Pentingnya brand image! berkaca dari geliat Brand Smartphone Lokal!!

dp-01artadiskinsight-banner-promo-fix

Selamat sore friends, sudah lama madev tidak membuat artikel berkaitan dengan dunia marketing beserta strategi-nya, tapi beberapa hari lalu madev jadi mendapatkan ide untuk membuat sebuah tulisan mengenai brand image!!

apa sih itu brand image, sebelum kita mengupas lebih jauh kita mesti mencari tahu dulu mengenai pengertiannya.

Setiadi (2003) berpendapat: Citra merek mengacu pada skema memori akan sebuah merek, yang berisikan interpretasi konsumen atas atribut, kelebihan, penggunaan, situasi, para pengguna, dan karakteristik pemasar dan/atau karakteristik pembuat dari produk/merek tersebut. Citra merek adalah apa yang konsumen pikirkan dan rasakan ketika mendengar atau melihat nama suatu merek (hlm.180).

Menurut Kotler dalam Simamora (2003) “syarat merek yang kuat adalah brand image”(hlm.37).Namun ia mempertajam brand image itu sebagai posisi merek (brand position), yaitu brand image yang jelas berbeda unggul secara relatif dibanding pesaing. Citra akhirnya akan menjadi baik, ketika konsumen mempunyai pengalaman yang cukup dengan realitas baru. Realitas baru yang dimaksud yaitu bahwa sebenarnya organisasi bekerja lebih efektif dan mempunyai kinerja yang baik. 

Brand image atau brand description, yakni deskripsi tentang asosiasi dan keyakinan konsumen terhadap merek tertentu (Tjiptono, 2005: 49). Menurut Kotler, Armstrong (2001) “Brand imageadalah keyakinan tentang merek tertentu” (hlm.225). Citra atau asosiasi merepresentasikan persepsi yang bisa merefleksikan kenyataan yang objektif ataupun tidak. Citra yang terbentuk dari asosiasi inilah yang mendasari dari keputusan membeli bahkan loyalitas merek (brand loyalty) dari konsumen.

hicore

 

Nah udah paham kan apa itu brand image?? dalam dunia marketing image dari sebuah brand sangat penting! jika sebuah image sudah tercoreng dan tidak dipercayai oleh market, maka penjualan-nya pun akan berpengaruh, untuk mendongkrak dan mengembalikan kepercayaan brand-nya membutuhkan energi dan biaya yang tidak sedikit!

Untuk itu kadang sebuah perusahaan melakukan langkah radikal terhadap merk produk mereka yang dianggap sudah menjadi “Zombie” pengisap darah…

contoh… Yamaha yang membunuh nama Xeon dan mengganti dengan nama dan brand baru “aerox” 

Selain itu langkah rebranding juga sering dilakukan perusahaan untuk menjangkau market baru! contoh Toyota yang mengunakan brand Lexus untuk menyasar segment premium, Nissan yang membuat brand Infinity!! secara merk Toyota dan Nissan memang memiliki image yang kuat, tapi bukanlah image premium, maukah konsumen membeli sebuah mobil dengan harga milyaran dengan merk Toyota?? atau maukah konsumen membeli sebuah mobil dengan merk BMW tapi dijual dengan harga yang sama dengan Agya di angka 100 juta?? itulah fungsi positioning image!

Nah langkah serupa ternyata sekarang lagi trend dilakukan berbagai brand handphone lokal! yang berbondong-bondong masuk ke segment premium! dengan harapan mampu memperluas market size dan keluar dari jebakan permainan perang harga di low segment  yang berdarah-darah!

sebagai contoh sebuah brand yang baru saja diperkenalkan kemarin, bernama LUNA, yang diiperkenalkan sebaagi sebuah smartphone sekelas iphone, dan diproduksi foxchon, ini ternyata hasil kerjasama pabrikan Foxcon yang diproduksi perusahaan lokal di semarang! yup bisa dibilang ini adalah upaya rebranding evercoss dengan menggandeng Foxcon…. kalo pake nama evercoss memang ada yang mau beli HP seharga 5 juta dengan merk evercoss???walaupun part-partnya diimport dari pabrik pembuat iphone, hehehe.

luna-smartphone

Selain Evercoss, beberapa pabrikan lokal lainnya juga mulai menyasar segment premium, diantaranya Asiafone, yang punya merek HiCore, bintang iklannya aktor korea lho!

lalu ada Maxtron yang fight kembali dengan merk Hi-max, dan dipersepsikan sebagai perusahaan yang didirikan di tokyo jepang!

Nah semoga bisa menambah wawasan ya sob…. betapa pentingnya sebuah brand image itu, dan jika image-nya sakit… pasti akan berpengaruh langsung ke penjualan!

Monggo share komentarnya friends.

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing and tagged , . Bookmark the permalink.

46 Responses to Pentingnya brand image! berkaca dari geliat Brand Smartphone Lokal!!

  1. alamaby says:

    beruntunglah yg punya brand kuat kaya samsung.
    segala macam galaxy dari a sampe z bisa dijual 😀

    Like

  2. Afdel says:

    bicara hp atau smart phone ,, brand image disini kuat cuma gampang digoyang …

    contoh kecil merek xiaomi ,, hp dari cina (yg katanya barang cina bosok semua) tidak ada launcing dan iklan resmi diindonesia tapi penjualan membludak …
    bahkan belum memenuhi standar Tkdn dari pemerintah …

    disini segmentnya jarang yg buta merek hanya saja kudet ,, yg penting fitur , Cpu ,Gpu , kamera , batrai , desain mantap dan harga miring pasti laku …

    seandainya pihak xiaomi serius turun diindonesia dengan harga sekarang dinaiikan sedikit saja dengan launcing dan iklan resmi saya yakin jgankan oppo , samsung saja geleng geleng kepala pasti …

    Like

    • mariodevan says:

      Tetep aja org super kaya/sosialita belinya iphone… Mana ada yg beli xiomi wkwkwk

      Like

      • Until says:

        Saya sendiri beli merk china cth xiaomi atau yg lain dengan syarat harga dibawah 3 jt dengan spec harus tinggi. Klo sudah di atas 3jt walaupun ram 4gb saya gk akan beli. Krn klo sudah tinggi saya lari ke iphone.

        Like

        • mariodevan says:

          Tul brand premium xiaomi mi5s mana laku….. Xiaomi digdaya di segment menengah bawah….

          Like

          • Jacoblus says:

            Justru mesin uang siomay itu sendiri disegment menengah bawah. Coz, unit inilah yg mendulang keuntungan milyaran.
            Kurang apa coba speaker ngebass…!!! Terbaik dikelasnya, bahkan zenfone 2 ram 4 gb saya lebih mahal tp speaker cempreng bossok, begitu pula cpu , gpu , kamera, dll hampir imbang ma hp saya speknya. Malah sioamay redmi note 3 pro ini dah metal casingya.
            Harga sekarang makin turun di kudus jateng aja dah murah.
            Gimana konsumen gak tertarik coba….!!
            Murah fitur mantap kualitas jg bagus…piye jal..😂😂😇😇😎😎
            Perasaan punya hp2 mahal macem iphone jg biasa2 aja dev. Rata2 faktor merknya doang yg bisa dijadikan alat pamer ke temen2 itu doang nilai plusnya…biasalah….😰😰😰😰😰

            Like

            • mariodevan says:

              Yup…. Image premiumny itu yang dicari…. Brand image….

              Xiaomy image hp murah spek dewa, ipon… Image premium…

              Xiomay jualan hp premium y g laku, ipon jual hp murah, lum tntu laku, mlahan bsa bkin image runtuh….

              Sperti isi artikel sya…. Betapa pntingnya image suatu produk itu

              Like

        • bdt says:

          Yach , karena Anda beli karena butuh, bukan beli merk

          Like

          • Jacoblus says:

            @bdt
            Lah fungsinya kan cuman telfon sms ngegame foto2 update status klo cewek,
            Hp kelas menengah dah cukup. Lah ngapain pamer klo ekonomi elho bukan kelas atas lha mendingan duitnya buat beli keperluan yg lain misal buat beli susu untuk anakmu.
            Horang kayah beli barang2 mahal hanya untuk memuaskan rasa penasaran doang. Coz, duit saking banyaknya bingung mo belanja apa…???
            Lha kalo elho buat apa beli barang2 mahal coz, kebutuhan yg lain jg masih lebih penting.

            Like

    • Paijo says:

      Yg pernah ngerasain make ios, pasti tahu bedanya dengan android. Mengapa apple berani jual mahal selain memang dari gengsi brandnya sendiri.
      Apple tidak jualan spec, tapi user experience yg memuaskan. Coba liat spec apple, ram cuma 2gb, antutu kalah.
      Tapi jarang ngelag.
      Xiaomi terutama miui,boros ram. Banyak proses diblakang yg bekerja, itu yg bikin lag.
      Apalagi ada backdoor. Xiaomi bisa install apa aja tanpa kita ketahui. Apalagi miui 8 banyak dikeluhkan banyak iklan di browsernya.
      Qc nya juga parah. Misal redmi note 3, bisa pake finger print, kqmera dari bbrp vendor. Dan ini menyebabkan beberapa fungsi tidak bekerja normal karena xiaomi tidak ngluarin source codenya.
      Masih banyak lah kalo diomongin..
      Tapi dah ngan harga segitu, yo wis..nrimo ae…murah kok njaluk apik..
      (User ios dan xiaomi)

      Like

      • mariodevan says:

        Ada harga ada rupa…

        Like

      • aanam says:

        setuju sama yang ini

        Like

      • bdt says:

        jadi xiomi ambil untung dari iklan tsb, dari hp sedikit yach?

        Like

        • Paijo says:

          Kalo masalah iklan, saya ngga tahu.. apa emang dari pihak xiaominya sendiri yg sengaja atau emang ada lubang yg dimanfaatkan pihak lain untuk iklan.
          Harga xiaomi murah karena mereka tanpa iklan dan toko offline store ( tapi sekarang sudah ada di beberapa negara). Jadi biaya marketingnya ga ada. Dan margin keuntungan juga sedikit, makanya xiaomi murah.

          Masalah backdoor, xiaomi bisa install app yg bisa mengirimkan data pada ponsel ke server xiaomi. Ini kan bahaya.. atau backdoor ini yg dimanfaatkan pihak lain buat iklan di miui

          Like

  3. yasin says:

    Wah kemarin ane sempet lirik himax om… Walapun g jadi….

    Like

  4. bdt says:

    ArtinyA kita org blm yakin dgn merk lokal, walu kualitas erofa

    Like

  5. bdt says:

    Jadi Mio brand image yg sakit yg lahir dari brand yg kuat?

    Like

  6. niceguy says:

    Sekuat apapun brand image tapi kalau tidak bisa di maintain dengan baik, akhirnya akan hancur juga dilibas kompetitor yang terus melakukan inovasi. Samsung bisa sebesar ini juga butuh waktu berapa tahun? Begitu pula inovasi tiada henti menghasilkan produk terbaik, tanpa membangun/memperkuat brand image ya percuma juga.
    Sekedar flashback beberapa merk ponsel/smartphone ternama jaman dahulu, ada beberapa yang sekarang tinggal jadi lembaran sejarah:
    1. Siemens (Germany), diakuisisi BenQ (Taiwan)
    2. Ericsson (Sweden), diakuisisi Sony (Japan)
    3. Alcatel (France), diakuisisi TCL (China)
    4, Nokia (Finland), diakuisisi Microsoft (USA)
    5. Palm (USA), diakuisisi Hewlett Packard (USA), terakhir dijual lagi ke LG (Korea)
    6. Motorola (USA), masih bertahan
    7. Samsung (Korea), masih bertahan
    8. LG (Korea) masih bertahan
    9. Blackberry (USA), sampai kapan bisa bertahan? masih ada yang pake ya?
    Masih banyak pabrikan ponsel yang kebetulan populasinya dari dulu di Indonesia tidak banyak, seperti misalnya benefon, sharp, nec, panasonic, dll yang kebanyakan produksinya untuk area tertentu saja (USA, Europe, Japan, Korea). Setidaknya dari merk2 tersebut diatas bisa kita lihat mana yang tumbang, hancur digilas kejamnya pasar, mana yang masih bertahan, mana yang sudah megap2 menunggu malaikat maut mencabut nyawanya.
    Teknologi bluetooth pertama kali dipopulerkan Ericsson, apa hasilnya? sekedar canggih bukan jaminan menguasai pasar.
    Kemudahan navigasi menu dan customisasi casing ala Nokia begitu digandrungi konsumen saat itu, dulu… sekarang gimana???
    Palm, siapa yang nggak tahu kecanggihan produk yang satu ini, salah satu pelopor smartphone, dengan web os yang kalau dibandingkan dgn android bisa “menang 2 kabupaten” kalau meniru kalimat FBY vs FBH he..he… Sekali lagi terbukti, canggih saja tidak cukup!
    Siemens di jaman keemasannya adalah ponsel favorit untuk dioprek, cukup digdaya dan lagi2 bukti nyata kalau hanya sekedar canggih saja, itu belum cukup!!!
    Sebagai konsumen sih senang saja kalau pabrikan terus berkompetisi, kemungkinan untuk memperoleh produk yang best value for money semakin besar. Tapi kasihan juga dengan pabrikan yang harus tutup buku, bagaimana nasib ribuan karyawannya ya?

    Like

  7. topman says:

    brand image emang no.1 tapi bukan segalanya, walopun honda tapi gagal juga dengan cs1 atau spacy, toyota juga gagal dgn nav1 padahal secara spek ga ada yg salah, mungkin tidak sesuai selera umum aja

    Like

    • mariodevan says:

      Tul…. Image hanya stu bgian aja, produkny juga hrus sesuai

      Like

    • Supra 2002 ku awet rajet says:

      Honda spacy bukannya gagal, tp memang diciptakan bukan untuk sukses. Spacy tu ibarat pintu perkenalan ke fitur advance yg kelak dibenamkan di vario. Beda kasus sama cs1 yg memang di lini itu produknya cm 1 dan tergolong advance tp jeblok.

      Like

  8. ants says:

    Sebagus apapun merk hp nya..sebagus apapun speknya…pasti akan selalu aja ada yg bilang…
    “yaa mending xiaomi lah”….wkwkkwkwk

    Like

  9. kobay says:

    gimana caranya tuh… sijuki ngangkat brand imagenya… skrg hancur lebur tak berbekas..pdhal dl th 2000an awal MSnya bisa ngalahin yemehe lo…..!!

    ibarat kt dr dl tuh merk no.3 setelah ngondah yemehe trus sijuki….tp sekrg tambah ngenes…merk no.4……….

    klo beli mtr pasti pilihan pertama ngondah..trus yemehe…br deh sijuki sbg alternatif……(dg kelas yg sm)!!! contohnya…klo bebek..pilihan pertama supra…br jupiter…terakhir shogun…..pilihan terpaksa kaze zx130……!!!

    pdhal sudah jor2an pake sijuki jelajah negeri…geber 24jam nonstop sentul…48jam nonstop sentul…tetep aja klh ma supra jupiter penjualannya….walopun pernah berjaya pas awal2 shogun keluar….

    Like

    • mariodevan says:

      Biar org suzuki yg mkirin aja deh, mreka kan dibayar untuk itu wkwkwk

      Like

    • Jacoblus says:

      Masalahnya ada di TAMPANG bro..!!!
      Anda liat itu jupe burhan bebek dg desain paling cakep. Trus supra desain bapak2 kalem tapi gak bosenin.
      Itu kuncinya bro..!!!
      Mesin bagus juoss gandoss tapi kemasan aka tampang gak sesuai selera masyarakat indonesia aka selera priyayi yo wes wassallam ra payu kukut dagangane
      aka gak laku…..!!!!
      Fix bro kalo kata wak haji taufik..😂😂😂😂
      Honda beat fi & vario fi desain aka tampang cakep wajar laris manis plus mesin jg bagus wajar jg makin sejuta umat larisnya. Begitu jg nmax ganteng keren mesin wokeh juoss wajar laris manis tanjung kimpul dagangan laris duit ngumpul. Bentar lg matic aerox / nvx ini jg bakal laris tanjung kimpul…..!!!!!
      Karna apa bro….???
      HANDSOME aka TAMPAN aka GUANTEENG / Beautiful aka Pretty aka Ayu aka Wuayuu tenan kalo kata orang JAVA bilang….!!!!
      Fix bro…
      Tampang plus pinter kalo versi manusia..!!!
      Faham kan….😎😎😎😎

      Like

      • mariodevan says:

        Satu lagi….pabrikan Jng budeg…. Hehe

        Like

      • topman says:

        tapi begitu tampangnya oke, orang malah masalahin 3s…. address contohnya, tapi yg gsx-s/r sy yakin ga laku juga, tampang jadul

        Like

      • mboh says:

        Kalo masalah suzuki saya liat memang banyak terjadi kemunduran desain, jaman dulu sapa yang gak ngakuin inovasi desain suzuki, liat aja: FXR motor yg melampaui jamannya, bahkan GSX R150 sekarang saja masih kalah soal sasis dan swingarmnya; shogun 110 gen2 dengan handgrip yg revolusioner pada jamannya plus ada yg versi SP pakai kopling tangan; satria 120 2tak dengan rangka deltabox dan bebek pertama pakai monoshock; RK cool ayago 110 cc mesin tegak; Thunder 125, sport keren murah yang laris manis dulu. Tapi semua berubah sejak negara api menyerang wkwkwk, shogun 125 keluar dengan model yang rada aneh, smash dengan kualitas body ancur, skywave yang diganti hayate yg ga jelas, dan masih banyak lg, males ceritanya wkwkwk

        Like

        • orang awam says:

          @mboh: smash yg bodinya renyah & gampang ancur kayak krupuk tuh yang gen 1, utk new smash (yg lampu signnya di tebeng) udah bagus kualitas bodinya

          Like

  10. gilaroda2ga says:

    beli evercoss 5jutaan dunk… 😀

    Like

  11. Iseng komen says:

    Bro devan, coba dong bahas harga aerox yang range harganya dari 20-25jt. Selain benturan ama vario, itu bakal benturan sama nmax juga ga secara harga mirip2 semua tuh…

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s