Buruh minta gaji naik dan jalan2 ke singapore, Pengusaha ancam tutup usaha, santai ini hanya bagian dari trik negosiasi!!jadilah netizen cerdas!!!

Gonjang-ganjing buruh akhir ini cukup gaduh dan menimbulkan polemik, akhir-nya madev tergelitik juga untuk menulis-nya diartikel hehehe.

Pokok permasalahannya adalah permintaan buruh yang disoroti, kenaikan gaji  yang tinggi dan kadang gak masuk akal, permintaan jatah liburan khusus dan bisa jalan-jalan ke universal studio di singapura, sampai meminta tunjangan untuk kosmetik dan parfum!!

demo buruh upah murah

Tidak kalah sengit, Pengusahapun beraksi, membalas dengan komentar akan menutup usaha, pensiun dini, dan sebagai-nya jika tuntutan buruh terlaksana!!

netizen pun bereaksi, pro-kontra terjadi, ada yang bilang Buruh ini lebay, skill gak ada tapi minta gaji tinggi, ujung-ujung-nya kebutuhan pokok ikutan naik, kalo pengusaha bangkrut malah penganguran meningkat bla-bla-bla. dan akhir-nya social media menjadi penuh oleh para komentator yang sudah seperti staff ahli dalam memberikan penerawangan!!timbul pro kontra!dan menjadi gaduh dan riwuh!

Bagi yang bekerja dibidang yang menuntut adanya pemahanan teknik negosiasi besar, seperti marketing, sales pemasaran, HRD, dll, pasti hanya senyum-senyum saja melihat para buruh dan pengusaha ini!

Apa yang mereka tunjukan adalah seni negosiasi yang sudah biasa terjadi!!

yang buruh lakukan adalah seni negosiasi yang biasa, trik ini biasa disebut meminta lebih dari yang diharapkan atau meminta Maximum Plausible position! (posisi kemungkinan maksimum) ini adalah posisi yang paling masuk akal yang bisa diminta, dan pihak lawan melihat masih ada kemungkinan untuk dinegosiasikan dipihak anda, jadi sebagai contoh saat buruh meminta jatah wisata khusus ke Universal studio, aslinya buruh hanya meminta ada wisata bersama perusahaan ke kebun binatang ragunan, atau dufan!!

Meminta lebih dari yang diharapkan memberi ruang gerak besar dalam negosiasi, jika kita penjual kita selalu bisa menurunkan harga tapi tentu tidak akan pernah bisa menaikkan harga juga bukan?

agar lebih paham madev beri contoh suatu kasus negosiasi agar kita mudah pahami.

Saat kita ke tempat wisata ambil contoh malioboro, dan bertanya untuk membeli tas kerajinan tangan, biasa-nya penjual memberi harga sampai dua/tiga kali lipat, contoh 100ribu harga yang diminta dengan harapan melihat/memancing pembeli untuk menawar harga, dan negosiator pemula tentu biasa-nya menawar hanya selisih 10-20ribu dan ini bisa dimanfaatkan penjual untuk mendapatkan keuntungan besar, jika ditawar setengah harga sebenarnya penjual sudah untung, tapi bagi pembeli menjadi sangat senang karena mampu menawar setengah harga!! hal ini dimanfaatkan penjual dan membandrol harga awal dengan sangat tinggi, membuat secara psikologis kita menang!padahal harga-nya memang segitu!!

dari 2013 saja buruh sudah demo minta UMP 2014 3,7 juta! lebay kan?

dari 2013 saja buruh sudah demo minta UMP 2014 3,7 juta! lebay kan?

jadi sudah paham kan kenapa permintaan buruh terlihat lebay??ya seperti itulah seni negosiasi!!

yang kedua adalah respon pengusaha yang akan merumahkan/memberi pensiun dini, atau stop usaha, hal ini juga sebenarnya adalah bagian dari negosiasi!! 

Madev pernah ikut demo saat kuliah dulu entah tahun 2005 atau 2006 lupa, saat pertama kali BBM dinaikan, madev bersama BEM sesurabaya turun untuk demo, bersama-sama buruh, saat itu juga permintaan buruh sangat aneh-aneh, hanya saja jaman itu social media lum terlalu booming seperti saat ini, masih mainan friendster, dan suka edit profile, alay banget deh wkwkwk (ketahuan deh tua-nya) saat itu juga pengusaha protest naikin gaji, dan ancam akan tutup usaha-nya!! sekarang udah 2015, bukannya tutup tapi makin kaya aja tuh pengusaha, market yang besar di indo ini terlalu sayang buat mereka kabur, itu hanya gertakan sambal saja, dan basi!! hahahaha, madev tau banyak karena madev saat ini seorang pengusaha  (punya usaha kecil, sekecil apapun usaha kan pengusaha juga wkwkwk) dan juga buruh (setinggi apapun jabatanmu pastilah seorang buruh), jadi tahu pola pikir kedua kutub ini!! wkwkwk

Kembali ke seni negosiasi pengusaha, saat pengusaha mengancam akan melakukan PHK masal, pensiun dini, hal ini sebenarnya suatu trik dalam negosiasi dan biasa disebut sebagai Hot potato!! disini pengusaha dengan cerdik, melempar masalah gaji tinggi, menjadi masalah para buruh, dengan mengancam akan melakukan pensiun dini, mereka memindahkan masalah mereka untuk memikirkan kenaikan gaji, menjadi masalah disisi buruh, kehilangan kerjaan!! ini tentu untuk memaksa buruh agar lebih lunak dalam melakukan negosiasi nantinya, siapa sih yang mau jadi pengangguran??

tentu saja hal itu tidak akan benar-benar terjadi, karena sebenarnya di undang-undang tenaga kerja jelas, jika tidak sanggup menaikkan gaji, bisa mengajukan penangguhan dengan dasar yang jelas, dan negosiasi antara penguasaha dan serikat buruh bisa dimulai kembali.

So madev tidak akan membahas lebih dalam lagi, karena tujuan artikel ini dibuat, madev cuma mau memberikan wawasan terhadap para netizen untuk jadi bijak!! hal ini adalah hal yang biasa, dalam negosiasi, tuntutan buruh, dan pengusaha, gak usah ikut-ikutan panas dan menghujat, dinegara manapun di negara maju sekalipun itu adalah hal yang biasa, hanya saja memang kemajuan teknologi lewat social media, membuat semua orang bisa berkomentar apa saja.

semoga berguna info ini, jadi saat friends semua membaca berita mengenai tuntutan buruh, jangan terprofokasi ya seperti itulah seni negosiasi, dan itu sudah terjadi dari dulu, cuma gak rame karena gak ada social media wkwkwkwk.

soal buruh punya motor bagus, ya kenapa??itu hal yang wajar, kalo bisa nabung, dan dapat warisan, gak usah iri, tetap berusaha dan berdoa, karena rejeki pasti ada bagi mereka yang berusaha.

Hidup buruh!! Hidup pengusaha!!

referensi :

buku soal negosiasi power negotiation by Roger Dawson

buku-buku Psikologi persuasif (madev lupa pengarang-nya karena bukunya sudah entah kemana, cuma madev masih ingat sedikit isinya)

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Suka-suka and tagged , , , . Bookmark the permalink.

34 Responses to Buruh minta gaji naik dan jalan2 ke singapore, Pengusaha ancam tutup usaha, santai ini hanya bagian dari trik negosiasi!!jadilah netizen cerdas!!!

  1. macantua.com says:

    Jd intinya jgn maen judge dulu…

    Like

  2. java36 says:

    Ternyata madev toh provokatornya

    Like

  3. Amamoto says:

    Wahh ini, harusnya produsen otomotif beranis ngasih subsidi dp nol prrsen dongg. Seperti pada para pns
    http://roda2blog.com/2015/11/27/aldo-awalnya-ngaku-kristiani-setelah-diantar-ke-gereja-lha-kok-ngaku-muslim/

    Like

  4. nduk says:

    2010-2012 pernah ikut demo2 buruh gitu deh bersyukur hasilnya jamsostek jalan , 1 mei libur, jadi yg tidak pro demo buruh mohon 2 item jangan diambil baik u/ pribadi atau keluarga ,( ups bercanda bos)

    Like

  5. rayman95 says:

    wah berbobot kie , menarik artikel e om madev

    Like

  6. kenthoet says:

    ndak sekalian minta uang buat liburan ke hawaii atau pulau karibia 😀

    Like

  7. Adhe145 says:

    Ane cuma bisa komeng, mereka berdua saling membutuhkan.

    Liked by 1 person

  8. viki says:

    yg bikin males itu macetnya pak, ga ada demo aja sudah macet

    Like

  9. Joko says:

    Sudah banyak lho, pabrik yang benar2 tutup dan pindah ke luar negeri, terutama Vietnam. Apalagi ada serikat buruh yang sangat bernuansa politis. Menurutku sudah sangat tidak sehat.

    Like

    • mariodevan says:

      yang buka baru disini juga banyak hehehe, pasar indo gede banget siapa yang tahan godaan-nya..

      cuma ya itu tadi, buruh dan pengusaha harus-nya bisa saling bernegosiasi yang sama-sama menguntungkan…

      Like

  10. niceguy says:

    Banyak hal yang mempengaruhi tuntutan buruh, kenaikan harga bahan2 pokok, biaya hidup yang semakin tinggi, dsb. Hal ini semakin diperparah oleh kelakuan para buruh sendiri, pengin punya ninja tapi mampunya cuma bayar cicilan beat, banyak kebutuhan sekunder yang berubah menjadi primer. Tidak ada yang melarang buruh untuk hidup senang punya barang bagus, rumah, motor bahkan mobil sekalipun, tapi jangan memaksakan diri.

    Like

    • mariodevan says:

      rasany klo sikap memaksakan dri atau hedonis bukan cuma buruh, smua lapisan pekerjaan juga….

      kurang bersyukur….

      Like

      • niceguy says:

        Betul mas, the point is : “harus bisa manage keuangan dengan baik”. Siapapun juga (bukan hanya buruh) kalau hidup boros, pasti akan selalu merasa kekurangan. Disinilah bedanya buruh dengan pekerja lain (saya juga buruh hanya beda tempat kerja, bukan di pabrik). Pada umumnya buruh (pabrik/industri) pada saat merasa kurang, entah itu memang benar2 kekurangan atau efek hidup boros, gampang aja mereka bikin demo. Tuntut ini itu, tutup jalan sana sini, pokoknya bikin ribut!!!! Sementara golongan buruh/pekerja semacam saya tidak bisa seenaknya seperti itu. Ada beberapa hal yang harus kami pertimbangkan 1000 kali untuk demo turun ke jalan.
        Yang saya lihat belum ada upaya dari dua pihak (atau tiga pihak), dari pemerintah, pengusaha dan buruh untuk mencari solusi jangka panjang. Selama ini hanya solusi jangka pendek, akibatnya bisa ditebak : NEVER ENDING DEMO!!! Buruh akan selalu merasa kurang, kurang dan kurang… terus selalu dalam kekurangan??? separah itukah kondisi buruh? apakah mereka hidup di garis kemiskinan sehingga layak bagi kita untuk shodaqoh buat buruh karena pengusaha sudah tidak sanggup bayar kenaikan gaji? I don’t think so.

        Liked by 1 person

  11. andhi2010 says:

    Namanya manusia itu tak akan pernah puas. Yg jd masalah kemampuan perusahaan itu beda2. Tdk bisa dipukul rata.

    Aneh : Demo sekarang (buruh/ mhsiswa dll) itu MEMAKSAKAN pendapat. Bukan menyampaikan pndapt.

    Ketika demo, knapa jg harus menyusahkan orang lain.

    Oiya: ketika keinginanmu terpenuhi, apa yg akan kau berikan lbih ke perusahaan t4mu bkrj. Jgn hy meminta, namun jg harus bisa nemberikan lbih

    Ya klo mau jalan2. Nabung lah.

    Like

  12. Cah_Angon says:

    Maspion sudah melakukan peñsiun dini cukup banyak . Mulai menggantikan manusia dengan mesin.

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s