Pertama di Dunia! BMW Bakal Sematkan Fitur Motorrad Connectivity di Motor Mereka, Makin Sangar Bro! 

Pesatnya perkembangan teknologi pada dunia otomotif membuat sebuah pabrikan roda dua asal Jerman ini memadukan kecanggihan teknologi dan kenyamanan berkendara pada motor mereka. Kali ini BMW Motorrad mempersembahkan Connectivity yang rencananya akan diaplikasikan hampir kepada semua lini model – model terkininya.

BMW Motorrad Connectivity merupakan sebuah fitur terbaru yang diracik oleh BMW Motorrad yaitu berupa dashboard motor roda dua dengan layar Thin Film Transistor (TFT) yang memiliki besar 6,5 inci.

ALL IN ONE DEVICE

Teknologi ini diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan rider saat berkendara. Baik itu informasi tentang kendaraan, navigasi yang dihubungkan dengan smartphone, alat komunikasi, sampai media hiburan menjadi fitur – fitur utama dari Connectivity. Multi controller yang intuitif disematkan pada handle-bar kiri, dan ditambah juga dengan alat pendengaran yang terkoneksi melalui bluetooth. Kombinasi teknologi selengkap ini merupakan yang pertama di dunia yang digunakan pada motor roda dua.

Berbicara mengenai tampilan dashboard, layar TFT 6,5 inci berwarna ini diklaim memiliki kualitas yang sangat tinggi, dibuktikan dengan jelasnya tampilan pada layar walaupun dibawah sinar matahari terik sekalipun. Ditambah dengan tingkat kecerahan yang dapat diatur sesuai keinginan.

Instrumen cluster memberikan informasi yang cepat dan jelas untuk pengendara. Menggabungkan tampilan data “klasik” yang sangat familiar seperti speedometer dan RPM, lalu juga ada informasi lainnya seperti riding mode, tekanan ban, sinyal dan batrai smartphone, posisi gigi, suhu sekitar, suhu mesin, jam, sisa kilometer yang dapat ditempuh dengan bensin yang tersisa, lamanya waktu perjalanan, jarak perjalanan, dan masih banyak lagi. Komplit banget deh pokoknya!

Koneksi bluetooth bisa digunakan untuk menyambungkan berbagai device yang dibutuhkan, seperti antara smartphone dengan 2 helm (pengendara dan boncengers) yang tentunya sudah didukung dengan perangkat bluetooth (Sena, Packtalk, dll).

Untuk navigasi dari Connectivity ini, kita harus menggunakan smartphone yang memiliki aplikasi BMW Motorrad Connected yang dapat diunduh secara gratis melalui Apps store (IOS) ataupun Play store (Android). Melalui aplikasi ini pengendara dapat merekam rute atau perjalanan secara otomatis menggunakan GPS. Tampilan instruksi sederhana yang tampil di dashboard untuk memudahkan navigasi pengendara tanpa harus bingung dengan berbagai macam informasi, dapat dibantu juga petunjuk suara apabila dibutuhkan.

Perlu diketahui, meskipun tidak menggunakan aplikasi tersebut, smartphone masih dapat dikoneksikan dengan Connectivity. Semua koleksi lagu yang ada pada smartphone  dapat kita putar dan tampilkan secara otomatis di dashboard. Mengubah track lagu bisa di operasikan dengan multi-controller yang ada pada sebelah kiri handlebar.

Conectivity ini juga dipergunakan sebagai alat komunikasi. Seluruh list nomor telpon yang tersimpan pada smartphone akan dapat ditampilkan pada dashboard dan dapat dipilih secara intuitif. Sehingga pengendara dapat dengan mudah melakukan panggilan dan menerima panggilan dengan menampilkan nomor dan nama kontak tersebut. Intuitive Feature Control ini membuat semua fungsi yang dimiliki BMW Motorrad Connectivity menjadi lebih simpel dan user friendly.

Walaupun fitur – fitur canggih tersebut ditampilkan pada BMW Motorrad Connectivity, distraksi atau gangguan bersumber dari alat komunikasi maupun hal lainnya diminimalkan sehingga pandangan dan fokus pengendara tetap kepada jalanan.

Kedepannya, semua varian dari BMW Motorrad akan memiliki fitur canggih ini, sebagai awalan yang sudah mendapatkannya adalah model scooter C400X, R1200GS, R1200GS Adventure, F850 GS, dan F750GS.

Thanks to bro alif akbar atas kiriman artikelnya 🙂

Bagi friends yang mau mendapatkan informasi lebih cepat dari madev bisa follow instagram madev dan melihat insta story yang updated langsung saja kesini Instagram : mariodevan 

Kunjungi juga otoplasa.com untuk dapatkan informasi seputar roda empat dan roda dua

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog

Advertisements
This entry was posted in Motor, motor baru and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Pertama di Dunia! BMW Bakal Sematkan Fitur Motorrad Connectivity di Motor Mereka, Makin Sangar Bro! 

  1. anonimus says:

    Teknologi headunit mobil mulai merambah ke motor :v

    Like

  2. NOAH says:

    hih kalo di indonesia bisa kena pasal tilang nih, makanan empuk pak pol

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s