Aisi September CB150r kembali hempaskan Vixion, Vixion perlu regenerasi!!

semakin-merdeka-dari-angsuran-mahalartadiskinsight-banner-promo-fix

Di segment naked sport 150cc, masih merupakan market sport paling besar, dan juga paling bergengsi di segment ini para fanboi saling klaim yang terbaik, sempat terjadi salib menyalib, tapi di bulan september kemarin, Honda memukul telak Vixion dengan distribusi yang jomplang sekali!!

vixion advanced new colour

Honda CB150R Stretfire berhasil mencapai distribusi sebesar 18.626 unit pada bulan September. Ini merupakan pencapaian tertinggi kedua CB150R sepanjang tahun 2016, setelah bulan Juni 2016 (18.701 unit). Pencapaian ini juga menandakan kenaikan signifikan mencapai 163,0 persen dibanding bulan Agustus.

Sementara V-ixion harus puas dengan hanya mendapatkan 8.676 unit, atau turun 25,15 persen dari bulan Agustus 2016. (via Kompas.com)

Vixion ini termasuk fenomenal, hadir pada 2007, langsung membunuh dua motor langganan jawara dijamnnya megapro dan tiger, dan butuh waktu hampir 10 tahun bagi Honda untuk menelorkan motor yang sebanding dengan vixion, yaitu CB150r

Terkejarnya Vixion dari kompetitor juga menurut madev karena dipengaruhi oleh banyak faktor!

yang pertama tentu karena sepertinya market sudah jenuh, secara teknologi tidak ada yang baru, baik mesin, fitur maupun desainnya! market menginginkan sesuatu yang baru, dan kemungkinan banyak calon pembeli vixion yang akhirnya lari ke Yamaha Nmax! walau berbeda genre, tapi Nmax memiliki profil yang mirip-mirip dengan vixion pada awal diperkenalkan, hitech, berbeda, dan keren!

Selain itu madev menduga ada faktor eksternal juga yang mengakibatkan Vixion KO total dengan Honda, yaitu Yamaha sudah menerapkan aturan OJK tentang pembatasan Diskon, dealer sekarang tidak bisa seenaknya lagi memberikan diskon, hal ini membuat harga motor-motor Yamaha tidak mampu bersaing lagi dengan Honda.

soal OJK ini bisa baca di artikel madev disini, https://mariodevan.com/2016/09/07/sudah-terapkan-aturan-ojk-yamaha-tidak-mau-lagi-perang-harga/

Nah untuk mengatasi hal ini langkah satu-satunya ya mengupgrade Vixion, agar memiliki value yang lebih lagi, kalo perlu yang sangat sulit dijangkau kompetitor, seperti saat vixion pertama kali keluar! mampukah Yamaha mewujudkannya?

monggo share komentarnya friends.

 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor and tagged , . Bookmark the permalink.

24 Responses to Aisi September CB150r kembali hempaskan Vixion, Vixion perlu regenerasi!!

  1. Gungun gunarto says:

    New Vixion apa R15 Yg duluan keluar om?

    Like

  2. John_Hendy says:

    Efek OJK mulai terasa

    Like

  3. techtonime says:

    buruan ganti model jadi jauh lebih keren & value…
    biar nvl sma nva jatoh harga bekasnya… ngoahahahaha 😙

    Like

  4. are wege says:

    Gak cuma bacotters√ gede jass jess josssss√
    GAYA SALES √
    GAYA FANBOYS√
    Ikut nyumbang buat ahm 2unit CB150r

    Like

  5. Prabu says:

    Vixion memang sudah saatnya mayor change. Syukur2 all new.

    Soal apakah yamaha bisa membuat motorbyg jauh melompati honda,sepertinya saat ini tidak bisa. Karena honda sekarang sangat jauh berbeda dibanding honda dahulu.
    Honda sekarang begitu agressive dan innovative. Maka sangatlah wajar jika market sharenya bisa menembus 70%.

    Like

    • mariodevan says:

      Sya rasa tidak ada yg tdk mngkin, tngal mau atau ndk hehe

      Like

      • Prabu says:

        Masalahnya honda sudah sadar mas akan kesalahan masa lalu. (Masa orde baru). Dimana waktu itu honda dengan nyaman bisa menguasai market share 60-70%. Tapi itu bisa terjadi salah satu faktornya adalah karena dia sendirian yg bermain di 4 tak.

        Namun setelah market share mereka tergerogoti oleh yamaha,dengan munculnya the 4 amazing: mio,vega r,jupiter z,dan vixion,honda melakukan perombakan besar2an di segala sisi.
        Dan anehnya,di saat honda sadar,gantian yamaha yg ketiduran. Mio j,vega zr,jupiter z robot,semuanya adalah produk terjelek yamaha.
        Maka,sangatlah tidak aneh jika akhirnya yamaha kembali terpuruk.

        Jika kita asumsikan bhw beaya produksi plus beaya promosi dll sama,mungkinkah yamaha bisa membuat produk yg hiper dengan harga murah? Jika pun bisa,saya yakin,honda juga bisa.
        Kalo sudah begitu,maka kekuatan produk akhirnya terletak pada design,kenyamanan,dan fungsionalitas. Dan sayangnya,akhir2 ini yamaha sepertinya lemah di sisi itu.

        Like

  6. vyzex says:

    Masak sih gara-gara ojk.
    Dp mio yg 500 rb di alfamart dan masih dapat cash back 200 rb dlm bentuk voucher itu kan tanda bahwa aturan ojk itu hanya lip service.

    Utk tipe yg lain, pengalaman sy sih angka-angka itu hy di atas kertas. Kalo ty langsung ke salesnya, akan ada harga ‘rahasia’.
    Hehe

    Berkaca dg ktm dan cbr 250rr, mungkin lebih baik yamaha fokus bikin motor idaman dengan harga menawan.

    Like

    • mariodevan says:

      Diskon tetap ada tpi dibatasi, Alfamart cuma jakarta…. Dan coba bndingkan dng harga beat… Psti kaget…. Hehehe

      Coba deh bca artikel soal ojk…. Ini pngalaman langsung dilapangan… Sudah muter satu surabaya…… Dan baru bulan kmarin diterpakan….

      Like

      • chibiyabi says:

        klo diliat data distribusi vixion bulanan di 2016 pengecualian awal tahun plus pas ngeluarin stripping baru bulan september kemaren rata rata antara 8000-13000, mungkin pasar realnya sekarang memang segitu,0

        Like

  7. Joko says:

    Kalau vixion dijual seharga megapro seperti saat pertama kali keluar, pasti laris lagi.
    Btw, megapro saat itu cuma sekelas verza.

    Like

  8. Dealer yamaha surabaya says:

    Yamaha ikut peraturan ojk jadi semakin terpuruk di wilayah jatim.. Semua type bakal dilibas sama honda..yamaha sok jagoan . Udah kalah image tapi jual produknya lebih mahal dari honda. Gak masuk akal lagi

    Like

  9. Ade says:

    yap betul sekali vixion harusnya berinovasi kembali buat ngalahin cbr 150 rr naked
    http://otodrift.com/kelebihan-dan-kelemahan-nissan-march-lengkap/

    Like

  10. Ade says:

    Kekalahan Telak Vixion, Ini Murni karena faktor Plat Nomer kaya Koyo’ nempel di Jidat.. Serius..

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s