Yamaha Kuasai Market Share Kalsel dan Kalteng, Ini analisa-nya!

E-mail press release dari pabrikan memang sangat menarik untuk ditelaah, salah satu-nya email dari pabrikan Yamaha yang  masuk! dimana Rilis press itu mengangkat tema mengenai Yamaha kuasai market share Kalsel dan kalteng, sebenar-nya kemenangan Yamaha di Kalimantan bukanlah sesuatu yang aneh! setahu madev dari dulu saat mengenal dunia blogsphere dan otomotif tahun 2009, kalimantan memang menjadi lumbung penjualan Yamaha! produk apapun yang tidak laku dijawa, bisaa dijual di kalimantan!

Nah pertahun lalu 2014, daerah Kalbar share Yamaha jatuh, dan untuk pertama kali-nya Honda mampu kembali merebut market share, maka-nya diagendagakan untuk acara HBD (honda bikers day) akan dilakukan dipontianak, walaupun akhir-nya batal, karena faktor keamanan pilkada!

Display motor Yamaha di Main Dealer STSJ di Banjarmasin

Untuk tahun 2015 ini, data terakhir yang tercatat adalah dari Januari sampai September dimana market share Yamaha 50 %. Sementara segmen sport yang tengah berkembang pesat saat ini ini pun market share tertinggi milik Yamaha. Menguasai 64 % dengan kontribusi paling banyak dari V-Ixion (72 %) untuk periode Januari sampai September 2015.

Kontribusi tertinggi dalam market share penjualan Januari hingga September 2015 dipegang segmen matik (53 %), moped (26 %), sport (21 %). Mio M3 menjadi matik paling laris yang dibeli masyarakat di Kalsel dan Kalteng.

Nah kenapa di daerah luar jawa seperti kalimantan, sulawesi, Yamaha cukup kuat dan besar market share-nya??

dari data diatas bisa didapatkan beberapa analisa sederhana!

  1. Faktor geografis kalimantan yang daerah perkebunan membutuhkan motor yang agak berbeda dari daerah perkotaan dijawa, disini Vixion cukup laris manis, karena cocok dipakai didaerah perkebunan, dan bentuk-nya pun cukup keren.
  2. Image Yamaha masih cukup bagus didaerah kalimantan, bagi mayoritas masyarakat kalimantan, tidak berlaku anekdot seperti di jawa, motor ya honda!
  3. Kuatnya Yamaha di Motogp cukup membuat image Yamaha terdongkrak di daerah sini, jalan yang masih cukup lenggang, membuat anak muda disana cukup senang melakukan kegiatan menghilangkan stres, yaitu balap liar hehehe.
  4. disana produk seperti bebek super MX dan FU, sangat laris manis, bisa dilihat dari market share-nya dimana moped masih cukup digdaya.
  5. Sport cukup berjaya, saat sport tumbang share-nya pun bisa tumbang, sementara untuk matic masih seimbang!!

Updated.

 

6. Strong value leadership

 

  • Menurut saya karena faktor strong value dari leader Yamaha yang membawahi area kalimantan (kecuali kal bar, masuk wil kepemimpinan lain). Bapak Rifany, GM marketing area kalimantan yang memang hebat. Ahli dan genius marketing yang memiliki Strategi yang luar biasa dan eksekusi total yang akurat sesuai area condition yang beliau pimpin. Bahkan secara kepemimpinan orang ini juga memiliki leaderskill yang hebat. Mampu memimpin team dengan semangat tempur tinggi karena memiliki visi yang jelas.

    Jika bukan dalam kepemimpinan beliau, saya berani bertaruh yamaha kalimantan sudah jatuh dari jauh jauh hari. Pasti itu.

    Strategi yang tepat sesuai kondisi dan eksekusi yang akurat dapat menciptakan kemenangan di saat jelek dan tidak menguntungkan sekalipun. Ini semua terjadi karena the Man behind yang menjadi pimpinan sekaligus ahli strateginya. Mampu memanfaatkan kondisi yang ada untuk menciptakan kemenangan.

    Salam buat Mr. RIFANY WIDJAJA yang luar biasa.

 

kedepan tantangan Yamaha akan lebih berat, masuk-nya Honda dengan produk baru yang kuat seperti CB-150, dan Sonic, dimana segment sport dan bebek super laris manis dikalimantan, tentu-nya akan berdampak langsung kepada market share Yamaha, Indikasi-nya jelas pontianak kalimantan barat, sudah jatuh! jika tidak segera ada perubahan tidak menutup kemungkinan kalsel dan kalteng akan turut jatuh juga.

monggo share komentar-nya friends.

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Yamaha Kuasai Market Share Kalsel dan Kalteng, Ini analisa-nya!

  1. fifauzi says:

    Semoga tetap menguasai deh, supaya yamaha tetap hidup dan terus menghangatkan persaingan

    Like

  2. Menurut saya karena faktor strong value dari leader Yamaha yang membawahi area kalimantan (kecuali kal bar, masuk wil kepemimpinan lain). Bapak Rifany, GM marketing area kalimantan yang memang hebat. Ahli dan genius marketing yang memiliki Strategi yang luar biasa dan eksekusi total yang akurat sesuai area condition yang beliau pimpin. Bahkan secara kepemimpinan orang ini juga memiliki leaderskill yang hebat. Mampu memimpin team dengan semangat tempur tinggi karena memiliki visi yang jelas.

    Jika bukan dalam kepemimpinan beliau, saya berani bertaruh yamaha kalimantan sudah jatuh dari jauh jauh hari. Pasti itu.

    Strategi yang tepat sesuai kondisi dan eksekusi yang akurat dapat menciptakan kemenangan di saat jelek dan tidak menguntungkan sekalipun. Ini semua terjadi karena the Man behind yang menjadi pimpinan sekaligus ahli strateginya. Mampu memanfaatkan kondisi yang ada untuk menciptakan kemenangan.

    Salam buat Mr. RIFANY WIDJAJA yang luar biasa.

    Like

  3. om yono says:

    Tak hanya meraba, namun juga menyentuh. Salut.

    Like

  4. Noob rider says:

    Ya disini vixion lebih banyak seliwiran dibanding cb150

    Like

  5. supra 2002 ku awet rajet says:

    katanya gara2 asep. #rokok dulu ahhh..

    Like

  6. angga93 says:

    Kira-kira kapan yamaha xabre 150 hadir di kalimantan tengah/palangka raya?

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s