Mengintip kekuatan utama Honda beat, menjadi motor paling laris di Indonesia!

Honda beat motor yang dikeluarkan oleh Honda ini sudah memasuki generasi ketiga, generasi dengan mesin baru yang sudah memakai teknologi esp ini menunjukkan Honda tidak main-main untuk mempertahankan supremasi honda beat, di tahun 2014 beat menjadi motor paling laris, 2 juta unit dalam satu tahun, bahkan motor matic yamaha kompetitor terdekatnya jika digabung semua variannya, tetap gak bisa sampai separuh dari jualan Honda beat!

Lalu apa  yang membuat Honda beat ini sangat laris manis, bahkan Honda perlu membangun pabrik plant baru lagi, untuk menambah kapasitas produksinya memproduksi motor lain!

Berikut madev paparkan analisa sederhana ala madev

yang pertama adalah IMAGE, jika kita bicara motor honda beat pasti kata pertama yang dilontarkan adalah, Honda beat itu irit!Image irit ini tidak hadir begitu saja dlam semalam, Honda sebagai brand secara keseluruhan sudah melekat image irit lewat motor 4 taknya dari dekade tahun 70an, hal ini diperkuat dengan promo-promo yang fokus dan berkesinambungan kepada irit, di awal2 kehadiran beat bahkan sering mengadakan lomba irit, dan ini digunakan sebagai senjata untuk melawan Yamaha Mio sang pemimpin pasar kala itu, saat harga bbm yang pelan tapi pasti meningkat, Honda dengan jeniusnya tinggal memetik hasil buat kerja keras mereka selama ini.new-beat-esp-slider

Hal ini juga membuat image irit terpatri sangat dalam, jadi saat sekarang ketika banyak tabloid semisal otomotif, maupun media detik oto, yang mengetest keiiritan Beat yang ternyata justru kalah dengan suzuki next maupun Mio, image irit Beat tetap terpatri kuat di pikiran para konsumen!

Promosi, Honda sangat cerdas melakukan promosi-promosi mereka ke konsumen, mereka sudah memiliki grand strategi yang panjang, dan tau apa yang harus mereka lakukan, berbeda dengan kompetitornya yang tampak kebingungan dengan produknya yang mau dibawa kemana, ajang DBL sebagai lambang gaya anak muda saat ini diikat oleh honda sebagai sarana untuk mempromosikan motornya bagi orang muda.

Tidak ada satupun event yang begitu kuat pengaruhnya bagi anak muda, dan dibuat sangat rapi seperti DBL.

Kalo friends pernah menonton pertandingan DBL friends akan takjub sendiri bagaimana profesionalnya acara itu dibuat, dan promo Honda yang masuk ke para anak muda ini!

Selain itu Pemilihan brand ambasador juga tergolong jenius, dengan memilih JKT48 yang sedang naik daun, dan memiliki banyak massa setia dan loyal.

Long lasting Desain, desain honda beat ini mampu diterima oleh semua kalangan, baik tua, muda, pria maupun wanita, ini juga menjadi daya tarik utama beat, perhatikan garis desainnya yang trendy tapi tidak terkesan alay, dari mbah-mbah sampai wanita muda yang unyu-unyu masih “pantas” untuk menaikinya, berbeda dengan matic kompetitor terdekatnya, yang membagi-bagi produknya, ada yang khusus wanita, ada khusus yang anak muda lewat, ada yang untuk pria, ada yang untuk orang yang biasa, ada yang untuk pria, bahkan ada yang untuk pria maskulin.

Madev gak tau motifasi dibalik membagi-bagi produknya secara gender, dan terkotak-kotak seperti ini, sepertinya terlalu terpaku pada strategi marketing Hermawan kertajaya soal YOuth, women, dan netizen, padahal ini strategi dibuat hermawan sebagai contoh kasus Mio awal keluar, artinya saat strategi ini dikumandangkan kondisi pasar sudah sangat berbeda, dan strategi ini jadi usang dan mandul!

kelebihan-honda-beat-esp-dibanding-honda-beat-pendahulunya

Pricing & suport leasing! Hal ini yang madev masih belum bisa mendapatkan jawaban, dari hasil survei internal, maupun info dari beberapa rekan madev, entah kenapa Honda beat walaupun di pricelist lebih mahal dari kompetitor, tapi saat pembelian kredit maupun cash, harganya bisa lebih murah dari kompetitor, sebagai contoh DP, didaerah madev Beat bisa didapatkan dengan DP hanya 500ribu, sedangkan Mio paling rendah itu 800 ribu, walaupun dengan DP yang sama cicilan perbulannya pun Beat bisa dapat lebih rendah, jika dirata-rata, mungkin suport leasing berpengaruh, honda dengan modal yang besar dan memiliki leasing FIF tentu mampu mensuport penjualannya sendiri, istilahny profit diperkecil untuk mendapatkan penjualan yang lebih banyak, hal ini masih abu-abu karena madev tidak mendapatkan data pasti, hanya berdasarkan pengamatan! jadi monggo share pengalaman friends yang lain, apakah sama atau justru berbeda!

Tau sendiri kan orang indo, hanya dengan beda 100 ribu saja, bisa menjadi salah satu faktor untuk menentukan pembelian, apalagi jika kedua produk yang dicompare dianggap sama baiknya.

oke friends demikian yang bisa madev shar, monggo komentarnya.

 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Mengintip kekuatan utama Honda beat, menjadi motor paling laris di Indonesia!

  1. jonkoping says:

    Desainnya terlihat imut n mungil, memberi kesan asik dan santai untuk dipakai komuter

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s