Strategi Honda 2014 “Kill Yamaha!”

Wuih membaca judulnya memang agak serem, tapi itulah kenyataan yang terjadi, berawal dari perbincangan MD blog dengan salah satu kawan lama+Mentor, maka terjadilah pembicaraan seru, apalagi kalo bukan soal Roda dua, dan pembicaraanpun mengerucut ke Honda Vs Yamaha, beliau membuka sedikit strategi pabrikan, salah satunya strategi Honda yang punya Moto Kill Yamaha! hal ini diperkuat setelah beberapa saat Mind Genesis juga menulis hal yang sama (link)

New Megapro FI

Seharusnya tulisan ini sudah MD blog sajikan awal tahun lalu, tapi tidak apa-apalah, tahun 2014 kan masih 10 bulan lagi hehehe.

Dengan strategi Honda yang serem itu, tentu target utamanya adalah Yamaha, Honda akan berusaha melumpuhkan semua aspek kekuatan Yamaha, apa saja yang akan Honda fokuskan pada serangan pamungkas ini, setidaknya ada 3 point yang MD blog catat.

wpid-New-V-Ixion-Red-Lightning.png

1. Kill Yamaha motorsport

inilah pertahanan terakhir Yamaha, dan dari trend data penjualan kelas sport, selalu menunjukkan kenaikan terutama premium bike, pasar matic saat ini justru stagnan, dan moped mulai tergerus sedikit demi sedikit, Honda tidak langsung fokus di kelas premium bike, tapi dia lebih suka fokus dari kelas bawah Daily Motorsport yang terbukti strategi ini telah berhasil di segment matic dimana mereka menang absolute, bahkan premium matic mereka tak terkejar.

Disini Yamaha Vixion begitu perkasanya, dengan penjualan lebih dari 25ribu perbulan, strategi mencari Vixion Killer begitu sulit dilakukan, tapi sepertinya Honda sudah tidak tertarik mencari Vixion Killer, mereka lebih tertarik membunuh Vixion dengan menumpuk kekuatan motor serupa, terhitung sudah ada 3 macam model yang ditawarkan, CB150R, Verza, dan yang terbaru New MEgapro injeksi, ketiga motor ini memiliki spesifikasi dan target market yang sangat berbeda, diatur sedemikian rupa dengan cerdik, sehingga tidak saling tumpang tindih, strategi yang ciamik, rapi dan efektif, bisa kita lihat efektifnya strategi ini di segment matic juga, sebaliknya Yamaha justru kocar-kacir, gak karu-karuan dengan trio GT, maupun keluarga Mio, ada Mio GT, ada SOul GT yang awalnya untuk matic lelaki, sekarang berubah jadi  matic untuk segment GT (maksudte GT kui opo seh, ra mudeng), ada Mio FIno, Xeon GT..dengan fitur yang serupa, dan model yang hampir serupa, komunikasi brand yang ingin disampaikan tidak tertangkap.. maunya apa sih??gak jelas hehehe

Yamaha GT 125 model

strategi honda ini sudah nampak menjanjikan, bagaimana di bulan januari secara total share Honda unggul tipis dengan Yamaha, sebaliknya Yamaha yang hanya mengandalkan Vixion tampak tak berdaya, tapi Yamaha juga tidak tinggal diam, dengan rencana meluncurkan Sport entry level, mereka mencoba bertahan, belum lagi R15 yang digadang-gadang harganya akan terjangkau, dengan strategi yang baik Yamaha mungkin akan mampu bertahan, dan Honda harus berhitung lebih cermat lagi.

2. Kill Comunity/potential buyer

Kekuatan Komunitas saat ini sangatlah besar, dari komunitaslah senjata utama marketing word of mouth atau strategi mulut ke mulut meluncur, marketing ini sangat efektif tapi sangat juga liar, susah dikontrol, dan memiliki tinggkat resistensi yang tinggi, saat ini jika kita ingin membeli suatu kendaraan, kita akan bertanya dengan sales dan juga teman/kerabat/istri/anak kita, komunikasi dengan sales, biasanya hanya sebatas urusan administrasi, harga, bonus, diskon dll, tapi pengambilan keputusan ditentukan oleh orang-orang dekat kita, dari sinilah strategi Word of Mouth itu meluncur, dan coba kita survei anak komunitas itu, biasanya kerabat mereka pun menggunakan kendaraan yang memiliki merk yang sama, jika pun tidak berarti memang brand itu tidak memiliki produk yang dibutuhkan dia, misal Yamaha belum memiliki sport 250 cc, jadinya mereka lari ke Ninja, dll.

Rombongan CIty Touring Yamaha GT 125

Meskipun ini faktor yang paling efektif, Yamaha sepertinya masih separuh hati disini, Budget promosi masih terlalu kecil buat mendukung komunitas, Vixion besar karena komunitasnya yang sangat banyak bisa mencapai ratusan di tiap kota, inilah kekuatan Yamaha, mereka mempunyai komunitas yang kuat dan jaringan yang besar. Tapi sayang sekali perlakuan komunitas antara Honda dan Yamaha bagaikan langit dan bumi hehehe, kalo friends pernah masuk komunitas masing-masing klub pasti tahu, dan Honda telah memiliki strategi khusus untuk masuk ke komunitas Yamaha, apa itu?? (rahasia hehehe)

3. Price War

Inilah strategi yang sangat ditakutin, dengan kemampuan finansial Honda, hal ini bisa dilakukan dengan sangat efektif, memaksa Yamaha mengikuti permainan Harga, sampai kehabisan nafas, bagaimana hal ini dilakukan secara Price list memang sudah ada ketetapan, tapi Honda akan memberikan insentif-insentif khusus, misal dari dealer sendiri, dari main dealer sendiri, dan tentu saja dari leasing, kekuatan leasing Honda juga cukup kuat, mereka tidak segan-segan memberikan diskon yang tinggi.

Honda Verza White Edition

Permainan bundling hadiah juga akan menjadi cara jitu memikat konsumen, jadi saat inilah waktu yang tepat buat beli motor, diantara price war yang dilakukan, konsumenlah yang diuntungkan hehehe.

Oke friends demikian info yang bisa MD blog share, misalnya ada tambahan, atau kritik, atau mungkin koreksi silahhkan…

baca juga ya sob

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor. Bookmark the permalink.

46 Responses to Strategi Honda 2014 “Kill Yamaha!”

  1. potretbikers says:

    Strategi dari duku kan begini, saling bunuh….**Echh :mrgreen:

    Like

  2. Kobayogas says:

    Mirip sama Yoyoda yang bikin Kill Ertiga sekarang Kill Mobilio… Seneng deh gw liat xeniavanza kelabakan wakakakka… Karena apa? Mereka akan membuat produk menjadi lebih baik, gak seenak udelnya.

    http://kobayogas.com/2014/02/21/pojok-desain-kawasaki-ninja-rr-mono/

    Like

  3. blade-in says:

    Sungguh konyol skalee kalau ternyata YIMM gak bisa membaca strategi AHM ini. Mau bukti? Strategi AHM membunuh sport YIMM dengan menggerusnya di level paling bawah, sementara YIMM meresponnya dengan membrojolin sport level atas. Di sinilah cerdasnya AHM. Mereka sudah riset, motor sport entry level peminatnya jauh lebih banyak dari premium level, walaupun masih di bawah kelas menengah (CB-NVL). Makanya tanpa diduga oleh YIMM, saat brojolin CB150R, mereka brojolin juga senjata sesunguhnya… Verza! Hasilnya? Bikin YIMM blingsatan! 10-14.000 unit per bulan adalah jumlah yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Jumlah yang tak mungkin bisa dilewati oleh gabungan R15-R25 sekalipun! Strategi YIMM pun akhirnya gamang! Sport murah yang katanya gak bakal dibuat …. akhirnya, seperti kita tahu ….. YIMM terpaksa “jilat ludah sendiri lagi!” (Harus kita akui, RnD YIMM ternyata kalah cerdas sama RnD AHM)

    Like

  4. agoey says:

    Honda itu jor-joran di marketing… para salesnya lebih kepada menawarkan harga dan diskon dan subsidi ini itu, bukan pada keleihan dan fitur2 yang dimiliki si produk… apalagi penjulan 90 % adalah kredit, maka marketing honda juga jor-joran kepada leasing-leasing buat bantu naikin jualan.. kenapa ane tau? karena ane pernah bekerja dileasing..jadi tau strategi pemasaran merek Honda ma Yamaha untuk leasing….

    Like

    • mariodevan says:

      Sip.. memang ada rahasia umum leasing lbh suka suport honda…. sedangkn yamaha buat mnt suport susahnya stengah mati hihihihihi-kecuali leasingny sndri BAF

      Like

    • How to kill Honda says:

      hahaha kamu pernah kerja di leasing …honda 90% kredit ???? wkwkwkw…koq analisa kamu dangkal sekali yah ?? 😀 ..pantas kamu jadi mantan …ngak lulus

      leasing mana yang mau mengorbankan budgetnya untuk motor ngak laku ??? wkwkwkw …semua leasing mau untung sebesar2nya , ngak mau ambil resiko di perusahaan motor sakit …tuh lihat dealer2 yahomo bangkrut , ymki bubar ….ngurus diri sendiri aja ngak bisa….gua jadi leasing nehi banget troh uang gua di perusahaan bego gitu 😀

      Like

  5. dadot says:

    Kill Yamaha, tapi Honda udah ditebas duluan #eeehhhh 😆

    Like

  6. Kucluk says:

    Honda maunya semua merk pada mati semua biar dia jadi penguasa tunggal roda dua sak jagat.

    Like

    • Kucluk says:

      Msh bagus ada yamaha yang bisa ngerecokin pergerakan Honda. Apa jadinya kalau tak ada satu brand rodadua yang mampu melawan dominasi honda??

      Like

  7. Kucluk says:

    Dengan dana, SDM, planproduksi terbatas, etc.., yamaha msh lah bisa mengurangi ambisi dan kesombongan Honda.

    Like

  8. Kucluk says:

    Honda berharap nasib yamaha seperti motor Suzuki diIndonesia yang amblas kedasar jurang.

    Like

  9. Kotak spam says:

    Tuh si kucluk komen sendiri di repley sendiri

    belum pulih bener kok sudah boleh pulang gimana nih rsj iwan babaran…?!

    Like

  10. fncounter says:

    Efek menang motogp nih….. jadi PeDe….

    Like

  11. chakim92 says:

    honda lebih jeli melihat pasar

    Like

  12. arsyadkafabih says:

    Kyknya gak ada serunya klo cuma 1 merek, hrs ada motif biar lebih semangat bersaing, lucu kan kalau stagnan…,

    Like

  13. arsyadkafabih says:

    Buat honda jangan jumawa, buat yamaha jangan lengah !, bersaing sehat menjadi yang terbaik di hati nusantara

    Like

  14. dadang&dudung says:

    wah honda memang is the best

    Like

  15. b says:

    honda dn yamaha sling serang dgn mngeluarkan motor2 bru!! shingga ujung2nya jalan raya jakrta nmbah mcet..wkwkwkwkw! yg komen2 kynya blum kpikiran kstu ya hehehehe

    Like

    • mariodevan says:

      macet bagian dari resiko negara berkembang…
      selama transportasi publik tidak bagus ya bakalan semakin banyak pengguna motor…

      adakah trasnportasi lain yg lebih layak dan murah dari motor? selama jawabannya gak ada ya mari kita sama2 menikmati indahnya macet…

      IMHO hehehe

      Like

  16. FBH biasa says:

    Mudah2an Yamaha masih bisa melawan dengan effort luar biasa.
    Bahaya juga emang kl Honda terlalu mendominasi.. Bisa lambat inovasi dunia permotoran tanah air.karena tidak adanya kompetisi

    Like

  17. dodoy says:

    G’ ada yang bisa lawan Honda…selalu unggul..ayo blitz…lawan…xixi..

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s