Komparasi dan Review Honda Beat Pop ISS vs Yamaha Mio Z!

Loha friends, artikel kali ini request dari pembaca setia madev, requestnya adalah minta dikomparasikan Yamaha Mio Z yang baru hadir, dengan kompetitor terdekat-nya dari Honda karena beliau ingin membeli Yamaha Mio Z ini, kira-kira worthed gak!

Nah melihat Yamaha Mio Z yang dibandrol di angka 15,1 juta maka lawan-nya tentu Honda Beat Pop versi tertinggi yaitu Beat Pop CBS iss yang dijual di angka 15,05 jutaan (harga otr jakarta)

nah lalu bagaimana komparasi kedua matic jagoan dari masing-masing pabrikan ini??Yamaha Mio z vs Honda beat Pop Esp

beat-2016-sliderhome-830x484

berikut madev komparasikan kedua motor tersebut ala madev!

Desain

Walau sama-sama matic jepang dan low end, kedua matic varian tertinggi dari masing-masing klan ini, memiliki gaya desain yang sangat berbeda!

yamaha mio z putih dan hitam

Yamaha Mio Z, masih mengandalkan desain tajam, futuristik ala Mio M3, desain ini cukup menarik karena terlihat sharp, ada seperti tambahan sirip dibagian body depan kanan kiri, memberikan kesan berlayer dan aerodinamis, lampu depannya kalo dilihat-lihat sih mirip kedua matic ini! nah yang terbaru dari Mio Z dibandingkan Yamaha Mio M3 adalah, bagian kaki-kaki-nya yang lebih lebar ukuran ban yang lebih lebar dengan ukuran 80/80-14M/C (43P) untuk ban depan dan 100/70-14M/C (51P) ukuran ini rasanya lebih pas dan mantap secara estetika!

Selain itu pemilihan warna juga untuk Yamaha Mio Z ini menghilangkan sisi fun dari Yamaha M3, tapi lebih ke sisi elegant, dan maskulin, pilihan warnanya hanya ada dua, Putih dan Hitam, untuk hitamnya cukup istimewa karena memakai warna hitam Doff, terlihat aura elegantnya dapet! oh ya warna shok yang berwarna merah terlihat kontrast, sehingga terasa cukup apik paduan warnanya! yang lainnya masih sama dengan Mio M3.

Berbeda dengan Mio Z, Honda beat Pop justru tampil dengan gaya yang Fun, banyak pilihan warna, dan menyasar para kaum muda dan remaja, seolah-olah ingin menghilangkan image motor orang tua. ada dua varian yang bisa jadi pilihan yaitu cool Pixel dan Comic Hitz, untuk varian warnanya bisa lihat dibagian bawah.

varian warna honda beat pop 2016

varian warna honda beat pop 2016

Honda beat pop lebih fun, ceria, dan cherfull tapi desainnya tidak terlalu nyeleneh dan neko-neko, sedangkan Mio Z tampil elegant dan kurang pilihan warna, soal desain kembali ke selera!

Fitur

Honda dari dulu memang terkenal suka memanjakan konsumen-nya dengan berbagai fitur, tidak heran walau Honda beat Pop, diposisikan sebagai matic entry level, tapi hampir semua fitur premium dijejalkan ke matic imut ini.

Berikut adalah beberapa fitur Honda BeAT:

  • Parking Brake Lock – Berfungsi sebagai rem tangan, mencegah motor loncat saat menghidupkan mesin, serta praktis dan nyaman saat parkir atau berhenti di tanjakan.
  • Side Stand Switch – Mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun, sehingga menghindari resiko pengendara lupa menaikkan standar samping.
  • Secure Key Shutter – Sistem penguncian bermagnet yang kuat dan nyaman, untuk menghindar resiko pencurian.
  • Teknologi Combi brake – dimana dimana dengan menarik tuas rem kiri maka rem belakang dan depan dapat berfungsi dengan optimal – Fitur ini khusus Honda BeAT FI CBS.
  • ACG Starter – Teknologi ini terkait erat dengan sistem mesin ESP, mesin baru yang minim friksi dan dklaim lebih irit dari generasi sebelumnya. mirip-mirip dengan bluecore milik Yamaha, fungsinya membuat bunyi starter nyaris tidak terdengar, dan dari hasil yang madev sudah coba cukup asyik juga.
  • ISS – idling system, yang akan membuat mesin mati otomotif saat posisi berhenti atau diam, biasanya untuk lampu merah yang cukup lama, dan macet, ampuh untuk membuat irit bensin di jalanan kota!
Mio Z 125 Features

fitur yamaha Mio Z

tidak mau kalah dengan Honda Yamaha juga memiliki cukup banyak fitur, PBL dan SSS sudah diadopsi Yamaha dengan modifikasi dan bentuk yang berbeda, selain itu Yamaha juga punya sistem mesin Bluecore, efisiensi menyeluruh mesin, dan sistem penggerak sehingga diklaim mampu membuat Yamaha Mio lebih irit 50% daripada Mio karbu! selain itu ada eco indicator yang membantu berkendara secara irit bahan bakar!

Soal fitur harus diakui Honda memang lebih unggul!

Performa

Untuk cc mesin Yamaha mio memang paling unggul sudah memiliki mesin 125 cc, dengan power 7 kw(9,52ps)/8000rpm dan torsi 9.6 nm/5500 rpm (berat motor 94kg) sedangkan Honda beat pop masih 110cc, dengan power 6,38 kw (8,68 ps) / 7.500 rpm, dan torsi 9,01 N.m (0,92 kgf.m) / 6.500 rpm, (berat kosong 95kg)

diatas kertas Yamaha Mio Z lebih agresive dan lebih kencang! tapi dari yang pernah madev rasakan naik beat Pop memang akselerasinya kurang tapi masih cukup oke buat dipakai harian.

Honda beat pop test harian

Honda beat pop test harian

KESIMPULAN

Walau head to head secara harga dan disegment yang sama segment low matic, kedua pabrikan mencari jalan yang berbeda untuk memasarkan produknya, Yamaha masih setia dengan DNA performa-nya, apalagi iklannya ada Rossi bergaya pahlawan bertopeng menirukan huruf Z!

yamaha mio Z

sedangkan Honda masih tetap setia dengan tema irit, mesin esp dan fitur iss-nya menegaskan bahwa Honda itu raja irit, selain itu target market-nya juga menyasar para kaum muda yang unyuu-unyu seperti Melody dan nabila JKT, duh dek… hehehe

pilihan kembali ke tangan konsumen, karena sekali lagi masalah desain adalah masalah selera, dan tergantung kebutuhan, mau yang berperforma, atau mau yang unyu!?

Monggo ada yang mau menambahkan??

 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

38 Responses to Komparasi dan Review Honda Beat Pop ISS vs Yamaha Mio Z!

  1. Pingback: Banyaknya pertanyaan soal Compare Yamaha Mio M3 vs Honda Beat FI!harusnya Yamaha Punya Peluang, tapi….!! | mario devan Blog's

  2. mbah_anom says:

    terus aku kudu piye om :v

    Like

  3. snoopy says:

    klo di jual lagi yang paling laku dan harga bersaing ya matik H

    Like

  4. Warung Biker says:

    dipilih dipilih dipilih.. ambil keduanya saza.,

    Like

  5. naruhara says:

    kalo tampilan bukan yang dicari, beat pop iss lebih value. iss selain ngirit bensin ternyata ada kelebihannya lagi rupanya ehehe. toh kata om madev harganya cuma beda dikit sama mio z

    yang perlu diinget tiap produk pasti ada plus minusnya

    Like

  6. paijo says:

    Irit mana sih mbit sama meong?
    Ane ngerasa kok meong boros yah?
    Meong m3 sama z cuma beda ban aja yah? Daleman cvtnya sama?

    Liked by 1 person

  7. dweedar says:

    Kl mau yg mungil, Beat. Mio Z panjang, lbh unisex.
    Kl lebih banyak dipake sendiri, Beat. Sok nya empuk. Kl mau boncengan2 Mio Z.. Kok nya lbh panjang dan sok nya yang kerass jd pas
    Kl mau yg fitur ya banyak Beat. Mio Z mah standar2 aja.
    Kl mau yg posisi duduknya ga nangkring, Mio Z. Lebih pas. Beat bikin dengkul jd tinggi.

    Kl saya.. Mio Z. Tapi sok breker buru2 ganti. Kyb Zeto kek, atau YSS yg ptg panjang 30cm. Emg Mio keras? Yaaa gt deh

    Like

  8. anonimus says:

    Suzuki address :v
    Itung2 sedekah buat suzuki motor
    Cc mesin ditengah2 dan bagasi luas
    Sayang kalo gak salah gak ada fitur sss

    Like

  9. nano says:

    matik honda shock nya terlalu empuk,kalo naik b2 ada poldur jadi gasruk.matik yamaha cocok nya boncengan,pas empuk nya,di bw ngebut stabil kalo b2.shock keras dan lembut ada plus minus nya

    Liked by 1 person

  10. lamik gemini says:

    Kok saya takut komentar ya.. nanti sensitif jadinya.. hehee

    Like

  11. pik says:

    Berdasarkan hasil ujicoba dilapangan saya pilih mio Karena pas dipakainya lebih nyaman mio bluecore ini klo dibandingkan dgn beat esp.

    Like

  12. santoz says:

    mio z sudah terintregrasi dgn kunci bagasi, sama kaya mio m3. beat pop dan beat sporty masih manual dbwh jok. trus pengalaman pk beat sporty fi nya saudara kok sensasi berkendara kaya yang limbung, motor kurang stabil, bagian depan terasa suka nggeol k kanan atw kiri apalagi kalau lagi rpm bawah padahal kondisi standar pabrikan, kemudian jok sangat tipis bikin cepet bokong pegel. pengalaman teman yg pakai mio m3 bandung-garut pp via rancaekek, nagrek dengan kondisi macet, lancar, naik bukit, hanya sekali isi dshell soekarno hatta bdg sewaktu berangkat dan sampai kembali k bdg masih ada. kelebihan beat baru menurut saya starter yg ga bletak dor lagi, tapi cukup telat inovasinya karena rival matic yamaha dan suzuki sudah dr lama starternya halus tdk bletak dor…

    Like

  13. Dewa says:

    Keren juga 😀

    Like

  14. discovery says:

    entah kasuistis atau imbas motor entry level, temen kantor ngambil mbit baru jalan belum 1 bulan, tiba2x mogok di jalan. ga taunya indikator bensin mati (pas jarum di tengah lagi :mrgreen: ) bawa ke beres sampe nginep mingguan. dah langsung rekomen telp cust. care pusat aja, 4 hari kerja akhirnya kelar. penasaran kualitasnya entry level yamaha gmn yah..

    Like

    • mariodevan says:

      Mngkin lgi apes om dpt produk kurang bagus hehe

      Like

    • iwan beneran says:

      kasuistis bro. saya miara beat fi 2 ekor. yang pertama beberapa kali mogok, dicek di bengkel gak resmi ternyata yg bermasalah karet di tutup tangki bensin, lobang udaranya mampet. setelah ganti karet gak pernah mogok lagi.
      beat fi yang kedua lancar jaya tanpa masalah.

      Like

  15. ndesoedisi says:

    bit pop itu kualitas catnya mengecewakan 😀

    Like

  16. Joko says:

    Mio z belum coba, tapi kayaknya cuma beda ban dengan mio m3. Walaupun cc lebih tinggi, akselerasi nggak terasa lebih kenceng. Malah akselerasi lebih enak beat. Tapi fitur beat terasa banget. Lebih nyaman juga. Sebenarnya masih pilih vario, tapi beat lebih cocok buat adik perempuanku.

    Like

  17. why says:

    klo vs addres piye?

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s