Akankah Satria FU tinggal kenangan?!!pasca hadirnya Honda Sonic Reborn dan Jupiter MX king?!

Kabar terbaru masuk ke telinga Madev, sekali lagi datang dari Honda, di awal tahun ini Honda memang sangat agresive, sepertinya melancarkan serangan penuh ke semua lini,bukan hanya roda dua tapi roda empatnya pun melakukan hal yang sama, masuk ke semua segment dan lini, serta merecoki sang penguasa pasar.

kali ini adalah Motor bebek super bermodel Ayago, yang kabarnya akan segera launching, kemungkinan bulan depan!! hal ini dikarenakan sudah adanya beberapa dealer yang mendapat undangan launching, hanya saja Honda kali ini sangat menutup rapat kehadiran produk barunya.

Satria FU150 white fighter

Seperti kita ketahui sang penguasa pasar di segment ini yaitu Susuki Satria FU, sudah cukup lama nyaman berada di niche produknya tersebut, praktis tanpa kompetitor, Honda CS1 yang sempat diluncurkan Honda gagal total, karena mindset konsumen terlanjur tertanam kuat dengan model FU ini! Jupiter MX bebek super dari Yamaha, yang sebentar lagi akan diupgrade ke 150cc tentu bukanlah lawan head to head Satria FU, mereka berdua bermain di pasar yang berbeda, walaupun singgungan market kedua produk tersebut tentu ada, dan besar!

Madev mungkin tidak memiliki data lengkap distribusi Suzuki, tapi madev yakin seiiring naiknya terus distribusi Jupiter MX, Satria FU tentu semakin kedodoran, sebagai contoh di bulan januari saja menurut data Aisi Jupiter MX bisa terdistribusi sebanyak 12.919 unit naik sekitar 30% dari bulan lalu! sedangkan total distribusi produk Suzuki hanya 11.679 unit!(madev tidak punya data berapa tepatnya satria FU) jadi tentu distribusi Suzuki FU kalah jauh dari Jupiter MX di bulan januari 2015 ini, walaupun ada kemungkinan Jupiter MX dipaksa untuk membuang barang lama, untuk menyambut hadirnya Jupiter MX king yang sebentar lagi juga akan hadir!

New Jupiter MX

berikut distribusi aisi januari 2015

– Honda 66,24% (340.329 unit )
– Yamaha 28,9% (148.566 unit)
– Suzuki 2,27% (11.679 unit)
– Kawasaki 2,15% (11.062 unit)
– TVS 0,42% (2.180 unit)

Back to Suzuki, kedepan Suzuki akan mendapatkan ujian yang sesungguhnya.

kehadiran Bebek super HOnda yang langsung Head to head, dan Juga munculnya Jupiter MX King!!

Suzuki tidak akan lagi bisa hanya bermain gonta-ganti striping, bahkan rencana untuk menginjeksikan FU juga akan percuma… kalo bisa dibilang sudah kalah 10 langkah wkwkwwk, lalu apakah suzuki hanya bisa pasrah saja??

Madev yakin di saat yang suliit tentu akan ada jalan keluar-nya juga.

dan jalan keluar bagi Satria FU tentu agak mirip dengan New Vixion Lightning yang sempat dijabarkan Mr. Wiyanto Sudjono disini (link)

Y memiliki keunggulan Future Oportunities Value dari posisi yg diraihnya saat ini dgn NVL. Artinya sebagai market leader memiliki kuasa dan pesona untuk menuntun presepsi sekaligus mengarahkan terbentuknya customer precieved value yg akan datang. Yg tentunya akan sedikit banyak dapat menggeser arah perpindahan market mainstream trend.

Sama seperti NVL Satria FU memiliki keunggulan karena sebagai penguasa pasar disegment ini, memiliki keuntungan untuk merubah mindset market dan membuat pasar melihat produk FU dengan kacamata yang berbeda!

Nah Honda akan menempatkan produknya langsung head to head dengan FU, memiliki kesamaan pada sisi desain dan tentu saja Mesin DOHC basis CB 150r akan head to head dengan DOHC satria FU, satu lagi HOnda sudah Injeksi!!keunggulan yang belum ada pada satria FU.

Suzuki Satria FU 2012 tidak ada perubahan berarti selama bertahun-tahun

Suzuki Satria FU 2012 tidak ada perubahan berarti selama bertahun-tahun

 

Untuk head to head secara langsung dengan Honda sama saja bunuh diri, Suzuki harus berani mengambil resiko untuk merubah produk kesayanganny itu ke market mainstream trend yang baru! resikonya memang sangat besar karena Suzuki sepertinya tidak memiliki persiapan bahkan sumber daya intelijen untuk membaca market dan pergerakan kompetitor! salah langkah, maka SUzuki roda dua akan tinggal kenangan!

berikut masukan madev untuuk Suzuki :

  1. Pecah Satria FU menjadi beberapa varian, mungkin dua atau tiga, hal ini untuk mengacaukan barisan serangan kompetitor, memecah varian bukan berarti hanya ganti striping dan headlamp saja, tapi serius mengeksplore target market yang akan disasar, yang bisa dipilih adalah market wanita, banyak sekali remaja putri yang menyukai motor ini, madev cukup kaget karena beberapa saudara maupun teman wanita putri justru menyebutkan satria FU sebagai motor idamannya, dan pasar ini belum cukup digarap serius, suzuki bisa masuk ke pasar ini dan mengambil keuntungan sebagai market leader (warna striping yang hard girly, safety ambiance/downgrade power, downgrade harga, dll) market racing, tidak bisa dibantahkan lagi para penyuka Satria FU adalah penyuka kecepatan, dengan memberikan beberapa pilihan Kit racing, desain lebih racing, dan minor change lainnya, pasar ini cukup empuk untuk dimasuki.
  2. Rubah cukup ekstrim desain FU, tapi tinggalkan desain FU lama untk pasar Wanita agar harga bisa lebih bersaing. salah satu keunggulan FU adalah pada desain, FU harus bisa mengeksplore keunggulannya ini, berevolusi tanpa meninggalkan garis desain FU lama, evolusi bukan berarti revolusi ya! dengan begitu market akan melihat FU sebagai produk best mainstream baru, dan tidak akan terpengaruh dengan hadirnya kompetitor! bagaimana desain baru yang oke, rasanya Suzuki punya para desainer yang hebat! masukan dari madev sih, pada bagian knalpot dibuat lebih modern, dan juga penggunaan kaki-kaki gambot, serta lampu LED (banyak maunya ya madev hihihihi)
  3. Timing cepat, semuanya itu harus dilakukan dengan cepat, jika misalnya bebek super honda muncul bulan depan, idealnya paling lambat 3-6 bulan, FU harus sudah berubah, hal ini untuk mencegah market fokus pada kompetitor dan melupakan kejayaan masa lalu FU, timing yang pas adalah kunci disini!

Tapi melihat gelagat Suzuki, sepertinya mereka tidak ada planing apa-apa untuk mempertahankan pasar Satria FU mereka, jadi apakah Satria FU akan tinggal legenda?? menyusul sang legenda Shogun dan Smash, yang jadi mayat hidup!

monggo share komentarnya friends.

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

25 Responses to Akankah Satria FU tinggal kenangan?!!pasca hadirnya Honda Sonic Reborn dan Jupiter MX king?!

  1. kusnanto says:

    tidak, tentu tidak !

    Like

  2. java36 says:

    Nahloh, masa dealer2 sijuki mau pada nutup?

    Like

  3. agoey says:

    saya pikir tidak..ada perbedaan karakter mesin disini… klo pernah makai Satria Fu pasti tau…

    Liked by 1 person

    • mariodevan says:

      saya juga sering make FU….
      saya pikir perbedaan karakterny lebih karena desain dan bodynya

      tanpa ada serangan dari kompetitor saja sudah terus terun… apalagi ada serangan lansung dari kompetitor!

      Like

  4. Kondisinya sangat berbeda dengan NVL yang bermain di pasar mainstream loh Mar. FU berada di pasar Niche ini tentunya akan berbeda. Peranan key community sangat besar di sini.

    Like

    • mariodevan says:

      oke i see…

      mempertahankan market lewat komunitas?!!

      Like

      • SAS says:

        Saya menangkap petunjuk mr.Wiyanto jauh lebih dalam dari itu sih. It’s different market, so beda pula beda kondisinya, beda penanganannya. Key community bukan selalu komunitas.

        Jadi nampaknya pr Honda untuk masuk dan rebut key community, setelah itu boom. Ganti market leader.

        Like

  5. gembul says:

    bukane dl fu sdh main girly2an? dngn aksen pink di bbrapa sisi. tp sprtinya jg gatot. cewek emg demen fu, tp sbtas pada co yg nymplak motor itu. bkn untuk dsmplak sndri. lgian kl fu trlalu mnyasar market ce, bs2 pride knsumen co luluh lantak. bila pngn gt mnding bkin varian baru brbasis model fu tp mninggalkan nama fu

    Like

    • lover says:

      Jangan salah bro di tempat sya bnyak remaja putri yg doyan naik nie motor, cuma yg msh menjadi masalah hargany trbilang tinggi, dan orang tua lbh suka membelikan matic yg relatif lebih murah….

      Bisa jadi memang membuat varian baru yg lebih trjangkau jdi ada pembeda antara next Fu dan Women FU

      Like

  6. Hahaha says:

    Yang justru modar ya si sonic reborn. Secara brand image paling lemah diantara ketiganya.
    Ditambah H terkenal akan kualitasnya yang serba downgrade.

    Like

  7. lover says:

    Sudah trlihat memang FU smakin tergerus, marketny juga skg kena makan dengan sport murni, dlu fu ini jarang ada diskon, bahkan biasny hargany diup sama sales, tapi skg… Diskonnya juga gede, hal ini menunjukkan jualan FU semakin sulit…

    Suzuki kapan sih kamu berbenah

    Like

  8. st3v4nt says:

    paling2 kalau tambah seret divisi R2 suzuki dihapus…..

    Like

  9. Fandy says:

    Coba analisa gimana pasar ayago jaman 2tak dulu bisa bertahan..?? mungkin lo ya..klo dulu ayago bertahan sekitar 5-7 tahun…kemudian bandingkan dengan saat pertama brojolnya FU sampe sekarang sdh berapa tahun………bisa saja konsumen sdh mulai bosan dengan desain ini..gejalanya sdh banyak abg yg lebih milih sport batangan drpd model ayam jago.

    Like

  10. axo92 says:

    yg jelas perlu ada revisi dari segi posisi duduk.. 👿

    Like

  11. totok says:

    Mana tu britanya sonic???
    Q rasa FU msi bs bersaing

    Like

  12. antoy says:

    Dalam bisnis itu ada 2 yg harus d perhatikan,Update & Upgrade.klo Fu ga melakukan 2 hal itu,lama2 pasti bakal kalah sama saingannya…

    Like

  13. abuhamzah says:

    menurut ane:
    Image FU msh kuat di masyarakat sekalipun MX King hadir dg iklannya yg gebyar di TV, coz DOHC engine msh dianggap superior di tengah asumsi masyarakat. Di samping itu bodi MX King bebek super beda sm FU Ayam Jago.

    Perkara pasar MX King VS Satria FU itu balik selera pasar, ane ga suka MX 135 atau CS1 coz bodinya yg bebek tulent makanya pilih Satria FU yg shock depannya udh Gagah perkasa 😀 kaya motor sport.

    tapi kalo Sonic Reborn itu baru sekelas dari CC, design, engine, and bodi nah baru seruu nieh dan entahlah pasar mana yg bakalan unggul coz hampir semua sektornya sama anatara sonic and raider.

    tapi jgn lupa jg image Satria FU udh lama melekat di hati masyarakat persis kaya Ninja 250 yg mau dilibas R25 dg sosok R25 yg tajam dan disinyalir more power full than Ninja tp kenyataan di tengah masyarakat image ninja msh kuat.

    just opinion aja brader 🙂

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s