Covid dan masa depan industri otomotif!?

Biasanya closing satu itu biasa, sekarang itu alhamdulilah mas… yup curhatan Teman-teman sales sperti ini sekarang sering madev dengar, pandemik Global Covid ini memang memukul hampir seluruh sektor industri, tapi ternyata justru ada bebarapa sektor yang panen, dan tumbuh… seperti beberapa lini bisnis madev, yang bergerak di bidang Jasa pendidikan maupun yang kuat didigital justru tumbuh luar biasa!

lalu bagaimana dengan industri Otomotif? kalau mau lihat penjualan motor memang tidak lepas dari kondisi ekonomi secara nasional, tingkat inflasi dan daya beli masyarakat! beberapa daerah bahkan mengkabarkan terjadi penurunan memang pemerintah sudah melakukan beberapa stimulus untuk meredam dampak…

https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/04/20/stimulus-ekonomi-meredam-gejolak-covid-19/

tapi tentu saja pemikiran masyarakat untuk membeli kendaraan bermotor menjadi turun jauh, dengan pembatasan aktifitas! dan juga ketidakpastian, masyarakat akan lebih memilih untuk menunda pembelian dan menabung terlebih dahulu! bahkan melengkapi dahulu kebutuhan-kebutuhan dasar mereka seperti makanan!

efek PHK juga sudah mulai menghantui bukan hanya kelas bawah, tapi sudah menyeret kelas menengah, teman-teman madev cukup banyak yang terkena penyesuaian gaji yang drastis, dan bahkan dirumahkan! untuk itulah madev selalu concern agar tidak mengandalkan pendapatan hanya dari satu sumber saja!

dari data Shifts in the Low Touch Economy, boardofinnovation.com/low-touch-economy menyatakan bahwasanya otomotif termasuk area bisnis yang sangat mendapatkan dampak tinggi akibat pandemi ini! bersama-sama dengan industri tourism, olahraga dan musik.

lalu apa yang bisa dilakukan industri Otomotif?? pengurangan produksi tentu menjadi satu hal penting, selain itu perlu dilakukan hitung-hitungan ulang lagi mengenai target dan plan, sambil siap-siap mempersiapkan planning saat pandemi berakhir dan recovery dimulai!

Dunia Digital, big data menjadi suatu yang harus segera dikembangkan saat ini, pembelian melalui online, manajemen konsumen menggunakan big data akan membuat kerja perusahaan lebih efektif!

Lalu bagaimana ditataran Sales? saya justru mengundang teman-teman bergerak bersama membantu orang-orang sekitar, misal ada keahlian bikin konten instagram, atau memiliki keahlian lebih berjualan digital bisa bantu konsumen-konsumennya untuk diajarin agar mampu berjualan online juga, jika memang punya usaha, bisnis atau apapun itu!

Lho kok mas, dimasa susah gini malah disuruh kerja sosial pie toh? yup justru itu, dimasa sekarang mau berusaha sebagaimana kuatnya juga akan percuma, karena memang market tau kebutuhannya tidak butuh beli kendaraan saat ini! justru dengan melakukan hal-hal itu, maka konsumen-konsumen kalian akan merasa terbantu, dan saat sudah melalui krisis tentu siapa yang akan diingat pertama kali? tentu kalian kan??

Untuk itulah segara buka kembali lembaran database konsumen-konsumen yang sudah beli produk di anda dan tawarkan bantuan! semoga kita semua bisa segera terlepas dari pandemi ini bersama… AMIN…..

Bagi friends yang mau mendapatkan informasi lebih cepat dari madev bisa follow instagram madev dan melihat insta story yang updated langsung saja kesini Instagram : mariodevan  Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor and tagged , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Covid dan masa depan industri otomotif!?

  1. 3835info says:

    Semoga segera berakhir nih pandemi, Iya ya industri otomotif paling besar ternyata berdampak mulai dari produksi dan penjualan, apalagi ada anjuran di rumah aja.

    Like

  2. rudyasmandara says:

    Yang menjadi prioritas sekarang ini adalah bagaimana kebutuhan makanan sehari hari terpenuhi dahulu….mudah mudahan situasi segera normal kembali

    Like

  3. Paragraf terakhir… inti dari segala inti… juos….
    Welkambek makhluk terlanjur ganteng 😝

    Like

  4. andikadiego says:

    Covid-19 momok yang menakutkan bagi manusia, dampaknya ke berbagai sektor perekonomian

    Like

    • sama virusnya mungkin gak terlalu menakutkan, yang dikhawatirkan justru atas kebijakan-kebijakan pemerintah soal penanganan pandemi ini terkesan ngasal, efeknya cuman merugikan rakyat kecil

      Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s