Perisai Kolong kendaraan barang, Wajib hukumnya!!

Akhir-akhir ini kita sering mendengar berita kecelakaan yg melibatkan pengendara motor dengan Truk, bahkan sering sampai mengakibatkan korban meninggal dunia  rata-rata diakibatkan krn pengendara sepeda motor bersenggolan dan masuk ke dalam kolong truk, lalu terlindas ban dari truk tersebut!!

Sebenarnya pemerintah telah mengatur agar Truk/trailer itu dilengkapi dengan perisai pelindung, agar kendaraan lain tidak terjepit di kolong.

Penggunaan perisai kolong ini diatur dalam PP No: 44 tahun 1993 tentang Kendaraan dan Pengemudi.

Pasal 106 (1) di paragraf 16 tentang Persyaratan Tambahan Khusus Mobil Barang disebutkan bahwa setiap mobil barang yang tinggi ujung landaan dan atau bagian belakang atau samping badannya berjarak lebih dari 700 milimeter di atas jalan, atau sumbu paling belakang berjarak lebih dari 1.000 milimeter di ukur dari sisi terluar dari bagian belakang kendaraan, dipasang perisai kolong.

Seperti pada gambar diatas dibagian kolong yang berwarna merah adalah perisai pelindung, tapi sering kali untuk menghemat biaya, para pengusaha angkutan barang tidak memasang perisai ini, atau memasang tapi dengan kualitas yang tidak bagus.

So bagi teman2 biker, usahakan jangan menyalip kendaraan barang yg tidak memiliki Perisai atau yg tidak layak jalan, dan kalo melihat di jalan ada yg tidak menggunakan perisai, catat saja plat no dan perusahaannya dan laporkan ke kepolisian atau dinas perhubungan setempat.

Oke semoga bermanfaat infonya, dan keep safety di jalan

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor. Bookmark the permalink.

8 Responses to Perisai Kolong kendaraan barang, Wajib hukumnya!!

  1. sesuatu yang sering dilupakan 😦

    Like

  2. derry says:

    Ikuti Kontes JFleece The Biggest Fans 2 berhadiah Ipad 2, klik disini untuk daftar http://www.j-fleece.com/fleecious/Bossderry ….sekarang juga..

    Like

  3. miris, dulu juga sempet liat pengendara terlindas di lampu merah gara2 bersenggolan,
    padahal cuma senggolan pelan 😦

    Like

  4. uDien D'kab says:

    nice ingfoh kangjengmas …

    Like

  5. triclaksono says:

    nice info gan 😉

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s