Perusahaan paling Innovatif di dunia pun tidak lepas dari “Mencuri Ide”

Kalo kita berbicara mengenai perusahaan apa yang paling inovatif didunia? kebanyakan dari kita tentu sepakat, perusahaan Apple dengan Jobs sebagai pendiri-nya lah bisa dibilang sebagai market trend, dan innovator ulung.

Apple menjadi sangat terkenal di dunia PC berkat macinthos (1984) yang menampilkan suatu perangkat PC yang modern dan dilengkapi User Interface cantik yang berwujud icon, folder-folder document, jendela (cikal bakal windows manager), dan Mouse sebagai penunjuk-nya yang memudahkan menggerakkan komputer, dan Apple lah yang pertama kali merancang komputer komersil seperti itu.

Original-Macintosh-1984-Features-and-Specifications

macinthosh 1984, komputer komersil modern dengan user interface pertama didunia


Apple pun sukses luar biasa didunia smartphone berkat ada-nya Iphone, smartphone canggih, cantik, dan berlayar sentuh (walaupun bukan yang pertama) tapi Iphone menjadi benchhmark nyata bagaimana seharus-nya sebuah smartphone dibuat, android yang awal-nya diciptakan untuk perangkat smartphone bertombol kecil seperti blackbery, langsung banting setir merancang perangkat lunak-nya mampu menyaingi apple.

Jobs bahkan disebut Alien karena mampu meramalkan masa depan, setiap produk yang dikeluarkan-nya mampu menjawab keinginan konsumen, walau konsumen itu sendiri tidak tau apa yang diinginkan mereka.

Tapi ternyata ide-ide dari Jobs bukanlah orisinil milik-nya. Ide seperti User interface yang terkenal itu semua-nya dia curi dari perusahaan besar Xerox yang memiliki divisi riset hebat bernama Xerox PARC, sayangnya manajemen Xerox yang kolot justru mengabaikan inovasi ilmuwan mereka dan berfokus pada mesin fotokopi, suatu hal yang nantinya akan disesali perusahaan Xerox.

Jobs dan tim-nya memang melakukan eksekusi yang lebih apik, Jobs mengambil ide-ide Xerox, memperbaiki-nya, mengimplementasikannya, dan memasarkan-nya.

Belakangan saat dipertanyakan kenapa dia merampas ide-ide Xerox, Jobs tidak menampik malahan mengutip seniman besar Picasso, “seniman Andal mengopi, seniman hebat mencuri “ Imbuhnya kami memang tidak malu-malu mencuri ide-ide hebat, bahkan dia mencemooh manajemen Xerox yang tidak tahu potensi komputer, Xerox harusnya mampu merajai seluruh industri kompunen.

Di saat modern sekarang pun apple beberapa kali meniru pesaing berat-nya seperti android, dalam hal nothifikasi, tethering dan sistem pembaca suara, yang terakhir APPle pun mengakui kesalahaan-nya dan rela menjilat ludah sendiri dengan menghadirkan Smartphone layar lebar, karena tidak kuasa melawan keinginan pasar, yang menginginkan smartphone layar lebar!!

Apple menjilat ludah sendiri dengan menghadirkan iphone berlayar lebar!

Apple menjilat ludah sendiri dengan menghadirkan iphone berlayar lebar!

Melihat sejarah inovasi, sebenarnya madev agak geli dengan para fanboi yang saling tuding followers satu sama lain, fanboi naif yang tidak memiliki wawasan luas, padahal kolaborasi unik, lewat saling contek ide dan kompetisi yang kompetitiflah yang membuat suatu inovasi lahir, dan berkembang luas, dan tentu saja konsumenlah yang diuntungkan.

bagaimana di dunia otomotif? hal yang sama juga berlaku, jadi jangan heran jika nanti-nya honda mungkin mengaplikasikan teknologi VVA Nmax pada matic-nya, dan ikut menceburkan diri di segment 250cc 2 silinder, atau Yamaha yang mungkin saja mengaplikasikan fitur ISS kematic-nya atau turut masuk ke segment 150cc DOHC.

singkat kata, motifasi wirausaha ajaib di dunia yaitu ATM (amati, tiru, Modifikasi) masih menjadi kata ajaib yang perlu di kembangkan oleh para inovator, karena Ide inovasi yang mengguncang dunia, tidak lahir semalam dan jatuh dari langit!!

sumber : innovators-walter isaacson

 

 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in gadget, Marketing and tagged , , , . Bookmark the permalink.

22 Responses to Perusahaan paling Innovatif di dunia pun tidak lepas dari “Mencuri Ide”

  1. java36 says:

    Admin nya juga fanboy :v

    Like

  2. riderview says:

    tapi emang canggih si mas Jobs, bisa mengubah “cara bermain”, dulu Napster bikin musik2 jadi gratis, si mas Jobs malah maksa orang buat beli, tapi anehnya pada mau 😆

    Like

  3. Mase says:

    The power of curi ide #eh

    Like

  4. okebgt says:

    betul bgt…
    memang harus mengikuti trend klo mo terus eksis salah satunya!!!

    Like

  5. niceguy says:

    Intinya bagaimana mengemas suatu produk (barang atau jasa) sehingga memiliki “value” lebih, yg bisa memikat calon konsumen. Walaupun pada beberapa kasus malah memiliki harga jual lebih mahal dari kompetitor tapi justru lebih laku/laris di pasaran.

    Like

  6. subaru says:

    “seniman Andal mengopi, seniman hebat mencuri “ Imbuhnya kami memang tidak malu-malu mencuri ide-ide hebat

    ====================================

    tapi ngambek setengah mati sama android yang dibilang mencuri idenya hahaha
    hipokrit

    Like

  7. blade-in says:

    “Tuntutlah ilmu (NIRU) sampai ke negeri CINA ….”
    Maaf yang ini bukan hadits / perkataan Nabi Muhammad SAW.

    Like

  8. guns says:

    kan saur paripaos oge kudu miinung kawaktu mibapa kajaman lin kang eno,, wani ngalawan trend mah ripuh kecuali bikin kelas/pasar sendiri

    Like

  9. aldy says:

    baru – baru ini juga apple melakukannya lagi demi bisa bersaing dengan project mobil masa depan google dan tesla perusahaan teknologi raksasa dunia bakal turut meramaikan dunia otomotif kedepannya

    http://www.teknoup.com/mobile/news/38228/insinyurnya-dibajak-apple-sebuah-perusahaan-motor-elektrik-bangkrut/k

    Like

  10. Pingback: Be first or Be Better?? dilema trendsetter vs Follower! | mario devan Blog's

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s