Matic retro/klasik/vintage/jadul riwayatmu kini…!!

Sempat digadang2 sebagai salah satu alternatif pilihan matic yang bakalan laris, kini nasibnya bagai mati segan hidup tak mampu :mrgreen: tidak perlu melihat data aisi sebenarnya hal ini sudah terlihat sangat jelas, selain dapat bisikan dari teman di dealer sayap mengepak, coba saja friends semua main2 ke dealer Honda di kota friends, disinyalir Honda scopy menjadi produk yang paling besar diskonnya begitu juga Mio Fino, bahkan kabarnya di satu dealer stok rationya mencapai 3 tahun xixixixi, artinya dengan kecepatan jual sekarang stok fino baru akan habis dalam waktu 3 tahun wkwkwkwk.

Oke2 itu kan katanya saja bagaimana dengan data, oke kita mulai dari Honda scoopy dulu awal2 keluarnya bisa terdistribusi mencapai 20 ribu unit menurut data aisi dan 5 bulan awal di tahun 2012 ini hanya mampu terdistribusi rata2 15 ribu saja (itupun stok numpuk g karu2an xixixi)

Source AISI by Proud2ride

Begitu juga dengan Mio Fino diawal peluncurannya didistribusikan di angka 19 ribu, lalu di bulan berikutnya digenjot sebanyak 32 ribu unit, berkurang menjadi 26 ribuan dan saat bulan mei kemarin di rem total (da kerasa kali stok rationya 3 tahun :p ) hanya didistribusikan sebanyak 3 ribu unit, kita tunggu saja apakah nasibnya di bulan juni kemarin lebih baik hehehe

Apa artinya ini?? trend skutik retro yang sempat booming hanya moment sesaat, dan setelah itu ya hanya segitu saja pangsa pasarnya, karena orang yg suka pun tidaklah banyak, dan seharusnya sudah saatnya menjual sesuatu yang lain selain model saja, misal dengan dukungan mesin injeksi, tapi tentu tidak ada jaminan jika akan laku dan laris manis.

Yah begitulah nasib Matic jadul sekarang akankah fino menjadi the next lexam, dan scoopy the next CS1?monggo dishare pendapatnya

Recent post

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor. Bookmark the permalink.

18 Responses to Matic retro/klasik/vintage/jadul riwayatmu kini…!!

  1. edwin_b@n63t says:

    kalo di gratiskan pasti laku banyakk…

    Like

  2. Pingback: Honda Scoopy dan Yamaha Fino – nasibmu kini « redbike92

  3. redbike92 says:

    wah mau komen, tapi takut kepanjangan
    komen saya disini aja deh bro 😀
    http://redbike92.wordpress.com/2012/07/03/scoopy-fino-1/

    Like

  4. bejo says:

    Retro milih helm wae *bingung nyocokinya..

    Like

  5. Basho says:

    Kalo menurut saya sih, ini semua gara2 ulah Vespa aka Piaggio. Sebenernya trend matic retro itu masih ada. Cuma bedanya, dulu Scoopy ama Fino keluar waktu pabrikan Vespa aka Piaggio belum merajalela seperti sekarang. Jadi sebenernya orang yang beli matic retro itu sebenernya ada lah para penggemar matic retro yang kepengen beli matic Vespa atau Piaggio tapi ngga ada barangnya (atau uangnya), jadi kepaksa cari alternatif laen. Jadilah merek pada berbondong2 beli Scoopy ama Fino. Masalahnya sekarang, pabrikan Piaggio lagi agresif melebarkan sayap kemana2, jadinya orang2 mulai sering ngeliat matic Piaggio seliweran di jalan, dan akhirnya mulai membanding2kan dengan matic keluaran AHM dan YIMM. Dari situ, mulai deh orang2 kehilangan selera terhadap Scoopy atau Fino. Karena bagaimanapun, di dalam mindset masyarakat, yang namanya The Real Retro/Classic Matic itu ya Vespa aka Piaggio.
    Loh? Tapi kan harga matic Piaggio mahal? dan penurunan penjualan Scoopy ama Fino ngga berimbas signifikan ke peningkatan penjualan matic Piaggio? Jadi boleh dibilang, ngga ada pergeseran market share dari matic Scoopy dan Fino ke matic Piaggio. Saya jawab : emang bener. Penjualan matic Piaggio emang gitu2 aja. Yang jadi masalah adalah, penampakkan matic retro Piaggio di jalan2 atau di dealer2, walau cuma sedikit, udah cukup buat ngebikin selera masyarakat terhadap Scoopy atau Fino menurun drastis. Coba anda2 buktikan perkataan saya. Cobalah maen2 ke dealer Piaggio, dan coba anda liat2 koleksi matic yg ada di sana, coba amati dan pegang. Sedikit demi sedikit anda pun mulai bakal membandingkan, dan akhirnya kembali bernostalgia ke masa2 lampau di mana scooter retro itu adalah Piaggio aka Vespa seorang. Saya jamin setelah itu, ngga lama kemudian anda bakal langsung kehilangan selera dengan yang namanya Scoopy atau Fino, bahkan meskipun anda tidak mampu untuk membeli sebuah skutik Piaggio (karena harganya yg mahal). Sehingga suatu saat nanti, ketika anda berniat untuk membeli matic, anda ngga akan kepikiran untuk membeli Scoopy atau Fino. Pilihannya cuma dua, kalau anda suka matic retro tapi dana anda pas2an: anda bakal lebih memilih matic canggih bin futuristik seperti Vario atau Mio J misalnya. Sedangkan kalau dana anda berlebih dan anda suka matic retro, anda akan cenderung memilih matic dari Piaggio. Alasannya cuma satu :
    Retro matic is about style, not function. And if you talk about retro style, you could say that the real retro matic is Piaggio aka Vespa, not others! Ini masalah brand image yang udah terbentuk selama puluhan tahun.

    Jadi kemana larinya pangsa pasar Scoopy atau Fino? Larinya sebagian besar ke skutik Vario, Beat, Mio J, Soul GT, dan skutik konvensional Jepang lainnya. Dan sebagian kecil ke skutik2 keluaran Piaggio aka Vespa (kenapa cuma sebagian kecil? alasannya cuma karena masalah ekonomi)

    FENOMENA INI JUGA BERLAKU UNTUK MATIC PREMIUM MACEM PCX. Image PCX udah mulai tergerus dengan image matic premium dari Piaggio.

    Last, CMIIW

    Like

  6. simu says:

    scoopy tanpangnya mayan tp kalo mau yg fiturnya oke, gak masuk. kalo mau cari yg murah dan enak buat jalan2 juga gak masuk.
    yasudahlah..

    Like

  7. kenthoet says:

    fino kemahalan coba di jual 12jt-an kek mio j pasti rodok laris imho
    http://kenthoetboreup.wordpress.com/

    Like

  8. Pingback: LAGI DEMEN AMA SCOOPY THAILAND, UNYU UNYUU « EH_pages

  9. touringrider says:

    padahal aq juga ngebet loh.. bojoku sih, gara2 pas liat di Royal Plasa mbiyen kae. insya Allah beberapa bln lagi terkumpul uangnya untuk meminang.

    Like

    • mariodevan says:

      monggo dipilih yg sesuai dng hati nurani saja…bojoku juga ngebet banget…untung g ada duuitnya jdi g beli hahaha

      Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s