Agresivitas Viar menyasar Blue OCean market memang langkah yang Cetar membahana!

Di ajang PRJ bukan pabrikan besar semacam Honda maupun Yamaha yang jadi buah bibir pembicaraan, tapi justru pabrikan lokal Viar, yang awalnya terkenal lewat motor angkat bebannya roda tiga! di ajang PRJ viar mengeluarkan 4 motor langsung! disegment yang berbeda yang pabrikan otomotif lain belum masuk! yaitu 2 Matic listrik Viar Pulse dan Q1, Motor Adventure 250, dan Motor dengan desain Scrambler!

Viar-Q1-3

Motor listrik Viar, dengan mesin bekerjasama dengan Bosch jerman

Viar sangat sadar di pasar otomotif yang sengit ini, untuk berhadapan dengan pabrikan yang sudah mapan tidaklah mungkin! untuk itu mereka masuk ke segment-segment yang belum digarap maksimal oleh kompetitor-nya menjadikan mereka alternative pilihan satu-satunya yang tidak ada lawannya.

hal ini disebut blue ocean strategy, mungkin banyak dari pembaca sekalian yang sudah mengenal mengenai strategi ini!

Strategi ini dipopulerkan berkat buku yang dipublikasikan pada tahun 2005 oleh W. Chan Kim and Renée Mauborgne, professors at INSEAD and co-directors of the INSEAD Blue Ocean Strategy Institute.

Blue ocean strategy is the simultaneous pursuit of differentiation and low cost to open up a new market space and create new demand.

singkatnya blue ocean adalah membuka pasar baru dengan biaya yang rendah, sehingga mampu meningkatkan market dan permintaan yang baru!yang mau belajar lebih dalam strategi ini baca saja buku-nya ya.

Yamaha dulu menjadi besar seperti saat ini berkat strategi-strategi Blue Ocean-nya, matic Mio adalah bukti betapa powerfullnya strategi blue ocean ini! pertama kali keluar, para petinggi Honda hanya berkomentar, memang akan lakukah Matic??? dan sekarang hampir 10 tahun berlalu, Matic adalah angkutan motor utama di Indonesia!

Oke back to Viar, pabrikan ini juga menjalankan strategi blue ocean yang apik walau dengan skala yang lebih kecil, terkenal lewat motor roda tiga-nya, dimana pabrikan lain mungkin ada yang ikut dipasar ini, tapi hanya viar lah yang konsisten dengan jaringan after sales yang lebih oke, bahkan berani beriklan di televisi, membuat roda tiga Viar bisa menjadi top of mind, selanjutnya Viar mencoba serius dipasar Offroad, dengan menelorkan berbagai macam trail, di segment ini juga persaingan masih tidak ketat, hanya ada kawasaki yang masuk, tapi Viar mampu memberikan produk alternative yang harganya lebih miring!

Motor adventure Viar 250cc

Motor adventure Viar 250cc

Sukses dengan Roda tiga dan Trail-nya, kali ini Lagi-lagi Viar mencuri start, dengan langsung masuk ke motor listrik! adventure dan Scrambler! mungkin Viar juga sering baca blog madev ya yang mengatakan bahwa motor adventure dan Scrambler tinggal mengunggu waktu untuk booming! dan motor listrik adalah wajah baru industri otomotif (GR wkwkwk)

harusnya Viar keluarkan versi 150/200 cc karena disinilah market size terbesar berada

harusnya Viar keluarkan versi 150/200 cc karena disinilah market size terbesar berada

Pergerakan Viar ini juga bukan hanya mengejutkan pecinta otomotif, tapi juga sepertinya petinggi pabrikan lain! beberapa kali berbicara mereka sepertinya mulai melihat Viar ini mampu memberikan ancaman di masa depan!dan pabrikan lain seperti wait and see dengan model-model baru Viar ini

matic listrik viar pulse ini Modelnya lebih mainstream dan bisa diterima market

matic listrik viar pulse ini Modelnya lebih mainstream dan bisa diterima market

Tinggal pembuktian kekuatan produk-produk viar saja, dan after sales-nya, karena mau dibilang bagaimanapun, kedua hal ini adalah kekuatan pabrikan jepang yang mengikat konsumen tanah air, baik roda dua maupun roda empat, yang membuat pabrikan dari negara lain, cukup termehek-mehek untuk bersaing!

Monggo komentarnya friends, bagaimana soal viar ini?? biar gak omongin honda atau yamaha melulu, ujung-ujungnya berantem sendiri ingat puasa wkwkwk

pict by iwanbanaran dan TMCblog

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Agresivitas Viar menyasar Blue OCean market memang langkah yang Cetar membahana!

  1. are wege says:

    Viar lagi pake formasi MENYERANG

    Like

  2. mbah_anom says:

    viarlahhhhh :v

    Like

  3. paijo says:

    Di blog iwb, scrambler katanya kurang diminati bagi pengunjung prj..adventurenya yg rame

    Like

    • mariodevan says:

      Yup scramblernya 400cc sih… Coba kelas 250 kebawah… Bnyak yg minat tuh

      Like

    • tomcat says:

      soale udah ccnya gede tp cuma satu silinder..rugi bandar lah…sim wajib c1…pajak psti mahal…produk chino…hrg mungkin setara estrella…ya klo cm satu silinder hrg mirip mirip mnding ambil estrella lah…jauh kmn mn…

      Like

  4. subaru says:

    om komeng duluuuu bgt pernah bilang ada yang mau bikin motor listri…semua ngira yamaha atau honda..eh yang nongol viar

    yang foto pertama bagus..unik banget

    Like

  5. Kang Dadang says:

    Emang trailnya viar bagus ya dev?

    Like

  6. keren dech, nantinya semoga bisa cetar membahana http://www.elhida.id

    Like

  7. Prabu says:

    Viar itu asli Indonesia atau impor dari China sih? Alias pabrik yg di Semarang itu cuma merakit.

    Like

  8. tomcat says:

    untuk motor adventurnya viar hrs pintar memasang harga…krn benelli dgn brand yg lbh kuat bkln rilis benelli trk 502 dgn mesin 250 2silinder…bodi 11-12 krn produksi chino…viar ckup30jt djmin laris

    Like

  9. lamik gemini says:

    Viar semakin joss

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s