Rio Haryanto dan Mobil listrik!

Perubahan jaman memang terus terjadi, mulai dari revolusi Industri yang terjadi perubahan drastis dalam segala aspek manusia, dan mulai digunakannya mesin-mesin untuk membantu manusia, kini dimasa modern revolusi digital mulai terjadi!

Bukan hanya itu industri otomotif siap2 terjadi perubahan drastis, permasalahan utama adalah kendaraan saat ini hampir semuanya menggunakan bahan bakar fosil yang sangat tidak efisien (pembakaran mesin hanya mampu mencapai maksimal sekitar 20-30% merubah energi fosil ke energi gerak, Sisa 70 sampai 80 persen energi dari bensin dikeluarkan dari mesin baik sebagai panas, energi suara mekanik, atau gesekan.) selain itu hasil dari pembakaran ini menghasilkan gas buang, yang bahasa awamnya yaitu polusi udara!

karena itulah sekarang mulai dikembangkan energi-energi alternative, salah satunya semakin gencarnya penciptaan mobil hybrid dan mobil listrik! dan peraturan-peraturan mulai disahkan untuk mendukung pengembangan mobil listrik, tidak terkecuali di Indonesia yang perpresssnya sudah ditanda-tangani Jokowi, untuk mendongkrak penjualan/produksi motor listrik hingga 2 juta unit pada 2025!

Lihat saja tahun depan dipastikan pemain kendaraan listrik akan mulai banyak, yang Gongnya sudah dimulai oleh Viar! dan dari informasi yang madev dapatkan, PLN mulai agresive untuk menggarap ini, agar mampu menyalurkan surplus listriknya! listrik memang sangat vital, Cina bisa maju seperti saat ini karena surplus Listrik, sehingga produksi barang-barangnya bisa sangat murah (lha wong industrinya gak perlu bayar listrik) oke back to topik!

Lalu apa hubungannya dengan Rio Haryanto?setelah “gagal” bertahan di Formula 1, kemarin (selasa,3 oktober 2017) Rio haryanto telah menjalani test Formula E! bagi yang belum tahu Formula E ini adalah balapan seperti F1 tapi memakai mobil listrik!

Rio Haryanto menggunakan mobil dari team Spark Racing, dengan nama  Spark SRT_01E, mobil ini merupakan mobil demo (dan bukan mobil balap sesungguhnya) tujuanya untuk beradaptasi terlebih dahulu, seperti yang madev kutip dari otoplasa.com 

Mobil ini merupakan unit tes demonstrasi pada setiap event Formula E. Meski mobil tes, namun merupakan kolaborasi dari Spark Racing Technology, McLaren Electronic Systems, Williams Advanced Engineering, Dallara dan Renault. Memiliki daya maksimal 200 kW (268 hp atau 272 PS) dengan berat kendaraan 898 kg.

Boleh dikata Rio bakal menjadi pembalap pertama Indonesia yang menjajal mobil formula listrik. Sebelumnya pemuda asal Solo ini juga dinobatkan sebagai pembalap pertama Indonesia yang berlaga di pentas F1.

Lantas bagaimana jika Rio memutuskan untuk balapan di Formula E?
Tampaknya kursi kosong yang tersedia ada pada NIO Formula E Team. Sementara musim ke-4 Formula E bakal berlangsung di Hong Kong 2 Desember 2017 nanti.

Rio haryanto mengaku cukup sulit untuk mengendarai mobil ini, karena karakternya yang sangat berbeda dengan mobil konvensional, apalagi mobil seperti ini tidak memiliki engine brake yang cukup, jika terlalu memaksa Rem akan terasa overheat!

total Rio Haryanto menjajal 30 laps dengan mobil ini!

wah semoga sukses ya Rio haryanto, pembalap kebanggaan Indonesia!

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor and tagged , . Bookmark the permalink.

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s