Analisis Pasar Naked bike Sport 150 cc, paska hadir-nya MT15!!bakalan Cadas!

Pasar Motor Indonesia memang sangat-sangatlah unik, tak terkecuali pasar motor sport, Di Indonesia, sangat jelas tergambarkan, pasar 150cc merupakan pasar terbesar, negara mana coba yang Sport 150cc-nya dominan??rasa-nya cuma di Indonesia saja!

Yamaha Vixion Advanced

Mulai dari segment Light sport bikinan Honda yang masih mengundang kontroversi yang diisi Sonic 150 dan Satria FU, serta ada segment naked bike low dengan verza, medium naked bike fungsionalitas megapro dan Byson, medium naked bike emotional hi-tech seperti Vixion dan CB150, sampai dengan sport fairing R15 dan CBR, tidak lupa alternatif sport trail milik kawasaki!!

Di segment terbesar naked bike 150cc, saat ini masih dirajai oleh Yamaha Vixion, walaupun begitu dari data stok ratio, dan penjualan Polreg, Yamaha merasa perlu untuk segera menyiapkan line up baru untuk menemani Yamaha Vixion! dan seperti yang sudah kita ketahui Yamaha segera akan meluncurkan Yamaha MT-15, walaupun sayang seribu sayang dibalik tampang-nya yang bengis, masih menggunakan mesin Vixion, takut-nya seperti R-15 yang underperform.

Kembali ke inti permasalahan, madev akan menshare analisis product mapping bagaimana sih peta kekuatan sport 150 cc paska kehadiran MT-15.

Product mapping sport 150cc

Mapping product harapan Yamaha

Nah dari product mapping diatas, kita bisa mereka-reka harapan Yamaha dengan hadir-nya Sport terbaru mereka Yaitu MT-15, diharapkan MT-15 mampu menjepit kompetitor baru mereka New CB 150, metode ini sering disebut strategi sandwitch, menjepit produk kompetitor ditengah-tengah, sehingga menjadi produk serba tanggung.

Tapi skenario ini rasa-nya sangat sulit dilakukan, karena MT-15 masih menggunakan mesin yang sama dengan Vixion, coba pake mesin baru DOHC yang performa-nya bisa diatas New CB, maka strategi ini pasti berjalan sempurna.

Madev melihat-nya skenario-nya mungkin bisa seperti ini!!jika variable yang dipakai adalah berdasarkan value dan performance!

Analisis pasar sport 150cc

Dari tabel diatas, memang senjata Yamaha lebih banyak, ada Byson, Vixion, MT-15, bahkan MT-25, tapi kesemua-nya itu punya karakter dan identity yang hampir sama, gagah, buas, keren, torsi besar, sehingga kemungkinan-nya akan menggerogoti produk Yamaha sendiri seperti ini.

MT-25 = Price predatory, besar kemungkinan MT-15 bisa menggerogoti kakak-nya ini, karena MT-15 hadir dengan tampilan yang lebih wah!! up side down, banana arm, harga jauh lebih murah!

Byson = byson akan menjadi produk sangat tanggung, kemungkinan besar akan disuntik mati, karena baik byson dan MT-15 memiliki same identity, yaitu gagah!!

Vixion = same identity, same engine, design jauh diatas Vixion, para customer pasti rela menambah sedikit uang untuk upgrade ke MT-15!!

touring CB 150r dan big bike honda

Berbeda dengan Honda, walau punya memiliki 5 sport 150cc, kesemua-nya bermain di segment yang sangat berbeda, mereka menggunakan strategi mengepung, di low segment ada Verza, dan Sonic di kelas sport ringan, lalu ada megapro yang mengedepankan fungsionalitas, New CB 150 yang head to head langsung dengan Vixion, serta CBR di segment hi-sport.

Tapi Yamaha masih punya change disini, MT 15 mungkin menggerogoti share vixion, tapi diharapkan Market share tidak berpindah ke kompetitor, bahkan bisa berbagi market share antara MT-15 dan Vixion.

70% calon customer Indonesia merupakan tipe visual, jadi tampilan masih menjadi rujukan nomor satu dalam hal pembelian, MT-15 punya change disini, selain mesti memperkuat image MT itu sendiri, dan fight soal price!!

Monggo kita diskusi, bagaiamana menurut pendapat friends hadir-nya MT-15 ini, akankah semakin mengokohkan dominasi Yamaha disegment sport, atau malah menjadi boomerang, dan menggerogoti share saudara-nya sendiri??

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , . Bookmark the permalink.

24 Responses to Analisis Pasar Naked bike Sport 150 cc, paska hadir-nya MT15!!bakalan Cadas!

    • Numpang lewat says:

      70% calon customer Indonesia merupakan tipe visual, jadi tampilan masih menjadi rujukan nomor satu dalam hal pembelian, MT-15 punya change disini, selain mesti memperkuat image MT itu sendiri, dan fight soal price!!

      Mungkin paragraph itu yang sedikit banyak masih dipegang oleh yamaha om madev… secara mesin 150 cc sohc dan dohc dari sisi performa tidak terlalu signifikan perbedaannya tapi dari visual, MT-15 diharapkan dapat merebut hati bikers atw calon konsumen yang mengerti value dari USD, Banana arm, dan delta box… belum lagi memang karakter segmen ini masih mengutamakan casing dan sisi keekonomisannya (irit, mudah dan murah perawatannya).. sebagian kecil yang race oriented mungkin akan mempermasalahkan mesinnya…IMHO..

      Like

      • kalo saya lihat kok ga gitu yah…. justru yang lebih ke visual sekarang itu Honda. design designnya lebih cocok ke hati… lebih update, lebih gaul ketimbang tempo lalu yang kebapak bapakan…. sedangkan Yamaha disini saya bilang melampaui kata update itu sendiri atau terlalu extreem. design nya lebih kearah alien atau monster, atau motor2 konsep yang belum tentu disukai banyak orang… contoh nyata MT09, atau MT07 secara design sangat extreem… malah untuk motor – motor kecil 150 – 250 cc mengambil design FZ series malah lebih cocok seperti FZ1, FZ8 atau malah type XJ8 ya masih bagus kok…

        Like

  1. niceguy says:

    Jangan sampai salah pricing, tentunya yamaha nggak mau kasus R25 terulang kembali kan?

    Like

  2. guns says:

    kayanya kasus bison terulang cuma part(USD) nya yang laris, motor nya engga

    Like

  3. Sukijan says:

    Nanggung coz mesin katanya Masih SOHC bukan DOHC 😀

    Like

  4. topenk says:

    dan visual sampe saat ini masih menang vs power… dan yamaha cukup realistis di lapangan, bukan keinginan di blog2

    Like

  5. jarwo says:

    Analisa yg tajam dari madev.
    Ane setuju banget ,yamaha pengen menerapkan strategy sandwich sayang modal mesin gak ada.
    Honda lg wait n. See , secara stok mesin lbh komplit

    Like

  6. RF says:

    Mantap analisanya.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual Gan
    http://en.knicket.com/android/servis-motor-manual/w944g

    Like

  7. iamvario125 says:

    Nunggu cb190r versi ahm, lampu depan diganti pake cs1 tapi sudah led kalo mesin mestinya pake new cb dengan torsi yg lebih galak, harga rentang antara newcb150 dan cbr 150. Nunggu doang…. Beli mah kaga…

    Like

  8. LupaNarikRem says:

    Vixion dan MT 15 bakal mimpin pasar. tapi honda bakal mimpin secara keseluruhan. jadi Market share sport honda bakal lebih banyak dibanding Yamaha. tapi Vixion sama MT15 bakal mimpin pasar. Penjualan MT-15 bakal sedikit dibawah Vixion, diatas CB150R. Just in My Humble Opinion.

    Like

  9. quikverdy says:

    Sepertix konsumen tetap setia dgn vixion, dan MT 15 hanya sebagai umpan yg akan jd boomerang, visualisasi memang gaya eropa, ato hanya casingz saja….vixion lebih menjanjikan dr pada MT15, dan CB150R tetap dgn konsumen setiax….liat aja setelah MT 15 keluar…apakah sesuai dgn keinginan masyarakat d indonesia, mgkn masyarakat d pulau2 besar lebih memilih MT15, tp d daerah2 pilihan masih lebih besar berkendara utk kenyamanan…

    Like

  10. moncerr says:

    Kalo liat desain, rasanya kok MT15 ini agak mengabaikan aspek fungsionalitas yaitu di sisi pembonceng. Apa nyaman dibonceng dengan posisi nyempil kayak gitu? Ini sebenarnya dejavu dari problem boncenger di R15 yang terlalu nungging.
    Kalo ane liat, MT15 bakal menempati segmen yg lebih niche dari Vixion yg segmennya lebih universal.

    Menurut ane kekalahan R15 dari CBR150 ga semata2 dari masalah DOHC vs SOHC semata, tapi juga dari aspek kenyamanan boncenger juga. Karena toh isu DOHC vs SOHC kalo dilihat pada kasus CB vs Vixion ga terlalu berpengaruh signifikan di mata konsumen (real konsumen ya, bukan komentator blog) padahal dua-duanya sama2 mengumbar jargon performa. Jadi menurut ane R15 keok dari CBR salahsatunya dari aspek fungsionalitas yang kurang.
    Nah kalau MT 15 kembali mengulang kesalahan R15 di atas yaitu kurang mengabaikan sisi fungsionalitas, apa nassibnya gak bklan sama? Ane khawatir MT15 bakal bernasib sama

    Like

    • mariodevan says:

      R15 bnyak faktor…. bukan cuma fungsionalitas…. model racy performa biasa juga jdi slah stu alasan….

      kasus vixion vs cb, lebih kpda visual, skg dng new CB, hasilnya tentu bakalan berbeda, vixion msh diatas tpi tdk akan menang mutlak….

      intinya banyak faktor yang berperan, visual desain, brand image, performa, fungsionalitas, pricing, dll….

      produk yang mampu memberikan keuntungan dan paling seimbang dri variabel2 itu akan memenangkan pertarungan… bukan yang tanggung…

      Like

  11. Saya sih lebih lihat dari DRAW analisis sih…
    Jadi agak gag srek dgn positioning pada mapping diatas.

    Niche and sharp market… dgn Value yang sangat menarik bagi Customer Segment nya.

    Diluar CS… valuenya turun jauh bagi mass market… kecuali ya USDnya itu

    Mengganggu MT25 ? Kalau ini sih gag usah dibahas.. tidak diganggu juga sudah “comma”.

    Bagaimana dgn Byson? Sport Touring dan Street Fighter Bike beda genre…tapi Indonesian market masih belum clearly tahu bedanya.

    Kedepan tulang punggung masih vixion…kalau berharap pada MT150 makin mengerucutkan Brand Equity Yamaha secara umum…bisa makin kecil ntar Future Sellingnya secara total Brand.

    Sekian dulu…silahkan diteruskan dan dibahas dgn mendalam… maz brow.

    Like

    • mariodevan says:

      dari yang saya lihat brarti MT-15 pasarnya terlalu sempit dan spesifik… sehingga hanya akan dtrima di pasarnya sendiri… dan tidak akan bisa menjadi tandem berarti untuk vixion??

      Like

  12. Brebet says:

    spertinya mengikuti kemampuan ekonomi masing2 negara bro, jadi bukan unik juga sih,, di thailand pun motor yang laris adalah cc 125-150, mirip2 dengan Indonesia.. dan juga kan liat infrastruktur angkutan umum di masing2 negara juga.. disini motor 150cc terbilang sangat terjangkau berbagai kalangan masyarakat, power cukup dapat, isi dompet juga ga terlalu terkuras, dibanding jika orang2 pilih 250cc ke atas, karena tujuan utama masyarakat beli motor adalah sebagai alat transportasi sehari2, jadi ya itu tadi, yang masih ekonomis, terjngkau, power juga lumayan oke.. 🙂

    Like

  13. Supra 2002 ku awet rajet says:

    Seandainya mabua ikut terjun ke pasar 150cc pst ga bakal stop selling. Ciakakaakka…

    Like

  14. Jamal says:

    Jangan lupa karakteristik orang indonesia sangat berbeda dengan global….masyarakat indonesia tdk suka dengan bentuk yg aneh aneh

    Like

  15. seanomedic says:

    untuk nambah MS sport yamaha seharusnya produksi sport seharga verza tapi dengan dimensi mirip RX king…gak perlu jinjit balet n nungging seperti sport 150 yg sudah ada…

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s