Angka Depresiasi Resale Value (jual kembali) Low MPV Avanza vs Ertiga vs Mobilio!!

Halo friends, madev mendapatkan sebuah data yang rasanya sayang jika tidak dishare, yaitu data depresiasi harga jual kembali sebuah mobil di segment Low MPV dalam satu tahun!

tampak samping honda mobilio type S white

Angka ini bisa menjadi panduan kita sebagai konsumen dalam melakukan pembelian, angka ini juga semacam kitab suci bagi leasing, dan mereka yang bergelut di jual beli kendaraan bekas!

berikut angka depresiasi resale value per/tahun

Avanza veloz : 8%

Avanza type G : 8,8 %

Mobilio RS : 10%

Suzuki Ertiga GX : 15%

dari angka diatas kita bisa mengambil contoh avanza veloz, saat ini dijual dengan harga 215 juta jadi saat akan dijual lagi 3 tahun kemudian (ambil rata2 orang ingin menjual kendaraan 3tahun kemudian), akan terdepresiasi 8%/tahun menjadi 164 juta, lalu misal Mobilio RS saat ini OTR-nya adalah 212 juta, karena terdepresiasi 10% maka pada 3tahun kemudian jika pemilik-nya ingin menjual-nya angka pasaran-nya adalah 148 juta, Veloz walau harga jual baru-nya berbeda 3 jutaan, tapi pada saat dijual kembali Veloz memiliki keuntungan dapat dijual 16 juta lebih mahal, angka yang lumayan kan??

begitulah cara menghitung Depresiasi Resale Value

Nah dari angka diatas bisa dilihat bagaimana Avanza dan Toyota, memiliki angka depresiasi paling rendah, artinya harga jual kembali avanza paling tinggi!!, tidak heran Avanza tetap laris manis, baik baru dan bekas, mobil sejuta umat ini seperti tidak bergeming dengan pesaing-pesaing-nya yang hadir dan mencoba menggoyang.

Mobilio yang digadang-gadang sebagai Avanza killer bahkan sudah turun nyaris 60% dari pada awal penjualannya!! rasa-nya Avanza memang akan sangat sulit digoyang oleh kompetitor-kompetitornya, salah satu jualan utama dari avanza adalah layanan 3S-nya serta resale value yang kuat, dan tidak lupa image hebat dari Toyota!!

Semoga berguna friends info-nya.

sumber : secret

note : angka merupakan angka yang dilakukan riset dan dicari angka rata-rata berdasarkan hasil riset, perbedaan harga bisa terjadi tergantung kondisi kendaraan, kondisi penjualan, serta banyak faktor lain.

 

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Roda 4 and tagged , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Angka Depresiasi Resale Value (jual kembali) Low MPV Avanza vs Ertiga vs Mobilio!!

  1. xone says:

    cocok

    Like

    • Numpang lewat says:

      Klo diliat2 data om madev diatas, kayaknya memang motor/mobil yang berstatus ‘most wanted’ berjalan linear dengan resale value yang tinggi… memang dimana2 kelas low baik motor atwpun mobil, sebelum membeli berpikir menjual terlebih dahulu….wkwkwkwkwkwkwkwk…..

      Like

  2. bescorpio says:

    kalau Avanza E berapa depresiasinya bro?

    Like

  3. Pingback: Harga Jual Kembali (resale Value) sebuah kendaraan, Penting gak sih?? | mario devan Blog's

  4. smartfaiz says:

    Barusan nyariin ertiga buat temen.. gx 2013 double blower minta 145jt kemahalen yak?. barunya ditahun itu klo ga salah 180 jt… klo depresiasi 15% berarti harusnya 126jt… kliatannya susah cari harga segitu… kurang sabar kali yg nyariin…. he3… males beredar soale cuma liat media online

    Like

  5. Arlong says:

    tapi katanya Mobilio itu nggak nyaman ya Om untuk sebuah mobil keluarga karna katanya suspensinya paling keras diantara AvanXenia dan Ertiga? namun dibayar dengan handling yang mantab saat di highway karna lebih stabil.

    Like

  6. Aladin says:

    “….salah satu jualan utama dari avanza adalah layanan 3S-nya
    serta resale value yang kuat, dan tidak lupa image
    hebat dari Toyota!!”

    Jangan lupa bro,, Avanza adalah First Mover di kelas Low MPV…so bakal susah ‘menggoyang’nya :mrgreen:

    btw ,, Xenia kok gak dimasukin ??

    Like

  7. Aladin says:

    RWD vs FWD ngaruh juga kali yaa….

    abang sepupu ane kemaren pengen ambil mobilio , namun ketika denger FWD doi jadi mengurungkan niat…
    Alasannya klasik, takut rusak As tarik / CV Joint nya :mrgreen:

    Like

  8. nbsusanto says:

    berarti sekennya ertiga paling worth it :mrgreen:

    Like

  9. kodokijo says:

    Tapi dari semua low MPV, Chevy Spin lah yg terbaik terutama yg varian matic, baik dari segi fitur maupun spesifikasi serta hrgnya. Sayang aja merknya gak populer. Lg nyari Chevy Spin Activ second, tp sepertinya msh blm ada yg jual, hehehe…
    Avanza sejuta umat banget plus versi facelift-nya pake merongos style ala new Innova (asli jelek banget), Mobilio udah dijadiin taksi (image Honda udah turun tahta, krn selama ini Honda ogah mobilnya dijadiin taksi kyk Toyota, wkwkwkwkkk…..), sedangkan Ertiga yg facelift malah bikin blunder dgn menyunat fitur ABS-nya walau hrgnya naik (khas Indomobil, bah…!!!).

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s