Kupas teknologi Mesin Jupiter Z1!

Melanjutkan artikel Behind the Scene rancang bangun Jupiter Z1 disini (link) bagaimana Yamaha harus membuat Jupiter Z1 ini memiliki performa yang mumpuni, Tapi tetap harus Irit dan harganya tidak melonjak jauh, yang jadi fokus Yamaha ini adalah mesin dari Jupiter Z1 ini yang dirancang sedemikian rupa agar menjadi bertenaga dan efisien.

Walaupun cc masih sama, tapi mesinnya berubah total dan diklaim lebih kencang dan irit 20%, terlihat dari gambar dibawah bagaimana mesin Jupiter Z1 memiliki power yang sangat besar, ingin tahu apa saja rahasianya? ternyata Yamaha tidak malu-malu untuk mengupas tuntas teknologinya.

Fokus utama Yamaha adalah pada Power, bagaimana menyetting agar Jupiter Z1 memiliki Power yang maksimal, pertama lewat Suply pemasukan baik udara maupun bensin yang akan dicampur pada ruang bakar, Pengantar/converter dari Power, Sistem Transmisinya, dan yang terakhir adalah sistem Fuel Injectionnya yang sudah menggunakan 33 Pin ECU menjadi salah satu Sistem FI yang tercanggih.

Yamaha merancang Jupiter Z1 agar mampu mengurangi hambatan saat udara akan masuk ke mesin, dengan rancang bangun yang lurus dan kurang lekukan akan mampu membuat udara lebih cepat masuk ke ruang mesin.

Selanjutnya adalah mengoptimalkan bagian kepala cylinder yang merupakan bagian penting dari mesin, sudut kemiringan valve diatur kembali agar mendapatkan hasil pembakaran yang optimal, lalu diameter valve yang dibuat lebih besar, agar lebih maksimal, lalu tentu saja sudah menggunakan Roller rocker arm.

Selanjutnya adalah pada bagian pengantar/konverter yang dirancang lebih kuat dan bertenaga, menggunakan teknologi Forged piston, sudah tidak perlu dijelaskan deh kekuatan teknologi ini :mrgreen: menggunakan Ring piston yang lebih ringan, dan juga sudah disematkannya teknologi YZ Crank teknologi inilah yang memungkinkan motor Jupiter Z1 walaupun bertipe overstroke tapi memiliki Power dan Torsi yang sangat besar!

Semoga berguna Infonya

Recent post

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor. Bookmark the permalink.

4 Responses to Kupas teknologi Mesin Jupiter Z1!

  1. Pingback: Test Ride New Jupiter Z1 « mario devan Blog's

Coment gratis :D