Behind The Scene rancang bangun Jupiter Z1

Seperti yang sudah saya ceritakan disini (link) bahwa perancang dari Jupiter Z1 dan M1 adalah orang yang sama yaitu Mr Takeda, pada press conference yang kemarin dijelaskan juga latar belakang dan history dari Mr Takeda ini, dijabarkan setelah Mr Takeda bergabung dengan Yamaha beliau langsung diserahkan tugas untuk merangcang R6 yang terkenal lewat desainnya yang aduhai pada tahun 1999, dan pada tahun 2004 beliau mengembangkan R1 dan M1, yang pada saat itu M1 dengan Rossi berusaha membuat M1 menjadi kompetitif, saat itu M1 salah satu motor yang menggunakan mesin bertipe Inline, dan berusaha memecahkan mitos bahwa mesin inline tidak mampu berbuat banyak melawan mesin V yang umum digunakan saat itu.


Filosofi yang digunakan saat merancang mesin inilah yang digunakan untuk merancang Jupiter Z1, sekali lagi Yamaha berusaha mematahkan mitos mengenai Mesin overstroke yang beredar dimasyarakat, bahwa Mesin Overstroke akan susah digunakan untuk balap di sirkuit pendek, dan akan kalah secara akselerasi dan power!

Tapi ternyata dengan kehadiran Jupiter Z1 keraguan itu menjadi hilang, sehingga power yang dihasilkan oleh motor ini sangat luar biasa, kabarnya untuk mengurangi gesekan atau hambatan udara, Jupiter Z1 sampai dirancang melewati lubang angin, dan juga dengan teknologi thermal untuk mengetahui titik panas sehingga dalam merancang pendinginan bisa maksimal, sesuatu hal yang belum pernah dilakukan pabrikan lain untuk mesin dengan cc kecil.

Dikabarkan Mr Takeda mendapatkan 3 tugas utama dalam merancang Jupiter Z1 yang pertama adalah Motor Harus Lebih kencang dan siap turun di kejuaraan balap, Lebih bertenaga, tapi tetap harus irit, lalu apa saja rahasia dari mesin Jupiter Z1 yang mampu menyemburkan Power sampai 10 PS, yah buat lawan bebek 125 kompetitor mah enteng :p nanti akan saya ulas di artikel berikutnya.

Klik gambar untuk memperbesar :

Recent post

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor. Bookmark the permalink.

13 Responses to Behind The Scene rancang bangun Jupiter Z1

  1. Jaka says:

    nice informasinya gan,, 🙂

    Like

  2. gesang86 says:

    Titip juga ach… 😀

    >>> http://goo.gl/NjZdK

    Like

  3. kalimalang rider says:

    sampe segitunya..lebay bangeedd neh yamaha..

    Like

  4. Pingback: Kupas teknologi Mesin Jupiter Z1! « mario devan Blog's

  5. yudelaww says:

    new vixion yang merancang siapa kang, kok bentuk e aneh sepeti nyontek NMP

    Like

Coment gratis :D