Abaikan komunitas!! Raksasa Sony dan Samsung pun bisa tumbang!!

Persaingan pasar smartphone menurut madev adalah persaingan yang paling berat, pasar yang menggiurkan dengan penjualan luar biasa 1 milyar unit ditahun lalu!, tapi juga membuat banyak korban, kalo dirunut kebelakang sudah banyak raksasa-raksasa dimasa lalu yang tumbang!!Raksasa Ponsel macam siemen, Motorola, Nokia, ericson, Blackbery telah berakhir masa keemasannya, perusahaan jepang yang menjadi bancmark inovasi seperti Sony, kini juga berencana menjual divisi Xperia, dan bravianya, setelah Vaio-nya sudah dilepas!!.

di niche khusus Samsung masih tidak memiliki lawan

di niche khusus Samsung masih tidak memiliki lawan

dan Kini raksasa samsung dari Korea pun merasakan kerasnya persaingan, tertekan di kelas menengah oleh perusahaan China macam xiaomi, lenovo dan Oppo tidak berdaya di segment premium melawan apple, membuat samsung juga tinggal menunggu waktu untuk runtuh! terdengar lebay, tapi itulah yang sedang terjadi saat ini, 10 tahun lalu juga kita tidak akan menyangka Sony akan jatuh begitu dalam bukan??

Raksasa samsung akan membekukan anggaran gaji karyawan di tahun ini, karena laba yang menurun, artinya tidak ada kenaikan gaji, promosi dan lain-lain di tahun ini! (kompas.com)

Banyak analis yang menyatakan lambatnya Inovasi menjadi salah satu terpuruknya perusahaan teknologi ini, tapi madev merasa itu bukanlah satu-satunya alasan, sebagai contoh lihat saja Sony, jika membandingkan flagship smartphone yang ditawarkan-nya yaitu Xperia Z3, terlihat banyak inovasi menggaumkan disana, dan harganya pun tergolong terjangkau dibandingkan dengan kompetitor, kalo dihitung dengan logis dan rasio produk Sony ini merupakan smartphone yang sangat valuable, tapi seperti yang sering madev katakan.

Membuat produk terbaik belum tentu mampu membuat produk yang laris manis!!

Ada kalanya suatu produk itu bukanlah produk yang terbaik, tapi produk yang diinginkan, sehingga konsumen akan berkompromi dengan variable yang lain.

Sebagai contoh konsumen smartphone, saat ini sangat menyukai kamera yang bagus untuk foto dan selfie, fitur melimpah, serta kecepatan mengagumkan untuk main game, tentu dengan harga terjangkau! jadi konsumen akan berkompromi jika produk itu minim promosi (mengurangi cost advertising) tidak tahan air, tidak terlalu kuat dan heavy duty (mengurangi cost produksi) seperti produk sony maupun samsung!

Salah satu kunci membuat produk terbaik adalah dekat dengan konsumen lewat komunitasnya, mampu membuat komunitasnya menjadi loyal, sehingga dengan sendirinya akan mempromosikan produk tersebut! dan memiliki costumer service yang handal!

seperti yang diungkapkan oleh ceo Xiaomi global sendiri Hugo barra

Hubungan/Relationship Dengan Fans Yang Baik. Perusahaan gadget dan teknologi asal Cina itu, disebut Barra, mengutamakan hubungan dengan fans/pengguna fanatik mereka. Pola hubungannya, menurut Barra, terbuka-jujur-transparan. Semua hal dikomunikasikan oleh fans, bahkan Xiaomi terkesan sangat bergantung dengan keberadaan fans mereka. Untuk mendukung konsep user-experiences, Xiaomi mengadakan Mi-House, sebuah tempat yang dikhususkan untuk para fans mereka berkolaborasi dengan produk-produk Xiaomi. (http://miui.web.id/)

Karakter Hugo barrra yang ramah terhadap media dan komuniitas terlihat memang menjadi habit perusahaan Xia0mi, tidak heran mereka mampu menangkap behavior terdalam dari keinginan konsumennya.

Begitu juga dengan perusahaan sekelas Apple yang memiliki penggila paling terkenal didunia, antri berhari-hari untuk mendapatkan produk apple pertama kali, mereka lakukan!!setiap produk mereka selalu ditunggu, walaupun kadang harganya bikin puyeng, tapi itulah faktor emotionald dari Apple!!

Mereka yang memenangkan hati komunitasnya adalah pemenang! (madev)

bagaimana dengan pasar roda dua?sudah terlihat kan siapa yang lebih sukses menjaga konsumen roda duanya?? hal yang mengejutkan madev adalah, ada 3 orang ketua club dari komunitas salah satu ATPM yang madev kenal yang dulunya cukup loyal, berpindah ke lain brand… yang kenal dekat madev pasti tahu dari ATPM mana mereka! tanda apakah itu??

Monggo share komentarnya friends!

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in gadget, Marketing and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Abaikan komunitas!! Raksasa Sony dan Samsung pun bisa tumbang!!

  1. java36 says:

    Samsung taun depan gak jadi sponsor chelsea yah? HH sony lagi diskon gede euy

    Like

  2. subaru says:

    Yap, xiaomi sangat menghargai komunitasnya. Ane sebagai pengguna mi3 sangat merasa terbantu walau cuman jadi SR di miui. Dan update yang tergolong cepat juga bikin penggunanya lebih senang.

    Like

  3. ndoro says:

    Sony bisa membuat barang bagus tapi tak bisa menjualnya. Lihatlah apa ada promosi dan iklan hape Sony di televisi? Kalaupun beriklan, keunggulan Sony malah tidak ditonjolkan. Lihatlah semua hp berkamera kelas atas menggunakan sensor camera buatan Sony. Tapi yang mengiklankan kekuatan camera di hp malah bukan Sony.

    Ditambah lagi dengan customer service dan 3S yang memble. Tak heran produk ini terabaikan di tengah persaingan hp yang sangat sengit.

    Like

    • mariodevan says:

      yes….. bener….

      Like

    • bdt says:

      sambil nunggu antrian panggilan dokter, liat acara tv ada kok iklan sony experia.

      acarany atentang dunia pariwisata,

      si pemandu acara pake sony tahan air, di pantai di ina, hpnya berlumut pasir putih,

      trus sambil ngiklann kan, tuh hp si pemandu di guyur pake air aqua.

      cuma sayanya aja, hp nya harga mahal-mahal

      Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s