Komentar Mr. Wiyanto Sudjono, di artikel Komunitas Beat di launching Mio Z!!

Diartikel sebelumnya disini madev memberikan informasi bagaimana di saat launching Mio Z Yamaha juga mengundang komunitas kompetitor Honda beat!

dan beruntung banyak komentator-komentator kritis yang ikut menyumbangkan suara, salah satu-nya adalah mr.wiyanto sudjono, yang sudah lama terkenal sebagai ahli analisa marketing di blog-blog termasuk di mind genesis!

Nah Mr. Wiyanto kurang setuju Yamaha mengundang komunitas kompetitor Honda beat karena kurang efektif dan bisa menjadi boomerang, yang sayang sekali jika tidak madev angkat menjadi artikel.

wp-1463184973672.jpeg

berikut komentar lengkapnya…

Pada komunitas motor low end, perbandingan kontribusi antara konsumen yang ikut dalam komunitas dibanding konsumen biasa justru sangat kecil secara persentase. Kalau dari segi efektifitas rendah. Bandingan dengan presentase jumlah konsumen yg bergabung dalam komunitas pada segment yang niche dan premium (misal sport 150 atau 250cc)

Hal yang lebih penting justru komunitas sendiri, dimana pada komunitas motor low segment lebih mudah tersinggung tersakiti perasaannya, walaupun mereka tidak semilitan komunitas motor yang high segment. Jadi treatmentnya khusus…jangan main main dengan mengistimewakan komunitas kompetitor.

Asal tau aja…jangan sampai strateginya dipenuhi emosi balas dendam. Habis kompetitor melakukan movement dengan merangkul komunitas motor Y. Terus Y emosi balas copy paste gunakan strategi yang sama pada kondisi yang “sebenarnya benar benar beda”. Ya sudah gag sesuai lagi khan.

H melakukan strategi tersebut sudah penuh perhitungan. Pada segment yang tepat (dimulai dari segment komunitas militan sport), mengenal benar community insight nya dan dilakukan pada kondisi intern yang sudah firm. Yaitu dilakukan saat memiliki keunggulan kekuatan Brand, product value dan services excellences yang diyakini lebih dari kompetitornya. Sehingga komunitas kompetitor yang pro product dan brand kompetitor dibuka lebar lebar matanya dengan terlebih dahulu menyentuh hatinya. (Boleh juga disentuh lebih dahulu perutnya, dari perut masuk ke hati. Wk k k k).

Kalau kondisi tersebut tidak dipenuhi…yang terjadi justru komunitas kompetitor yang datang akan mencibir dan melihat bahwa produk yang mereka puja saat ini justru lebih baik dan bisa ditebak selanjutnya rumour akan meluas dalam komunitas mereka dan menyebar lagi antar segment level komunitas hingga akan meruntuhkan image yg hendak dibangun di kemudian hari bahkan pada segment produk motor yang lain terutama segment premium. Satu perencanaan pembangunan gedung hancur karena salah meletakkan fondasi.

Maksut hati mengundang komunitas kompetitor untuk membelot (sebagai reaksi dan langkah balasan) Namun karena salah pengejawantahannya………bisa bisa jadi image jelek dan cibiran terhadap kelemahan produk yg dilaunching akan tersebar dan menjadi keyakinan baru di komunitas komunitas kompetitor.

Saya gak habis pikir. Seharusnya dalam meng-copy strategi lawan haruslah me-reconcept, susun dengan benar, analisa, rancang ulang dan sesuaikan dengan kondisinya dahulu disertai dengan pemikiran yang bijak dan seksama sebagai mana seharusnya diputuskan sebagai seorang professional marketing. Sebaliknya yang dilakukan justru seperti asal jalan copy paste doank. Sangat disayangkan ini. Parahnya lagi komunitas merk sendiri dianak tirikan.

Jelas jelas kesalahan konsep berfikir…. terlalu “text book” mungkin ya.

Nah gimana menurut friends??monggo kita diskusi lagi hehehe

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to Komentar Mr. Wiyanto Sudjono, di artikel Komunitas Beat di launching Mio Z!!

  1. otobalancing says:

    Kebetulan komunitas yang datang itu kebanyakan saya kenal semua, dan responnya sangat kontras dengan komentar yg diangkat di artikel ini, gak ada sikap mencibir dan menjatuhkan, gak ada sikap black Campaign terhadap Mio Z, karena komunitas Beat tersebut sudah cukup dewasa dalam menyingkapi sesuatu hal, mengapa begitu karena beberapa dari mereka saya sendiri yg memprospek saat mereka awal masuk di komunitas beat beberapa tahun yg lalu, sering ketemu di beberapa event dan juga banyak berteman dengan banyak komunitas matic Yamaha, jadi mereka sangat biasa saja saat di acara tersebut, bahkan sudah sangat umum event komunitas mengundang saudara pabrikan lain, jadi di acara louncing Mio Z kemarin yg saya tangkap setelah ngobrol2 di kesempatan lain (ketemu lagi) terima kasih sudah diundang, malahan mereka jadi gak enak dengan komunitas mio yg dekat sama mereka kok gak diundang sekalian

    https://otobalancing.wordpress.com/2016/04/15/interior-toyota-sienta-manis-namun-elegan/

    Liked by 1 person

  2. Kalo kamu suruh milih, kira2 beat atau mio ???

    Like

  3. tomcat says:

    males bacanya..ceritain dong kang

    Like

  4. isal says:

    Awal dari sebuah kehancuran krn strategi sendiri..

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s