welcome Back Nokia, semoga tidak jadi Zombie!!

Beberapa saat lalu, lewat liris press resmi-nya Nokia mengatakan bahwa akan hadir kembali untuk bertarung di dunia Mobile device yang pernah dirajai-nya! dulu Nokia adalah raja-nya handphone, tumbang-nya Nokia, seperti Honda yang tumbang dan kalah bersaing jualan motor oleh Brand baru Fastron motor, yang bahkan bisnis awalnya adalah Penjualan Oli!!

Susah dipercaya, gak  masuk akal, dan susah diterima akal sehat!! tapi itulah keras-nya kompetisi yang menggilas pabrikan-pabrikan yang budeg dan tidak mau mendengar keinginan pasar! seperti pabrikan motor apa ya?? market minta Android eh dia kekeh sama symbian, dan microsoft.

nokia e90

Dahulu, Nokia merupakan raja smartphone kelas atas, sebelum Blackbery muncul dan akhirnya mati oleh Iphone dan samsung

oke back to Nokia, Nokia berencana masuk lagi bisnis ini, dengan meluncurkan smartphone android dan tablet, tampaknya microsoft akhirnya menyerah dan melepaskan kepingan terakhir dari Nokia ke Foxconn, tau kan foxconn, perusahaan raksasa dari Cina, yang memproduksi hampir semua brand hebat, salah satunya adalah IPHONE, bersama-sama dengan HMD Global, perusahaan yang didirikan oleh mantan petinggi Nokia dan microsoft, mereka akan reborn kembali ke pasar, dan akan menggunakan Android, software yang dulunya telah mengubur mereka ke kuburan yang kelam! IRONI memang!

Secara Brand Nokia masih memiliki image yang kuat, dan masih diingat, hanya saja image negative-nya juga banyak, ini lah yang akan menjadi PR pengembangan Nokia selanjutnya! Nokia menurut madev akan masuk ke segment menengah dan bawah terlebih dahulu, di segment yang dikuasai, hape seperti OPPO, Vivo, maupun Asus, pasar yang dulu juga sempat dimasuki Nokia X dan XL, dan cukup menjanjikan!

Tapi kehancuran total yang dibuat sampai Nokia benar-benar hilang, pasti sangat berbekas bagi brand-nya, dan bisa jadi Nokia susah bangkit dan hanya menjadi sebuah brand Zombie, hidup tapi tidak bertumbuh, dan berjalan dengan terseok-seok!!

untuk Survive Nokia sebenarnya tinggal memakai strategi yang mirip dengan saat Nokia X dan XL meluncur Hape Android dengan harga yang cukup murah dan brand yang besar, rasa-nya bisa menjadi pilihan menarik, sayangnya tarik ulur antara Microsoft dan Nokia membuat proyek ini terhenti dan akhirnya mati, Microsoft ingin NOkia hanya untuk Windows Phone, dan keputusan yang diambil akhirnya membuat Nokia TAMAT!!

Menarik melihat produk apakah yang akan diluncurkan oleh Nokia?? dan positioning serta strategi apa yang akan diambil?? Apakah Palugada seperti samsung, Zenfone yang memikat? Oppo yang Branding fantastis? XIaomi yang harga super murah?? Huawei yang elegant dll

Dan semoga Nokia tidak kebingungan lagi, seperti dahulu, dan tenggelam….

Yuk friends Polling mengenai Nokia

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in gadget and tagged . Bookmark the permalink.

31 Responses to welcome Back Nokia, semoga tidak jadi Zombie!!

  1. ardiantoyugo says:

    Jos ki… Jangan buat hp kaya microsoft… Build qualitynya jelek banget dibanding buatan nokia…

    Liked by 1 person

  2. niceguy says:

    Padahal saya sdh senang pake Windows mobile, gamenya AOE tuh ga ada yg ngalahin, kalau cuma coc lewat jauuhhh……. susah memang urusan kalau bisnis nggak mau fleksibel. Padahal sudah dari dulu engineer Nokia nyiapin android, tapi boss berkata tidak ya begini hasilnya.

    Like

  3. Selamat says:

    Nokia tidak akan pernah bisa kembali menjadi raja handphone lagi dalam waktu dekat ini, jika menggunakan Android. Karena saat ini brand Samsung dan Iphone sangat kuat sekali, akan tetapi lain lagi jika nokia bisa membuat OS baru yg lebih hebat dari Android ataupun iOs. Karena dalam dunia teknologi, kemajuannya sangat pesat, dan fleksibel. Lain halnya dgn dunia motor, roda dua khususnya. Dimana perkembangannya tidak secepat dunia teknologi.

    Dulu ketika Nokia msh raja, ada mindset yg berbunyi “hp ya nokia” kemudian muncul iphone dan android yg moncoba mengguncangkan mindset tsb, dgn merilis os terbaru mereka masing-masing, dan mereka berhasil.
    Lain lagi dgn dunia motor, utk merubah mindset “irit, ya honda” tidaklah segampang dalam dunia teknologi. Karena dunia motor, kemajuannya tidaklah sepesat dunia teknologi. Mungkin dgn merilis motor dgn mesin listrik, bisa saja merubah mindset tsb.

    Like

    • mariodevan says:

      Yup dunia otomotif bisa 3-5x lebih lambat…. Krn msh menggunakan teknologi material…. Yang costnya besar, beda dengan dunia digital yg cost materialnya kecil…

      Like

  4. yogas says:

    ga yakin bisa…pernah di kecewakan ma produk2 nokia terakhir buatan india jelek bgt byk yg komplen loh!!
    parah….!!!
    klo gw bkn fans nya samsung tp LG …walopun klh saing tp kualitas hp LG jos gandos awet tahan banting bandel.,,klo nokia yah dah ga jaman!!! hahahaaaaa

    Like

  5. vyzex says:

    Sejak bbrp th lalu, daku pakai hape hadiah. Ada lenovo dipake, dpt apple dipake. Skrg sih lg pake Samsung.

    Siapa tahu ke depan bs dpt Nokia.

    Tp masih ada jg lho yg pake Nokia buat nelpon. Kebanyakan sih yg 2G.

    Like

  6. are wege says:

    Nokia is back ?? I don’t think so

    Like

  7. yponk says:

    Dulu saya pengguna nokia communicator karena tuntutan tempat kerja. Terakhir seri E yg berapa saya lupa. Terakhir Pake seri E75…veri miniaturnya seri communicator. Kelemahan nokia jaman dulu itu banyak. Mulai dari batre yang kembung, tombol2 yg protol padahal umur ponsel baru 7 bulan (E75 saya dan N76 saya). Cuman entah kenapa mindset seperti nokia sentris wekekekekeek. Dirumah sekarang masih saya pelihara nokia N76 black (Anggun Series). Salah satu ponsel dengan speaker super empuk buat dengerin MP3. Ada juga nokia yg saya beli tahun 2006 silam sudah layar warna. Dulu beli 775rb. Sekarang dg duit segitu bisa dapat ponsel yg bagus wkwkwkwkwk. Teknologi jaman dulu itu mahal. Entah mahal atau pabrikannya yang pelit ga tau juga. Yg jelas dg usia pemakaian yg sama Sony Ericsson Satio saya masih kuat batrenya sampai sekarang walau sudah berumur 7thn.

    Like

  8. iyashatirta says:

    Mmg perjanjiannya dgn Microsoft begitu Om,nokia boleh mengeluarkan ponsel lg ( klo gk salah stlh 4 tahun Microsoft akuisisi Nokia)
    Klo ane sih msh penasaran sama ponsel jangkriknya Google (project Ara)

    Like

  9. menyan says:

    Mas sory oot. Tanya mksudnya honda kalah ma fastron mksudnya yg mana ya? Kok baru denger. Pengen tahu beneran. Thnx

    Like

  10. Joko says:

    Sebenarnya masih seneng Symbian, jauh lebih stabil daripada android. Semua gara2 Stephen Elop yang mematikan Symbian sebelum waktunya, dan memaksakan Windows phone yang belum matang. Ini orang kayaknya disusupkan sama Microsoft untuk menghancurkan Nokia dari dalam. Biar bisa dibeli murah. Tapi hancurnya kebablasan.

    Like

    • mariodevan says:

      Bisnis memang kejam…. Dibalik elop pasti ada direksi yng sudah disogok oleh microsoft…. Heehe

      Like

    • niceguy says:

      Sudah pernah nyoba web os mas bro? the real multitasking, bahkan bisa overclock! android sih gak ada apa2nya he..he… Sayang sekali nasibnya bahkan jauh lebih mengenaskan dibanding symbian sekalipun. Saat ini web os sdh dibeli LG tapi bukan dipasang buat hp melainkan untuk smart tv, aneh juga rasanya. Sepertinya LG masih ragu pula untuk bikin hp dg web os.

      Like

  11. Aladin says:

    kalau ‘value for money’ nya masih oke , tahan banting dan keren…ane yakin bisa bersaing.

    liat aja brand2 baru yang masih asing , namun bisa laris di pasaran…

    sekarang kebanyakan orang gak gitu fanatik merek , toh 1 tahun lebih rata2 orang udah ganti hengpon 😀

    Like

  12. andri says:

    Nokia yg baru tidak diproduksi oleh Nokia sendiri, tapi pakai jasq OEM/ODM (seperti Sony-Ericsson), jadi mungkin kualitasnyj tidak akan sama dengan yg dulu.

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s