Kawasaki All New Ninja 250 resmi hadir menyapa Surabaya!(Review, spesifikasi dan harga)

Halo friends apa kabarnya hari ini? hari jumat kemarin tanggal 8 Desember 2017, PT surapita unitrans selaku main dealer kawasaki Jatim memperkenalkan Motor-motor terbarunya yaitu W175 dan Ninja 250!

seperti yang kita ketahui Kawasaki memang mirip-mirip dengan Yamaha, suka masuk ke segment-segment baru yang belum digarap oleh kompetitor! Ninja sendiri sudah hampir 10tahun hadir di Indonesia! pada 2008 pertama kalinya hadir dimana yang lain masih asyik bermain dengan sport 200cc kebawah! dan diperjalanannya brand Ninja menjadi sangat melekat dibenak masyarakat sebagai motor sport premium paling kece!

bahkan ada berbagai lagu yang dibuat untuk menggambarkan “keresahan” terhadap motor ninja ini, seperti lagu Via Vallen, Yen ra Ninja ra oleh dicinta, bagaimana seorang wanita dinasihati mamanya, kalo motor pasangannya bukan ninja gak boleh dicinta, trus nasib cowok2 bermatic kayak madev gimana? hahahaha

Oke back to kawasaki di Jatim! tidak mau imagenya digoyang oleh kompetitor yang mulai bermain disegment ini, Kawasaki pun meluncurkan motor terbarunya kawasaki Ninja 250 ini dengan model yang benar-benar baru! ternyata bukan hanya desain baru tapi mulai dari Sasis dan Mesin juga baru!

pada sesi press conference, dijelaskan bagaimana mesin baru Ninja 250 ini mengalami peningkatan yang luar biasa daripada model baru, secara tampilan mesin-nya memang terlihat dimensi lebih kecil,ringan dan compact, tapi…. dengan mesin yang lebih kecil ini semburan tenaganya jauh melebihi ninja lama, peningkatannya hingga 7 PS,  kini ninja baru punya semburan tenaga hingga 39PS/12,500RPM menjadikan Ninja ini punya power terbuas dikelasnya, yang bisa membuat Ninja ini mampu bersaing dengan CBR 250rr, tapi ada satu keunggulan dari ninja ini dibandingkan dengan CBR, apa itu? pada sisi teknologi koplingnya yang sudah memakai Assist&Slipper Clutch, membuat kopling lebih ringan hingga 20%, madev memang belum test ride ninja ini, tapi madev pernah test motor lain seperti R15, memang slipper clutch ini sangat asyik, aplagi dijalur perkotaan yang butuh stop and go, yang kadang-kadang terjadi kejadian tak terduga sehingga kita perlu mengurangi gas dan gigi dengan cepat dan tiba-tiba, slipper clutch ini sangat berguna untuk mencegah roda belakang melompat!

Itu dari segi mesin, lalu sasisnya bagaimana? seperti yang kita ketahui sasis inilah yang menjadi kelemahan pada Ninja lama, yang masih menggunakan sasis underbone, kini ninja terbaru sudah pakai sasis twinspar, atau bahasa kerennya tuh sasis tralis, mirip dengan kompetitornya lah, tapi secara desain meniru sasis ninja H2, dengan sasis baru ini bobot berhasil dipangkas, power lebih besar sasis lebih ringan, dan tentu diajak cornering bakalan lebih stabil! Motor ini memang bisa meminjam tagline dari KTM “ready to race”

akibat sasis baru ini, ada ruang kosong dibawah tangki yang dimanfaatkan kawasaki untuk menaruh box filternya, dan box filternya punya kapasitas lebih besar, kapasitas lebih besar udara yang masuk lebih banyak, sehingga mencukupi kebutuhan mesin yang tentu membutuhkan udara lebih banyak!

salah satu kelebihan yang jadi catatan madev adalah pada isu panas, seperti kita ketahui seperti CBR 250rr panas yang keluar pada mesin “cukup” terasa pada pengemudi dibandingkan ninja lama, dan ternyata isu ini juga menjadi perhatian kawasaki dalam mengembangkan Ninja terbaru ini, mesin baru, power lebih besar tentu menghasilkan panas yang lebih dari yang lama, untuk itu kawasaki merancang Kipas radiator dengan penutup baru, yang mampu mengalirkan panas mesin menjauh dari pengendara, sehingga tentu lebih nyaman dalam berkendara! apakah benar?? ya nanti butuh pembuktian, yang sudah punya Ninja terbaru bisa koment ya friends, madev belum diberi kesempatan untuk test ride hehehe!

Secara tampilan memang cukup banyak perubahaannya desain baru, ada gaya seperti winglet pada bagian depannya, lampu LED depan belakang, dan shok depan lebih besar 41mm walaupun masih teleskopik, soal kenapa masih pakai teleskopik tentu friends sudah tahu jawabannya, selain faktor harga, Ninja ini dibuat untuk menjadi produk global, dimana dipasar global shok USD bukan menjadi faktor utama, tidak seperti market asia tenggara yang sangat “lapar mata”, kawasaki menjamin shok teleskopik masih cukup mumpuni apalagi sport2 500cc juga sebenarnya masih pada pakai shok teleskopik dan itu tidak masalah! ninja 300pun dengan teleskopiknya masih menjadi motor dengan penjualan terbaik dikelasnya dipasar global!

Kawasaki memperkenalkan Ninja terbarunya ini dengan 4 pilihan, versi standart, versi spesial edition (hijau yang punya striping seperti milik juara WSBK Jonathan Rea) dan versi ABS special editon, yang terakhir adalah versi ABS Spesial edition, yang memakai stiripng MDB (magnetic colour) striping ini cukup istimewa karena mampu memberikan tampilan dengan efek 3 dimensi, sayang pada saat perkenalan unit ini tidak ada, madev jadi penasaran karena tidak melihat sendiri!

harganya sendiri OTR Jatim, 64,970 (standart), 67,630 (SE), 74,780 (ABS SE), 75,330 (ABS SE MDP)

Sampai detik ini, penjualan Ninja masihlah yang terbaik dibandingkan kompetitornya, dengan ninja baru ini, madev rasa ninja masih akan jadi pemimpin pasar dikelasnya, monggo share komentarnya friends!

bisa diputar video singkatnya dibawah ini

Spesifikasi ninja 250
FRAME
Suspensi Depan 41 mm telescopic fork
Suspensi Belakang Bottom-Link Uni-Trak, gas-charged shock with adjustable preload
Rem Depan Single semi-floating 310 mm petal disc
Rem Belakang Single 220 mm petal disc
Ban Depan 110/70-17 M/C 54H
Ban Belakang 140/70-17 M/C 66H
Panjang x Lebar x Tinggi 1,990 x 710 x 1,125 mm
Jarak Poros Roda 1,370 mm
Jarak ke Tanah 145 mm
Berat 164 kg
Kapasitas Bensin 14 litres
ENGINE
Tipe Liquid-cooled, 4-stroke Parallel Twin
Maksimum Power 28.5 kW {39 PS} / 12,500 rpm
Torsi Maksimum 23.5 N.m {2.4 kgf.m} / 10,000 rpm
Diameter x Langkah 62.0 x 41.2 mm
Volume Silinder 249 cc
Valve System DOHC, 8 valves
Sistem Bahan Bakar Fuel injection: 32 mm x 2
Sistem Pengapian Digital
Perbandingan Kompresi 11.6:1
DRIVETRAIN
Jumlah Transmisi 6-speed, return shift
Primary Reduction Ratio 3.069 (89/29)
Final Reduction Ratio 2.857 (40/14)
Tipe System Final Drive Chain

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in moladin_motor, Motor and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s