Bedah tuntas part-part recall Yamaha R25 dan MT25! kenapa harus ada perbaikan??

haka jaya (1)

Artikel ini sekaligus menjawab salah satu pertanyaan pengunjung blog ini, ada yang kepo dan ingin menanyakan part recall dari Yamaha R25 dan MT-25 itu dari mana dan siapa Vendornya, karena seperti kita ketahui Recall, itu ada beberapa macam faktor, sepeti kesalahan vendor, yang memberikan komponen yang gak layak, sehingga merusak fungsi, bisa kita lihat pada kasus Airbag Takata, yang justru mencelakakan pengendara, kesalahan Vendor lainnya adalah sebagai contoh pada kasus batrai samsung note 7, yang mengakibatkan Note 7 bisa meledak karena panas berlebih!!

YZF-R25 ABS Diablo Red (Merah)

Oke kembali ke kasus recall Yamaha R25 dan MT25, recall merupakan tanggung jawab pabrikan terhadap konsumen, dan diatur di undang-undang perlindungan konsumen, dan harus diapresiasi.

memang banyak yang mengatakan motor saya baik-baik saja tuh apakah harus ikutan recall??sesuai dengan anjuran dari Yamaha, lebih baik segera dilaksanakan recall, dan telah dilaksanakan mulai 12 juli 2016 silam.

insight banner promo fixico-networker(729x91)

baca juga 5 motor yamaha yang akan hadir di tahun 2017 (https://mariodevan.com/2016/08/24/ini-dia-5-motor-baru-yamaha-yang-akan-hadir-di-tahun-2017/)

Lalu apa saja yang perlu diganti??

recall yamaha R25 dan MT25

Yang pertama adalah pada bagian Kopling.

perbaikan pada bagian transfer daya ini adalah pergantian bearing yang terletak pada tengah pressure plate! Bearing ini merupakan bearing merek Koyo keluaran jepang berkode 6901 (OD 24mm x ID 12mm x W 6mm). bearing ini kemungkinan terjadi kesalahan rancang bangun, sehingga kurang kuat menahan tekanan pegas kopling, pada beberapa kasus bisa membuat kopling menjadi macet!

Nah bearing import ini ternyata diganti dengan bearing merk NSK produksi Indonesia dengan tipe 16001 (OD 28mm x ID 12mm x W 7mm).

secara dimensi bearing baru ini lebih tebal satu mm, serta lebih besar mengikuti diameter luar sebesar 28mm! dengan bearing baru ini dijamin tidak akan lagi ada kemacetan kopling, dan gerak rotasi poros as tekanannya bisa lebih lancar!

yamaha-yzf-r3-recall-1

Recall kedua adalah pada bagian Pompa Oli/fuel pump

Keluhannya adalah rontoknya gigi pengerak pompa oli, atau bahasa ingrisnya gear oil pump indel, tugas komponen ini adalah sebagai gigi driver yang menggerakkan gigi driven memutar drive rotor pada pompa oli, agar oli dapat bersirkulasi.

banyak yang menuduh bahwa komponen-nya terbuat dari material yang jelek karena hanya terbuat dari plastik, tapi ternyata rusak-nya bukan karena material-nya, tapi lebih dikarenakan kesalahan rancang bangun, desain relief valve pada internal pompa oli, kurang tepat!

katup yang baru letaknya lebih dalam 5mm dibandingkan sebelumnya yang hanya 3mm, selain itu cir clip penahan katub lebih tebal dan tirus, dibandingkan sebelumnya yang flat dipermukaan, pegas pengembali tekanan juga turut menyesuaikan agar tekanan fluida tetap tersirkulasi dengan baik!

Perangkat Rem yamaha R25 dan MT 25 di recall

Ketiga adalah kait pengikat selang rem

keluhan ini dikeluhkan oleh para pengguna MT, yang bagian radiatornya terlihat jelas, walau belum ada masalah sebelumnya, dan belum ada laporan kejadian, tapi Yamaha ternyata mendengar pengguna motor mereka, letak selang rem dianggap terlalu dekat dengan radiator yang panas, dan takutnya akan merusak selang rem, sehingga rem menjadi macet/biasa dikenal Rem blong!! untuk R25 sebenarnya tidak ada keluhan karena bagian ini tidak terlihat jelas!

Yamaha menambahkan sebuah clamp, yang mampu mengikat selang rem sehingga apa yang tadi merupakan kekhawatiran konsumen tidak terjadi!

Hebat nie Yamaha, selalu mendengar keluhan konsumen, walaupun sebenarnya belum ada kasus yang terjadi…

Apapun itu kejadian recall ini memang tidak menguntungkan bagi pabrikan, karena menghabiskan biaya yang tidak sedikit, dan yang paling besar tentu image yang buruk dimata publik! apalagi konsumen di indonesia sangat alergi jika mendengar kata-kata recall, padahal pemilik motornya sendiri justru adem ayem, santai…. dan merasa senang karena Yamaha bertangunggung jawab penuh.

Oke semoga menjawab semuanya ya pertanyaan-pertanyaan friends semua soal recall motor Yamaha.

Monggo share komentarnya.

sumber : wiwid otoplus & wawancara pribadi

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Bedah tuntas part-part recall Yamaha R25 dan MT25! kenapa harus ada perbaikan??

  1. putra says:

    Pagi mas

    Like

  2. Mboh says:

    Berarti kalo kesalahan rancang bangun itu kesalahan pihak yamaha ya? Apa vendornya bisa mendesain sendiri tanpa persetujuan yamaha? Apalagi itu part jeroan mesin

    Like

  3. hr15de says:

    Yakin lah semua buatan manusia itu tak ada yg sempurna. Hanya yg buat mau nggak bertanggung jawab untuk memperbaiki? Maaf-maaf kata, banyak manufaktur yg lebih memilih mengabaikan dan berharap konsumen tidak terlalu perduli, drpd bertanggungjawab dgn konsekuensi biaya dan image.

    Like

  4. Kartelisasi says:

    Ada 3 kemungkinan :
    – Yamaha yang pesan part yang kualitasnya dikurangi sedikit agar harga bisa ditekan
    – Vendornya emang payah bikin part dengan material yang jelek
    – QC nya yamaha lagi payah

    Like

    • mariodevan says:

      Kualitas dikurangi cost perbaikan depanny bkalan lbh mahal, rasany peluangnya kecil
      Vendornya vendor jepang lho, yg udah terpercaya
      Bisa jadi sih…

      kloning sya tetap percaya ksalahan trjadi dri awal saat rancang bangun…. Slah perhitungan…

      Like

      • Mboh says:

        Kalo kesalahan kualitas part yg dikurangi kayaknya kemungkinannya kecil, soalnya part pengganti dimensi dan desainnya berbeda. Kalopun cuma masalah kualitasnya kan tinggal ganti yg lebih bagus materialnya tanpa merubah desainnya. Tapi yg aneh kok waktu test di jalanan apa tidak ditemukan masalah itu ya sebelum produksi masal? Apa ada kaitannya dengan sunat masal waktu itu? Jadi ada part yg berbeda antara unit tes dengan unit produksi yg memang disengaja sama yamaha. Yang paling keliatan kan plastik hitam bawah jok yg diganti, sapa tau jeroan mesin jg ada yg diganti

        Like

  5. Rider says:

    Masalahnya apa kok komenya kemana..

    Masalahnya bearing kurang besar kok komen kualitas bahan.
    Masalahnya lubang kurang dalam kok komen qc..

    Halahhh. Fbh jan.

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s