Keren! Mahasiswa Belanda Ciptakan Mobil Dari Gula

 

Ada temuan menarik nih friend’s dari tim mahasiswa asal Belanda, para mahasiswa dari Eindhoven University of Technology ini mampu membuat mobil listrik pertama di dunia dengan bahan biodegradable. Berbahan dasar limbah, mobil ini terbuat dari gula dan rami (tumbuhan yang mirip kapas).

Dilansir Sky, mobil bernama Lina tersebut mampu mengangkut empat penumpang sekaligus, dengan kecepatan maksimal 80 km/jam. Penemuan semacam ini jadi gebrakan baru dalam industri otomotif dunia.

Seperti yang kita tahu, semua negara lagi mendengungkan pengurangan emisi melalui berbagai inovasi teknologi, apalagi di berbagai negara maju yang sudah memberlakukan aturan super ketat untuk regulasi otomotif.

Itu sebabnya biodegradable jadi inovasi yang patut dikembangkan. Biodegradable sendiri adalah istilah lain dari limbah atau zat yang bisa rusak, membusuk, atau terurai oleh bakteri, jamur, dan mikroorganisme lain. Banyak yang bilang kalau zat ini adalah solusi dari beragam masalah lingkungan, terutama yang dihasilkan oleh produk berbasis plastik maupun tumbuhan.

Hanya mesin, suspensi, dan ban saja yang tidak memakai material “bio”. Meski begitu, mobil ini menggunakan motor listrik sebagai penggerak, karena tidak mengeluarkan emisi mobil Lina dikategorikan sebagai teknologi ramah lingkungan.

Material bio-nya sendiri dikabarkan punya rasio kekuatan berat yang enggak beda jauh dengan fiberglass. Dengan bobot yang cuma 310 kg.

Walau begitu, Lina belum bisa menggantikan mobil biasa untuk dipakai berkendara sehari-hari, karena Lina belum mengantongi hasil tes tabrak, tes ini pun dirasa cukup sulit didapatkan karena Lina terbuat dari bahan biodegradable yang bisa pecah jika mengalami benturan. Walau cukup ramah lingkungan, Lina belum sepenuhnya aman dikendarai. Namun tim percaya masalah tersebut bisa diatasi dalam lima tahun ke depan.

Sumber : Liputan6.com

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

indonesian talent

 

Advertisements
This entry was posted in Roda 4 and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Keren! Mahasiswa Belanda Ciptakan Mobil Dari Gula

  1. Panji says:

    Ada mobil…ada semut

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s