM baca komentar2 diblog ini jdi mqu nitip saran.hehehe
    slamat pagi bang madev nitip saran bwt YIMM. untuk R15 v.3 saya berharap design ambil basic R125 & kaki2,acc lainnya ambil dari MT15/M-Slash. untuk mesin DOHC kalo memang blm menyanggupi minimal wajid SOHC+VVA.
    trimakasih bang madev.
    salam smakin didepan..

    Like

  7. java36 says:

    Wkwkwk mak erot :v

    Like

  8. java36 says:

    Atpm yg lambat, udah laku ya adem ayem bukan nya siap2 riset buat facelift selanjutnya.
    Bentar lagi juga MS jadi 10% :v

    Like

  9. Mariodepan rumah says:

    Moga YIMM mulai bingung trus move on…ojok bingung lalu mendem kayak kasus matic n bebek yg sudah tak menyisakan kenangan indah babar blas.

    Like

    • Iseng komen says:

      Sebenrnya dengan memasarkan produk high end seperti nmax itu salah satu tanda2 yamaha frustrasi. Kita liat nanti mt 15 mau di lego brp. Kalo emg di bawah r15 itu tandanya di pikiran yimm produk mereka asal laku dulu untungnya belakangan.

      Sory ini asal jeplak komennya. Tapi komen ini pandangan saya sebagai orang awam yang melihat situasi ini.

      Like

      • Supra 2002 ku awet rajet says:

        Stuju. Dgn maksain jual mt 15 yg malah mirip byson vixi itu udah tanda2 kebingungan. Mirip sama AHM yg blunder ngeluarin CB150.

        Like

  10. aganwidodo says:

    Waduh riset dohc kecil 150cc masih lama ya, bisa ketinggalan jauh nih sama kompetitor yg sudah sukses menanamkan mindset “dohc lebih jos dari sohc”.

    Like

  11. eiscell says:

    biarlah dibully :v

    ayo dapetin diskon dibukalapak ..

    masukin kode BL1212
    saat pembayaran .

    jangan lupa hanya disini kupon berlakunya cuma 3hari … ya .. transaksi sepagi mungkin biar ak kehabisan kupon.

    https://m.bukalapak.com/p/handphone/hp-smartphone/lfgsl-jual-promo-hot-evercoss-winner-t3-4g-white-silver-new-garansi-resmi

    Like

  12. jajan says:

    Khususnya atpm roda dua disini masih belum punya nyali buat melakukan recall jika ada cacat pada produk mereka. Yang gue liat baru pabrikan H doang meskipun malu-malu, lebih menggunakan istilah “update” dan gengsi kalo pake istilah recall.

    Disini yang ane sayangkan justru pabrikan Y secara terang-terangan bersikap defense : mesin ngebul jika digeber lebih dari 8000rpm kok dibilang wajar..

    Like

  13. aldy says:

    Yg kurang dr yamaha mereka sgt defense terhadap.keluhan konsumen loyal mereka yg bnr” membeli produk mereka… mereka lebih mendengar para komentator bayaran dan sales” yg jelas” tidak menjadi konsumen loyal mereka… YIMM terlalu budek dan bodoh membiarkan imagenya dirusak oleh para fanboy bayaran yg blm tentu beli produk mereka… sdgkn konsumen loyal mereka teriak” mnta perbaikan kualitas dstiap produknya… tp malah cuek dan defense ngeles dg berbagai cara justru membuat image YIMM semakin buruk dimata konsumen loyalnya… gk usah gengsi lah recall diem” macem kompetitor sblh karena bentuk tgg jwb ini akan mengena dhti konsumen loyal mereka dan mereka bisa menjadi tmbh loyal dan merekomendasikan produk yimm ke calon konsumen yimm… sehingga imagenya justru makin baik kedepannya..

    Like

  14. I like FBY says:

    Saya mau curhat aja…
    Saya sudah 8 × ganti / memiliki mongtor dan tidak pernah tidak ber merk Y
    Sekarang ini saya seorang bapak yang memiliki anak perempuan yang sudah mulai remaja dan maksud hati ingin membelikan sebuah mongtor matic yang nyaman untuk buah hati.
    Saya berharaf merk Y ada perbaikan di sektor kaki2 untuk mio M3.
    Saya rasa dengan menaikan harga 500 ribu untuk memperbaiki sektor roda minimal sama dengan kompetitor mio M3 akan meningkat penjualannya.

    *maaf kalo kepanjangan

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s