Satu lagi pabrikan otomotif asal china, siap acak-acak dominasi pabrikan jepang di Indo!

Setelah kehadiran Wuling, ekspansi pabrikan otomotif China tidak berhenti sampai disini! kini muncul lagi pabrikan asal china yaitu PT Sokonindo Automobile, yang menjadi ATPM merek mobil DonFeng Sokon (DFSK)! familiar ya sama merk Donfeng?? hehehe!

di cina sendiri dongfeng ini memegang market share nomor dua di automotive! berkembang dengan mengajak merek-merek terkenal untuk joint venture, seperti KIA (2002), Honda (2003) dan Nissan pada 2004! pada tahun 2013, dongfeng bekerjasama dengan renault untuk membuat perusahaan bersama dengan sharing budget 50:50, jadilah renault memakai jasa dongfeng untuk memproduksi mobilnya untuk pasar domestik cina! ya seperti pabrikan jepang dengan astra gitu!

Di Indonesia ternyata Sokon ini sudah memiliki pabrik ditanggerang banten (langkah berani memang dari pabrikan-pabrikan china!jika sampai berani membangun pabrik di indonesia), dan siap memproduksi salah satu mobil paling laris didunia  Glory 580,mobil ini cukup bikin geger karena harganya diperkirakan hanya diangka 300jutaan, tapi punya fitur sekelas X-trail dan juga CRV serta mazda cx-5 yang harganya sudah diangka 500jutaan!…. bener-bener killer nie! tidak heran sih karena Sokon Donfeng ini memproduksi Honda CRV untuk pasar cina! dan juga mobil2 Nissan, jadi wajar banget setelah pinter mereka bikin dan kembangkan produk sendiri diluar pabrikan joint venture Honda, nissan dan renault xixixi, BTW ASTRA berani gak ya??

China yang dulu dikenal hanya sebagai pabrikan murah, dan peniru kini mulai perlahan-lahan merubah citranya menjadi inovator! ada yang tahu merk DJI?? yup merek ini berasal dari cina, dan menjadi pemimpin pasar dipasar global, pasar stabiliser, gimbal dan drone! mereka juga sangat unggul didunia smartphone dengan merk-merek seperti Xiaomi, huawei, yang punya teknologi-teknologi terbaru degan harga yang tentu saja bikin terkojel-kojel!

Kini mereka mulai merambah ke dunia otomotif! dibidang teknologi listrik juga mereka sangat unggul (saat ini untuk teknologi otomotif listrik amerika dan cina lah inovatornya), dimana pabrikan jepang terlalu fokus dengan pengemangan kendaraan hybrid, sehingga hanya mampu membuat motor listrik dengan jarak tempuh terbatas, dan kecepatan rendah! Sebuah motor listrik cina seperti gogoro (basis dari viar Q1), sudah mampu melesat dikecepatan 120km/jam dan jarak tempuh diatas 100km! jadi agak menggelikan memang jika melihat honda dan yamaha justru membawa motor listrik yang agak “cupu” untuk ditest disini, mungkin untuk mengesankan motor listrik belum cocok dipakai disini…infrastuktur belum siap… padahal motor mah tinggal colok dilistrik rumahan selesai! beda ama mobil yang memang butuh instalasi khusus untuk charge! hehehe

Pabrikan China Ini Siap Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Oke back to sokon, pabrikan ini juga sudah siap untuk memproduksi mobil listrik jika regulasi mobil listrik yang diproyeksikan selesai tahun ini dan siap diaplikasikan, sehingga membuat pajak menjadi lebih rendah daripada mobil konvensional! yup seperti ramalan madev ditahun depan akan sangat banyak pabrikan kendaraan listrik baru yang muncul… selain perkembangan teknologi, pemerintah juga sudah melakukan berbagai kebijakan yang cukup menggiurkan untuk mengembangkan kendaraan listrik!

lalu modal apa yang dimiliki Sookon ini untuk menantang pabrikan jepang? setidaknya Terdapat 54 kelebihan yang ditonjolkan oleh SUV 7 penumpang dari Sokon ini. Yakni tampilan yang menarik dan dinamis, dimensi luas, kenyamanan berkendara, dan fitur keselamatan. Oleh karena keunggulan tersebut, Glory 580 diklaim sebagai salah satu SUV yang terlaris di dunia, kualitasnya juga cukup diakui didunia international, karena juga mobil ini tidak hanya dijual dichina tapi keluar juga!

Mobil ini menggendong mesin turbocharged 1.5T dengan dibantu oleh pilihan transmisi 6 percepatan manual atau otomatis. Belum lagi hadirnya fitur pelengkap dengan kombinasi antara NVH level sedan yang membuatnya mudah untuk digunakan.

Tak sampai di situ, dimensi yang lapang dan sistem keamanannya pun patut menjadi perhatian menarik di mobil ini. Untuk menjaga kestabilan mobil agar tidak limbung (berbelok saat kecepatan tinggi), SUV asal Negeri Tirai Bambu ini sudah dilengkapi Electric Stability Program (ESP). Di tubuhnya pun terdapat 4 airbag yang dilengkapi crash auto-unlocking yang memungkinkan sistem pengaman tambahan tersebut lebih responsif. Dengan hal itu, mobil diklaim sudah standar bintang lima (perihal keamanannya).

Bagasinya, dengan menggulung kursi tengah dan belakang mobil ini memiliki panjang sampai 1.960 mm dengan 30 ruang penyimpanan untuk botol minum dan barang kecil lainnya di sisi bangku. Sedangkan layar 8 inci di depan yang dapat terkoneksi ke smartphone siap untuk menghibur para penumpangnya.

serbuan pabrikan cina, tentu membuat pasar otomotif punya lebih banyak piilhan yang lebih menarik! sehingga lagi-lagi dengan adanya persaingan konsumenlah yang diuntungkan, diharapkan sih indonesia bisa menjadi basis produksi, bukan hanya untuk pasar domestik tapi juga bisa untuk dieksport ke negara tetangga! sehingga menambah devisa negara dibidang eksport!

Oke friends gimana menurut friends semua mengenai merek baru dari donfeng ini, yang madev kenal sih sebagai merek mesin diesel serbaguna, ternyata produksi mobil juga hehehe, monggo share komentarnya friends!

Sumber : detik.oto

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Roda 4 and tagged , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Satu lagi pabrikan otomotif asal china, siap acak-acak dominasi pabrikan jepang di Indo!

  1. discovery says:

    the more the merrier..
    semoga pada akhirnya konsumen yg diuntungkan 🙂

    Like

  2. subaru says:

    dan negara yang sering bilang “made in cina blah blah blah” otomotif dan teknologinya jalan di tempat

    Like

  3. motor kecoa says:

    Sudah terkenal sejak dulu itu, mesin donpeng

    Like

  4. pugman says:

    Honda itu 1 dari sedikit pabrikan otomotif yang masih independen atau tidak bekerjasama dalam hal sharing saham/kepemilikan
    Dan hanya sedikit dalam kerjasama pengembangan model. Contoh lain yang masih independen adalah Mazda.

    https://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=26149

    Dongfeng sendiri tidak hanya joint dengan renault tapi juga dengan PSA group Peugeot Citroen, kebayang betapa kuat modalnya..

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s