Apa kabar Yamaha matic music Fest (YMMF)??enak jamanku toh?

Helo friends, kali ini madev mau share mengenai suatu event yang “dulunya” luar biasa Yamaha Matic Music Fest, jika friends masih ingat event ini sempat ramai diberitakan di blogsphere, bahkan blogger besar seperti TMC, Iwanbanaran, dan jagonya marketing Mygoldmachine sempat mengulas acara ini.

ymmf-adv

Dahsyatnya acara ini, bisa membuat acara ini banyak diliput blogger-blogger dan media, tanpa budget sedikitpun!!dahsyat kan??ini baru namanya viral marketing…

Untuk merefresh ingatan, madev mau cerita dulu dibalik kisah penciptaan acara ini, kebetulan madev juga salah satu yang dekat dengan event ini.

Di Jatim Yamaha ingin memenangkan hati para kawula muda, bukan rahasia umum saat ini para anak muda punya andil besar juga dalam penentuan pembelian suatu brand, brand yang kuat di benak para anak muda, bisa dipastikan penjualannya menjadi moncer, mau bukti? lihat saja Honda beat yang menjadi motor paling laris dimuka bumi indonesia dengan 2 juta unit ditahun 2014, monggo diperhatikan suporting promosi yang dimiliki oleh Honda Beat, DBL (event bola basket dari smp sampai SMA), Brand ambasador yang anak muda sekali di 2014 dengan Cherybelle, dan di 2015 ini dengan JKT48! dan juga warna iklan baik atl maupun btl yang anak muda.

Jadi masih berpikir pasar anak muda tidak berpengaruh??

Honda beat hadir dengan promosi yang sangat anak muda

Honda beat hadir dengan promosi yang sangat anak muda

oke Back to Topik, Keinginan Yamaha untuk membuat suatu event yang dahsyat dan mampu menjadi trend setter membuat konseptor event saat itu berpikir keras, Jika honda dengan DBL masuk diranah sport/olahraga, maka untuk mengunggulinya Yamaha memilih Musik, yang punya daya deterent gak kalah dengan olahraga.

Tapi event musik ini bukan hanya event musik biasa, karena Konseptor event ini Bpk. Wiyanto Sudjono (mentor madev nie hehehe) punya keinginan untuk memblending Event musik ini dengan Image Produk Yamaha, dan menjadi trendsetter, bukan mengikuti event yang berkembang, hal ini bisa dilihat dari event yang diikuti.

wiyanto-sudjono-ymmf-pic-event-concept-strategy-model

Friends bisa melihat dari ROle model konsep diatas, event ini bertujuan untuk memperkuat Image Produk di line up matic Yamaha di kala itu!!, Untuk memperkuat segment Yamaha Xeon yang diposisikan sebagai segment high end matic, Kami menggunakan kompetisi Boyband dan Girlband. sebagai catatan YMMF lah yang pertama menghadirkan kompetisi ini di tanah air mampu menjadi trendsetter, kemampuan visioner yang luar biasa dari pencipta event ini.

Lalu Untuk segment Yamaha Mio soul, diadakan kompetisi real musik atau kompetisi band untuk memperkuat tagline Free your soul. dan untuk memperkuat karakter Produk yamaha Mio yang fun, ceria, menyenangkan di segment Low end dilakukan kompetisi Lip sync (tepuk tangan lagi karena YMMF lah yang pertama mengadakan kompetisi Lip Sync secara profesional) selain itu diadakan juga dua kompetisi tambahan yaitu Cher dance dan battle dance, untuk menguatkan image Yamaha Matic secara keseluruhan, semuanya diberi Nama Yamaha Matic Musik Fest!

DOSA Yamaha Jatim!

Itulah YMMF di awal kemunculannya, sayang sekali YMMF yang sudah masuk di tahun keempatnya kehilangan Rohnya, namanya pun diganti menjadi Yamaha Mio Musik fest, melenceng jauh dari tujuan awalnya event ini dibuat, kompetisi yang ada tidak singkron dengan image produk Yamaha, yang menggelikan dalam promosinya diadakan rolling thunder motor R series, karepe opo toh??

Hal ini karena ditinggal para konseptornya, YMMF yang sekarang seperti konsep event musik biasa, yang diadakan oleh banyak perusahaan, yang bertujuan untuk mengumpulkan massa sebanyak mungkin, dan kemudian memasang material promosi sebanyak-banyaknya, menyebut itu sebagai branding!!dan kesuksesan eventnya hanya diukur dengan acara itu rame atau tidak!tanpa memberikan value lebih seperti YMMF versi pertama… 

New Konsep Yamaha Mio Matic  Fest

New Konsep Yamaha Mio Matic Fest

Tidak mengherankan walau sudah berjalan ditahun keempatnya gaung event ini tidak terdengar, kalah mentereng dengan DBL milik Honda, coba saja tanya ke anak muda usia sekolah di surabaya, dari 10 orang yang ditanya hampir semuanya menyebut DBL sebagai event terpopuler, satu orang saja yang menyebut YMMF saja sudah syukur (survei internal madev lewat bbm ke anak usia sekolah) sangat disayangkan padahal dalam pengadaan acaranya tergolong rapi dan megah.

di 2015 ini madev mendengar YMMF akan tetap dilakukan, Jika konsepnya seperti saat ini, buang-buang uang saja!!gegap sesaat tapi hilang tanpa menimbulkan branding kuat dibenak anak muda.

Come on Yamaha buat lagi donk event yang dahsat seperti itu??tapi apa emang bisa? kala para konseptor visioner itu pindah ke sekoci, meninggalkan kapal yang sedang karam?xixixixi

Monggo SHare komentarnya friends.

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , . Bookmark the permalink.

24 Responses to Apa kabar Yamaha matic music Fest (YMMF)??enak jamanku toh?

  1. java36 says:

    Ciyeee ciyeee

    Like

  2. SAS says:

    Dosa Yamaha Jatim, …daftarnya banyak… Terutama terhadap leasing dan dealers di bawah naungannya.

    Like

  3. bdt says:

    mata kuliah strategic management.

    dulu dikuliahi sama dosen org top mangement uniliver, plus punya konsultant management

    Like

  4. bdt says:

    sptny sekarang ymh sedang effesensi dgn cost adv.

    duitnya bisa buat tambahan R & D

    Like

  5. SAS says:

    Kira kira langkah apa yang sebaiknya Yamaha lakukan ? Langkah promosi apa yang tepat di saat kondisi dan cara promosi sudah salah langkah seperti ini?

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s