Pilihan Oli untuk Motuba (mobil bekas) era 90-an!

Beberapa saat lalu ada pembaca blog hina ini yang menanyakan mengenai Oli apa yang bagus, Mobilnya tergolong motuba di era tahun 90-an, Madev masih ingat pernah melihara motuba Suzuki Forza tahun 1988, dan Corona 93 dan waktu itu ganti oli-nya sih cukup Prima XP (bukan promosi ya friends hehehe)

Nah kebetulan waktu membeli majalah otomotif edisi 21-27 mei 2015, di halaman 11 dibahas tips dan trik memilih oli untuk Mobil bekas era tahun 90-an, klop deh bisa menjawab pertanyaan dari pembaca madev.

toyota corona

Nah fungsi utama Oli adalah sebagai pelumas didalam mesin yang berisi berbagai macam part dan onderdil, adanya pelumas yang melumasi ini berguna untuk meminimalisir keausan yang bisa saja terjadi, akibat gesekan antar part, sehingga umur mesin bisa lebih lama, seiring berkembangnya jaman, Mobil-mobil baru sudah diciptakan dengan tingkat presisi yang lebih tinggi, serta tentu saja bagian-bagian lain yang lebih rumit, sehingga membutuhkan oli yang berbeda dengan oli mobil tahun 90an.

Nah dijelaskan disitu untuk mobil-mobil era 90-an yang belum dilengkapi dengan setelan klep seperti corola, starlet, estilo, lebih cocok menggunakan Oli dengan SAE 10w-40.

Dan untuk yang sudah dilengkapi dengan setelan klep seperti Kijang, feroza, genio dan lain-lain bisa menggunakan SAE 20w-50.

Nah untuk mobil yang berbahan bakar solar, biasanya dipakai Meditran SX dengan SAE 15w-40.

nah pemilihan kekentalan ini memang bertujuan untuk melumasi mesin dengan lebih baik, jadi untuk mobil tahun 90an disarankan menggunakan oli yang lebih kental gradenya 14w-40, nah untuk mobil terbaru lebih baik menggunakan pelumas yang lebih encer, rata-rata SAE 5w-30 atau 10w-30, karena kompleksitas mesin mobil baru itu sendiri yang membutuhkan kepresisian.

Mobil terbaru membutuhkan oli yang berbeda dengan motuba

Mobil terbaru membutuhkan oli yang berbeda dengan motuba

Jika mobil tahun 90an memakai oli dengan SAE 30, maka akan menyebabkan knocking, bisa dirasa dengan suara mobil yang lebih kasar.

nah gimana friends??semoga berguna tipsnya, monggo yang mau menambahkan silahkan berkomentar.

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Roda 4 and tagged , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Pilihan Oli untuk Motuba (mobil bekas) era 90-an!

  1. ardiantoyugo says:

    biasanya memang pilih yang agak kental…

    Serunya naik kapal Madura-Surabaya: http://wp.me/p1eQhG-1c3

    Like

  2. gasspoll says:

    jadi inget corona itu mobil jadul tapi speedo meternya udah full digital

    Like

  3. widyo says:

    diatas disebutkan era mobil th 90 an pakai sae 1040 tapi dibawahnya disarankan mobil th 90an pakai sae 1440, jadi bingung deh mana yang diikuti wkwkwwk

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s