Wuling sudah bergabung dengan Gaikindo, tahun depan siapkan penantang Avanza-xenia!

semakin-merdeka-dari-angsuran-mahalinsight-banner-promo-fix

Brand Wuling mungkin masih asing ditelinga kita, tapi di negara asal-nya di Cina sana, Wuling merupakan Brand lokal terbesar, penjualan mobil-nya pada tahun lalu bahkan tembus 2 juta unit!! ini dua kali lebih besar dari total penjualan mobil di indonesia yang rata-rata pertahun hanya 1 juta unit!!

wuling-motors-giias-2016-jpg

sumber pict : dapurpacu

Perusahaan ini sendiri merupakan patungan dari tiga pihak, dari SAIC Motor Corporatioan yang mengganggam saham sekitar 50%, Perusahaan ini merupakan badan usaha milik pemerintah China. Kedua, General Motor China, perusahaan asal Amerika Serikat yang memiliki saham sebanyak 44%. Ketiga, Liuzhou Wuling Motors yang merupakan perusahaan milik pemerintah Guangxi yang memiliki saham sekitar 6%.

Pada 20 Agustus 205 lalu, SGMW yang masuk ke Indonesi melalui PT SGMW Motor Indonesia telah memulai pembangunan (ground breaking) pabriknya di Cikarang, Bekasi. yang saat ini pembangunan-nya sudah mencapai 60%, dengan perkiraan tenaga kerja yang terserap sebanyak 3000 orang, dan tahun depan saat mulai produksi, wuling siap buka 50 dealer di seluruh indonesia, dengan total investasi yang siap digelontorkan mencapai 700 juta dolar!

Keseriusan Wuling juga saat ini sudah nampak dengan bergabungnya secara resmi Wuling dengan gaikindo.

“Keanggotaan kami di Gaikindo mencerminkan antusiasme kami untuk menjadi salah satu pemain otomotif di Indonesia. Kini kami harus bekerja keras untuk membuktikan kualifikasi kami sebagai anggota Gaikindo serta untuk mencapai visi kami menjadi pesaing yang kuat di industri otomotif Indonesia,” kata Xu Feiyun, Presiden Wuling Motors. (via dapurpacu.com)

Dengan ini wuling menunjukkan keseriusan-nya dalam berbisnis di Indonesia, dengan masuk ke anggota gaikindo, jaringan relasi, dan akses ke pihak pemerintahpun bisa mudah.

mobil-wuling

Nah produk yang akan masuk ke indonesia pada awalnya akan langsung menyasar segment MPV yang gemuk, dengan dua produk baru, satu akan head to head dengan Avanza-xenia, serta satu lagi produk yang akan head to head dengan Innova, kedua mobil ini belum diberi nama, karena rencananya akan memakai nama yang berbeda dengan versi cina-nya, di cina untuk MPV yang menyasar avanza bernama Wuling Hongguan, dan Innova adalah Baojin.

Kedua jenis MPV ini sukses meraup penjualan di pasar Tiongkok. Wuling Hongguan, saban bulannya terjual sebanyak 70.000 unit di pasar China.

Sementara Baojin 730 mampu mencetak penjualan sebanyak 30.000 di pasar China.

Nah apakah wuling akan sukses di pasar MPV lokal ini, yang begitu kuat digenggam astra grup?? monggo share komentarnya.

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Roda 4 and tagged , . Bookmark the permalink.

40 Responses to Wuling sudah bergabung dengan Gaikindo, tahun depan siapkan penantang Avanza-xenia!

  1. Iseng komen says:

    Nasib mobil2 asia non jepang dipastikan ga sukses di Indo. Harga murah bukan jaminan laris, geely dan tata aja contohnya. Tata yg kualitas matrialnya d atas mobil jepang harga jauh lebih murah aja ga laku. Ini lagi wuling mau judi masuk indonesia….

    Buang2 waktu n tenaga aja….

    Like

  2. nano says:

    Kasih harga jgn mahal dulu,yg penting 3S nya di tiap kota ada.

    Like

  3. nano says:

    Tata yg pick up lumayan laku,mesin diesel

    Like

  4. subaru says:

    VW Touran abis wkwkw
    Tapi good luck lah buat wuling
    Kalau mau sukses mungkin bisa brandnya jangan pake nama wuling tapi tulis SAIC aja, lebih terdengar aman di kuping orang indonesia.
    Aftersales diutamain tuh, genjot jualan kaya di awal tapi genjot aftersales akan mengamankan diri lebih jauh

    Like

  5. handoyo says:

    Mungkin yg akan jadi korban di tahap awal seperti Datsun Go+ Panca, atau bahkan Suzuki Ertiga

    Like

  6. handoyo25 says:

    Mungkin yg akan jadi korban tahap awal seperti Datsun Go Panca, atau bahkan Suzuki Ertiga

    Like

    • GHOST says:

      sok tau kek dukun

      mobilinyong aja di penjualan mobil terbaru kalah 9 unit sama ertiga :v

      Like

      • handoyo25 says:

        Honda roda empat itu memang punya basis konsumen yg tergolong loyal dan nggak mempermasalahkan harganya, dan memang populasinya nggak banyak kok, mirip kayak konsumen Nissan (bukan yg Datsun ya).
        Setidaknya itu terbukti di kalangan temen2 saya pengguna mobil Honda.

        Sementara pada konsumen Ertiga, saya masih bisa menemukan yg tergolong “swinger”, bisa gonta-ganti brand, dan agak sensistif sama harga (dan fitur)

        Like

        • subaru says:

          Temen gw yang bener2 fanatik honda malah pindah ke mazda karena ngerasa honda sekarang soulnya hilang

          Ga tau kalau udah nyoba civic turbo yah

          Like

          • GHOST says:

            yap maka dari itu

            soul honda mobil itu udah hilang

            diperparah buiild quality plastik nya amit2, terutama dashboard
            sama2 tipe tertinggi tp interior jauh bagus ertiga.

            mobilio udah ganti dashboard tetep sama aja plastiknya kek yg lawas sekelas lcgc klo ga mau dibilang ancur, belom lagi dashboard ny ketinggian serasa tenggelem bagi postur rata2 indonesia

            civic turbo lumayan tp cuma menang turbo, dalemannya standar ga ada yg wah

            n emang dikelas nya civic, masih fun to drive civic ketimbang rivalnya

            imho

            Like

  7. Prabu says:

    Bukannya tak mungkin eksis. Tapi berat. Mengapa?
    Karena konsumen disini,selain harus percaya pada merk,mereka juga menuntut ketersediaan 3S yg merata. Padahal,3S itu tentunya berjalan seiring lakunya sebuah produk.
    Toyota,mitsubishi,suzuki,tentunya dulu juga tidak langsung mumpuni 3 S nya.
    Btw,konsumen berpikir spt itu sebetulnya juga tidak salah. Karena mereka berpikir bhw mbeli mobil tidak hanya utk dipakai 1 th.

    Like

    • blade-in says:

      Kekhawatiran dia (di alinea 1), dia jawab sendiri (di alinea 2). Lucu koment-nya !!!

      Like

      • blade-in says:

        Boleh jadi Wuling punya “tenaga” yang lebih besar ketimbang ketiga merk Jepang saat memulia bisnis roda 4 ini di negeri ini !!! Positif thinking aja. Makin banyak pilihan makin bagus buat konsumen. Iya gak ?

        Like

      • Prabu says:

        Pada waktu itu,suzuki,toyota,daihatsu,3s nya belum merata. Tapi kok bisa laku/eksis? Ya karena waktu itu mmg semua atpm belum ada yg 3s nya merata.(konsumen tidak berkutik)

        Tapi sekarang? Ketiga atpm tsb 3s nya sudah sangat merata.
        Dan bila ada merk pendatang baru,konsumen akan langsung membandingkan/berpikir 3 s nya bagaimana? Sudah merata seperti 3 merk mapan tsb atau belum?

        Itu maksud ku bro

        Like

    • mariodevan says:

      Yup krn itu wuling ditahun prtama lngsung genjot 50 dealer…. Angka yg masif… Dmna ini sudah separuh dri dealer honda mobil

      Like

  8. semar says:

    issue 3S emg sering didengungkan untuk pendatang baru apalagi klo ntar harga bs lebih murah (relatif seh) klo mobil seharusnya seh asik” aj selama masih ad dealernya, khn bs sambil refreshing, jalan jauh ujan gak keujanan, panas gak panasan, apalagi klo dealer pakai layanan booking online buat service, bs tentuin waktu yg pas en gak musti nunggu lama, klo spec avanza/xenia tp harga diset calya/sigra mungkin kga y? seru tuh, sayang negeri sendiri belum punya brand lokal yg ikut bersaing (apakah kurang teknologi atau emg disini cmn bisnis oriented aj) dan lucu aj ad orang ngebully brand negara lain sementara belum bisa bikin sendiri (ibarat kata wong durung isa mlaku koq ndadak ngomentari carane wong liyo mlaku sing wis isa mlaku)

    Like

  9. blade-in says:

    Namanya, kalo gak diganti bikin ketawa, semua; HONGGUAN & BAOJIN. Satunya mirip merk biskuit (Khong Guan), satunya lagi dari “dunia lain (Bau Jin)”. wkwkwkwkwkwk…

    Like

  10. Rideralam says:

    Selama pemerintahannya sekarang, dijamin terjual deh #eh

    Like

    • mariodevan says:

      Napa kang karis anti cina bgt… Pdhal hapenya buatan cina wwkwkwk

      Like

      • subaru says:

        Dan banyak yang cinta jepang padahal 3,5 tahun penjajahan jepang itu kejamnya luar biasa wkwkwk

        Like

      • Rideralam says:

        Ora anti china kang… Anti sing pro china hohohoho… CD ku wae made in china ternyata wkwkwkwk

        Like

        • mariodevan says:

          cina sekarng ekonomi terkuat didunia selain amerika….. dengan dekat dng mereka juga bisa menyeimbangkan pengaruh kawasan.. guru harusny lebih paham ah…

          Like

          • Rideralam says:

            China bagus untuk dlm negerinya saja, untuk keluar mereka kualitasnya di bawah. Saya guru Biologi je, pahamnya mung reproduksi wkwkwkwkwk

            Like

            • mariodevan says:

              y guru kan setahu saya waktu kuliah dalam satu semester saja harus bikin makalah sebanyak mata kuliah, jdi tahu donk segala sesuatu harus riset dan by data

              saya sih gak setuju kualitas diluar jelek…. iphone, smsung diproduksi di cina, dieksport sampai ke pasar2 eropa yang QC-nya kuat…
              yang sya tahu dari teman2 eksportir, cina itu bisa bikin produk dari yang grade super AAA, sampai yang grade abal2, tergantung orderan… jeleknya yang import disni lebih suka import yang murah banget, tapi mengorbankan kualitas… ya you know daya beli kita gak sekuat negara-negara eropa kan..

              Like

  11. topenk says:

    Wuling Hongguan sy liat di giias kemaren mantep tuh… bodi boxy 3 baris luas, mesin 1500cc, sasis monokok, RWD…..mantap pas buat indo, harga oke berani nih, udah ada pabriknya ini

    Like

  12. Andwi says:

    Sebenarnya mau Cina, Jepang, Korea atau negara asia lain pun gak masalah. Cuman produknya harus benar-benar siap fight dengan produk Jepang. Ya fight dalam hal reliability dulu aja. Karena brand dari Cina selalu saja tidak melihat hal ini. masalah jaringan sevice ya perlahan tapi pasti juga dibangun. Toh biar masyarakat bisa merasakan mobil dengan harga bersaing (Semoga jalanan tidak penuh.haha)

    http://bluesight5.blogspot.co.id/2016/09/nasib-sial-saat-berkendara-beneran-ada.html

    Like

  13. Jamal says:

    biarkan masuk ….ntar juga mati sendiri

    Like

  14. Boncel66 says:

    Saat ini Lenovo & Asus sudah menjadi lawan berat bagi produk Jepang & Korea.
    Jadi ada kemungkinan Mobil China juga mampu mengalahkan Mobil2 Jepang seperti Jepang mengalahkan USA.

    Like

  15. discovery says:

    lihat produknya di GIIAS kemarin, lumayan ok tuh yg sekelas innova.. mudah2an bisa jadi kompetitor berat pabrikan jepang. gaboleh sampai dimonopoli jepang nih hehe..

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s