Komik Biografi Kiichiro Toyota ini layak dibeli!

pertamina lubricants fix (1) (1)

haka jaya (1)

Selamat pagi friends semua, kali ini madev mau membahas salah satu buku yang baru madev beli, mengenai biografi Kiichiro Toyota, yang berkat tangan dingin-nya muncul-lah brand Toyota yang legendaris tersebut!

buku biografi Kiichiro Toyota

Buku ini bukanlah buku baru karena sudah terbit dari tahun 2009, dan cetakan terakhir pada tahun 2015, tapi buku ini patut dikoleksi bagi penggemar otomotif, dan juga mereka yang bergerak didunia bisnis, selain itu isi-nya bukan biografi biasa karena digambarkan dalam bentuk komik, sehingga terasa lebih dapat dinikmati!dan bisa juga menjadi buku bacaan untuk anak-anak, agar lebih mengerti mengenai dunia bisnis dan otomotif!

Banyak fakta-fakta unik dan baru yang madev dapatkan dari buku ini, dan bisa menjadi inspirasi kita disaat ini!

 

insight banner promo fix

Buku ini dibuka dengan kenyataan bahwa Kiichiro kecil ternyata seorang yang menderita, ayah-nya hanya seorang petani desa yang tidak sekolah, tapi berkat kegigihannya mampu menjadi penemu dan mendirikan bisnis keluarga yang hebat yaitu bisnis alat tenun otomatis Toyoda!

Kichiro Toyota sejak muda sangat terobsesi oleh mobil karena kagum dengan mobil-mobil Ford yang diimport, dia memiliki visioner, bahwa Mobil nantinya akan menjadi alat transportasi utama di masa depan, dan jepang harus mampu membuat-nya! kecintaan-nya terhadap dunia mobil dia wujudkan dengan belajar dan akhirnya menjadi seorang insinyur mesin yang pintar!

Ternyata tidak mudah mewujudkan mimpi-nya, Kakak Ipar-nya sendiri yang merupakan president direktur perusahaan toyoda (Kiichiro merupakan Wakil president direktur) menentang usaha tersebut, karena merasa perusahaan toyoda hanyalah perusahaan kecil yang jika ingin masuk ke industri mobil pasti akan bangkrut!Bahkan perusahaan besar keluarga mitsui Zaibatsu (mitsubishi) yang merupakan perusahaan Keuangan dan industri terbesar di jepang, mengatakan tidak mungkin memproduksi Mobil!!

sayang tidak banyak, mungkin tidak ada pengusaha Indo yang memiliki jiwa nasionalis seperti Kiichiro Toyota!!

sayang tidak banyak, mungkin tidak ada pengusaha Indo yang memiliki jiwa nasionalis seperti Kiichiro Toyota!!

Tapi tekad Kiichiro sudah sangat bulat!darah toyoda yang pantang menyerah mengalir kuat! Kiichiro ingat ayah-nya dan merasa malu, ayahnya saja yang tidak berpendidikan mampu menjadi penemu dan mendirikan perusahaan alat tenun otomatis kenapa dia tidak!

Diam-diam dia merekrut team untuk divisi Mobil, serta membeli alat-alat canggih untuk produksi, yang dirasa terlalu canggih dan mahal untuk produksi alat tenun otomatis! rencana diam-diam-nya akhirnya tidak dapat disembunyikan lagi, dan walau ditentang oleh para petinggi Toyoda, tapi keteguhan hati Kiichiro membuat mereka menyerah dan membiarkan Kiichiro dengan proyek “bunuh diri-nya”!

Kiichiro menyibukkan diri dengan masuk ke pabrik-pabrik dan produksi komponen, termasuk pabrik sepeda motor! untuk tugas awal, sekaligus upgrade skill karyawan-nya,mereka membuat sebuah komponen mesin kecil untuk ditaruh di sepeda dan mampu bergerak!!

langkah selanjutnya Kiichiro membawa mobil Chevrolet untuk dibongkar, dan dibuat sketsa-nya, mereka meniru sama persis bentuk mobil tersebut, untuk mengetahui teknik pembuatan mesin (sasis, dan banyak suku cadang masih menggunakan milik chevrolet) terutama teknik pengecoran yang sangat sulit dilakukan, mereka mencoba membuat dengan berbagai macam teknik dan akhirnya mampu membuat cetakan mesin, piston dan head silinder!! bahkan Takatoshi kepala divisi mobil harus pergi ke pabrik pembuatan mobil di amerika untuk meniru teknik pengecoran yang baik!!

SKIP>>>>SKIP>>

salah satu yang menarik adalah ternyata Toyota pertama kali menjual kendaraan bukanlah Mobil tapi truk, dan dibatasi hanya 6 biji dan dijual di lingkaran keluarga toyota yang terdekat hal ini untuk menghindari komplain yang berat, truk ini sangat jelek kualitas-nya dan bosok karena hampir tiap hari rusak!tapi toyota memberikan team servise khusus 24 jam untuk memperbaiki jika ada kerusakan! banyak orang jepang saat itu tidak tahu ,sehingga citra toyota sebagai mobil nasional yang bermutu tinggi tetap terjaga!dan memberikan kebanggaan bagi masyarakat jepang!

ternyata membuat mobil tidak semudah yang diperkirakan, Jepang sendiri memplagiat mentah-mentah mobil Amerika, serta berjuang untuk menguasai teknologi pembuatan mobil! masih banyak cerita seru didalam buku itu tapi tidak etis kalo madev beberkan semua-nya!

so beli aja buku-nya, tambah pengetahuan, daripada baca-baca berita hoax diportal berita abal-abal hehehe.

Monggo share komentarnya.

[arhives limit=20]

 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Roda 4, Suka-suka and tagged , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Komik Biografi Kiichiro Toyota ini layak dibeli!

  1. andhi_125 says:

    komik, secara visual lebih menarik, semoga meningkatkan minat baca yang kini makin menyedihkan

    Like

  2. Gangsar says:

    Menginspirasi orang untuk menciptakan produk sendiri, bagus juga kalau diterapkan pada kalangan masyarakat indonesia

    Like

  3. jemy lorasponelsar says:

    harga bukunya brp ? ada d gramedia ?

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s