Yahoo!Kehabisan nafas karena TIdak memiliki Visi!!

pertamina lubricants fix (1) (1)

haka jaya (1)

Kejadian Yahoo yang jatuh dan bangkrut yang akhirnya hanya dibeli Verizon sebesar 65triliun rupiah, menjadi Viral yang masif, bahkan ulasan mengenai Yahoo ini membanjiri Grup-grup bisnis, WA maupun social media Madev! Intinya Yahoo dikabarkan gagal berubah, dan mati kelam karena kurang berinovasi! lalu dibumbui dengan kata-kata Mujarab!

Change or Die!

SUNNYVALE, CA - JULY 17: The Yahoo logo is displayed in front of the Yahoo headqarters on July 17, 2012 in Sunnyvale, California. Yahoo will report Q2 earnings one day after former Google executive Marissa Mayer was named as the new CEO. Photo by Justin Sullivan/Getty Images)

Logo Yahoo di markas besar mereka!

tapi apakah sesimple itu?? apakah Yahoo tidak berubah? tidak berinovasi? dari analisa madev kasus Yahoo tidaklah sesimple itu!

lalu apa yang sebenarnya terjadi?untuk menjawab hal ini, marilah kita flasback ke awal berdiri-nya yahoo. (yang bersumber dari buku Innovators karangan Walter Isaacson)

insight banner promo fix

Yahoo didirikan oleh dua orang mahasiswa Pascasarjana Stanford university (uniknya pendiri google yang merupakan kompetitor yang membunuh Yahoo juga merupakan mahasiswa standford) Jerry Yang dan David Flo.

Di tahun 1995 terjadi ledakan kemunculan situs web, diakhir tahun itu saja sudah terdapat 100 ribu situs web, perpaduan internet dan komputer menghasilkan sesuatu yang menakjubkan, orang siapa saja bisa membuat konten dan membagikannya di internet!

namun untuk memaksimalkan-nya dibutuhkan suatu alat untuk memudahkan orang-orang menemukan apa yang dibutuhkan (saat itu belum muncul ide alat pencari seperti google) nah Jerry Yang dan David Flo menyusun direktori situs-situs itu ke berbagai macam kategori yang relevan, misal Bisnis, pendidikan, dan hiburan.

Sehingga pengguna internet bisa menemukan situs yang sesuai dengan minat-nya

Pada akhir 1990-an Yahoo memutuskan melakukan innovasi dan merubah ide bisnis mereka ke Portal web, dan berekspansi!

Apakah Yahoo tidak berinovasi??oh tidak!! Yahoo gencar berinovasi dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan yang dianggap mampu memperkuat jaringan bisnis Yahoo.

madev kutip dari wikipedia…

Pada tanggal 8 Maret 1997, Yahoo mengakuisisi perusahaan komunikasi online Four11. Layanan webmail yang dimiliki oleh Four11, Rocketmail, diubah nama menjadi Yahoo! Mail. Yahoo juga mengakuisi ClassicGames.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Games pada tanggal 13 Maret 1998. Pada tanggal 8 Maret 1998, Yahoo meluncurkan Yahoo Pager, layanan pesan instan yang kemudian berubah nama menjadi Yahoo! Messenger setahun kemudian. Pada tanggal 28 Januari 1999, Yahoo mengakuisisi penyediaweb hosting GeoCities. Perusahaan lain yang diakuisisi oleh Yahoo adalah eGroups, yang kemudian menjadi Yahoo! Groups. Akuisisi perusahaan ini terjadi pada tanggal 28 Juni 2000.

Kemudian, untuk meningkatkan layanan pencariannya, Yahoo mengakuisi mesin pencari lainnya pada tahun 2002-an. Pada bulan Desember 2002, Yahoo mengakuisisi Inktomi Corporation. Pada bulan Juli 2003, Yahoo mengakuisi Overture Services. Inc dan anak perusahaan AltaVista dan AlltheWeb.

Overture merupakan perusahaan yang sukses menelorkan sistem iklan Adsense dan adwords pada google!yang membuat google kaya raya! dan ternyata justru mati ditangan Yahoo!

Pada tanggal 9 Juli 2004, Yahoo mengakuisisi penyedia layanan surat elektronik (email) Oddpost untuk menambah kemampuan Ajax pada Yahoo! Mail yang sudah ada.

Pada bulan Februari 2005, Yahoo mengakuisi Konfabulator dan mengganti namanya menjadi Yahoo! Widgets, sebuah aplikasi desktop.

Yahoo juga melakukan akuisisi untuk meningkatkan layanannya pada layanan Web 2.0. Yahoo! Launchcast menjadi Yahoo! Music pada 9 Februari 2005. Pada tanggal 20 Maret 2005, Yahoo membeli layanan berbagi foto, Flickr. Pada tanggal 29 Maret 2005, perusahaan ini meluncurkan layanan blogging dan jaringan sosial Yahoo! 360°. Pada bulan Juni 2005, Yahoo mengakuisisi blo.gs, layanan berdasarkan agregasi RSS feed. Yahoo! kemudian membeli kalender acara sosial online Upcoming.org pada 4 Oktober 2005. Yahoo juga mengakuisisi del.icio.us pada tanggal 9 Oktober 2005 dan kemudian toko musik online Webjay pada 9 Januari 2006 yang akhirnya menjadi Yahoo! Music.

Pada tanggal 17 Januari 2006, Yahoo mengakuisisi SearchFox, sebuah web mesin pencari, untuk menyempurnakan Yahoo! Search. Pada tanggal 27 September 2006, Yahoo mengakuisisi Jumpcut.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Video. Kemudian, pada tanggal 17 November 2006, Kenet Works pun diakusisi oleh Yahoo untuk membuat Yahoo! Mobile. Pada 29 April 2007 Yahoo mengakusisi Right Media sebuah penyedia jasa link bisnis iklan online, yang kemudian berganti nama menjadi Yahoo! Search Marketing. Pada tanggal 14 September 2007, BuzzTracker pun diakusisi demi menciptakan Yahoo! News. Belum puas dengan layanannya, Yahoo mengakuisi Maven Networks dan Xoopit, masing-masing untuk meningkatkan pelayanan Yahoo! Video dan Yahoo! Mail. Koprol, sebuah jejaring sosial asli Indonesia pun tidak luput dari perhatian Yahoo. Pada tanggal 25 Mei 2010, Koprol diakuisisi oleh Yahoo. tapi akhirnya ditutup Yahoo karena mereka ingin fokus sebagai perusahaan teknologi media.

Pada 17 Mei 2013, yahoo mengakuisisi Tumblr, yang merupakan perusahaan penyedia jasa BLogging, mungkin untuk menandingi Blogger milik Google.

Bahkan pada awal tahun ini, Yahoo mendirikan perusahaan baru bernama Animist Systems, LLC yang bergerak dibidang Syaraf buatan! dan menggelontorkan nilai dana sebesar 40 milyar dolar!

(list akuisisi lengkapnya disini)

Dari sini kita bisa lihat bahwa Yahoo mati bukan karena tidak berinovasi!! Mereka tidak punya VISI yang jelas, dan gamang dengan DNA Brand mereka! mereka merasakan krisis identitas! perusahaan apakah mereka, News?mail?atau search enggine?

Saat banting setir ke perusahaan media bukan lagi teknologi pada 2007, disitulah awal kehancuran mereka! so walaupun Google, Facebook kedua raksasa ituyang sempat ditawarkan ke Yahoo akhirnya jadi dibeli, madev yakin tidak akan membuat Yahoo besar, malah mungkin justru google dan Facebook akan bernasib seperti Koprol situs jejaring sosial asli indonesia yang disuntik mati!

Hal ini diamini oleh pendiri Google sendiri yaitu Larry Page, mereka sempat menawarkan Google kepada Yahoo hanya sekitar 1juta dolar, angka yang sangat murah karena menyangkut Hak paten dan jasa kedua pendiri Google, tapi mereka menolak padahal yahoo memiliki nilai 125 miliar dolar pada masa jayanya ditahun 2000,hal ini karena petinggi Yahoo tidak memiliki Visi, dan mengangap mesin pencari tidaklah penting!!

Madev jadi teringat Kata salah satu master marketing Bro SAS yang dulunya sering komentar (sekarang dimana ya bos satu ini hehe), yang mengatakan.

dalam berinovasi juga mesti berhati-hati! karena jangan sampai Inovasi kita justru menguntungkan kompetitor, dan merugikan kita! dan tidak tepat sasaran serta market..

Dan itulah yang terjadi dengan Yahoo! begitu banyak Inovasi yang dilakukan, perubahan-perubahan radikal yang dilakukan, tapi tanpa Visi yang jelas, seperti apa Industri Teknologi kedepannya, Raksasa itu Akhirnya mati dengan mengenaskan!

Berbeda dengan google yang sangat visioner dalam memandang masa depan! dan mampu meramu strategi iklan mereka ingat yang terutama dalam hal ini Iklan!! inilah yang membuat Google dan Facebook bergelimpangan harta!

Monggo share komentarnya.

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in gadget, Marketing and tagged . Bookmark the permalink.

11 Responses to Yahoo!Kehabisan nafas karena TIdak memiliki Visi!!

  1. karena google visinya tetap mesin pencari

    Like

  2. gilaroda2ga says:

    Gak minum Aqua sih…

    Liked by 1 person

  3. mbah_anom says:

    ada pabrikan yang banyak berinovasi, tapi malah hancur karena gak punya visi yg jelas, entah mau fokus di R2 atau R4…
    apa ya namanya lupa lagi 😆

    Like

    • mariodevan says:

      Hehehe duh saya juga mndadak amnesia wkwkwk…

      Fokus R2 atau R4 boleh2 saja seperti Honda, hanya saja visi perusahaan harus jelas, selaras dengan brand DNA…

      Honda jelas visinya menciptakan kendaraan irit! Dan memiliki kenyamanan serta fungsionalitas tnggi! Tercermin dri produk-produkny

      Jangan mlah galau kompetitor bkin ini ikut, ini ikut, pdhal sa ketingaln start…

      Like

  4. RevvingRuby says:

    kalau yang dari eksternal, android jadi salahsatu biang terbesar ambruknya yahoo terutama di divisi email

    Begitu masuk android langsung suruh pakai akun google (gmail), atau bikin akun gmail
    Abis itu kemudahan2 datang ke user android yang terhubung dengan akun google

    user dipaksa secara halus memakai gmail

    Like

    • mariodevan says:

      Yup visi google memang jelas…. Smuanya mesti terhubung…. Dengan produk2nya…

      Tapi google juga bnyak yg mati aplikasinya, sperti hangout, dan gogle plus yg gagal berkembang…..

      Like

  5. Hehehee says:

    Seperti Yamaha kehabisan nafas digebuki Honda😁😁😁😁

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s