Pingin Hemat BBM?? pake Diesel saja!

Mesin Diesel, kalo kita mendengar kata soal mesin deasel hal pertama yang ada dipikiran pasti, Mesin yang berisik, Asap hitam, kotor, akselerasi yang loyo tapi itu dulu sob, sebenarnya pada mesin Diesel modern, hal-hal itu sudah lama sekali berlalu, mesin-mesin diesel modern saat ini telah dilengkapi teknologi yang sangat maju untuk menghilangkan masalah tersebut sebagai contoh teknologi Common Rail, turbocharged, yang dipadu dengan direct injection, gabungan tersebut membuat performa diesel ini bakalan mampu diadu dengan mesin bensin pada cc yang sama.

ChevroletSpinMesin-460x306

Selain itu sebenarnya mesin Diesel adalah jawaban yang masuk akal saat ini untuk penghematan BBM, daripada memaksakan memakai mesin Hybrid, yang harganya kurang ajar mahalnya wekekekeke, apalagi menunggu Mobil listrik yang tidak kunjung berkembang, karena berbagai kepentingan politik, lebih masuk akal untuk mulai memalingkan pilihan kendaraan kepada Mesin Diesel daripada Bensin yang boros bahan bakar, bayangkan dengan CC yang sama, dan jenis kendaraan yang sama mesin diesel mampu melakukan penghematan dari 20-40%.

Sebagai Contoh dari test yang dilakukan oleh majalah Autobild Indonesia, dengan jenis yang sama yaitu Hyundai H-1, bermesin Diesel dan Bensin, dengan kapasitas diesel yang 100 cc lebih besar dari mesin bensin 2400cc, Konsumsi BBM berbeda sangat jauh, untuk rute dalam kota yang stop and go, versi diesel mampu mencatat angka 9,2 km/ liter, bandingkan dengan bensin yang hanya 6,6 km/ liter. untuk akselerasinya juga 0-100 km/jam, mesin diesel mampu unggul sampai 4,3 detik dari mesin bensin yang mencatat angka 16,7 detik.

Karena Hematnya ini maka kecenderungan penggunaan mesin diesel sekarang semakin meningkat, menurut survei pada tahun 1990 penggunaan mesin diesel pada kendaraan di seluruh dunia hanya mencapai 14% dan pada 2012 meningkat menjadi 55%, bahkan diluar negeri seperti negara-negara eropa, mesin diesel menjadi pilihan utama, berbeda dengan di Indonesia yang lebih menyukai mesin Bensin.

Ibaratnya tiada gading yang tak retak, mesin diesel juga masih memiliki tingkat pemeliharaan yang hight cost, misal jenis Aki yang kapasitasnya lebih besar untuk mesin diesel, tentu untuk penggantian lebih mahal, lalu jenis sparepart untuk mesin yang cenderung lebih tinggi, karena mesin diesel material part-nya lebih unggul dan kuat dari mesin bensin, lalu harga jual yang lebih tinggi berhubungan lagi dengan material di mesin, sampai pajak mobil diesel yang lebih tinggi dari mobil bensin biasanya.

cara kerja mesin diesel

Pada dasarnya prinsip kerja mesin diesel adalah merubah energi kimia menjadi energi mekanis. Energi kimia di dapatkan melalui proses pembakaran dari bahan bakar (solar) dan oksidiser (udara) di dalam silinder (ruang bakar). Pada mesin diesel, terdapat ruangan yang dirancang khusus agar di ruangan itu dapat terjadi peningkatan suhu hingga mencapai titik nyala yang sanggup membakar bahan bakar. Ruangan ini “dimampatkan” sehingga memiliki tekanan dan suhu yang cukup tinggi.

Oke friends monggo komentarnya

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor. Bookmark the permalink.

13 Responses to Pingin Hemat BBM?? pake Diesel saja!

  1. fncounter says:

    potensi diesel… kenapa nggak digalakkan mobil diesel aja ya kalo memang bisa mengkonsumsi lebih irit?

    Like

  2. pake **nther, pinter, wakakakak

    Monggo silahkan isi buku tamu di MMBlog, baru diupdate nih!
    http://monkeymotoblog.com/about/

    Like

  3. Lovemotobike says:

    sip, nyimak saja…hihihi
    wah wak, tapi kog bentuk ujungnya ga menajam kek kakaknya ya??

    nebengs
    ————————————————————————–
    Ternyata pedrosa juga penggemar motor 2 tak lowh

    http://lovemotobike.com/2014/04/22/pedrosa-motor-2-tak-akan-jadikan-kamu-pembalap-yang-lebih-baik/

    Like

  4. ipanase says:

    inova diesel jossssssssssssssssssssssssssssssssssssss

    Like

  5. Sigit says:

    nunggu ertiga diesel klo gitu 😀

    Like

  6. lexyleksono says:

    Akhirnya aku juga membeli mobil diesel masbro..lha tetangga hampir semua pake mobil diesel, ada pajero, everest, fortuner, rata2 diesel semua.

    Like

Coment gratis :D