Diranah blogsphere saat ini lagi rame soal DOHC vs SOHC bagus mana…yah daripada banyak bacot ala fanboi, liat aja deh video dibawah ini, yang tanpa sengaja nemu waktu browser2 nyari video rafid topan di moto2 😀
terlihat bahwa yang katanya DOHC superior bla..bla..bla..bla, kalah sama SOHC di trek lurus lagi!….dragbike ini dilakukan oleh salah satu media online independent di india motorbeam, jadi kalo dibilang CB150 street fire yang mesinnya berbasis CBR 150 DOHC lebih kencang dari Vixion yang mesinnya berbasis R15 SOHC 4 klep, oh belum tentu….
tambahan dari bro love my bike :
udah swap bike, sama aja
komen dari penunggang cbr di video itu
I was the one riding the CBR…and I was riding the R15 too at other times. The results were same even after swapping the bikes. The CBR just doesn’t have the low and mid range that the R15 has. In fact I was so sure that the CBR would leave the R15 in the RVMs at the end of the strip. But unfortunately all my assumptions were dashed to bits. The CBR is so lame in making power and by the time you hit the peak RPM, the R15 is already on song.
pulsurge in reply to wssnwwssloswysvwewww (Show the comment) 1 day ago in playlist Uploaded videos
sedikit translate pas-pasan dari ane
saya salah satu penunggang cbrnya, dan saya mengendarai r15 juga pada saat lainnya. Hasilnya sama saja walaupun setelah menukar motor. CBR tidak punya (power) di bawah dan di tengah yang dipunyai oleh r15. Sebetulnya saya yakin cbr akan meninggalkan r15 di ujung trak. Tapi ternyata asumsi saya sedikit berlebihan. CBR sangat lemah dalam mengeluarkan power (mungkin maksudnya lambat) dan ketika menyentuh peak rpm, R15 is already on song (mungkin maksudnya udah berada jauh di depan)
ternyata emang lemot… wkwkwkwk
Recent post
- Gojek, Grab, dan Gugurnya Karya Anak Bangsa
- Life In Jakarta, berkunjung ke Toko Buku terbesar di indo dan cafe cozzy di Matraman
- GridOto Award 2024: Yamaha Dominasi Penghargaan dengan Pencapaian Spektakuler
- Yamaha NMAX “TURBO” TechMAX: Bukti Skutik Premium Terbaik di Kelasnya
- Harmoni Klasik dan Modern: Yamaha XSR 155
- Kado Akhir Tahun Istimewa, Yamaha Serahkan NMAX “TURBO” untuk Pemenang Yamaha Day Competition di Bandung
- Yamaha STSJ Gelar Synergy Ride 2024, Perkuat Kolaborasi dengan Komunitas Motor
- Yamaha STSJ: 50 Tahun Berbagi, Menginspirasi Negeri
- Menpora Dito Ariotedjo dan Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo Apresiasi Aldi Satya Mahendra sebagai Juara Dunia Bersama Yamaha Indonesia
- Aldi Satya Mahendra Naik Kelas, Siap Bertempur di World Supersport 2025 Bersama Yamaha

fakta tlahberbicara tentang DOHC vs SOHC
LikeLike
DOHC Suzuki juga lebih lemot dari SOHC yamaha, cari aja di youtube, pokoke SOHC is the best, vote for SOHC lovers hehehhe…
LikeLike
macaciih?
LikeLike
miapah??wkwkwkwk
LikeLike
ciyusss
LikeLike
cihuuuyyyyy…
LikeLike
sedia APAR (alat pemadam api ringan) mas,,, 😀
http://chozinahmad.wordpress.com/2012/11/10/akhirnya-kick-stater-pun-dilepas/
LikeLike
😀 da siap…kerusuhan nie
LikeLike
lol buat yang ngedewain dohc
LikeLike
padahal masih bnyak faktor dalam mtor selain dohc dan sohc
LikeLike
enelan?
LikeLike
ciyus…??
jadi inget status teman…
para alay yang suka ngomong ciyus, miapah, enelan
tidak akan masuk surga
mereka cuma bisa masuk culga wkwkwkwk
LikeLike
bro mariodevan..
ciyus…??
jadi inget status teman…
para alay yang suka ngomong ciyus, miapah, enelan
tidak akan masuk surga
mereka cuma bisa masuk culga wkwkwkwk
=====================================
kakakkakak……..mpe ngliler ane ktwa gan…ciyuzz
LikeLike
kalau cuma pendek, jelas menang sohc kencang yang menang power dan torsi ri rpm bawah 😀
LikeLike
nih motor buat
harian smua
bro,mau lebih
panjang lagi
jalannya?wekwekwek
buat jalan sendiri
aja,yg sepi yg
lempeng
panjang.sbnrnya
performa vixion
buat stop & go,jadi
jgn berkhayal deh
mau ngadu power
speed di
jalanan,bakalan
ketinggal tuh
cbr,kail power
nunggu 10500,vixi
8500 dah dapet
bro..awas tronton
didepan waxaxa
LikeLike
jossssssssssssssssss, heehehehhee, selara aja
LikeLike
ngenteni pidione neng endonesah..
LikeLike
nie ada http://www.youtube.com/watch?v=wtNV90hH_tE wkwkwk
LikeLike
ketipu..
LikeLike
Aduh bro hahahah malah d kasih referensi begituan…
LikeLike
ajibbbb…. , masih bnyk faktor yg menentukan…
LikeLike
ecu mapping,durasi kem,lebar klep,gear rasio,handling
🙂
Punya nyali ga,bobot pengendara,ada businya ga,ada BBM ga
😀 😀
LikeLike
nih motor buat harian smua bro,mau lebih panjang lagi jalannya?wekwekwek buat jalan sendiri aja,yg sepi yg lempeng panjang.sbnrnya performa vixion buat stop & go,jadi jgn berkhayal deh mau ngadu power speed di jalanan,bakalan ketinggal tuh cbr,kail power nunggu 10500,vixi 8500 dah dapet bro..awas tronton didepan waxaxa
LikeLike
yang lawan NS gak Ada yaa….sama sama SOHC beda 50cc..beratnya lebih jadi agak imbang tuh….FBB
LikeLike
yg lawan ns ada…tapi kalah R15 😀
LikeLike
treknya terlalu pendek bro…
LikeLike
kalo lebih panjang si cibier bisa semakin ketinggalan di saat2 trakhir kelihatan r-15 smakin menjauh…
si cibier harus nunggu top speed kayaknya baru bisa ngejar….tapi butuh sekitar 1 km lebih…
LikeLike
yakin bro mario semakin panjang track semakin ketinggalan si CBR????
berani tanggung jawab dengan pernyataannya???
———————————————————————————
kalo memang lemot kenapa di sport 150CC CBR yg digunakan??
LikeLike
logikanya gampang saja…ini drag bike dengan mesin standart..tinggal bejek gas ganti gigi sampe top speed…terlihat di video r15 sudah melaju tnggal menungu top speed…
top speed motor 150cc pastinya g beda jauh…kalo top speed sama si r15 bisa menang, kalo lebih kencang cibier–cibier bisa menang tapi menunggu trek yang lumayan panjang diatas 1km….sayang dalam video tidak ada test top speed
untuk pernyataan yang terakhir saya g mengerti maksudnya 😀
LikeLike
kalo memang lemot kenapa di sport 150CC CBR yg digunakan??
————————————————————————————-
Digunakan buat apa ni bos? buat balap?
Kalo buat balap engine CBR udah lebih duluan bos daripada engine Vixion, so pengembangannya juga uda berada pada tahap yang lebih maju dari Vixion. Mesin CBR uda dari taun 2002, Vixion baru 2007. Part racing berkualitas jelas lebi banyak CBR, mekanik yang jago ngorek CBR lebi banyak bos, apalagi di jakarta. Vixion mau dioprek2 juga males, ujungnya kebentur ama limiter ECU.nya yang terlalu terbatas. Tambahan lagi, Yang make CBR biasanya duitnya kenceng, modif2 bisa lebih gampang. Liat aja, CBR biasanya make knalpot DBS, pake R9 unyu2 mah malu, nah yang pake Vixion pake R9 New Mugello aja uda senang setengah mati. 🙂
Tapi sekarang Vixion dan CBR itu uda bisa bejaban bos di sentul, korek2 aja artikelnya si Azizzyhoree, walopun tu artikel juga banyak ngelesnya
LikeLike
berarti bisa kalah bisa menang
LikeLike
tergantung amal dan ibadahnya hihihihi
LikeLike
Berarti mesin dohc harus sering di shodakohi dan jangan lupa dizakati ya bro…wkwkkwkw…
LikeLike
Maaf numpang balas komentar di atas, ini ngomongin r15 apa vixion?
LikeLike
SOHC atau DOHC Tergantung panjang lintasan ….yang menang yang beli jreng….. Lek nyicil mesti kalahe….lha arep ngebut ko nunggu lunas…yo kesuwen xixiixxixi…Pisss Broooo….
LikeLike
waduh…. kelihatan bgt 200NS begitu perkasa…….. so layak ditunggu buat yg gak puas ama vixi n cibi
lihat video ini DOHC cb150 jadi drop prestigenya…. seharusnya jangan diposting lah….
LikeLike
mgkin CBR 150R nya lagi ga fit atau yang bawanya ganti gigi ga sesuai shifting mesin overbore di RPM 10.000. Karena waktu motorbeam mengkomparasikan R15 VS CBR 150 R sebanyak 7X dimenangkan CBR 150R 5X dan R15 2X.
Untuk link :
http://iwanbanaran.com/2012/05/13/yamaha-r15-v2-vs-honda-cbr150r-komparasi-head-to-head/
Ketika diadu drag race dengan dua rider berbeda….hasilnya CBR150 memenangkan 5 kali dari 7 kali drag. Raungan putaran atas screamer engine racikan Honda menunjukkan tajinya.
*tapi untuk drag pendek ini (dibawah 600m) ane terima kalo R15 menang karena power dapat dikail di RPM yang lebih cepat 8000-8500RPM
LikeLike
beda media….beda hasil…
yang iwan banaran itu dari Throtle, yang ini dari motorbeam..
dan ternyata yang dari throtle di provided oleh EVM Honda..pantes aja honda menang 😀
link http://throttlers.net/ride/2012/04/30/comparison-honda-cbr-150-r-vs-yamaha-yzf-r15-v2-0/
LikeLike
weleh di provided Honda ??? sungguh terlalu
ternyata etika bisnisnya bnar2 gag ada nih Honda
setahu saya mengcompare produk kompetitor trus dijadikan ajang promosi melanggar etika bisnis hlo
LikeLike
biasanya diprovide itu diprovide disediakan kendaraannya…yang mengcompare tetap dari pihak media..hal itu biasa terjadi, tapi tentu akan menggangu obyektifitas dalam mengcompare 😀
LikeLike
Ya iyalah, motor honda disediakan dealer Honda, mosok disediakan dealer Yamaha. Nggak usah terlalu curiga, normal hal seperti itu. Jarang ada tester kendaraan yg beli sendiri kendaraan itu, biasanya dipinjami.
LikeLike
sewa kan bisa mas bro..saya tau beberapa media yang menyewa khusus untuk test ride compare..bahkan saya tahu ada media yang jelas2 dibayar untuk melakukan compare… 😀
LikeLike
Yg pakai cbr belum bisa pindah gigi kayanya. Btw, utk motor kopling manual, jarak pendek sekalipun tidak terlalu pengaruh, asal bisa jaga rpm, jadi nggak perlu diurut dari rpm bawah dulu.
LikeLike
jokinya yang cupu berarti ya…. 😀
atau da disogok berapa tuh sama yamaha xixixi
LikeLike
Nggak nuduh curang, tapi tenaga cbr ada di rpm lebih tinggi drpd r15, jadi memang perlu keterampilan lebih utk memanfaatkan rpm setinggi itu.
LikeLike
SOHC yg itu gak dijual di indonesia :p
LikeLike
anaknya sohc itu tapi baru dilaunching 😀
LikeLike
semua motor 4 tak150cc lawan yng punya ini aja wkwkwwk…
salah satu vixion aksel tercepat yg pernah ada
LikeLike
edan…
LikeLike
Wahhh…
Mantabbb. Berharap disini entar di compare
di Sentul supaya bisa lihat bersama-sama
Kalau yg dekat ya di KenPark Sircuit yaaa… 😀
LikeLike
saya pilih yang ridernya ringan kayak saya #ups kabur……..
LikeLike
gak heran sohc 4 klep bisa ngalahin dohc 4klep,karna dohc 4 klep itu mesin “PURBA”era thn 2000 gak ada perkembangannya(kecuali cbr250,dohc yg ada perkembangannya bawah,menengah,atas mantap) justru sohc 4klep jup mx th 2006 adalah pengembangan dohc 4klep era th 2000..
LikeLike
asli, ra cetho le ngedrag.. seumur” cukup pake 4 gigi dah lewat si,
LikeLike
Sayangnya R15 itu 6 speed, sasis alumunium. Sedang Vixion cuma 5 speed, sasis besi biasa 😀
Juga panjangnya trek pengaruh, mungkin.
Oh ya, Sata setuju sama komennya Mr. You di atas. CBR 150 keluar lebih dulu daripada R15, kecuali DOHC punya CBR 250 yang benar2 fresh tahun 2011 🙂
LikeLike
g masalah lawan vixion masih sasis besi juga kan 😀
LikeLike
R15, R125, dan Vixion itu sasisnya sama aja . Uda dibongkar ama juragan modifmania kok, sedikit perbedaan di sub-frame r125 yang lebih panjang dan nungging 😆
Gigi 5 Vixion itu tetap teriak loh, masalah 6 speed itu mah g terlalu ngaruh, gigi 6.nya r15 dan motor2 6 speed lainnya tetap sebagai overdrive, termasuk CBR dan Ninja. Tapi kalo disuru milih, ya tetap 6 speed biar awet tu mesin.
LikeLike
konstruksi emang sama, tapi punya R15 V2 bahannya alumunium (konon begitu sih) lebih ringan 😀
LikeLike
Oh iya lupa, pertanyaan pamungkas:
“Mau ngebut dimana???” 😀
LikeLike
tau dari mana bro?
gmn klo motobeam juga d provide ma yamaha?
LikeLike
baca aja linknya dibagian paling bawah artikel…
ada penjelasan kalo testnya di provide honda…ya pantes…
motorbeam di provide yamaha??tunjukin buktinya aja….repot kan kalo cuma katanya 😀
LikeLike
Nggak usah pakai bukti, jelas saja cbr disediakan oleh dealer honda, r15 disediakan oleh dealer yamaha. Nggak mungkin sebaliknya kan? Lagian yg ngetest mesti protes kalau motor yg dipakai nggak standar.
Misalnya, Taufik ngetest jupiter z1, dipinjami oleh dealer yamaha. Nggak ada yg aneh dari berita itu.
LikeLike
tapi g ditulis tuh kalo ada provide dari yamaha….
jadi bisa ditarik kesimpulan r-15 bukan provide dari yamaha, mungkin punya sendiri, pinjam, nyewa, nyolong dll wkwkwk, sedangkan cbr provide dari honda…itu jelas
hanya mempertanyakan obyektifitas…karena saya sudah lama kerja di media dan atpm…orang asia itu gampang sungkan…menjunjung tinggi balas budi… jadi wajar saya mempertanyakan objektifitas…
seperti test gadget ada media yang selalu membeli sendiri setiap gadget yang akan ditestnya, ada media yang mendapat provide dari brand..yg mana yang anda lebih percaya testnya??? 😀
LikeLike
Sulit bro jelasin klo udah brand ato machine minded…, apalagi klo ama sales brand tertentu…, takut gak laku kali dagangannya..wkwkwk.., just kidding…., btw nice comment bro Mario….
LikeLike
Mempertanyakan obyektifitas, jadi intinya curiga kan? Nggak gampang utk membeli sendiri barang yg mau di test, mahal. Dan lebih nggak gampang pula bagi jurnalis utk tdk objektif, eman2 reputasinya. Aku pikir dgn berani menulis kalau barang yg dites merupakan pinjaman, justru akan lebih berusaha obyektif, utk menghindari kecurigaan. Justru kalau disembunyikan itu malah mencurigakan. Lagipula, tidak semua hal yg kita curigai pasti kenyataanya sesuai kecurigaan kita kan? Jadi coba nilai pakai logika saja, bukan berdasarkan kecurigaan.
Misalnya, kenapa cbr kalah dalam adu drag dgn r15, padahal rumusnya akselerasi adalah power to weight? Karena r15 torsinya lebih besar di rpm rendah.
Lho, kenapa kok harus rpm rendah, motor kopling manual kan bisa gantung rpm? Oh, berarti yg pakai cbr belum bisa ngatur rpm. Logis kan?
LikeLike
boleh donk curiga…
anda curiga rider cbr motorbeam kurang pinter..
masak saya g boleh curiga… 😀
saya g suruh beli..sewa… 😀
LikeLike
SOHC vs OHC, torsi vs power.
Klo power memang butuh jarak lumayan panjang.
HANYA!
jika sama2 150 cc dengan spek sama, lebih menguntungkan SOHC.
Dalam artian jika SOHC sampe duluan top speednya, kemudian DOHC baru top speed ga ada bedanya. COz SOHC sudah terlanjur melesat duluan.
Mau ngejar?????
Kan sudah top speed
LikeLike
*drag itu klo pendek lebih kepake torsi
kalo panjang power kepake tapi torsi juga kepake waktu start…..(tergantung sepanjang apa trek nya)
*sedangkan kalo balapan di sirkuit lebih kepake power,karena ga mungkin motor berhenti dari nol kemudian baru gas di tengah2 blapan
*faktor kalahnya cibier di atas imho lebih kepada borexstroke yg kelewat jauh dibanding square ala r15-dohc tetep lebih bgus dari sohc
jgn mudah kemakan perbandingan sepintas di atas karena itu cuma menunjukan tingkat intelektual kita bro
LikeLike
pendek torsi, panjang power, overbore, overstroke taik kucing
pernah belajar mesin gak??pernah bongkar2 mesin tahun terbaru??skg da 2012–banyak faktor dan variable yang nentuin–jelek2 gini saya sarjana teknik mesin, walaupun kuliah sering bolos hahahahaha
LikeLike
stay kul bro..adem…adem…yg laen cma tau teori nggak tau lapangan
LikeLike
sip hehehe
LikeLike
kalo buat harian,mesin sohc lbh pas.. sm halnya dngan mobil,yang dohc lbh mbeler tp nafas panjang..yah,selera aja..toh juga gak bakalan berakselerasi n manuver maksimal d jalan umum..hehe..
LikeLike
ya itulah..terlalu mengagungkan DOHC, padahal mesin2 sohc terbaru jga sudah pada canggih2…
LikeLike
hehehe…yah bukan masalah ngebutnya emang..tapi dohc umumnya pasti lebih boros bbm namun hemat perawatan…gak perlu setel2 klep…
sekarang ni ngingoni motuba dohc yah mbeler tarikane..tapi napase panjang…
LikeLike
intinya bukan dohc sohc, krn keduanya sama2 pake 4klep. tp lebih ke luas permukaan piston, cbr 63.5mm sdg vixi 57.7mm. makanya ukuran klep cbr lebih besar. dan dgn stroke 47.2mm, cbr aman di geber 13500rpm. kombinasi bore & stroke cbr paling extreme di kelas 150cc 4tak. makanya siapkan NYALIMU
LikeLike
Pengaruh lah, dohc memungkinkan pemasangan busi di tengah, dan saluran masuk/buang yg lebih tegak. Dua hal ini membuat dohc kuat di putaran tinggi (dgn konsekuensi lemah di putaran bawah). Kecuali kalau sohcnya unicam, busi bisa ditengah, salurannya tetap tegak.
LikeLike
busi vixion & mx juga tepat ditengah ke 4 klep. sonic kenceng juga walaupun sohc. ??
LikeLike
busi vixion & mx juga tepat ditengah ke 4 klep. btw sonic kenceng juga walaupun sohc. ??
LikeLike
Sonic kan Overbore boss. kalo Mx ya Overstroke.
LikeLike
yup ,, walaupun mx 4 klep & letak busi ditengah tp mesin overstroke ttp aja kalah ama 2 klep & letak busi ada disamping.
LikeLike
tuh kan terkotak-kotak lagi 4klep busi tengah harus superior dari 2 klep busi samping..makanya saya suruh buang text book anda…..cari referensi baru
sama seperti kasus dohc vs sohc…otak kita jangan terkotak…agar bisa timbul pikiran inovatif…
pake pola pikir inovatif kayak jepang…sohc kenapa nafas tidak panjang…mereka improve dan jadilah mesin baru yang juga kuat diputaran atas..
tapi ya susah sih dasar fanboi… dohc vs sohc kalah g trima, tapi saat hal g masuk akal lainnya 4klep busi tengah berhasil dikalahkan 2 klep busi samping langsung diterima…yah yang penting salah satu brand harus menang (fanatik buta) wkwkwkwkwkwk
note : saya tidak menyangkal 4klep bisa kalah dng 2 klep lho…jadi anda tau lah pola pikir saya…sangat berbeda dengan anda salam 🙂
LikeLike
seh mending dr pd S1 cmn bisa muter video gak jelas ama bilang “no hope”.
LikeLike
wkwkwkwk makanya jangan terlalu naif, video itu cuma buat pembelajaran…jangan terlalu terpaku sama dohc nafas panjang..sohc torsi…anda hidup diteknologi yang baru…buka mata baik2…sohc sekarang itu beda banget…dan teknologi dohc skg juga beda banget g tentu kalah di torsi awal….percuma juga dijelasin g nyampe…
salam… 🙂
LikeLike
lihat komen gw di atas bero!! bukan DOHC/SOHC, tp lebih mendasar ke “big bore” dgn kapasitas volume yg sama bisa pk klep yg lbh gede shg jalur bb lebih unggul. dg rpm yg lbh tinggi pasti peak power dpt lbh gede. lihat fxr 20dk @125000vs fu 16@9500 beda rpm 3rb aja ngedrop 4dk.
LikeLike
Josss. R15 menang, padahal pas start si CBR 150 nya jump start 0, sekian detik, hehehe 🙂
LikeLike
wih,debat nggak ada ujung pangkal,ngebelain masing2 pabrikan,apapun tungganganmu nikmati aja,nggak usah saling sikut kiri kanan
LikeLike
bukanya debat tak berujung bro, tp pembelajaran bersama. di atas ada yg koar2 sarjana mesin tuh, gw cmn stm tp ga minder.
LikeLike
pembelajaran sotoy di stm yang masih pake text book tahun 80an…ganti dulu tuh text booknya baru ngomong….teknologi skg da beda banget coy
LikeLike
Ciyusss niee
LikeLike
Gw sering liat Cbr 150 di jalan, memang kalo dibawa jalan pelan-pelan ntu motor keliatan berat larinya >5000rpm. tpi untuk lari putaran tinggi?? jangan ditanya.
sbaliknya Vixion ntu motor walau Sohc 4v tpi akselerasi lumayan cepat.
bndingin lgi dngan Nmp yg Sohc 2 klep, tarikan Nmp kliatan lebih enteng dri Vixy ktika jalan >5000rpm.
jdi kesimpulannya untuk akselerasi >5000rpm : pertama megang Nmp, kedua Vixion, lalu Cbr150.
sdangkan untuk Lari(Top speed) gw megang pertama Cbr150, kedua Vixion, lalu Nmp.
untuk byson jangan ditanya karna ntu motor bannya kegedean, tpi tampilan macho abis.
jadi sesuai kebutuhan lah.
macho gak harus kenceng/kerennya motor, yang pnting bisa gaet ato bonceng cewe. piss…. 😀
LikeLike
@ Pembawa acara
ni bru ajiiibbb,,. di indonesia tampang mongtor yg utama , k malah bahas mesin dohc pa sohc g da habisnya , semua jg punya keunggulan n kekurangan ,dah di set bgtu ma pabrikan .
mang ngaruh banget pa sohc n dohc buat buyer ,
buyer : mas ini mesin dah dohc pa masih sohc ?? ?
sales : sambil mikir (beli jg paling kagak ,tanya2 doang nih org kliatannya ).
so siapkan cicilan u , n mo ngebuuttt dimana .,.,???
LikeLike
tergantung ridernya juga g bisa dibandingkan…kecuali pernah megang tiga2nya…
cew bukan bonceng motor….roda 4 donk 😀
LikeLike
alah,mana ada sih motor honda yg kenceng?yg kenceng dari honda tu cuma jualannya…
LikeLike
ya gue terima kalah. Memang gue udah baca review R15 accelerasi dari 0-60 lbh cepet. Tapi mulai 0-100kmh dah kalah sama CBR. Bahkan dari artikel motorbeam ini bilang cbr have higher top speed. Yah gue sih terserah. Mending dateng sini aja. Biar test sm media indonesia
LikeLike
repot kalo ada tapinya…
saya juga bisa… tapi………top speed mau dipake dijalan mana??sirkuit 😀
LikeLike
ya buat sensasi putaran atas gak ada salahnya kali bro. Lagian emang situ yakin kalau cbr baru bisa nyalip r15 pas udah top speed. Wong ridernya beda2 kok. Kok rasanya situ blog agak berat sblh ya ? Mending cari referensi yg banyak dulu bro baru bilang A,b,c jangan satu video langsung nyeplak. Kalau salah malu2in
LikeLike
sudah kali…….
da swap rider sama aja hasilnya…capek deh….
jangan asal nyeplak ya ntr malu2in g cari referensi sendiri malah nuduh2 :p
note : tuh yang bawah sudah bawa referensinya…ternyata Fanboi satu ini memang dongo wkwkwkwk
LikeLike
udah swap bike, sama aja
komen dari penunggang cbr di video itu
I was the one riding the CBR…and I was riding the R15 too at other times. The results were same even after swapping the bikes. The CBR just doesn’t have the low and mid range that the R15 has. In fact I was so sure that the CBR would leave the R15 in the RVMs at the end of the strip. But unfortunately all my assumptions were dashed to bits. The CBR is so lame in making power and by the time you hit the peak RPM, the R15 is already on song.
pulsurge in reply to wssnwwssloswysvwewww (Show the comment) 1 day ago in playlist Uploaded videos
sedikit translate pas-pasan dari ane
saya salah satu penunggang cbrnya, dan saya mengendarai r15 juga pada saat lainnya. Hasilnya sama saja walaupun setelah menukar motor. CBR tidak punya (power) di bawah dan di tengah yang dipunyai oleh r15. Sebetulnya saya yakin cbr akan meninggalkan r15 di ujung trak. Tapi ternyata asumsi saya sedikit berlebihan. CBR sangat lemah dalam mengeluarkan power (mungkin maksudnya lambat) dan ketika menyentuh peak rpm, R15 is already on song (mungkin maksudnya udah berada jauh di depan)
LikeLike
yah memang CBR lemot…tapi fanboinya g trima :p
LikeLike
Bro.. Lu punya blog rasanya kok kurang terbuka ya? Orang2 yg komen d sini kasih masukan2 yg pastinya mereka denger dari org lain. Jadi mungkin bro bisa lebih terbuka dan ramah sebagai pemilik blog dgn gk menjatuhkan cbr.. Yg masuk k artikel ini pasti fansnya cbr dan fansnya r15.. Kalo bro lebih condong ke fans r15 itu rasanya kurang bijak. Gw ada tmn pake cbr150 tarikan bawah emg blm kerasa powernya.. Tapi atasnya enak.. Ninja 250 gw jg baru bener2 kerasa power d atas 4000 rpm. Ini berarti emang bukti kalo dohc itu powernya baru kerasa d putaran atas..nah untuk video ini cbr150 kalah karena trek yg kurang panjang.. Kalo trek panjang cbr150 bisa menang.. Mengingat r15 memiliki 17dk/8500rpm dan cbr 18dk/10500rpm..perbedaan 1 dk dan 2000 rpm itu jelas membedakan top speed akhir.. R15 atau vixion jelas menang d tarikan awal.. Sya pake vixion sendiri sempet kaget waktu nyobain motor temen.. Tarikan awalnya emg bener2 enak… Matere referensi yg saya pake berasal dari pengalaman pribadi saya sendiri bkn rider dari kedua motor yg d perdebatkan, tapi saya ingin meluruskan kalo cbr gk lemot.. ^^ semua tergantung keperluan dan keunggulannya d setiap jalanan.. O iya bro.. Ngomong2 soal ngebut dimana, gw sering top speed run d rawamangun tiap jam 12 – 2 pagi.. ^^
LikeLike
kasihan para fanboi DOHC cuma bisa cepet di runway pagi2 buta lagi…… 🙂 just kidding
saya tidak ramah karena para komentator tidak ramah…
salam 🙂
LikeLike
O ya bro ni tambahan lagi mgkn bisa d jadikan referensi http://m.youtube.com/watch?v=X_zpFEqVBNo
LikeLike
One hurt aja ahh…!!
para pecundang selalu cari alasan…
LikeLike
yup betul kalo kalah ya kalah aja cari alesan aja capek deh 😀
LikeLike
Beda.. Besok cek aja CB150R vs New Klingon Jr
LikeLike
setuju,,,, di kompare di jalan dan penjualannya …!!
gue jadi saksi aja,,, dan beli barang yg bagus…!!
LikeLike
Buat semua yang ingin lebih mengkomparasi secara mendalam silahkan klik link ini… http://m.youtube.com/watch?v=X_zpFEqVBNo Hahahah bener kata bro dono.. Cari referensi sbanyak2nya.. Tu buktinya d link youtube yg gw kasih.. D video itu malah akselerasi 0-100 nya cbr lebih cepet dari r15 dan top speed lebih besar cbr drpd r15.. Hahaha gimana nih? Ada 2 referensi yang bertolak blakang? Jawabannya yaa semua motor itu sama selama speknya sama(sama displacementnya).. Gk mungkin ada perbedaan2 yg berarti selama kedua motor standar. Sekali lg saya tegaskan saya bukan fanboy cbr atau r15, saya cuma mau meluruskan aja.. Materi referensi : youtube dan pengalaman pribadi.
LikeLike
yup beda media bisa beda hasil….
yang saya kritisi disini para fanboi terlalu mendewakan mesin DOHC..padahal tidak selamanya mesn DOHC lebih baik dari SOHC..
saya juga tidak bilang CBR mutlak kalah melawan R15, saya hanya mencounter para fanboi yang masih mencari2 alasan kalo DOHC pasti superior, pasti paling bagus, pasti terbaik 🙂
salam
thanks referensinya…maaf lum bisa buffering…inet lola 😀
LikeLike
Bener bro..DOHC dan SOHC masing punya kelebihannya sendiri…kalo terlalu mendewakan itu salah sebab keduanya pnya keunggulannya sendiri kan… Dan gw sendiri menikmati bgt narik pake mesin spek SOHC..ex: yamaha vixion.. Haha
LikeLike
siip….
LikeLike
ada manusia purba…
Wkkkkkkk uhuk333 …
LikeLike
DOHC vs SOHC ?
elu udah pernah liat MotoCross?? gak ada cerita motor SOHC juara dunia, padahal tau sendiri trek motocross kan gak panjang-panjang,malah lebih penting torsi…liat aja kawasaki,suzuki,yamaha,ktm,husqvarna semua DOHC,hanya Honda yang SOHC unicam tapi belum pernah jadi juara dunia hihihihi…(wis kalah bola bali kok ora ngerombak mesin)
kalo belum bisa analisa gak usah bikin blog Cak..saya tahu sampean yamaha mania,tapi emang dibayar piro sih sampe segitunya wkwkw…atau bikin tulisan biar besok diundang tes ride pabrikan?? wkwkw mesakno…
Lagian mana ada MotoGP pake SOHC ha?
dari moto3, KTM udah DOHC,Honda DOHC, lanjut moto2 semua DOHC (la wong semua mesin CBR 600), lanjut motoGP semua DOHC..
mau intip kejuaraan dunia superbike/ world supersport? semuanya DOHC ..
tapi ngeliat dari tulisane sampean, sampean iku gak duwe Vixion,ato belum pernah jajal CBR..maklum sampean kan ndeso kluthuk..ciyuuusss..wkwkw…..
LikeLike
g nyambung dengan topik pembicaraan…baca judulnya aja deh kalo emang susah baca :p lagian saya tdk mengklaim SOHC pasti Superior dibanding DOHC…
lagian berapa kali DOHC honda jurdun??berapa kali pabrikan Yamaha, berapa kali pabrikan yang lain??yg dibahas di jalan raya kok lari ke sirkuit….beda kali cak…perlakuannya ya beda…g perlu ada irit2an…capek deh
yah maklum lah wong ndeso baru kenal blog, baru belajar baca hahahaha
LikeLike
udah2 bahas yg lainnya
agan mario,kira2 harga perawatan sperpat honda sma yamaha diatas mahal mna?
ane lg galau nih,pilih CB150 apa new vixion
ada yg bisa ksih masukan?
LikeLike
tambahan:
jgn masukan soal DOHC or SOHC ane udah tau
lagi pula motor buat plng prgi kerja sma maen sma ce,jd ga penting speed dewa,yg pnding bisa cpet nyalip bis ama truk aja dr pd dikebulin 😀
awal sih minat vixion tp tkut tersingkir kya mio disalip beat
mio cw ane bru ane jual tkut mkin murah pasaran secontnya 😦
kira2 new vixion bkalan merosot ga ya gara2 CB150??
LikeLike
kalo pertanyaan bakal merosot gara2 cb150…itu butuh waktu untuk membuktikan ya..
tapi kalo pasarnya kesedot saya rasa sampe separuh dalam 6bulan sangat mungkin terjadi..
dengan catatan jika harga vixion dan cb ini sama 🙂
LikeLike
sebenarnya sudah banyak bahas yg lain tuh diartikel yg baru2 hehehehe
kalo perawatan sparepart relatif ya…ada beberapa parts yang honda lebih mahal, ada yg lebih murah
LikeLike
payah gan new vixion sma SB 150 blom jg nentuin harga
kn bisa buat perbandingan..
ehh mlah buat mtor dinas polisi diduluin,tmn ane liat tuh mtor ada dipolres cilegon
LikeLike
kepolisian selalu dpt prioritas….kalo ndk ya bisa2 dipersulit pengurusan bbn-nya wkwkwk
yg bikin lama nentuin harga kan karena harus tentuin harga bbn tahun depan…kalo punya kepolisian kan g perlu mikirin bbn…xixixi
LikeLike
Elo sales Yamaha ya ? 😀 , itu testing di 100m , beda karakter mesin om , R15 kan Torsi max nya duluan dapet dari honda :3 , tambahin 50 meter lagi deh , gw Taruh harga diri kalo itu R15 bisa menang :v
LikeLike
elo sales honda bukan?? 😀 ente pasti baru baca-baca blog atau baru dibelikan HP IMO xixixixi
LikeLike
wkwkkw lucu la itu trek pendek,ya jelas sohc akan lebih cepat mendapat power…dohc itu mainya trek panjang bekerja di rpm tinggi. waduh masih smp aja berbicara teknis
LikeLike
otak ente pasti ada tulisan (jangan diisi, err)
LikeLike
bodoh yang mengidolakan sohc
LikeLike
yang bikin blog juga tolol.sok teknis otak NOL
LikeLike
otak ente pasti ada tulisan…
“jangan diisi wkwkwk”
LikeLike
bagaimanapun VIXION sohc CS, tak akan sanggup ngelawan CBR dohc CS diputaran rpm tinggi..kalau ngak percaya buktikan…kiblat motor asean itu bukan india tapi THAILAND..
LikeLike
trus indonesia cuma jadi ajang jualan ya? kasihan hehehe
LikeLike
Kenyataan kok, makannya ga perlu jadi fanboy dan jelek2in produk lain. hehehe
LikeLike
Nek aq fanboi kon kate lapo wekekekeke
LikeLike
dasar BODOH, TERGANTUNG YG MAKE. Liat aja bukti otentik di motogp. Aq make NVL kok, tapi ga sampe ngejelek2in produk orang. Bodoh lu.
LikeLike
Pabrik merk sayap KFC dari dulu emang lemot,gara2 lemotnya itu saya pilih produk sebelah. Konsumen cerdas itu pilih produk yang superior,bukan produk inferior plus overprice
LikeLike
si tigor dari dulu mesin sama aja masih dibeli
design asli hoond a supra ,blade lama ,revo,tigor,CS1,NMP dah mulai punah makanya design sekrang ngikutin ymh klo mtr hoon da paling pantes wat dagang ,ngojek,kurir,sma wat ibu-ibu dan bapak-bapak
LikeLike
tapi tetep aja dipake touring sohc bakalan memble sama dohc,,,,coba aja.
LikeLike
gue kirai lu dah buktiin sendiri….kalo cuma copy paste…apaan….banyak bacot bener …
LikeLike