Antara Yamaha, Komunitas dan DNA Balap!

 

Halo friends, kembali lagi dengan madev yang akan membahas mengenai pagelaran YSR (Yamaha Sunday Race) 2017, yang kebetulan madev mendapatkan kesempatan meliput 2 serie dari 4 serie yang diadakan tahun ini! Yup jujur madev tidak terlalu paham mengenai balapan, yang madev tahu sih yang populer-populer macam rafid topan, rey ratukore, dan juga ada galang hendra, bintang balap masa depan hehehe, jadi madev akan bahas dari sisi bisnis dan marketing yang jadi keahlian madev!

Bersama galang hendra, sukses terus sampai masuk motoGP

Pagelaran Yamaha Sunday Race ini sangat istimewa karena ini merupakan pestanya biker (komunitas) Yamaha, walaupun acara balap ini juga diikuti para profesional, tapi sebenarnya acara ini memang dikhususkan bagi komunitas, sehingga mereka bisa mendapatkan ambiance balapan layaknya pro,ini seperti beli mobil avanza tapi boleh nyicip ferari xixixi dan performa balap komunitas ini juga tidak kalah, hal ini bisa dilihat dari catatan waktu yang semakin cepat dari serie ke serie, membuat panitia menjadi ngeri sendiri, kelas komunitas gak kalah cepat dengan kelas pro hehehe!

kita tentu tahu DNA Yamaha yang selalu didengungkan dari dekade 90an, mencapai puncaknya pada tahun 2000an, ketika Rossi pindah ke Yamaha, dan Yamaha mengeluarkan motor jawara balap Jupiter Z, serta motor-motor berDNA racing dan anak muda seperti Jupiter MX, dan VIxion yang sangat populer dimasanya, mesti yang paling laku terjual adalah Yamaha Mio, tapi branding dari brand utama Yamaha lah yang membantu meledakkan penjualan Mio juga! dan komunitas punya andil cukup besar saat itu! komunitas Yamaha dideklarasikan dan didukung, muncul YRC untuk mempersatukan klub-klub Yamaha, dan sekarang bertransform menjadi YRFI (yang juga kental untuk mempromosikan sistem injeksi dimana Yamaha menjadi salah satu pelopor yang mempopulerkan motor injeksi, walaupun bukan yang pertama mengeluarkan motor injeksi, tapi jelas Yamaha lah yang berhasil mempopulerkan motor injeksi lewat Yamaha Vixion)

ini yang bikin madev pingin jadi pembalap wkwk

Yamaha sempat mengalami masa kemunduran, kehilangan DNA balap mereka, dan komunitas yang tak terurus dan seperti kehilangan induknya, bahkan sangking tidak adanya suport dari pabrikan, kompetitor mengambil kesempatan dengan mendekati komunitas-komunitas Yamaha, jadi tidak heran dimasa-masa itu, anniversary Vixion tapi yang sponsor dari Honda! hehehe

disisi produk juga, Yamaha sempat kehilangan DNA-nya, Jupiter Z yang powerfull dibunuh dan digantikan jupiter downgrade dari vietnam, Yamaha mio telat diupgrade dan sekali diupgrade menjadi mio J justru mengecewakan! inginnya sih mengejar irit tapi bisa kencang, tapi bukannya irit, justru boros dan gak kencang-kencang amat juga!

titik balik terjadi saat Nmax keluar! motor ini menjadi represantasi Yamaha yang sebenarnya! DNA sporty dan racing sangat kental, dan berani masuk ke segement-segment baru yang hanya Yamaha yang berani! disusul Aerox, dan Xmax langkah Yamaha sudah sangat tepat untuk menggempur kelas matic yang memang 80% penjualan motor di indonesia adalah matic saat ini! lalu ada juga yang baru keluar Mio S yang madev rasa inilah desain terbaik Mio stelah generasi Mio smile! yang seharusnya seperti inilah Yamaha membuat Mio

next akan ada Smax dan R25 baru yang akan semakin menguatkan DNA Yamaha! dan menguatkan Yamaha kembali kejalan yang benar hehehe!

KOMUNITAS

Komunitaspun mulai diperhatikan, Yamaha sadar, selama masa-masa suram, komunitaslah yang tetap mendukung, merekalah yang tetap setia memakai Yamaha, dan turut andil membantu menjadi “sales” bagi orang lain! YSR adalah salah satu bentuk hadiah Yamaha bagi komunitas! acara yang seru, full hiburan, yang digelar 4 kali tiap tahun!! luar biasa…. dan untuk tahun ini juga Yamaha mulai mengundang banyak sekali blooger dan vlooger! mereka sadar komunikasi modern saat ini adalah lewat online!

diharapkan sih ada serie-serie kecil juga diluar sentul, yang mengajak kmunitas berpesta, menambah tali silahturahmi, dan juga menyalurkan hobynya ke arah yang positif, daripada kebut-kebutan dijalan dan berbahaya, lebih baik difasilitasi dengan legal, dan juga standart safety yang tinggi dan profesional! terlebih juga zero accident menjadikan acara Yamaha ini cukup spesial!

dari strategi-strategi Yamaha madev sudah melihat bahwa Yamaha saat ini sudah berubah, dan jauh melebihi ekspektasi madev sendiri, sudah ditrack yang benar, tinggal motor listriknya saja yang harusnya bisa digelindingkan terlebih dahulu!! walaupun tidak sempurna, tapi usaha Yamaha patut diacungi jempol, sehingga konsumen bisa mendapatkan banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan keingginan!

kalau friends masih ingat madev merupakan salah satu blogger yang paling pedas mengkritik Yamaha, tapi sekarang memang keadaan sudah berubah, dan madev menjadi saksi hidupnya upaya-upaya Yamaha berbenah, memang masih belum sempurna tapi usahanya patut diacungi jempol!

oke demikian friends pembahasan madev, monggo share komentarnya dan follow socmed madev ya terutama instagram karena madev sering uppdated insta story soal kegiatan madev, yang mau lihat foto-foto bening umbrella girl juga bisa meluncur ke instagram ya xixixi

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor and tagged . Bookmark the permalink.

5 Responses to Antara Yamaha, Komunitas dan DNA Balap!

  1. Indra says:

    Bocoran R25 dong Om hehehe

    Like

  2. noe talweng says:

    Manteb ulasannya mas

    Like

  3. Badthegonx says:

    Betul om, walau secara ms ketinggalan, tapi soal produk selalu berani bikin gebrakan

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s