segala usaha perusahaan haruslah difokuskan terhadap keinginan KONSUMEN/Market! part 1

pertamina lubricants fix (1) (1)

haka jaya (1)

Selamat pagi friends, gimana kabarnya?? dihari pertama aktivitas setelah libur panjang, madev mau bahas sesuatu yang agak berat, supaya bisa bekerja lagi otak kita berpikir yang dalam, dan gak terlena saat libur saja hehehe!

Sesuai Judul-nya perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang memiliki tekad kuat untuk mengerti Konsumen atau market mereka secara utuh! terkadang sebuah perusahaan terlalu fokus terhadap Mimpi/visi besar perusahaan, Produk yang sempurna! terlalu fokus terhadap Sales, promosi dan penjualan saja! tapi akhirnya banyak contoh produk yang gagal dipasaran karena tidak sesuai keinginan Pasar!

Product_problem_chalkboard-776x415

Taktik iklan dan Promosi yang bombastik memang cukup ampuh untuk menambah pemasukan dan konsumen baru serta mengelabui investor, tapi sejarah membuktikan Strategi ini hanya akan mempan sementara!dan jangka pendek, dan hanya akan mengakibatkan ilusi kesuksesan sementara, dan saat ilusi itu hilang, baru terpukullah perusahaan karena ditinggalkan konsumen dan dengan plonga-plongo cuma menggerutu Baper dan mengumpat apa yang salah??disinilah kambing hitam, pink dan abu-abu kena getah-nya!! padahal masalah sesungguh-nya sangat simple! PRODUKNYA gak sesuai selera market!!

 

insight banner promo fix

Terlalu banyak Contoh produk yang ditelorkan oleh perusahaan luar biasa, dengan promosi yang bombastis, dan unlimited budget pengembangan tapi gagal dipasaran!dan memalukan!

coke

New Coke, Coca-cola hampir saja menghancurkan perusahaan besar-nya karena ingin menciptakan Rasa baru yang menurut mereka akan disukai konsumen lama-nya dan konsumen baru para anak muda yang disasar-nya, Tapi hasil-nya?? Zero… dan kejadian New Coke ini menjadi pelajaran berharga mengenai penting-nya mengerti apa sejatinya keinginan konsumen-mu!!dan coca-cola menghabiskan 4 juta dolar untuk research rasa baru coca cola ini, dan hanya butuh wktu 4 bulan, Coca cola mengembalikan rasa Coke mereka ke rasa yang asli! 4 juta dolar terbuang percuma! di era tahun 85 jumlah itu mungkin sanggup membiayai jalur tol surabaya jakarta! 😆

Windows Phone, didukung dua nama besar Nokia dan Microsoft membuat mereka justru terguling dan mati!Konsumen lebih memilih iPhone dan Android karena terbatasnya aplikasi yang ada di Windows Phone. Smartphone ini juga tidak lebih murah dan tidak memiliki teknologi yang lebih baik dari iPhone dan Android! walaupun Microsoft berusaha keras untuk mengatasi kedua masalah tersebut, tapi Windows phone sudah terlanjur mengecewakan market, dan sepertinya tinggal menunggu waktu mereka stop Produksi!

Lexam dengan 5 brand ambasador-nya dan promosi yang luar biasa gagal total!

Lexam dengan 5 brand ambasador-nya dan promosi yang luar biasa gagal total!

Bebek MAtic, Yamaha Lexam, dan Honda Revo At, digadang-gadang mampu menggabungkan kenyamanan motor matic dengan kepraktisan motor bebek, dan dengan biaya promosi yang gila-gilaan karena diposisikan sebagai motor premium! Honda dan Yamaha sepertinya harus malu karena proyek besar mereka ini gagal dipasaran, Who Cares soal bebek matic??

Kegagalan ini harus-nya tidak perlu terjadi jika sebuah perusahaan Tidak Budeg! atau mau mendengar serta menggali lebih kuat selera pasar! jutaan dolar yang diguyurkan untuk mengembangkan sebuah produk, jadi sia-sia karena Produk itu gagal dipasaran, Riset mendalam, terukur mengenai Konsumen, dan manajemen model baru haruslah dikembangkan karena saat ini persaingan sangatlah ketat! sangat berbeda dengan era Tangki Bocor!

tidak ada perusahaan yang mampu mencapai puncak dengan inovasi bisa bertahan lama, jika mereka tidak terus berinovasi

Apple adalah contohnya, pabrikan smartphone yang sangat digdaya dan terkenal oleh inovasi-nya kini sudah tersalib oleh OPPO dan Xiaomi di pasar terbesar dunia yaitu di China (sumber http://inet.detik.com/read/2016/07/09/170959/3249952/319/apple-disalip-oppo-xiaomi) dan tidak menutup kemungkinan, akan menyusul di belahan dunia lainnya!!

Selanjutnya madev akan bahas tips-tips agar mampu melakukan riset pasar yang terukur, dalam dan menyelamatkan jutaan dolar hasil riset yang SIA-SIA! pemborosan sumber daya, ribuan jam kerja karyawan!! karena produk yang gagal dipasaran!

Karena seperti kata mendiang steve Job, para konsumen tidak pernah mengerti apa sebenarnya yang mereka inginkan/butuhkan sebelum produk itu diluncurkan kepada mereka! jadi untuk mengerti keinginan mereka adalah suatu ilmu mutlak dan seni yang sangat tinggi, tapi kabar baik-nya semua-nya bisa dipelari asalkan mau berpikiran terbuka mendorong inovasi baru, daripada terbelengu di zona nyaman, yang lama-lama menengelamkanmu!

BERSAMBUNG!!

referensi :

The Lean Startup – Eric Ries

The Toyota Way-Jeffrey Liker

The Innovator’s Dilemma -Clayton M. christensen

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor. Bookmark the permalink.

22 Responses to segala usaha perusahaan haruslah difokuskan terhadap keinginan KONSUMEN/Market! part 1

  1. mbah_anom says:

    aku 😥 kudu piye 😥

    Like

  2. sugimasihada says:

    Muwantab ikiy ngadiminnya MG…. (y)

    Like

  3. Coss says:

    Woooww… Mantaaaffff
    Mudah2an tuk selanjutnya tidak ada lg yg “budeg” atau pura2 budeg.. Sehingga iklim persaingan makin panaaaasssss

    Like

  4. Prabu says:

    Ane tunggu part 2 nya bang,hihihihi

    Like

  5. Mas Ozhim says:

    Waduh….
    Kok ujung”nya berkaitan dgn artikel lama ” BUDHEG ”
    ane dukung Mas,memang ymh is BUDHEG… nemen pisan.
    ha..ha..ha..

    Like

  6. gilaroda2ga says:

    Intinya konsumen ato pemakai lah yg paling mengerti & memahami kebutuhannya…ayo ditunggu loh lanjutan part II…

    Like

  7. vyzex says:

    Kalo xiomi dan oppo yalip apple mah wajar.
    Bagaikan toyota dg mercedes benz

    Versi termahalnya mereka sama dengan versi termurahnya si buah.

    Like

    • mariodevan says:

      G bisa juga smakan toyota mercy dng oppo, xiaomi, apple…. Mereka bermain di dimensi yg berbeda!! Mobil itu harga Milyaran…. G smua org mau beli mobil mahal, tpi semua orang mampu beli smartphone mahal walaupun maksa kredit!

      Dan ternyata Oppo,dan huawei yang pegang pasar no1 china, product terlarisny justru produk premiumnya seperti F1 dan F1 plus makanya apple ciptakan Iphone SE buat market terbesar ini!! Tpi ternyata tetap saja keok…. Pdhal Iphone SE punya harga lbh murah dri versi tertinggi Oppo, huawei, xiaomi

      Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s