Belajar 3 strategi bisnis briliant dari kegilaan demam Pokemon GO!

pertamina lubricants fix (1) (1)

haka jaya (1)

Halo Friends selamat pagi hehe, kali ini madev mau membahas mengenai Pokemon GO! tau gak Pokemon GO??itu tuh game yang sekarang lagi hits banget! dan rasa-nya akan meledak seperti jaman Angry birds dulu! kali ini madev tidak akan menulis soal bagaimana caranya bermain game Pokemon, karena madev belum tertarik bermain game-game seperti itu, bisa dicek di Hape Madev tidak ada satupun aplikasi Game hahaha (lebih suka baca buku saja)

pokemon-go-1

oke backt to topik  ternyata banyak pelajaran bisnis yang bisa kita ambil dari meledak-nya game soal berburu monster Pikachu ini!!

Setidak-nya ada 3 pelajaran penting yang bisa madev garis bawahi!

  1. Team hebat menciptakan Product Hebat!
  2. Mengenai “bandwagon effect” (social proof) – efek kelatahan, atau biasa juga dikenal sifat membebek dari manusia yang dengan sukses diciptakan oleh kreator game ini!serta peran serta Buzzer, media dan komunitas dalam melakukan viral (berita mulut ke mulut) game ini kepada orang lain!!
  3. Lalu Experiance activity dengan augmented-reality! yang membuat game ini seperti candu bagi yang sudah bermain!

insight banner promo fix

Nah apa itu Pokomen GO?

Pokemon Go ini sebuah Game Android dan IOS, yang menggunakan teknologi Augmented Reality

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

“Pokemon Go memadukan pengalaman bermain game dengan aktivitas fisik dan sosialisasi yang nyata,” ungkap Direktur Media Psychology Research Center di Newport Beach, California, Pamela Rutledge saat menuturkan alasan kenapa permainan ini sangat digemari.

Dan ternyata ada nama besar Nintendo dibalik Pokemon GO ini, Nintendo bekerja sama dengan pengembang game Niantic Lab yang merupakan bagian dari GOOGLE (pendiri niantic adalah karyawan google yang turut mengembangkan aplikasi google maps dan earth)!dan tentu saja perusahaan Pokemon sebagai pemilik karakter monster lucu ini!

dahsyatnya kolaborasi Google, pokemon dan Nintendo!!meluncurkan game yang fenomenal!

dan mau tau berapa investasi yang dipakai untuk membuat game ini?? Rp. 400 milyar (30 juta US dolar) suatu angka yang sangat dahsyat bahkan uang itu bisa menghidupi biaya operasional sehari-hari sebuah kota kabupaten selama 3 bulan!!

Meledak-nya game Pokemon ini menunjukkan lagi-lagi dan lagi, terjadi sebuah demam sosial, yang bahasa ilmiahnya nie ya disebut “bandwagon effect” (social proof) – efek kelatahan, atau biasa juga dikenal sifat membebek dari manusia! yang membuat sebuah produk booming, biasa-nya ada orang berkata, ah dasar orang indonesia suka ikut-ikutan! sebenarnya bukan cuma orang indonesia tapi seluruh manusia secara psikologi pada dasar-nya memiliki sifat ini! ingat demam batu akik?beberapa tahun silam?? kira-kira seperti itu contoh-nya!

Bagaimana dengan industri? ya sifat manusia ini sangat pintar dimanfaatkan marketers, Manusia suka meniru orang lain maka-nya sering kita melihat kata-kata marketing dalam penjualan, seperti terlaris, terjual puluhan juta unit! Artis A memakai produk ini! dan masih banyak lagi, ini adalah kata-kata sakti marketing untuk menggugah sifat Bandwagon effect ini!

Tidak heran kan jika sebuah warung makan rame, maka orang akan tertarik datang terus kesitu, padahal bisa jadi menu-nya kurang enak! sementara restoran yang sepi pengunjung, maka akan selalu sepi dan akhirnya mati…. dealer motor juga seperti itu rasanya 😀 jadi jika toko anda sepi, sudah saat-nya pake pembeli atau pengunjung bayaran, curang memang, tapi demi kelangsungan usaha anda apapun harus dilakukan wkwkwk.

untuk menyiarkan kabar berita ini keujung dunia, peran media juga sangat penting disini, dan perusahaan juga sering menggunakan buzzer untuk memberitakan informasi ini secepat kilat! tidak heran seperti Honda yang mengundang puluhan blogger ke acara launching dealer bing wing-nya di tiap Kota, dan Yamaha Jatim yang berkolaborasi dengan puluhan blogger untuk memberikan informasi produk terbaru mereka berupa banner!! atau kawasaki yang sangat kuat meng-entertain buzzer mereka yaitu komunitas mereka! Suzuki yang punya laskar Suzuki yang sangat spartan di dunia maya!! semua ini demi memberikan informasi secara utuh, cepat dan lengkap ke pada para calon konsumen-nya!

Pelajaran kedua ketiga adalah penggunaan Experiance activity dengan augmented-reality! yang membuat game ini seperti candu bagi yang sudah bermain!

awalnya CEO Nintendo yang sudah meninggal tahun lalu Satoru Iwata menginginkan sebuah game  yang lain dari game selama ini, sebuah game yang membuat pemainnya bisa keluar kedunia nyata dan bergerak!!

nah para ahli marketers modern, berpendapat saat ini sudah tidak jamannya lagi komunikasi promosi dua arah, tapi sudah harus meliputi 4 arah bahkan 5 arah!! konsumen tidak lagi dijejali informasi hanya berupa iklan saja, karena iklan biasanya hanya sebagai sumber informasi, nah yang berpengaruh besar terhadap pembelian biasanya adalah seberapa besar brand experiance (pengalaman bersama brand) yang positive!

Misal nie contoh, calon konsumen punya pengalaman saudara-nya yang tidak puas dengan sebuah produk yang disebut punya kelemahan misal saja sepeda motor BOROS! hal ini akan terpatri sehingga saat dia akan beli sebuah kendaraan dia akan menghindari brand tersebut karena mindset mengatakan bahwa motor itu boros!!

nah dengan melakukan aktifitas brand experiance ini maka Sebuah perusahaan mampu mempengaruhi mindset positive konsumen-nya…

nah ternyata dari Pokemon GO kita bisa mempelajari bahwa Team yang luar biaasa mampu menciptakan produk yang luar biasa, selain itu sifat mengekor manusia akan selalu dimanfaatkan oleh para marketers untuk menjual produk-produk-nya, ketiga jika ingin produk anda laku, perbanyaklah acara yang memberikan brand experiance mendalam dan sebuah hubungan nyata kepada calon konsumen!

sebenarnya madev masih punya satu ide gila lagi bagaimana memanfaatkan “demam” Pokemon GO untuk bisnis! tapi disimpan dulu untuk next artikel, gak kerasa udah kepanjangan artikel-nya

Thanks sudah membaca artikel ini, jangan lupa ya like share, amin dan yuk main pokemon #eh hehehe

oh ya jangan lupa follow blog ini untuk mendapatkan informasi-informasi keren lainnnya!

Salam!

 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing and tagged , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Belajar 3 strategi bisnis briliant dari kegilaan demam Pokemon GO!

  1. ockta says:

    gojek sudah memulai kang, kayaknya yang paling cepat membaca situasi adalah gojek kang, gimana kalo yamaha mulai mempelajari strategi bisnis google yah? prinsip monozukuri harus di terapkan kang.. (ketahuan fby yah..)

    Like

  2. Robby says:

    Ide gilanya mungkinkah sama dgn yg saya pikirkan.. Yaitu buka usaha/ makanan/ cafe di lokasi pokestop.. 😁😁

    Like

  3. lanjut lagi artikel nya om.jangan lama lama d keep.. hahaha

    Like

  4. Januar H. says:

    Boleh juga, semoga Pokemon Go tidak jadi dibekukan di Indonesia.

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s