Firts Mover vs Follower! Imitator vs Pioner…

dp-01artadiskinsight-banner-promo-fix

Kalo ada kata-kata follower biasanya konotasinya adalah negative! kurang inovasi dan hanya bisa ikut-ikutan saja! menjadi imitator memiliki persepsi negative bagi market, tapi apakah memang benar??

kegiatan mengekor ini ternyata tidak sepenuhnya salah, bahkan sejumlah study yang terpercaya menunjukkan, imitator sering sekali lebih sukses dibandingkan Pioner.

Study yang komprehensip ini sudah ditulis disebuah buku keren karangan Steven P. SCHNAARS yang berjudul Managing Imitation Strategies.

managing-imitation-strategies-how-later-entrants-seize-markets-pioneers

ingat ya madev gak terafiliasi sama pengarang buku ini hehehe

 

sebagai contoh Apple, sebuah perusahaan teknologi dengan nilai Value tertinggi didunia! ternyata awalnya juga melakukan strategi Imitator! mereka menjiplak penggunaan Icon sampai user interface milik Xerox, bahkan “mencuri” teknologi Mouse yang sedang dikembangkan oleh Xerox!

Toyota pabrikan roda 4 terbesar saat ini, awalnya hanya perusahaan mesin jahit! membongkar mobil ford dan chevrolet serta membuat mobil pertama mereka dengan cetakan mobil-mobil tersebut, dan mengkanibal suku cadang mobil itu!! (cara terbaik untuuk mendapatkan teknologi maju adalah dengan mencurinya xixixi).. dan lihatlah kini Toyota, sudah melampaui Ford dan chevrolet baik secara nilai maupun penjualan!

Pabrikan handphone cina seperti huawei, xiaomi, oppo, sering meniru dan mengekor apple dan samsung, dengan harga yang terpaut jauh!!

Baik firts Mover maupun Pioner punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, Pioner bisa menjadi besar karena memanfaatkan kompetisi yang rendah di market tersebut! dan biasanya untuk menjungkalkan sang firts mover membutuhkan waktu yang cukup lama! bisa flashback bagaimana Beat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menumbangkan Mio!!

Nah sang follower atau Imitator juga memiliki kelebihan, yang paling menonjol adalah karena pasar sudah terbentuk mereka lebih mudah untuk melakukan penetrasi tidak perlu riset atau trial and error, tinggal datang dengarkan konsumen yang kurang puas, dan buatlah yang lebih baik, kelihatan simple?? tapi sebenarnya sangat susah dilaksanakan hehehe!

sang pioner atau firts mover sering terjebak dalam perangkap inovator dilema, karena merasa puas dengan produk mereka, mereka tidak sadar ada kompetitor yang siap menerkam mereka, dan lupa berinovasi!! inilah yang menumbangkan perusahaan raksasa-raksasa dulunya, Nokia, blackbery, sony, panasonic, sharp,  Chrysler, dll

Nah bagaimana impactnya bagi kita konsumen??

Adanya follower maupun firts mover sebenarnya bagaikan ying dan yang, bagaikan romeo dan juliet, maupun rama dan shinta atau ada gula dan semut, tidak bisa dipisahkan wkwkwk

dan semuanya memberikan hal yang positive bagi konsumen, jika pabrikan melakukan sesuatu hal untuk membuka pasar tentu konsumen memiliki sebuah pilihan yang berbeda dan bagus, dan saat ada pabrikan lain yang masuk di segment yang sama, tentu biasanya memberikan value yang lebih untuk bertarung dengan sang firts mover!!

Kompetisi yang ketat menguntungkan konsumen!!

lain lagi kalo tercipta kartel disegment itu, saling kongkalikong untuk menguasai pasar, tentu ini yang merugikan konsumen!

So… mau firts mover maupun follower, dua-duanya memberikan hal positive bagi konsumen! monggo share komentarnya

 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing and tagged . Bookmark the permalink.

18 Responses to Firts Mover vs Follower! Imitator vs Pioner…

  1. handoyo25 says:

    Saat bicara ttg “menguasai pasar”, saya malah merasa terminologi follower/first mover dan semacamnya menjadi tidak relevan, karena dari sudut pandang pengusaha/kapitalis, orientasinya hanyalah profit semata (lewat penguasaan pasar)

    Like

  2. dazz says:

    mereka lahir dijaman yg tepat..
    kalo sekarang bakal kena caci maki..

    Like

  3. gilaroda2ga says:

    Yg jelas cara cepat belajar adalah dgn meniru…

    Like

  4. subaru says:

    Steve jobs sendiri uring2an dengan android yang dia bilang mencuri idenya padahal dulu dia bangga sekali dengan pencurian ide xerox tersebut 😂
    Sepenjnggal jobs apple terkesan agak stagnan di tengah gempuran kompetitor apalagi kemarin macbook banyak yang bilang kalah selangkah dibandingkan microsoft dengan surface studio..

    Like

  5. novarioadi says:

    pasti udah baca

    “steal like an artist” juga

    hehe 😀

    Like

  6. bdt says:

    Sayang negarA kita tdk menjadi peniru yg baik, lebih suka instant, makanya kita tertinggal terus, kejar Malay aja sulit,

    nasib

    Like

  7. topman says:

    kalo di R2 komenter2 emang brisik, si merah niru biru lah, si biru niru fitur merah lah…. beda banget di R4, kapan model kiyang apanja merk lain bikin, atau mobil kalo blom airbag abs ebd ba vsc dll apalagi harga mahal bakal dibully habis2an, ga ngomong niru fitur tuh….

    Like

  8. semangat says:

    follower dengan keterbatasan sumber daya tinggal tunggu mati, beda cerita kalo sumber daya kelas dewa, mending jadi follower daripada first mover (sedang berkaca pada diri sendiri yg baru saja buka usaha dengan kompetitor kelas dewa)

    Like

  9. amlbuton says:

    Yang penting jualan ngebul

    Like

  10. bejo says:

    yang sederhana aja cara berpikirnya ….anggap lha kita yang mau beli tuh produk , apa yang jadi pertimbangan kita ? kalo sesuai dengan value sudah pasti kita ngak memperdulikan siapa yang pioner siapa yang follower.

    masa iya produsen follower bikin produk yang jauh lebih baik dengan harga yang value dan baik dari segala sisi ,tapi kita tetap beli yang lain dengan alasan yang lain itu pioner wekekekek helow wake up dude…

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s