Toyota Cermati Honda dan Nissan sebagai kompetitor berat di 2014!

Di Tahun 2014 ini Toyota sebagai penguasa pasar, mendapatkan perlawanan sengit dari para kompetitor, dan terlihat ada dua brand besar yang sangat dicermati oleh Toyota, yaitu Honda dan Nissan, hal ini dikarenakan masih stagnannya pasar mobil yang diprediksi masih sama dengan tahun lalu yaitu sekitar 1,2 juta unit, dengan persaingan yang ketat, dan demand yang stuck membuat ATPM saling makan satu sama lain, terlebih rencana Honda dan Nissan yang akan bermain agresif di tahun 2014 ini, apa saja yang membuat Toyota mempertajam penglihatannya ke dua pabrikan ini, MD blog akan coba paparkan seringkas mungkin.

All new yaris white front

Honda

Dari awal HOnda memang bisa menjadi seteru utama dari Toyota, produk-produk yang mereka punyaipun cenderung head to head, Yaris vs Jazz, Agya vs Brio, bahkan trio sedan city, accord, civic menjadi saingan berat dari trio sedan toyota, dan dengan hadirnya mobilio maka akan menambah satu lagi saingan berat Toyota.

Pembangunan pabrik baru di karawang jabar, akan memperbesar daya produksi honda dari yang semula 80 ribu unit setahun menjadi 200 ribu unit setahun (masih jauh sih dengan toyota yang mencapai 400ribu setahun), sungguh kenaikan angka yang sangat luar biasa, apalagi melihat demand yang tidak beranjak, jadi bisa dipastikan bahwa Honda akan sangat agresive menyerang kompetitor-kompetitornya terutama sang penguasa pasar, pabrik di karawang ini, bertujuan untuk memproduksi brio satya yang sebelumnya diimport dari thailand, dan Honda Mobilio, selain itu ada beberapa produk yang akan dilaunching untuk memperluas pasar Honda, selain itu perluasan bengkel Honda dari semula hanya 100an menjadi 150 bengkel resmi, tentu menambah layanan after sales.

tampak belakang samping Honda mobilio putih

Honda juga sudah menyiapkan senjata untuk menghadapi Toyota di tahun 2014 ini, salah satunya mobilio sudah meluncur di awal tahun, lalu ada Honda Vezel untuk mengambil kue Toyota Rush, lalu ada juga HOnda City yang akan duel dengan Vios, terakhir New Jazz yang menjadi musuh bebuyutan dengan New Yaris.

Honda-Vezel-left-rear-three-quarter-22148

Honda tidak akan lagi memakai cara konyol seperti lalu-lalu yaitu dengan menjadikan mobilnya selalu lebih mahal dari kompetitor, tapi Honda akan mencoba menekan price, dan mengunggulkan brandnya yang dari dulu terkenal lebih mewah, untuk menekan kompetitor, hal ini bisa dilihat dari strategi produk, pricing dan fitur Mobilio dan juga Brio satya.

Nissan

Serupa dengan Honda, Nissan yang sedang naik daun lewat livina, telah membangun pabrik baru dengan investasi sebesar 400 juta dolar, yang akan meningkatkan kapasitas produksi dari yang sebelumnya 150 ribu pertahun menjadi 220ribu pertahun, pabrik baru ini untuk membangkitkan lagi Roh Datsun di Indonesia.

datsun Go

Datsun akan tampil dengan produk Datsun Go dan Datsun Go+, bedanya hanya yang satu bentuk heatchback dan yang satu Low MPV, dimana yang low MPV diprediksi akan hadir terlebih dahulu, kekuatan dari Datsun ini tentu strategi pricingnya, aplagi Datsun bermain di kelas LCGC, membuat pricingnya akan sangat bersaing, dan pasar Low MPV dan LCGC inilah pasar tergemuk dari Roda empat, sehingga kehadirannya mau tidak mau akan mengguncang para kompetitor.

Selain membangkitkan Datsun Nissan juga akan memberikan tantangan dengan brandnya sendiri, yang pertama adalah Nissan Invitation di eropa bernama Nissan Nota, yang akan head to head dengan Yaris dan juga Jazz, selain itu akan membangkitkan kembali terano untuk bersaing merebut pasar LOW SUV yang cukup menggiurkan, disini lagi-lagi Rush menjadi sasaran tembak, dan yang terakhir dengan memperkuat basis Nissan X-trail, yang sejatinya untuk melawan CRV tapi tidak menutup kemungkinan pasar Fortuner juga bisa kerebut, harga yang sangat kompetitif dan fitur yang melimpah akan menjadi concern nissan untuk merebut pasar.

Nissan Invitation vs Yaris vs Jazz

Dengan hadirnya produk-produk baru di 2014 maka pasar akan semakin ketat, dan tentu yang diuntungkan adalah konsumen, hidup Konsumen…. hehehehe

monggo dishare pendapatnya friends

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Roda 4. Bookmark the permalink.

14 Responses to Toyota Cermati Honda dan Nissan sebagai kompetitor berat di 2014!

  1. ari says:

    keliatanya honda masih susah untuk mengejar toyota yang berada di bawah pimpinan astra yang modalnya gede.IMHO 🙂

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s