Hati-hati dengan hasil data, Riset dan Survei!

Halo friends apa kabarnya hari ini? kali ini madev mau membahas topik yang sedikit berat untuk menemani hari-hari friends semua yang dingin dan dilanda hujan seharian hehehe!

Kali ini madev mau membahas mengenai suatu divisi yang cukup penting disebuah perusahaan, yaitu divisi bagian R&D, riset and development atau bisa juga disebut bagian survei keinginan pasar! madev dulu pernah bersingungan langsung dengan divisi ini, dan mendapati sering kali variabel-variabel yang diambil seringkali keliru, terburu-buru dan kurang menguasai masalah, pertanyaannya bias.dan sample yang diambil tidak valid! sehingga hasil analisa dan kesimpulannya pun keliru! yang tentu sangat berbahaya, datanya sih mungkin benar, tapi pengambilan kesimpulannya keliru!

banyak sekali kekeliruan-kekeliruan dalam survei yang bisa mengacaukan strategi sebuah pabrikan tapi madev akan mengambil salah satu contoh saja!

yaitu kesalahan penentuan variabel!! dalam mendapatkan informasi, biasanya disusun dulu pertanyataan-pertanyaan yang diharapkan dari hasil jawaban tersebut bisa mendapatkan sebuah data yang bisa jadi acuan untuk membuat kebijakan!

misal dalam sebuah survei pertanyaan diajukan mengenai bonus helm untuk pembelian sepedamotor! mungkin dalam pertanyaan diajukan pertanyaan seperti ini!

selama ini apakah saat anda membeli motor hadiah helm menjadi faktor penentu pembelian? (mungkin jawabannya sebagian besar tidak)

Jadi akhirnya disimpulkan, helm hadiah motor tidaklah penting, karena kebayakan konsumen membeli helm sendiri sesuai budget mereka, dan tidak akan terpengaruh jika memang helm hadiah tersebut jelek!

tapi akhirnya terjadilah miss! terjadi pergolakan karena ternyata market menganggap hadiah helm yang jelek itu keterlaluan jeleknya wkwkwk, dan ini tentu akan langsung merusak image motor tersebut! konsumen bisa saja tidak terlalu peduli karena memang sudah terpincut dengan motornya, mungkin hanya berkata saja dalam batin, sialan nie helm kok jelek banget….. sambil tertawa kecut! tapi respon dari netizen bisa langsung membuat image sedikit menurun!

coba sedari awal waktu dilakuakn survei diberi pertanyaan-pertanyaan yang lebih mewakili tentu hal ini tidak akan terjadi, contoh pertanyaannya diganti! misal…

apakah anda akan senang jika pabrikan memberikan hadiah helm bagus? tentu jawabannya mayoritas Iya!

so berhatilah-hatilah dalam mengadakan sebuah survei, gali informasi sedalam mungkin sehingga pertanyaan-pertanyaan yang kita tanyakan dalam survei, riset bisa benar-benar mewakili apa yang kita mau!

oh ya contoh kasus helm diatas hanya rekaan semata! dari yang madev sedang alami saat ini… jika ternyata ada kesamaan peran tidak disengaja oleh madev hehehehe

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in moladin_motor, Motor, Roda 4 and tagged , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Hati-hati dengan hasil data, Riset dan Survei!

  1. Bang herman says:

    Helm d sini hanya bonus.
    Klo d tanya mau motor bagus apa helm bagus.ya pasti motor yg bagus.
    Tujuan utama kan beli motor,bukan helm atau apapun itu bonusnya.
    Gk dpat bonus gkppa asal motornya bagus.titik
    Klo sya dih gitu.

    Like

  2. blade-in says:

    Mau motor murah atau motor mahal, kalo kasih bonus yaa yang bagus lah. Apalagi HELM ! Bagiang penting yang harus dipake si rider. Minimal SAVETY laaa !!! Kalau gak bisa kasih yang bagus (karena mahal misalnya) mending kasih bonus lain yang lebih terasa manfaatnya buat rider, seperti service dan oli gratis sekian tahun misalnya he he he …

    Like

  3. Muhyi says:

    Buat masyarakat kelas bawah kaya ane berharap helm…jaket dan sarung tangan yang bagus dan gratis servis di perpanjang plus kwalitas motor yang bagus… Kalau fitur gimmik sebenarnya buat ane yang kelas bawah SSS … PARKING LOCK… ACG …gak terlalu penting…tapi kalau di kasih alhamdulilah Yang paling penting nyaman… Irit … Ban tubeless… (biar gak gampang bocor ban nya)… Bagasi gede … Ground clearance tinggi … Jok standar buat tinggi 165 … Lampu LED… Pokok nya paket SEMBAKO rider lah

    Like

  4. Footy says:

    Namanya aja bonus, dikasih gratis malah minta nambah, kalo bonusnya bagus harga terkatrol naik trus piye?

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s